Kenampakan Alam Yang Paling Terkenal Di Provinsi Kepulauan Riau Adalah

Kenampakan Alam Yang Paling Terkenal Di Provinsi Kepulauan Riau Adalah – Roro dan Guntur akan memulai rangkaian petualangan pertama mereka di pulau Sumatera dan Jawa untuk membahas unsur alam dan buatan manusia. –

Sore itu guru baru saja mengumumkan bahwa minggu depan sekolah akan melakukan perjalanan mengunjungi beberapa tempat di Sumatera dan Jawa. Dikatakannya, siswa akan mempelajari aspek keruangan kepulauan Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri karena permukaan bumi dipengaruhi oleh unsur air, tanah, api, dan udara. Ciri-ciri spasial ini mencakup benda-benda alam dan buatan. Roro, Guntur dan Kengurs akan menceritakan kisahnya lebih detail.

Kenampakan Alam Yang Paling Terkenal Di Provinsi Kepulauan Riau Adalah

“Gampang membedakannya, ciri-ciri alam itu tercipta secara alami dan bisa dimanfaatkan oleh manusia. Begitu pula dengan penampakan buatan yang sengaja diciptakan manusia untuk mengisi kehidupan. Jawab Roro.

Nama Nama Lembah Di Pulau Jawa Yang Memukau, Sudah Pernah Ke Sini?

“Oh iya juga. Kalau seperti ini aku paham, jadi kita lihat keduanya di dua pulau ya?” Guntur kembali bertanya pada Roro.

Seminggu telah berlalu, para mahasiswa berkumpul di bandara Soekarno-Hatta untuk berangkat ke salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Guru menginformasikan bahwa sesampainya di wilayah tersebut, siswa akan mengunjungi 1 pemandangan alam dan 1 pemandangan buatan.

“Saya kira kita akan ke Sumbar, saya sangat ingin ke sana,” kata Roro tak mau kehilangan akal.

Baca juga  Penari Membentuk Formasi Seperti Huruf X Artinya Memiliki Pola Lantai

Saat Roro dan Guntur sedang berbincang, guru menghentikan pembicaraan dan meminta mereka serta siswa lainnya untuk naik ke pesawat. Ya, pesawat Boeing 737-900 dengan kombinasi warna putih dan biru akan segera lepas landas. Semua orang berjalan mencari tempat duduknya, dibantu oleh seorang pramugari maskapai penerbangan.

Kenampakan Alam Negara Asean

Tak lama kemudian, pramugari memberitahunya bahwa perjalanan ini akan memakan waktu 1 jam 45 menit. Para siswa tampak lebih antusias. Usai berdoa bersama, ada yang bernyanyi, ada pula yang berbisik-bisik penuh rasa ingin tahu. Tidak ada seorangpun yang tidur dengan memejamkan mata walaupun hanya sesaat. Faktanya, ini adalah pertama kalinya saya bepergian dengan teman sekelas saya.

Guntur terus memandangi pemandangan luar melalui jendela pesawat. Kenyataannya, itu hanyalah sekumpulan awan yang bergerak. Ia terus menunggu hingga apa yang terlihat dari bawah pesawat berubah menjadi langit hijau yang indah.

“Sumatera Barat terkenal dengan banyak keistimewaan alamnya, Guntur. Misalnya saja Gunung Kerinci, Bukit Barisan, Danau Singkarak, dan Teluk Bayur,” tiba-tiba kangguru ikut duduk di depan kursi Roro dan Guntur. Ia juga diajak oleh gurunya. untuk membantu menjelaskan informasi selama tur.

“Jadi kita mau ke Sumatera Barat? Oh, tebakanmu benar, Ro! Tapi Kanguru, apakah ada sifat buatan di negeri ini? Guntur tak henti-hentinya penasaran.

Bagaimana Bentang Alam Pulau Bali Secara Umum? Materi Kelas 5 Sd

Misalnya saja di Pulau Sumatera terdapat Gunung Leuser (Acheh), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Sungai Musi (Sumatera Selatan), Sungai Batang Hari (Jambi) dan Danau Ranau (Lampung),” Roro pun angkat bicara. .

