Sebutkan Teknik Lompat Tinggi Gaya Straddle

Sebutkan Teknik Lompat Tinggi Gaya Straddle – Teknik Dasar Lompat Tinggi – Pembahasan mengenai pengertian, sejarah dan teknik dasar lompat tinggi pastinya sangat menarik. Apalagi olahraga ini sudah sangat familiar dan sering dipertandingkan di berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.

Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang atletnya mempunyai kemampuan melompat setinggi-tingginya untuk melewati mistar. Sedangkan gaya lompat mempunyai beberapa variasi, antara lain gaya gunting (

Sebutkan Teknik Lompat Tinggi Gaya Straddle

Lompatan adalah suatu bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kaki depan ke atas sebagai upaya untuk membawa pusat gravitasi tubuh setinggi mungkin dan menjatuhkan (mendarat) secepat mungkin. Mungkin dengan mendorong salah satu kaki untuk mencapai tingkat tertentu. tinggi. Tujuan utama dari lompat tinggi adalah untuk membuat tubuh Anda setinggi mungkin sehingga dapat melewati mistar. Ketinggian lompatan tergantung pada tiga faktor. Pertama, pelompat harus menghasilkan gaya angkat sebanyak mungkin untuk meluncurkan tubuhnya ke udara dengan kecepatan tertinggi.

Rpp Pjok Lompat Tinggi

Ketinggian yang dicapai benda sesuai dengan kecepatan yang digunakan saat meninggalkan tanah. Kedua, sudut tolakan harus sedekat mungkin dengan vertikal untuk memusatkan gaya untuk mencapai ketinggian, tetapi sudut tolakan harus cukup untuk membawa benda dari satu sisi palang ke sisi lainnya. Ketiga, jarak untuk menaikkan pusat gravitasi terbatas. Dalam lompatan target, jarak cutoff harus antara 2 dan 3 kaki, di mana pelompat terbaik dapat mendorong pusat gravitasinya ke atas dari posisi berdiri dengan tangan di samping.

Kompetisi ini pertama kali diadakan di Olimpiade Skotlandia pada abad ke-19. Rekor tertinggi lomba lompat tinggi yang pernah dilakukan seorang atlet saat itu adalah 1,68 m.Gaya lompat yang digunakan saat itu adalah gaya gunting.

Kemudian pada abad ke 20 gaya lompat tinggi dikuasai oleh Michael Sweeney yang berasal dari Irlandia – Amerika. Pada tahun 1895, Michael Sweeney berhasil melompat setinggi 1,97 meter. Pada saat itu, dia menggunakan gaya pukulan timur, di mana dia mengambil posisi gunting tetapi menjulurkan punggungnya dan berbaring di atas mistar. Ada juga orang Amerika lainnya bernama George Horine yang mengembangkan teknik lompat hebat yang mirip dengan teknik western roll. Teknik ini memungkinkan Horine menembus palang setinggi 2,01 meter pada tahun 1912.

Selama empat dekade berikutnya, atlet Amerika dan Soviet memelopori evolusi teknik straddle. Pada tahun 1956, Charles Dumas menjadi orang pertama yang menggunakan teknik straddle. Lompatannya mencapai ketinggian 2,13 m. John Thomas kemudian memecahkan rekor dunia dengan ketinggian lompatan 2,23 m pada tahun 1960.

Baca juga  Bilangan Oksidasi Alumunium Dalam Al2o3 Adalah

Penjasorkes Pts Smt 2

Valery Brumel akhirnya memecahkan rekor empat tahun berikutnya dengan tinggi lompatan 2,28 m. Brumel juga berhasil meraih medali emas di Olimpiade 1964. Dari Brumel, para atlet mulai mengembangkan olahraga lompat tinggi. Sampai saat ini, terdapat berbagai macam gaya dalam lompat tinggi, antara lain gaya gunting, gaya side roll, gaya flop, dan gaya straddle.

Dalam olahraga lompat tinggi, semua atlet berusaha untuk melompat setinggi-tingginya. Dick Fosbury adalah nama orang yang mengubah olahraga lompat tinggi ketika memilih teknik lompat yang berbeda. Sebelum Olimpiade Mexico City tahun 1968, semua pelompat tinggi melompat dengan cara berguling ke depan atau ke samping. Dick Fosbury mengubah pendekatan konvensional ketika ia memenangkan medali emas Olimpiade dengan melompat terbalik.

Teknik ekstrim ini kemudian dipelajari oleh seluruh pelompat tinggi di dunia setelah kemenangan Fosbury di Olimpiade 1968. Sejak Vladimir Yaschenko pada tahun 1978 mencetak rekor dunia lompat tinggi dengan ketinggian 2,34 meter, semua juara lompat tinggi dunia kemudian menggunakan Fosbury. Gaya gagal dalam memecahkan rekor dunia. Rekor lompat tinggi terbaik dibuat oleh Javier Sotomayor dari Kuba pada tahun 1993 dengan tinggi 2,45 meter.

Bidang lompat tinggi terdiri dari lintasan lari, palang dan drop zone. Lintasan lari digunakan sebagai titik awal sebelum melompat. Lintasan lari yang digunakan untuk start minimal 15 meter. Jalan ini tidak bisa naik atau turun. Kemiringannya harus serendah mungkin. Sedangkan bidang yang digunakan untuk penolakan harus lurus dan tidak miring. Palang adalah batas bawah yang harus dilewati oleh pelompat tinggi.

Pengertian Dan Teknik Dasar Lompat Tinggi

Berdasarkan aturan IAAF, palang yang digunakan untuk lompat tinggi harus menggunakan balok fiber, bukan logam. Aturan ini digunakan untuk mencegah cedera saat atlet melompat dan menyentuh mistar. Palang ditempatkan pada penyangga dan beberapa lubang untuk menempatkan palang pada ketinggian yang diinginkan. Drop zone adalah tempat Anda bisa mendarat setelah melompat. Panjang drop zone atau landing zone tidak boleh kurang dari 5 meter dan lebar 3 meter.

Bisa dibuat apa saja asalkan kuat dan tahan lama. Jarak kedua kutub adalah 3,98 – 4,02 m.

Tempat pendaratannya terbuat dari busa dengan tinggi 60 cm yang ukurannya tidak boleh kurang dari 3 x 5 m, di atas kasur ditutup kembali dengan kasur dengan tinggi 10 – 20 cm.

Baca juga  Salah Satu Wujud Rela Berkorban Dalam Mengisi Kemerdekaan Adalah

Seperti halnya olahraga lainnya, olahraga ini juga memiliki teknik dasar yang harus dipelajari oleh para atlet. Berikut ini adalah 4 cara dasar lompat tinggi:

Tugaas 2 Pjok

Teknik dasar lompat tinggi yang pertama adalah teknik start. Kebanyakan pelompat tinggi melakukan teknik pengantar ini dengan berlari. Mulai dari berlari dengan kecepatan rendah hingga kecepatan tertentu sesuai teknik masing-masing agar dapat melompat dengan baik.

Teknik lompat tinggi utama yang kedua adalah teknik push off. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan salah satu kaki terkuat agar tubuh dapat melompati mistar. Ketika salah satu kaki mendorong/melompat, maka kaki lainnya mengayun sehingga lompatan berhasil melewati mistar.

Teknik dasar lompat tinggi selanjutnya adalah teknik melayang. Float disini maksudnya ketika badan mulai naik hingga melewati mistar. Pada tahap ini, atlet dapat menerapkan kekuatan (seperti disebutkan di atas) untuk membantu tubuh melewati mistar.

Teknik dasar lompat tinggi yang terakhir adalah teknik mendarat. Teknik ini merupakan teknik dimana tubuh melewati mistar dan jatuh ke matras. Ada 2 teknik pendaratan yang paling umum digunakan, yaitu mendarat dengan kedua kaki dan mendarat dengan badan.

Tahapan Tahapan Dalam Materi Loncat Tinggi Gaya Flop Dan Gaya Straddle

Belly roll merupakan salah satu gaya lompat tinggi dimana posisi tubuh menghadap ke bawah melewati mistar. Ciri-ciri pelaksanaan gaya belly roll dimulai dari gerakan awal, dorongan atau tumpuan, posisi badan pada palang dan pendaratan. Pada mulanya pelompat melangkah dari depan mistar atau mistar ke belakang sebanyak 5 atau 7 langkah, dalam jumlah 5 atau 7 langkah kaki kiri atau titik tumpu menginjak balok dorong.

