Salah Satu Peran India Dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia Adalah

Salah Satu Peran India Dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia Adalah – Mari kita pelajari apa saja peran India dalam mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia! Baca penjelasan artikel sejarah kelas 12 ini. OKE! –

Anda mungkin pernah mendengar bahwa India adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Ciaa, para penggemar serial “Mahaputra” di seluruh Indonesia, harap berbangga.

Salah Satu Peran India Dalam Mendukung Kemerdekaan Indonesia Adalah

Hei, tapi kamu penasaran kan? Bagaimana bisa India tiba-tiba mengakui kemerdekaan india? Wah, tidak mendadak kan? Ingat! Semuanya ada proses. Membuat ramen instan memang cepat, tapi juga butuh proses. Hei… Jadi bagaimana prosesnya? Mengapa India ingin mengakui kemerdekaan india?

Respon India Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Ya, tapi sebelum saya menjelaskan alasannya, saya rasa Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu. Ternyata kita punya beberapa kesamaan dengan India. Silahkan baca terlebih dahulu penjelasan dibawah ini!

Wah, ternyata jadi sesuatu yang istimewa juga. Selain karena nama mata uangnya memiliki asal bahasa yang sama, india dan India juga bernasib sama karena sama-sama bekas jajahan. India pernah menjadi jajahan Inggris, dan india sudah lama menjadi jajahan Belanda.

. Misalnya, tentu lebih mudah bergaul dengan seseorang yang mirip dengan Anda dan memiliki latar belakang yang sama dengan Anda dibandingkan dengan seseorang yang bertolak belakang dengan Anda. Itu adalah “Kamu benar-benar menangkapku,” uhuk, uhuk. Sebelum segalanya menjadi semakin mustahil, mari kita kembali ke topik.

Jadi selain memiliki banyak kesamaan latar belakang, kita bisa melihat bahwa pada awal-awal kemerdekaan Indonesia, india banyak menjalin hubungan diplomatik dengan India pada masa sebelum kemerdekaan dan pasca kemerdekaan. Apa yang dilakukan india dan India dan bagaimana mereka bisa menjadi begitu kuat?xixixi. Mari kita bahas penjelasan berikut ini.

Baca juga  Tujuan Melakukan Kombinasi Gerak Dalam Permainan Bintang Beralih

Respon India Terhadap Kemerdekaan Indonesia: Kelompok: Ladu

Tahukah Anda bahwa salah satu akar persahabatan india dan India bermula dari pemimpin masing-masing? Van Karno mempunyai hubungan yang sangat baik dengan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru. Bahkan, ketika Tuan Nehru dilantik menjadi Perdana Menteri pertama India, Tuan Van Karno mengirimkan ucapan selamat dan harapan baik kepada Tuan Nehru. Nehru dalam jawabannya mengatakan banyak masyarakat India yang mengagumi dan bersimpati dengan kemerdekaan Indonesia. Ya, persahabatan mereka sangat baik!

Lebih lanjut, persahabatan Van Karno dan Nehru juga dilandasi oleh visi tersebut. Mereka berdua menginginkan Asia pascakolonial. Mereka akhirnya membawa visi tersebut ke forum internasional Konferensi Asia-Afrika.

Saat india berjuang untuk kemerdekaan, India menderita kelaparan. Melihat keadaan tersebut, Sutan Zafrir yang menjabat Perdana Menteri india pada tahun 1946 tercetus ide untuk mendukung India dengan mengirimkan 500.000 ton beras.

Tentu saja saat itu Indonesia berusaha untuk mendukung rakyatnya sendiri dan juga berusaha mengusir Belanda yang berusaha menaklukkan Indonesia. Namun Pak Van Karno dan Pak Zafrir justru melihat peristiwa ini sebagai sebuah peluang. Dengan mendukung India, india dapat memperoleh dua keuntungan sekaligus. Jika bahasanya bagus,

Dunia Arab, India, Dan Kemerdekaan Indonesia

Dengan dukungan tersebut, india tentunya ingin menjalin hubungan baik dengan India. Ah, tapi di sini Indonesia juga berharap bisa mendapat simpati dari negara lain. Jadi saya ingin menunjukkan bahwa “di sini kita kesulitan mengusir penjajah, tapi kita masih bisa membantu teman-teman kita yang membutuhkan (dalam hal ini kelaparan).” Tujuannya adalah untuk mendidik khalayak internasional yang lebih luas tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Benar sekali. Setelah beras berhasil dikumpulkan dan dikirim ke India, program yang disebut “Beras India” ini dengan cepat mendapatkan perhatian di india dan negara-negara lain di sekitar India. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat negara-negara di Asia yang dapat saling membantu meskipun mengalami kesulitan. Dengan kata lain, akibat kejadian tersebut hubungan Indonesia dan India menjadi semakin erat, dan pada saat yang sama, Indonesia mampu memperoleh banyak simpati dari negara lain karena sebagai negara yang merdeka mempunyai kemampuan untuk mendukung. negara-negara lain. .

Baca juga  Beriman Kepada Hari Akhir Membuat Diri Saya Lebih Menjauhi Perbuatan-perbuatan

Nah, salah satu buah dari hubungan baik Indonesia dan India adalah berdirinya Institut Putera Indo-india (PPII). Anggotanya adalah warga negara india yang saat ini berdomisili di India. Pada bulan Juni 1946, PPII mulai berperan dalam membujuk dan menyebarkan informasi tentang situasi di Indonesia kepada para pemimpin India dan internasional.

PPII bertujuan untuk lebih menyebarluaskan informasi mengenai situasi Indonesia dalam menjaga kedaulatan dan kemerdekaannya melalui media informasi seperti siaran berita radio dan penerbitan jurnal dan surat kabar terbitan Indonesia, Urdu, dan Inggris.

Peranan Diaspora Dalam Mendukung Pembangunan Nasional Indonesia, Oleh: Mhd Dicky Fadzhilah

Ya, PPII tidak bisa berjalan lancar di India tanpa bantuan dan dukungan dari India. Hal ini menjadi bukti bahwa kedekatan Indonesia dengan India secara tidak langsung turut membantu pengakuan kedaulatan Indonesia melalui respon internasional.

Terakhir, Van Karno dan Nehru adalah dua tokoh kunci yang mengawali Konferensi Asia Afrika ketika india dan India masih menjadi negara baru merdeka. Ya, tapi saat itu belum disebut KAA. Saat itu, tepatnya pada bulan Januari 1949, india dan India serta negara-negara lain di Asia dan Afrika ikut serta dalam konferensi yang membahas kedaulatan Indonesia sebagai isu besar. namanya

India kemudian menjadi pendukung paling vokal kedaulatan Indonesia pada konferensi tersebut, pada saat india menghadapi invasi militer kedua oleh Belanda. Nah, dari hasil pertemuan tersebut ada beberapa resolusi yang disahkan dan India sendiri langsung menyampaikan resolusi tersebut ke Dewan Keamanan PBB (DK PBB) melalui Nehru, hehehe. Nehru dan Van Karno benar-benar sahabat setia. Berdasarkan resolusi yang disampaikan Presiden Nehru, berikut tiga resolusi besar yang dibuat di Dewan Keamanan PBB.

Baca juga  Sajian Data Yang Tersusun Dalam Kolom Dan Baris Disebut

Dengan demikian, dengan konferensi ini, salah satu cita-cita terbesar Indonesia pasca kemerdekaan akhirnya tercapai: pengakuan kedaulatan Indonesia di tingkat internasional. Itu semua berkat hubungan baik india dengan India dan negara lain. Jadi, secara tidak langsung, India sebenarnya membantu india menjaga kedaulatan dan kemerdekaannya. Hehe, saya tidak pernah menyangka persahabatan yang indah bisa terjalin bahkan di dunia politik.

Trudeau Minta India Bekerja Sama Untuk Penyelidikan Pembunuhan

Apakah ada hal lain? Tanggal kemerdekaan India hanya terpaut dua hari dengan tanggal 15 Agustus di india. Tapi, tahunnya 1947, jadi sebenarnya ada selisih dua tahun. Namun terlepas dari itu, jika Anda punya ide, Hari Kemerdekaan sudah dekat.

Kini saya memahami bahwa India dan india mempunyai sejarah berjalan bersama dan saling mendukung sejak awal kemerdekaan, dan tidak ada konflik besar antara Indonesia dan India hingga saat ini. . Wah, salut juga untuk negara kita dan India. Saya berharap India terus menjadi yang terbaik untuk india. Amin.

Kaku Ali adalah guru ahli media sosial. Hobi saya adalah berkebun dan melatih Pasukibu. Tapi saya tidak pernah bertanya apakah pohon cabai itu benar. Saudaraku, jika saudara mengetahui tentang isu-isu sosial dan kemanusiaan yang menarik tersebut, mohon jelaskan langsung kepada guru ruang belajar! Video pembelajaran langsung disediakan oleh instruktur berpengalaman. Apalagi videonya animasi!

Peran soekarno dalam kemerdekaan indonesia, peran indonesia dalam mendukung program sdg's, peran pemuda dalam kemerdekaan indonesia, india mengakui kemerdekaan indonesia, salah satu peran internet di pemerintahan adalah, salah satu peran indonesia terhadap asean adalah, salah satu tujuan jepang menguasai indonesia adalah, berikut salah satu komoditas impor indonesia adalah, peran pemuda dalam kemerdekaan, salah satu suku di indonesia, peran soekarno dalam mempersiapkan kemerdekaan indonesia, salah satu peran indonesia dalam pbb adalah