Sistem Demokrasi Yang Dianut Negara Myanmar Adalah

Sistem Demokrasi Yang Dianut Negara Myanmar Adalah – Ibukota negara-negara Asia Tenggara – Pada tahun 1960-an, lima perwakilan negara-negara Asia Tenggara mengadakan pertemuan. Pertemuan tersebut diadakan di Bangkok, Thailand, di gedung yang sama yang kini digunakan oleh Kementerian Luar Negeri Thailand. Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1967 tidak lain adalah untuk membuat kesepakatan dan menandatangani dokumen terkait Deklarasi ASEAN atau disebut juga Deklarasi Bangkok. Perjanjian ASEAN sendiri merupakan semacam deklarasi dan simbol resmi berdirinya organisasi internasional di kawasan baru Asia Tenggara, yaitu Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Dokumen Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok memuat lima poin penting yang menggambarkan tujuan utama pembentukan organisasi internasional ini. ASEAN sendiri didirikan dengan tujuan untuk menciptakan kerja sama antar negara-negara Asia Tenggara, mulai dari bidang ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, teknologi dan lainnya. Tidak hanya itu, ASEAN juga didirikan dengan tujuan khusus untuk menjaga stabilitas kawasan sekaligus berupaya mendorong perdamaian dunia sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB.

Sistem Demokrasi Yang Dianut Negara Myanmar Adalah

Sebagai organisasi internasional di kawasan Asia Tenggara, ASEAN mengadakan pertemuan puncak dua kali dalam setahun. KTT ini merupakan kesempatan bagi negara-negara dari seluruh anggota ASEAN untuk berkumpul membangun kedekatan dan kerja sama. Faktanya, KTT ASEAN telah menjadi tingkat politik tertinggi dalam organisasi tersebut.

Fakta Fakta Negara Myanmar Yang Dikudeta Militer Berkali Kali

Pada tahun 2007, setelah diselenggarakannya KTT ASEAN di Singapura, ASEAN berhasil meratifikasi Piagam ASEAN untuk pertama kalinya. Piagam ASEAN sendiri merupakan bagian dari proses transisi dari kemitraan menjadi organisasi internasional yang berdasarkan hukum yang kuat. Selain itu, Piagam ASEAN diharapkan dapat menjadikan ASEAN sebagai struktur organisasi yang lebih efisien dan efektif.

Oleh karena itu, dalam berbagai proses yang dilakukan, ASEAN dapat memiliki komitmen politik baru. Dimulai dengan penerapan Komunitas Keamanan Politik ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN, dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN. Untuk lebih memahami ASEAN, artikel ini menjelaskan tentang 10 negara anggota ASEAN, mulai dari ibu kota, hari kemerdekaan, bahasa, mata uang, hingga lokasi.

Saat pertama kali didirikan, anggota ASEAN di kawasan Asia Tenggara hanya ada 5 orang. Oleh karena itu, lima negara pembentuk ASEAN dapat dikatakan sebagai pendiri ASEAN. Negara-negara pendiri ASEAN antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Saat itu, ASEAN memiliki 10 negara anggota resmi termasuk Kamboja, Laos, Brunei, Myanmar dan Vietnam. Nah, berikut profil masing-masing negara ASEAN.

Baca juga  Sifat Cahaya Apa Yang Diterapkan Pada Jam Matahari

Salah satu negara pendiri ASEAN adalah Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk sebanyak 272.229.372 jiwa menurut sensus tahun 2021. Wilayah Indonesia dikelilingi oleh dua benua besar yaitu benua Asia dan benua Australia. Letak geografis ini sangat baik bagi Indonesia karena merupakan jalur perdagangan internasional sehingga penting dalam perekonomian dunia.

Intoleransi Jadi Problem Bersama Asean

Jika melihat data sejarah, Indonesia telah mengalami penjajahan Belanda selama lebih dari 300 tahun. Tak hanya Belanda, Indonesia juga pernah diduduki Jepang selama kurang lebih 3 tahun 5 bulan. Kemerdekaan Indonesia baru tercapai pada bulan Agustus 1945, didorong oleh kekalahan Jepang pada Perang Dunia II.

Setelah 76 tahun merdeka, ibu kota Jakarta dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah memasuki periode kedua yang berarti Joko Widodo telah menjabat sebagai Presiden atau Kepala Negara Republik Indonesia selama 10 tahun.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kesatuan. Yang menyatukan bentuk-bentuk tersebut adalah ideologi negara yang disebut Pancasila. Pancasila sendiri merupakan pedoman hidup seluruh masyarakat Indonesia. Indonesia juga menganut sistem pemerintahan presidensial berdasarkan demokrasi.

Negara kedua di kawasan Asia Tenggara dan pendiri ASEAN adalah Thailand. Negara ini dikenal dengan nama Negara Gajah. Berbeda dengan Indonesia dan negara lain, Thailand tidak mengalami kolonialisme dari bangsa Eropa. Secara geografis, Thailand berbatasan langsung dengan Laos dan Kamboja. Sistem pemerintahan yang dianut Thailand merupakan bentuk monarki konstitusional. Oleh karena itu, Thailand dipimpin oleh seorang raja.

Sistem Politik Laos Pdf

Namun, urusan negara dan pemerintahan tertentu didelegasikan kepada Perdana Menteri. Pada tahun 2021, Perdana Menteri Thailand adalah Prayut Chan-o-cha. Prayut Chan-o-cha sendiri menjabat posisi tersebut sejak 2014.

Thailand mempunyai sejarah kekuasaan militer yang panjang, sebelum tahun 1980 politik negara di Thailand didominasi oleh elit militer. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peralihan kekuasaan pada tahun 1980-an. Parlemen yang berhasil dipilih oleh rakyat Thailand berhasil mempengaruhi politik negara tersebut. Pada tahun 1992, parlemen berhasil memilih Majelis Nasional yang pada akhirnya berhasil mengambil alih kekuasaan pemerintah Thailand dari militer. Meski kekuasaan militer tidak memberikan dampak besar terhadap pemerintahan Thailand, Thailand sudah dua kali dilanda konflik akibat kudeta militer pada tahun 2006 hingga 2007 dan 2014.

Baca juga  Sebutkan Manfaat Keberagaman Agama Dengan Tepat

Negara selanjutnya di Asia Tenggara yang juga merupakan salah satu dari lima negara pionir ASEAN adalah Malaysia. Malaysia sendiri mempunyai 13 negara bagian dan 3 wilayah federal. Setelah berhasil lepas dan merdeka dari kekuasaan kolonial Inggris, Malaysia menjadi negara yang menjadi bagian dari Persemakmuran.

Malaysia beribukota di Kuala Lumpur. Kebanyakan orang menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya mata uang yang digunakan Malaysia adalah ringgit. Pada tahun 2022, pemerintah Malaysia masih menganut demokrasi parlementer dengan sistem monarki formal. Itulah sebabnya Malaysia dipimpin oleh seorang raja. Raja Malaysia berperan sebagai kepala negara, sedangkan Perdana Menteri Malaysia memegang posisi kepala pemerintahan.

Sistem Pemerintahan Burma

Pada akhir tahun 2020, jumlah penduduk Malaysia mencapai sekitar 32,6 juta jiwa. Populasi Malaysia cukup beragam, dengan lebih dari 69% Bumiputera berasal dari Orang Asli, Sabah, Sarawak, dan penduduk asli Melayu.

Selain Indonesia, Thailand, dan Malaysia, Singapura juga menjadi salah satu pionir pembangunan ASEAN. Seperti halnya Malaysia, Singapura juga merupakan bagian dari Persemakmuran sebagai negara merdeka dari Inggris. Singapura sendiri berpenduduk 5,7 juta jiwa. Luas daratannya yang kecil membuat ibu kota Singapura menjadi bagian dari Singapura sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Singapura biasanya menggunakan empat bahasa resmi, yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil.

Bentuk pemerintahan yang dianut Singapura adalah sistem republik parlementer. Dalam sistem ini, kepala negara dipegang oleh presiden. Sedangkan Perdana Menteri bertanggung jawab menjadi kepala pemerintahan di Singapura.