Saat melakukan penyelaman, pelompat pada tiga atau lima langkah terakhir harus mempersiapkan kakinya untuk mendorong sekuat tenaga agar mampu mengangkat badannya ke atas. Dorongan dimulai dari tumit, berlanjut ke telapak kaki dan berakhir di ujung jari, dilakukan dengan cepat dan tepat. Bila beban badan berada pada kaki awal, segera setelah pergelangan kaki didorong lurus ke atas, badan disandarkan ke belakang hingga beban badan bertumpu pada kaki belakang (kaki ayun) di atas mistar.

Posisi badan di atas mistar adalah setelah kaki ayun melewati mistar, posisi badan berada di depan mistar dengan posisi pinggul lebih tinggi dari belakang. Dorong kaki dengan lutut tertekuk ke samping. Sedangkan kepala dimiringkan ke bawah palang, badan akan terjatuh menuju tempat pendaratan. Saat mendarat atau terjatuh, yang pertama kali dipukul adalah kaki dan tangan kanan. Jika Anda menggunakan kaki kiri sebagai penyangga, Anda berguling ke punggung, ke tangan, dan ke bahu serta bagian belakang tubuh Anda.

Baca juga  Tuliskan Bunyi Sila Pancasila Yang Menunjukkan Sikap Suka Bekerja Keras

Side roll adalah gaya di mana pelompat mendorong kaki yang paling dekat dengan mistar. Caranya adalah pelompat pertama melakukan start atau duduk dari samping dengan sudut antara 35° dan 45° terhadap posisi mistar. Misalnya, jika pelompat mendorong dengan kaki kiri, mulailah dari sisi anak. Jarak awal tergantung dari pelompat itu sendiri, apakah tiga langkah, lima langkah, tujuh langkah dan seterusnya. Hal ini biasanya disesuaikan dengan ketinggian jump bar.

Lompat Tinggi Gaya Guling Perut

Hal yang perlu diperhatikan adalah tiga langkah terakhir sebaiknya dilakukan dengan langkah yang lebih panjang dan cepat. Kedua, dorong diri Anda sekuat tenaga agar mampu membawa atau mengangkat seluruh tubuh ke udara setinggi-tingginya. Dorong kaki yang paling dekat dengan mistar. Ketiga, setelah kaki ayun (kaki kanan) mencapai ketinggian maksimal. Sesegera mungkin kaki pendorong (kaki kiri) diangkat atau ditinggikan dengan badan menghadap ke samping kiri hingga sikap badan berubah (meregangkan). Ini seperti tidur miring, dengan tubuh sejajar dengan palang. Badan kemudian digulingkan ke kiri melewati mistar dengan kaki depan ditekuk dekat badan dan kaki ayun mengarah. Keempat, setelah kaki dorong melewati mistar, segera turunkan untuk mendarat dengan kedua tangan bila perlu dalam posisi badan.

Gunting adalah gaya lompat tinggi tertua di dunia. Gaya ini muncul dengan hadirnya olahraga atletik lompat tinggi di Olimpiade Skotlandia pada abad ke-19. Pada gaya ini, posisi kaki yang melompat, mengayun, dan melewati mistar seperti gerakan gunting. Gaya gunting diawali dengan lompatan yang berasal dari dorongan kaki yang lebih kuat dan dilanjutkan dengan mengayunkan kaki yang lain saat badan mendekati mistar, sehingga akhirnya kedua kaki dan seluruh badan melewati mistar pada ketinggian tertentu. Gaya gunting ini kemudian disempurnakan oleh Michael Sweeney dan perbedaannya mulai terlihat. Pada gaya gunting klasik, gaya lompat yang dilakukan adalah gaya jongkok dan posisi badan berada di depan mistar saat Sweeney mengubahnya ke posisi awal.

Lompat tinggi gaya straddle, sejarah lompat tinggi gaya straddle, pengertian lompat tinggi gaya straddle, teknik lompat jauh gaya menggantung, jenis gaya lompat tinggi, sebutkan gaya lompat jauh, cara melakukan lompat tinggi gaya straddle, sebutkan gaya dalam lompat jauh, teknik lompat tinggi gaya straddle, awalan lompat tinggi gaya straddle, teknik dasar lompat tinggi gaya straddle, teknik lompat tinggi gaya gunting