9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet – Internet sudah menjadi makanan sehari – hari. Tiada hai tanpa membuka internet. Bahkan kita termasuk admin sendiri akan merasa bingung jika sehari saja tidak mengakses internet.

Entah itu hanya sekedar scroll facebook atau hanya melihat berita yang sedang booming di internet. Betapa tidak, pada zaman sekarang semuanya sudah ada di internet.

Bahkan saat koneksi internet mulai melambat kita mulai bingung dan ngomel – ngomel sendiri. Ada yang ngedumel kok lama sih terhubung ke internet nya, gambarnya loading terus tidak terbuka, shopee nya loading lama, dan lain sebagai nya.

Jujur saja pasti anda yang membaca artikel ini pernah mengelukan nya. Bagi yang pernah mengalami masalah pada akses internet, admin jabarkan ulasan di bawah ini beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet.

9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Berikut kami jelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan akses internet menurut brainly dan para ahli.

1. Perangkat yang digunakan

Saat ini untuk mengakses internet tidak hanya menggunakan laptop atau komputer saja, namun juga bisa menggunakan smartphone atau android. Faktor pertama yang bisa mempengaruhi kecepatan internet adalah perangkat yang sedang digunakan. Pada perangkat android dan komputer terdapat RAM, memori atau hardisk dan juga processor.

Ketiga komponen tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja perangkat. Apabila salah satu komponen tersebut memiliki spesifikasi rendah bisa jadi hal ini akan berpengaruh pada kecepatan internet.

Kita ambil contoh saja kinerja sistem android yang memiliki RAM 1GB dengan RAM 2GB. RAM 2GB pasti memiliki akses kecepatan yang lebih dibandingkan dengan RAM 1GB. Entah itu akses jalannya aplikasi atau akses kecepatan internet. Bisa juga perangkat anda yang sudah termakan usia membuat akses internet anda menjadi lebih lama. Karena komponen-komponen di dalam nya sudah lelah bekerja dan ingin dilakukan service ulang.

2. Modem Internet

Jika anda saat ini masih menggunakan modem sebagai media untuk terhubung di internet, bisa jadi alasan ke dua yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah modem. Kecepatan dalam modem rata – rata menggunakan 56 kbps. Ukuran tersebut adalah ukuran standar dalam mengakses internet dan masih dikatakan stabil.

Namun jika anda sudah terbiasa menggunakan jaringan internet 4G yang cepat, anda akan merasa koneksi tersebut lambat. Sebenarnya hal ini tidak masalah karena anda bisa mengatur ulang modem yang anda gunakan untuk menambah kecepatan saat mengakses internet.

3. Bandwidth

Kecepatan internet juga dipengaruhi oleh Bandwidth. Setiap akses internet memiliki kecepatan bandwidth yang berbeda – beda. Semakin besar bandwidth yang digunakan maka semakin cepat pula akses kecepatan internet.

4. Jumlah Pengunjung Internet yang Banyak

Jumlah pengguna internet yang banyak juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan internet anda menjadi lebih lambat. Hal seperti ini biasa terjadi pada mereka yang menggunakan internet dengan menggunakan jaringan wifi. Jika koneksi internet anda ingin lebih cepat maka hindari penggunaan internet di waktu jam kerja. Karena pada jam – jam tersebut pasti banyak yang menggunakan nya.

5. Jaringan Komunikasi

Terdapat beberapa macam jenis jaringan komunikasi mulai dari Line Telepon, GSM, CDMA. GPRS, 3G,4G, hingga 5G. Diantara jenis jaringan tersebut, jaringan GSM memiliki akses internet paling cepat dibandingkan dengan jaringan komunikasi yang lain nya. Coba ganti jaringan anda dengan menggunakan GSM untuk mendapatkan akses internet, download, dan upload yang lebih cepat.

6. Kondisi Website

Faktor berikutnya adalah website yang dituju. Pasti anda pernah mengunjungi sebuah situs yang loading nya sangat lama dan anda berpikir bahwa akses internet dalam perangkat anda sangat lambat. Padahal ini bisa saja terjadi karena pengunjung website yang sedang dituju sedang ramai pengunjung.

Hal demikian dapat menyebabkan pembatasan kecepatan maksimum yang boleh diakses oleh pengguna. Adapun tujuan nya adalah untuk mengurangi beban kerja hardware server dan beberapa alasan non teknis yang lain nya.

7. Lokasi

Lokasi dimana anda berada juga bisa mempengaruhi kecepatan akses internet. Ada beberapa tempat yang support dengan akses internet 3G dan belum support dengan akses internet 4G. Ada juga yang sebaliknya.

Bahkan di daerah tertentu ada yang hanya support satu jenis kartu telepon saja, sedangkan untuk kartu telepon yang lain nya sinyal bertanda x yang artinya tidak ditemukan sinyal di sana. Jika sinyal di lokasi yang anda tempati sekarang jarang putus – putus, berarti sinyal anda masih bagus dan kuat.

8. Penggunaan Aplikasi

Banyak aplikasi browser yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Mulai dari mozila fire fox, chrome, opera dan lain sebagainya. Biasanya browser lama yang belum diupdate akan mempengaruhi kecepatan anda dalam mengakses internet. Maka silahkan update ke versi terbaru untuk supaya akses internet lebih cepat.

Setiap perangkat juga memiliki support aplikasi browser yang berbeda – beda. Ada yang lebih cepat menggunakan chrome, ada yang lebih cepat dengan fire fox dan lain sebagainya. Selain itu banyaknya situs yang anda buka dari browser bisa juga berpengaruh pada koneksi internet, karena kecepatan jaringan terbagi – bagi. Silahkan tutup situs yang sikranya tidak terlalu penting.

9. Cache yang menumpuk

Bersihkan cache atau riwayat dalam kunjungan situs di internet. File sampah yang terus terpendam akan membebani kerja jaringan internet yang membuat koneksi anda semakin lambat.

Baca juga :

Akhir Kata

Itulah sembilan faktor yang mempengaruhi kecepatan internet. Silahkan cek satu persatu jika internet anda mulai terasa lambat. Barangkali dari sembilan faktor tersebut ada yang sedang anda alami. Terima kasih sudah membaca ulasan kingsmpls.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *