Ukuran Thumbnail Youtube

Ukuran Thumbnail Youtube – Ukuran atau size thumbnail YT yang tepat dapat mempengaruhi kualitas dari file tersebut. Sayangnya banyak pihak yang belum memahami bagaimana cara mengatur ukuran thumbnail youtube.

Padahal jika ia bisa memperbanyak referensi saat ini sudah banyak situs-situs yang membahas tema tersebut. Contohnya Anda bisa membaca rangkuman informasi di artikel berikut.

Ukuran thumbnail youtube yang ideal sebenarnya ada pada kesesuaian antar elemen yang digunakan. Tidak berlebihan dan tetap menunjukkan keeleganan adalah kunci untuk mendapatkan kualitas file yang tinggi.

Saat ini Anda pun telah disuguhkan dengan beragam aplikasi pendukung untuk mengatur ukuran thumbnail youtube tersebut, salah satunya adalah canva. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan lengkapnya di bab berikut ini.

Baca juga: Cara Download Video Pinterest

Apa Itu Thumbnail Youtube?

Apa Itu Thumbnail Youtube
Secara sederhana thumbnail youtube dapat didefinisikan sebagai suatu gambaran video singkat yang berguna untuk meningkatkan view. Jika di film layar lebar Anda mendapati sebuah video singkat dengan istilah trailer, maka untuk youtube istilahnya adalah thumbnail.

Secara otomatis saat Anda mengupload sebuah video di youtube, sistem akan mengambil beberapa cuplikan untuk dijadikan sebagai thumbnail. Anda bisa mengatur ukuran thumbnail youtube yang ideal guna meningkatkan view dari pengunjung kanal berbagi milik Anda.

Sebenarnya ukuran thumbnail youtube sudah secara otomatis akan tersetting saat Anda mengupload sebuah file. Namun sayangnya untuk beberapa pihak ada yang merasa kurang puas dengan hasil tersebut. Sehingga melakukan editing secara mandiri adalah pilihan yang diambil guna mengoptimalkan video tersebut.

Ukuran Thumbnail YT Sesuai Standar Kebijakan

Setelah memahami maksud dari istilah thumbnail, tentu Anda akan mulai bertanya sebenarnya berapa ukuran ideal pembuatan thumbnail youtube yang disarankan? Tentu jawaban paling pas adalah menyesuaikan kebutuhan Anda.

Jika ingin mengetahui besar ukuran thumbnail youtube yang disarankan secara custom dapat Anda simak berikut ini.

  1. Usahakan untuk membuat resolusi gambar berukuran 1280×720. Syarat lainnya adalah menentukan lebar minimal sebesar 640 pixel.
  2. Pastikan saat mengupload file, ekstensi yang digunakan adalah .jpg, .jpeg, gif atau .png.
  3. Kapasitas thumbnail yang disarankan tidak melebihi batas 2MB.
  4. Ukuran rasio standard yang kerap digunakan oleh youtube adalah 16:9. Anda bisa membuatnya dengan mempertimbangkan ketentuan tersebut.

Nah, itulah ulasan mengenai size thumbnail di youtube yang sesuai dan berdasarkan kebijakan dari youtuber. Untuk selanjutnya kita akan mengulas bagaimana cara bikin thumbnail youtube di aplikasi editing foto seperti photoshop, coreldraw, piscart dan juga canva.

Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark Alight Motion

Cara Membuat Thumbnail Youtube Via Aplikasi Canva

Ukuran thumbnail youtube memang memegang peranan sentral dalam menunjang kualitas file dan jumlah viewers. Meski sebenarnya pihak youtube secara otomatis sudah menyediakan tiga jenis thumbnail ketika Anda mengupload sebuah file. Nyatanya banyak pihak yang kurang puas dengan hasil thumbnail tersebut, sehingga para youtuber lebih menyukai untuk membuat sendiri.

Berikut ini akan dibahas langkah-langkah dalam membuat ukuran thumbnail youtube dengan bantuan aplikasi canva.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi canva. Jika Anda menggunakan laptop maka cukup buka website canva saja.
  2. Lakukan registrasi dengan mendaftar akun terlebih dahulu. Jika sudah, silakan ketikkan di kolom search thumbnail youtube.
  3. Secara langsung Anda akan dialihkan ke laman editing thumbnail youtube. Tersedia berbagai macam jenis template baik gratis maupun berbayar. Silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
  4. Layaknya aplikasi editing pada umumnya, Anda bisa melakukan proses edit baik text, background, maupun gambar-gambar terkait dari sumber laptop maupun ponsel Anda.
  5. Apabila proses editing telah usai, jangan lupa untuk menyimpan file dalam ekstensi jpg atau png. Hal ini berguna agar file dapat disimpan dan dibuka di komputer maupun youtube.

Itu dia beberapa langkah mudah cara mengatur ukuran thumbnail youtube menggunakan aplikasi editing canva. Tak harus menggunakan laptop Anda pun bisa mengoptimalkan smartphone yang dimiliki.

Begitupula dengan jenis aplikasinya, kini tersedia beragam jenis aplikasi editing yang bisa Anda optimalkan, seperti corel draw, photoshop, piscay, dan lain sebagainya. Silakan pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tips Membuat Thumbnail Youtube yang Unik dan Berbeda

Tips Membuat Thumbnail Youtube yang Unik dan Berbeda
Agar thumbnail youtube Anda menarik, selain faktor ukuran thumbnail youtube itu sendiri ternyata ada faktor lain yang harus Anda perhatikan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips membuat thumbnail youtube yang unik dan berbeda. Dijamin hasil akhirnya nanti bisa mendatangkan viewer yang banyak di channel Anda.

1. Pakai Foto Milik Pribadi

Tips yang pertama adalah senantiasa menggunakan foto milik pribadi. Selain berkenaan dengan copryght, nyatanya untuk beberapa jenis video youtube penggunaan foto pribadi sangat disarankan. Anda bisa mulai menambah referensi dengan menonton beberapa video di youtube.

2. Letakkan Judul Video Pada Sampul

Mungkin terdengar sebagai suatu hal yang biasa saja. Namun ternyata jika dioptimalkan dapat membawa pengaruh yang signifikan untuk menambah viewers. Selain memudahkan pengunjung untuk memahami gambaran isi dari konten tersebut melalui penulisan judul di laman depan. Penulisan judul diiringi dengan penambahan nomor di setiap video dapat memudahkan pengguna melihat seri dari setiap video yang diupload.

3. Atur Tingkat Kecerahan Gambar

Selanjutnya silakan atur tingkat kecerahan gambar. Optimalkan dengan baik guna mendukung visualisasi dari video tersebut. Hal ini pun akan menjadi salah satu parameter penilaian viewers ketika akan menonton suatu tayangan. Sehingga mengoptimalkan kecerahan gambar adalah langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

4. Pakai Jenis Font yang Sama

Bagian tipografi dalam suatu konten memang menjadi sorotan utama yang wajib Anda perhatikan dengan detail. Usahakan untuk menggunakan satu jenis font yang sama, hal ini akan menjadikan video Anda berkualitas dan tidak terkesan berlebihan. Selain itu, pengunjung channel Anda pun akan mulai memberikan pandangan terkait ciri khas dari video Anda.

Cara Mengupload Thumbnail Youtube Mudah

Jika Anda telah mengatur ukuran thumbnail youtube beserta editing lainnya. Selanjutnya Anda hanya perlu menguploadnya di channel youtube pribadi. Caranya sangat mudah, cukup pilih custom thumbnail yang ada di menu dan upload file yang sebelumnya telah tersimpan di komputer.

Namun, jika ternyata tidak ditemukan menu tersebut ada langkah khusus yang harus Anda lalui, seperti penjelasan berikut:

  1. Lakukan verifikasi akun youtube yang Anda miliki dengan memverifikasinya lewat sms.
  2. Pertama, buka youtube creator studio dan pilih menu channel di sebelah kiri.
  3. Klik tombol verify yang memiliki warna biru diikuti dengan menginput nomor handphone yang Anda miliki. Ceklist salah satu pilihan verifikasi.
  4. Input kode verifikasi yang telah Anda dapatkan sebelumnya. Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah-langkah tersebut, maka selamat Anda telah berhasil mengupload thumbnail youtube.

Baca juga: Download Capcut Mod Apk Pro

Itu dia penjelasan rinci mengenai hal-hal yang berkaitan dengan proses editing thumbnail,l lengkap dengan cara mengatur ukuran thumbnail youtube tersebut. Sesuai dengan penjelasan di atas, pastikan sebelum Anda menguploadnya untuk senantiasa memperhatikan terlebih dahulu standard ukuran yang disarankan oleh pihak youtube. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar