Cara Mengambil Uang di Western Union dengan Mudah

Cara Mengambil Uang di Western Union – Layanan Western Union adalah salah satu jawaban ketika anda akan melakukan transaksi antar negara. Melalui layanan ini anda bisa melakukan pengiriman uang atau barang ke luar negeri termasuk Indonesia.

Jadi, untuk anda yang sedang berada di luar negeri entah itu dalam rangka liburan atau bekerja, baiknya tahu tentang layanan western union.

Pada kesempatan ini kita akan sedikit mengulas layanan yang diberikan oleh WU yakni berupa pengiriman uang mata asing. Masih banyak yang bingung nih bagaimana cara melakukan pengecekan atau pengambilan uang di western union. Tidak sesulit yang dibayangkan guys, untuk mengetahui cara mengambil uang di Western Union hanya ada 7 langkah yang dapat kalian ikuti.

Tujuh langkah ini juga sangat mudah tidak memerlukan bantuan aplikasi apapun dan si penerima tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Penasaran bagaimana cara – caranya, silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini.

Cara Mudah Mengambil Uang di Western Union

Cara Mengambil Uang di Western Union

Kalian yang masih bingung bagaimana cara pengambilan di Western Union tidak perlu bingung atau galau guys, ikuti langkah yang sudah admin jabarkan dan praktikkan. Pasti berhasil.

1. Hubungi Pengirim Uang

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungi pengirim dan memastikan bahwa uang telah benar – benar dikirim. Tidak mungkin anda langsung datang ke kantor untuk menanyakan apakah ada pengiriman uang dari si A atau si B.

Karena petugas nanti juga akan meminta kode yang diberikan oleh si pengirim langsung oleh anda. Atau kalian bisa mengunjungi laman https:/www.westernunion.com/asp/orderstatus.country=global untuk mengecek pengiriman.

2. Meminta Kode MTCN ke Pengirim

Hal yang paling penting saat akan mengambil uang di western union adalah kode MTCN atau money Transfer Control Number. Jika memang uang tersebut diperuntukkan bagi anda, silahkan minta kode tersebut pada si pengirim uang.

Ketika kalian akan meminta uang tersebut ke Western Union, petugas akan meminta kode tersebut dan akan mencocokkan kode MTCN dari pengirim. Bila benar, kalian bisa langsung mengambil uang tersebut. Kode ini penting untuk menghindari terjadinya penipuan.

3. Siapkan Beberapa Persyaratan dalam Pengambilan Uang di Western Union

Tidak semudah mengambil uang kiriman di ATM, kalian harus menyiapkan beberapa berkas untuk dapat melakukan pengambilan uang di WU. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :

  • Anda harus mengetahui nama pengirim dari nama depan, tengah hingga nama belakang.
  • Anda akan diminta petugas kartu identitas asli yang masih berlaku. Bisa KTP atau SIM. Untuk orang asing bisa menyetorkan Paspor atau Visa yang masih berlaku.
  • Anda harus mengetahui nama penerima. Jadi biarpun anda yang mengambil uang adalah bukan penerima asli, melainkan diwakilkan asal memiliki persyaratan yang admin jabarkan sudah bisa mengambil uang dari WU.
  • Tahu akan jumlah yang dikirim.
  • Mengetahui nomor transaksi pengirim uang atau yang disebut dengan kode MTCN
  • Mengetahui secara lengkap asal negara pengirim lengkap dengan alamat tinggal nya.

Persyaratan tersebut perlu disiapkan sebelum anda datang ke kantor WU terdekat. Kalian bisa mencatat nya dalam sebuah kertas dan bisa melihat nya kembali ketika petugas menanyakan semua persyaratan di atas. Jangan sampai ada yang kurang atau persyaratan yang tertinggal. Karena satu saja ada yang kurang, maka anda tidak akan bisa mengambil uang yang telah ditransfer.

4. Datang Ke Kantor Terdekat Western Union

Jika persyaratan di atas telah lengkap, silahkan kunjungi kantor WU terdekat. Bila tidak ada kantor cabang yang buka di sekitar rumah, kalian bisa mengunjungi beberapa tempat yang biasanya membuka layanan Western Union seperti Indomaret, Pegadaian, BPJS, Kantor Pos, Mandiri Syariah serta Danamon. Setahu admin kantor WU hanya ada di kota – kota saja, jarang yang buka di daerah pedesaan.

Atau jika kalian belum menemukan layanan WU terdekat bisa search pada laman https://www.westernunion.com/id/en/home.html

5. Mengisi Formulir Penerima Uang

Step ke lima anda harus mengisi formulir untuk mengambil uang yang telah dikirim. Formulir tersebut bisa kalian isi dengan mengacu pada persyaratan yang telah admin sebutkan pada poin 3. Anda harus mengetahui informasi data diri si pengirim, jumlah uang dan serta yang lain. Informasi itu akan anda tuliskan pada form yang diberikan oleh petugas WU.

6. Proses pengecekan

Tahap ke enam, semua data yang telah dituliskan akan di cek oleh petugas WU. Apakah informasi tersebut sesuai dengan data yang telah mereka simpan atau terdapat perbedaan. Dalam hal ini anda tidak bisa berbohong atau memalsukan data penerima ya guys, karena WU telah mengetahui duplikat informasinya.

Tidak akan memakan waktu yang lama, kurang lebih hanya lima menit saja. Anda sebagai penerima juga tidak akan dikenai biaya apapun. Pengambilan di WU gratis tis tis. Berbeda dengan pengirim uang yang harus membayar jasa layanan WU.

7. Pengambilan Uang

Jika proses pengecekan sudah aman dan valid, kalian bisa menerima langsung uang yang telah dikirim. Jangan lupa untuk mengecek jumlah uang yang diberikan, silahkan hitung kembali apakah sudah sesuai dengan jumlah uang yang telah dikirim.

Bila sudah, silahkan tandatangani bukti transaksinya. Simpan uang yang aman ya guys, karena kita tidak tahu tidak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Itulah tujuh langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pengambilan uang dari western union. Sangat mudah guys dan juga tidak repot. Sebagai informasi tambahan saja nih, kalau Indonesia ini ternyata adalah salah satu negara pengguna WU terbanyak lho.

Secara penduduk Indonesia juga padat guys. Disamping itu banyak juga warga Indonesia yang bekerja sebagai TKW dan tidak menutup kemungkinan mereka siring melakukan transaksi antar negara melalui WU.

Baca juga:

Penutup

Baik, tidak banyak kata yang bisa admin rangkai untuk pembahasan kali ini. semoga tulisan admin tentang cara mengambil uang di Western Union bisa bermanfaat bagi pembaca. Tidak ada yang sempurna, mohon dimaafkan jika ada kesalahan dalam penulisan ini, sekian dan sampai jumpa kembali pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar