Cara Menghapus Kelas di Google Classroom di HP Android

Cara Menghapus Kelas Di Google Classroom – Di masa pandemi covid 19 seperti ini, banyak dampak yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Virus covid 19 tidak hanya berdampak pada bidang pariwisata dan bisang ekonomi saja, tetapi berdampak pula bagi bidang pendidikan.

Adanya covid 19 menyebabkan instansi-instansi pendidikan ditutup sementara sampai waktu yang tidak bisa ditetapkan. Oleh karena itu, pembelajaran tatap muka secara langsung tidak bisa dilaksanakan, sehingga pembelajaran dengan terpaksa dilakukan secara online atau dalam jaringan.

Untungnya di Indonesia bukanlah negara yang terbelakang yang tidak mengenal teknologi. Sebagian besar zaman sekarang manusia memang lebih dominan mengandalkan teknologi untuk mempermudah sebagian pekerjaan manusia.

Karena hal tersebut, saat ini sekolah dan instansi-intansi lain semakin terbiasa dengan adanya pembelajaran dalam jaringan ini. Banyak platfrom-platfrom atau aplikasi yang bisa digunakan sebagai media bertatap muka secara online, salah satunya yaitu google.

Keuntungan Menggunakan Google Classroom

Saat ini google telah menciptakan sebuah fitur baru yang bekerja sama dengan para pengajar agar lebih mudah mengajar dari jarak jauh, selain itu fitur ini dapat juga digunakan untuk mengelola tugas sehingga kegiatan pembelajaran terasa lebih mudah dan lebih efisien.

Fitur google ini dinamakan google classroom. Banyak para pengajar yang sudah bisa memanfaatkan fitur google ini untuk membuat kelas pertemuan agar bisa mengajar siswa-siswanya.

Namun, tidak sedikit para pengajar yang kesusahan atau tidak mengerti bagaimana cara menghapus kelas yang sudah ia buat, tetapi tidak digunakan lagi. Maka dari itu dalam artikel ini tim kami akan memberikan tutorial atau cara menghapus kelas di google classroom secara permanen.

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom di HP Android

Sebenarnya boleh saja kelas yang sudah dibuat namun sudah tidak dufungsikan lagi untuk tidak dihapus. Guru bisa mengarsipkan kelas tersebut, sehingga kelas yang sudah pernah dibuat tidak akan hilang dan bisa dibuka kembali jika suatu saat diperlukan.

Akan tetapi, jika guru berniat untuk menghapus kelas di google classroom secara permanen, guru atau pengajar bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Sebelum itu, sebagai informasi tambahan, menghapus kelas di google classroom hanya bisa dilakukan oleh pengajar utama yang membuat kelas tersebut, sedangkan pengajar lain tidak bisa melakukannya.

Oke tanpa berpikir lama lagi, berikut ini langkah-langkah cara menghapus kelas di google classroom.

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

  1. Buka aplikasi browser melalui google chrome dengan menggunakan akun google yang kamu miliki
  2. Lalu ketik dikolom pencarian google.com
  3. Selanjutnya klik menu aplikasi google yang berada di pojok kanan atas, seperti yang bertanda panah di bawah ini Cara Hapus Kelas di Google Classroom
  4. Selanjutnya scrool ke bawah lalu pilih menu classroom
  5. Tunggu sebentar sampai muncul daftar kelas yang sudah dibuat di google classroom
  6. Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan masing-masing ruang kelas
  7. Lalu pilih menu Arsip > kemudian klik arsip kembali, maka ruang kelas yang kamu pilih sudah tersimpan ke arsip namun belum terhapus.
  8. Untuk menghapus folder tersebut, kamu klik ikon tiga garis yang berada di pojok kiri
  9. Kemudian klik menu “kelas yang diarsipkan”
  10. Lalu klik kembali titik tiga yang berada di pojok kanan atas ruang kelas. Kemudian klik hapus.

Nah, teman-teman meskipun kamu sudah menghapus kelas tersebut dari google classroom, nyatanya file tersebut masih ada di google drive kita. lalu bagaimana cara menghilangkannya agar tidak memenuhi penyimpanan google drive yang kita miliki?. Sangat mudah teman-teman, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Klik aplikasi google seperti gambar yang berada pada langkah nomor 3 di atas
  • Kemudian pilih menu drive
  • Lalu cari folder classroom
  • Langkah selanjutnya cari folder kelas yang tadi kau hapus dari google classroom
  • Selanjutnya klik kanan pada kelas tersebut lalu klik hapus

Oke teman-teman itulah langkah-langkah cara menghapus kelas di google classroom, sangat mudah bukan?. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas maka kelas yang sudah tidak digunakan lagi akan benar-benar terhapus secara permanen, sehingga file tersebut tidak memenuhi ruang penyimpanan google drive kamu.

Akhir Kata

Semoga artikel Cara Menghapus Kelas di Google Classroom bermanfaat ya, dan selamat mencoba semoga berhasil. Dan terimakasih sudah mengunjungi web kingsmpls.com

Tinggalkan komentar