Ciri Planet Yang Ditunjukkan Oleh Angka 7 Adalah

Ciri Planet Yang Ditunjukkan Oleh Angka 7 Adalah – , Anda perlu memahami jenis dan ciri-ciri planet Jakarta. Pasalnya, planet-planet tersebut berputar mengelilingi matahari, pusat tata surya. Ada delapan planet di tata surya: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet adalah benda langit yang mengorbit atau berputar mengelilingi bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Setiap planet yang disebutkan memiliki karakteristik berbeda-beda.

Ciri Planet Yang Ditunjukkan Oleh Angka 7 Adalah

Jenis-jenis planet merupakan bagian penting dari tata surya. Planet-planet ini terbagi menjadi dua: planet dalam dan luar. Hal ini didasarkan pada kedekatannya dengan matahari. Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars merupakan planet dalam, sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus merupakan planet luar.

Try Out Ujian Nasional Madrasah Ibtidaiyah Ipa

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Planet jenis ini berputar perlahan, sekitar dua kali untuk setiap tiga orbit yang diselesaikannya. Karena permukaan kawah dekat dengan matahari, suhunya bisa melebihi 800 derajat Fahrenheit (426,7 derajat Celcius). Namun suhu di sisi yang menghadap matahari sangatlah dingin. Suhunya sekitar -279F (-173C).

Merkurius dijuluki bintang pagi. Sedikit lebih besar dari Bulan, Merkurius adalah planet terkecil di Tata Surya. Ciri-ciri Merkurius lainnya adalah tidak memiliki bulan, tidak memiliki cincin, dan atmosfer yang sangat tipis sehingga para ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai eksosfer.

Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Bumi. Planet jenis ini memiliki permukaan yang panas dan berkawah dengan suhu permukaan sekitar 900 derajat Fahrenheit (482 derajat Celcius), yang merupakan hasil dari efek rumah kaca yang tidak terlihat.

Baca juga  10 Ribu Dollar Berapa Rupiah

Atmosfernya tidak setebal atmosfer planet lain di alam semesta, namun merupakan yang paling tebal di antara planet kebumian mana pun dan sebagian besar terdiri dari asam sulfat dan karbon dioksida. Kepadatan atmosfer membuat tekanan permukaan 90 kali lebih besar dibandingkan tekanan bumi. Karena panas dan tekanannya, Bumi jelas tidak cocok untuk kehidupan. Venus dijuluki Bintang Kejora dan tidak memiliki bulan seperti Merkurius.

X Ips Bab 4dinamika Bumi

Bumi adalah planet terdekat ketiga dengan Matahari dan planet terestrial terbesar. Planet jenis ini juga merupakan satu-satunya planet yang diketahui menampung kehidupan dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki air cair di permukaannya.

Atmosfer, yang sebagian besar terdiri dari nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida, sangat penting bagi kemampuan bumi untuk menopang kehidupan. Meski permukaan bumi sebagian besar terdiri dari perairan, namun bumi juga memiliki daratan luas yang menjadi rumah bagi berbagai ekosistem menakjubkan. Bumi mempunyai satu satelit alami yaitu Bulan.

Para astrolog zaman dahulu menyebut Mars sebagai planet merah, planet keempat dari matahari. Warna merah pada permukaan disebabkan oleh oksida besi atau karat tanah. Daerah ini dicirikan oleh gunung berapi besar dan lembah yang dalam. Planet jenis ini sering mengalami badai di seluruh wilayahnya. Mars juga memiliki dua satelit alami.

Ciri-ciri tertentu di permukaan Mars, seperti dasar sungai yang kering, menunjukkan kemungkinan bahwa air pernah ada di Mars sebelumnya dan mungkin masih mengalir di bawah permukaan. Atmosfer karbon dioksida di Mars sangat tipis sehingga hanya 1/100 tekanan atmosfer di Bumi. Planet ini lebih dingin dari Bumi, dengan suhu permukaan berkisar antara -171 hingga 32 derajat Fahrenheit (-113 hingga 0 derajat Celcius).

Baca juga  Suatu Pernyataan Yang Belum Dipastikan Dikatakan Sebagai Pernyataan Yang

Beli Cincin Pria Glamira Tubias Dalam Oval Potongan 585 Kuning Berlian 2.4 Karat

Jauh dari matahari, di luar cincin asteroid, terdapat planet terbesar di tata surya, Jupiter, planet raksasa gas pertama. Pola awan berwarna unik di Jupiter disebabkan oleh badai besar yang berputar-putar di atmosfernya, yang sebagian besar terdiri dari hidrogen, helium, amonia metana, dan es.

Badai terbesar dan terunik, Bintik Merah Besar, berukuran lebih besar dari Bumi. Planet jenis ini memiliki 63 bulan dan sistem cincin samar. Jupiter memiliki 75 satelit alami.

Saturnus adalah planet keenam dari matahari dan juga merupakan raksasa gas. Jenis planet ini identik dengan penampilannya yang mengesankan karena cincin planetnya yang luas dan kompleks. Cincin itu mengorbit planet ini dalam pita tipis setebal sekitar satu mil.

Jari-jari Saturnus sekitar 9,5 kali radius Bumi, dan ia memiliki bukan hanya satu melainkan 62 bulan purnama. Interior Saturnus, seperti halnya Jupiter, sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Lebih dekat ke inti, tekanan yang kuat menyebabkan gas berubah menjadi cair dan akhirnya menjadi bentuk logam yang menghantarkan listrik. Saturnus memiliki 82 satelit alami.

Collector’s Guide Watches, Indonesia

Sementara jenis planet lain berputar pada sumbunya dengan sudut kecil, raksasa es Uranus berputar pada sumbu yang sejajar dengan orbitnya. Dengan diameter 50.723 km (31.518 mil), planet dingin ini berukuran empat kali Bumi dan memiliki atmosfer metana yang luas dengan inti metana beku yang padat. Uranus memiliki sistem cincin redup dan 27 bulan pada orbitnya. Uranus memiliki 27 satelit alami.

Jenis planet berikutnya adalah Neptunus. Planet biru Neptunus merupakan planet terjauh dari matahari dan sangat dingin. Suhu permukaan mencapai -353 F (-214 C). Karena jaraknya dari Matahari dan orbitnya yang panjang, satu tahun di Neptunus sama dengan 165 tahun Bumi.

Baca juga  Sebelum Membuat Prakarya Dari Bahan Lunak Kita Harus Memikirkan

Atmosfer sebagian besar terdiri dari metana, yang memberi warna biru pada planet ini. Bagian dalam planet yang dingin adalah es metana. Seperti semua planet luar, Neptunus, seperti Uranus, berukuran sekitar empat kali diameter Bumi. Tiga belas bulan dan sistem cincin samar mengorbit planet ini. Neptunus memiliki 14 satelit alami.

* Apakah itu benar atau hoax? Untuk mengecek kebenaran informasi yang tersebar, masukkan kata kunci yang diinginkan dan kirimkan nomor verifikasi 0811 9787 670 di WhatsApp.

Karya Sastra Rusia Yang Patut Anda Baca

Hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh jangka sorong berikut adalah, bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 2 adalah, sumber energi terbarukan ditunjukkan oleh nomor, keanekaragaman ekosistem tidak ditunjukkan oleh adanya perbedaan, kegiatan perdagangan internasional ditunjukkan oleh angka, cara yang dilakukan agar hemoroid tidak bertambah parah ditunjukkan oleh angka, penyakit sifilis ditandai dengan gejala gejala yang ditunjukkan oleh angka, bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 1 disebut, sirosis hati dapat diakibatkan oleh beberapa faktor yang ditunjukkan angka, magnet ladam ditunjukkan oleh, negara bagian australia yang beribukota di melbourne ditunjukkan oleh huruf, tali busur ditunjukkan oleh garis