Flora Dan Fauna Di Myanmar

Flora Dan Fauna Di Myanmar – Grid.id – Kali ini kita membahas tentang spesies flora dan fauna asli Asia Tenggara. Seperti diketahui, letak geografis garis khatulistiwa atau biasa disebut dengan garis khatulistiwa menyebabkan negara-negara di seluruh Asia Tenggara beriklim tropis.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika negara-negara Asia Tenggara juga memiliki sumber daya alam yang sama. Terdapat 3 negara di Asia Tenggara dengan sumber daya alam paling beragam yaitu Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Lantas, apa saja jenis flora dan fauna yang ada di Asia Tenggara? Yuk simak penjelasannya di sini!

Flora Dan Fauna Di Myanmar

Jenis flora dan fauna di Asia Tenggara 1. Myanmar Hewan nasional: Harimau Indochina Hewan lain: gajah, merak hijau Bunga nasional: Bunga Paduak

Mergui Islands And Moken Villages

Baca juga: Cara Perkembangbiakan Akar Tumbuhan Generatif dan Vegetatif Kelas 6 Topik 1 2. Kamboja Hewan nasional: rumdal Hewan lainnya: lumba-lumba, macan dahan, kerbau, beruang madu, gajah dan ibis. Bunga nasional: kouprey (bosos). Bunga lainnya: tanaman kantong semar, gaharu, kapur barus dan bunga rumdul. 3. Laos Satwa nasional: Gajah India Satwa lainnya: siamang jambul hitam, kukang, gajah, harimau, bangau sarus, dan lumba-lumba Irawaddy. Tumbuhan nasional: champa (kemboja) Tumbuhan lain: liana, palem, bambi dan rotan.

4. Hewan nasional Vietnam: saola (kerbau). Satwa lainnya: lutung kaki merah, kera kekar, kerdil, ular piton, dan lutung kaki merah. Tumbuhan nasional: teratai Tumbuhan lain: Anggrek Lan Hai dan kapur barus

Baca juga  Sebutkan Lima Unsur Tari

Satwa nasional: kerbau dan elang Filipina Satwa lainnya: burung nuri, rusa, babi, dan kerbau Tumbuhan nasional: melati Tumbuhan lain: meranti,angsana 6. Indonesia

Hewan nasional: Elang Jawa dan Komodo. Satwa lainnya: harimau, kera, kerbau, babi hutan, gajah, anoa, cendrawasih, nuri, merak, tapir, kasuari, dan komodo. Tumbuhan nasional: Bunga Rafflesia Arnoldi, Anggrek Bulan dan Melati. Tanaman lainnya: merbau, sengon, cendana, trembesi, mahoni dan jati.

Negara Dengan Hutan Hujan Tropis Terluas Di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Hewan lainnya: harimau, macan tutul, kera siamang, badak dan buaya. Tanaman nasional: Ratchaphruek Tanaman lain: jati, pinang dan pinus.

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Umbi dan Contohnya, Apa Saja? Hewan Nasional Malaysia: Harimau Malaya. Satwa lainnya: harimau, tapir, rusa, badak, orangutan, dan kera siamang. Tumbuhan nasional : Angsana, antanan, kesusu, merbau, peluntan dan terap. 9. Hewan Nasional Singapura: Singa

Satwa lain: kancil, kandak, rubah dan kadal Tumbuhan nasional: anggrek hibrida Tumbuhan lain: pohon hujan, jasau, bugenvil, mahoni dan angsana.

Baca juga: Belum banyak yang tahu kalau tanaman ini bisa mempercepat pengobatan demam berdarah11. Satwa nasional Timor Timur: buaya Satwa lainnya: rusa, kera, kakatua, lumba-lumba, paus, babi hutan, biawak, ayam jago, lorikeet, dan couscous tutul. Tanaman nasional: kembang sepatu Tanaman lain: sequoia, anggrek, semak dan cendana.

Jenis Flora Dan Fauna Beserta Daerah Asal

Kunjungi adjar.id dan baca artikel pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuan anda. Menjadi lebih pintar dalam belajar yang dipimpin oleh adjar.id, dunia pembelajaran untuk anak Indonesia. Kabar baik datang dari Myanmar. Para ahli konservasi yang telah mengidentifikasi berbagai jenis burung di Tanah Air telah berhasil mencatat 1.114 jenis burung. Ini mencakup 20 spesies burung baru yang belum pernah tercatat sebelumnya antara tahun 2010 dan 2014.

Baca juga  Rusuk Ac Sejajar Dengan Rusuk

Daw Thiri Dae We Ung dari Myanmar Bird and Nature Society mengatakan dari 20 spesies tersebut, tujuh diantaranya belum pernah ditemukan di tempat lain di Asia Tenggara.

Sementara itu, salah satu peneliti, Thet Zaw Naing, mengatakan burung cikalang besar dan elang pied merupakan dua dari 20 spesies burung yang sebelumnya tidak terdokumentasikan dalam survei lapangan yang dilakukan selama empat tahun oleh organisasi seperti Bird and Nature Society, Wildlife Conservation Society, Flora dan Fauna International dan berbagai organisasi lainnya.

Myanmar adalah salah satu benteng keanekaragaman hayati di Asia. Negara ini, yang selama lima puluh tahun terakhir diperintah oleh kediktatoran militer yang kejam dan brutal, telah menerapkan kebijakan yang membuatnya terisolasi dari dunia internasional. Lambatnya pembangunan di negara berpenduduk 50 juta jiwa ini, tentunya dari sudut pandang konservasi, memungkinkan tumbuh dan berkembangnya keanekaragaman hayati secara berkelanjutan.

Flora Dan Fauna Endemik Di Indonesia

Namun, sejak tahun 2011, ketika junta militer mulai berbagi kekuasaan dengan oposisi dan pintu investasi dibuka, segala sesuatunya dapat berubah dengan cepat. Para pemerhati lingkungan khawatir situasi ini akan mengarah pada pembangunan besar-besaran tanpa memperhatikan dampak lingkungannya. Yang terpenting adalah konservasi hewan di negara ini.

Hal lain terkait perburuan liar memang mengkhawatirkan. Banyak burung mati ditemukan di sekitar danau Taungthaman dan Paleik dekat Mandalay, kota terbesar kedua di Myanmar. Belum lagi masifnya penggunaan pestisida yang membahayakan konservasi burung karena sektor pertanian digalakkan oleh pemerintah Myanmar.

Apalagi, sejak tahun 2012 orang asing sudah bisa menyewa tanah di Myanmar. Tanah yang subur dan statusnya sebagai “semangkuk nasi Asia” membuat negara-negara seperti India dan Tiongkok kesulitan berinvestasi di bidang pertanian.

Baca juga  Saat Melakukan Senam Irama Sangat Diperlukan

Tidak terbayangkan berapa banyak lahan yang akan dibebaskan untuk pertanian di masa depan. Selain itu, tidak ada yang bisa menjamin apakah pemerintah Myanmar akan memprioritaskan konservasi satwa liar atau tidak.

Contoh, Ciri Ciri, Dan Pengertian Flora Fauna Tipe Australis

Flora dan fauna di kalimantan, flora dan fauna myanmar, flora dan fauna di amerika, flora dan fauna di afrika, flora dan fauna di sulawesi, poster flora dan fauna, majalah flora dan fauna, flora dan fauna di filipina, flora dan fauna di indonesia, flora dan fauna di asia, flora dan fauna negara myanmar, flora dan fauna di bali