Perdana Menteri Singapura saat ini adalah Lee Hsien Loong. Loong sendiri merupakan putra sulung Perdana Menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew. Loong menjabat posisi tersebut sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Militer Myanmar Kejam Karena Melihat Warganegara Sebagai Ancaman

Negara di Asia Tenggara selanjutnya yang juga menjadi salah satu pendiri ASEAN adalah Filipina. Filipina sendiri mempunyai lingkungan kepulauan, dengan hampir 7.000 pulau di wilayahnya. Secara geografis, Filipina terletak di bagian barat Samudera Pasifik. Berdasarkan sensus tahun 2019, jumlah penduduk Filipina mencapai lebih dari 109 juta jiwa.

Seperti kebanyakan negara Asia Tenggara, Filipina mengalami kolonialisme Spanyol selama lebih dari 300 tahun. Kemudian pada tahun 1898, Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaan dari kekuasaan Spanyol. Namun karena kemenangan Amerika Serikat atas Spanyol, Amerika Serikat ingin kembali menguasai Filipina. Peristiwa ini berujung pada perang antara Amerika Serikat dan rakyat Filipina pada tahun 1899 hingga 1902.

Baca juga  Luas Permukaan Bangun Berikut Adalah

Pemerintahan Spanyol dan Amerika di Filipina juga meninggalkan banyak pengaruh, terutama dari segi agama, bahasa, dan gaya pemerintahan. Kini Filipina mempunyai bentuk pemerintahan republik berdasarkan sistem demokrasi. Negara yang beribukota Manila ini mempunyai kepala negara yang disebut Presiden.

Negara keenam di kawasan Asia Tenggara adalah Brunei Darussalam. Brunei sendiri beribukota di Bandar Seri Begawan. Negara dengan luas sekitar 5.765 kilometer persegi ini merupakan negara dengan taraf hidup yang tinggi sehingga dianggap sebagai negara kaya di Asia. Brunei sendiri sudah lama menjadikan migas sebagai komoditas berkualitas tinggi untuk menjadi tulang punggung pertanian.

Pdf) Beyond Consensus: Democratic Element In Asean Plus Three Economic Cooperation

Secara geografis, Brunei terletak di bagian barat laut Pulau Kalimantan atau Kalimantan. Brunei sendiri memperoleh kemerdekaan dari kekuasaan Inggris pada tahun 1984. Negara yang berbentuk negara Islam ini menganut sistem monarki absolut yang menjadikan Sultan sebagai perdana menteri dan perdana menteri. Saat ini Brunei Darussalam dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah.

Kebudayaan Melayu mengakar kuat di Brunei, hal ini terlihat pada gaya arsitektur, bahasa dan budayanya. Oleh karena itu, bahasa nasional Brunei adalah bahasa Melayu, disusul bahasa Inggris sebagai bahasa kedua karena populer di negara tersebut. Menjelang kemerdekaannya pada tahun 1984, Brunei Darussalam menjadi anggota ASEAN.

Negara selanjutnya di Asia Tenggara adalah Vietnam. Vietnam menjadi anggota resmi ASEAN pada tahun 1995. Bentuk negara yang beribukota di Hanoi adalah republik komunis. Kepala negara di Vietnam dipimpin oleh presiden, dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Pada April 2021, Pham Minh Chinh baru-baru ini terpilih sebagai Perdana Menteri menggantikan Nguyen Xuân Phúc.

Vietnam terkenal dengan pertumbuhan ekonominya yang pesat, didukung oleh industri di sektor ritel, pangan, pertanian, manufaktur, dan infrastruktur. Selain sektor industri, pariwisata Vietnam juga menjadi penopang perekonomian Vietnam. Hal inilah yang berhasil dilakukan Vietnam dengan meraih penghargaan destinasi terbaik di Asia dari WTA (World Travel Awards) tahun 2019.

Pdf) Peran Association Of Southeast Asian Nations Terhadap Kekerasan Dan Pelanggaran Ham Junta Militer Kepada Warga Sipil Myanmar

Tepat pada peringatan 30 tahun ASEAN pada tahun 2997, Laos resmi memutuskan untuk bergabung dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Negara yang beribu kota Vientiane ini memiliki jumlah penduduk sekitar 7,169 juta jiwa.