“Iya, padahal unsur abal-abal di Pulau Sumatera juga Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Pelabuhan Terminal Batam (Batama), dan Jembatan Ampera (Sumatera Selatan),” lanjut Kanguru.

Baca juga  Persamaan Kualitas Sdm Di Asean Merupakan Kerjasama Di Bidang

Percakapan tetap menarik. Roro, Guntur dan Kangur terus berbagi ilmunya. Tak lama kemudian ada pengumuman bahwa pesawat akan mendarat beberapa menit lagi dan para siswa bersorak.

Namun, perjalanan belum berakhir. Para siswa harus menempuh perjalanan lagi selama 2 jam untuk mencapai lokasi pertama yaitu Danau Singkarak, dan keesokan harinya mereka akan berangkat ke kota Bukittinggi untuk melihat gambar menara jam. Rencananya, mereka akan tinggal di Sumbar selama 3 hari dan kemudian kembali ke Pulau Jawa.

Seperti Apa Bentang Alam Pulau Jawa Secara Umum? Cari Jawaban Kelas 5 Sd Tema 1

Belum terasa perjalanan studi ke Pulau Sumatera sudah usai, kini para pelajar kembali ke Jakarta dan akan mengunjungi tempat-tempat wisata alam maupun alam buatan yang terdapat di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Guru mengatakan bahwa kali ini siswa akan menaiki kereta yang berangkat pada malam hari. Adakah yang bisa menebak di mana ini akan berakhir?

Di luar, langit sudah gelap. Seluruh pelajar baru saja selesai menyantap makan malamnya dan mulai bergerak maju membentuk antrean di pintu masuk stasiun Gambir, mengecek tiket keberangkatan lalu menuju peron 3 untuk menunggu KA Taksak tujuan Yogyakarta.

Berbeda dengan saat berangkat ke Sumbar, para pelajar memilih langsung bersantai setelah mendapat tempat duduk. Aktivitas sehari-hari seolah menguras energi. Apalagi perjalanan malam ini memakan waktu hingga 8 jam. Namun ternyata Guntur masih resah. Dia sedang memikirkan tempat mana yang akan dia kunjungi besok.

“Kanguru, kita mau kemana di Yogyakarta?” Guntur selalu tidak sabar untuk menjadi orang pertama yang mengetahuinya.

Kenangan Tentang Pulau Rote (1)

“Candi Borobudur itu penampakannya buatan, dan banyak orang yang sering salah mengira lokasi aslinya. Nanti setelah berangkat dari sana, kita akan tidur di Magelang, dan keesokan harinya kita akan ke Gunung Bromo. Tahukah kamu tempat ini?” tanya Kanguru.

Baca juga  Bacalah Berita Yang Pernah Kamu Baca Dengan Baik

“Bagus! Tahukah kamu Guntur, gunung itu salah satu dari sekian banyak keindahan alam di Pulau Jawa. Ada Gunung Semeru (yang tertinggi di Pulau Jawa), Gunung Ciremai (Jawa Barat), Gunung Merapi (Jawa Tengah), dan di sana masih ada beberapa lagi,” jelas Kanguru.

Tentu saja Kangar tidak akan menceritakan semuanya malam ini, karena jam di Guntur sudah menunjukkan pukul 14.00. Keduanya memerlukan istirahat agar bisa beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Apalagi dari Kota Jogja menuju Magelang yang membutuhkan jarak lebih dari 50 km.

Inilah perjalanan Roro, Guntur dan Kangura, kali ini mempelajari ciri-ciri alam pulau Sumatera dan Jawa. Ke mana mereka akan pergi selanjutnya dalam petualangan berikutnya? Jangan lupa membaca artikel seri SD lainnya dan ikuti latihan soalnya. Anda juga dapat menonton video pembelajaran animasi secara langsung melalui aplikasi.

Dataran Tinggi Di Indonesia