Ringkasan Cerita Si Pitung

Ringkasan Cerita Si Pitung – Legenda Si Pitung sudah berkali-kali dimuat di blog ini. Meski kemurahan hati si Pitung dalam melindungi rakyat jelata masih dipertanyakan oleh kajian sejarah, namun masyarakat Indonesia sangat percaya bahwa ia adalah pendekar yang mirip dengan Robin Hood versi Indonesia Bang Pitung.

Pang Betung pun mengumpulkan para pemuda desanya. Mereka mencuri milik orang kaya. Kemudian kekayaan itu dibagikan kepada fakir miskin.

Ringkasan Cerita Si Pitung

Walaupun Bang Pitung suka mencuri, dia tidak suka pencuri yang mencuri untuk kepentingan pribadi. Dia selalu memberi mereka pelajaran.

Jawaban Apakah Kegemaranmu Mengganggu Orang Lain, Bagaimana Supaya Tidak Mengganggu Orang Lain

Berbagai upaya telah dilakukan. Namun, Bang Pitung selalu berhasil lolos dari pasukan kompeni Belanda. Kompi Belanda mencoba menembaknya beberapa kali, tetapi Betong tidak pernah terluka. Kepala perusahaan Belanda itu hampir putus asa.

Akhirnya ia bertemu dengan guru Pitung, Haji Nayepin. Menyadari nyawanya terancam, Haji Naibin pun mengungkap kelemahan Si Beitong.

Selang beberapa waktu, kompi Belanda itu menemukan tempat persembunyian Si Beitong. Dia tidak membuang waktu tetapi langsung menyerang Betung. Kompeni Belanda yang sudah mengetahui kelemahan Betung, dengan mudah melumpuhkan Betung dengan mengambil jimatnya saat sedang mandi di sungai.

Akhirnya, Bitong tewas tertembak peluru emas. Ketika Si Pitung meninggal, para prajurit menjaga makamnya karena mereka percaya bahwa Si Pitung akan bangkit dari kuburnya.

Pdf) Cerita Rakyat Paser Dan Berau Dalam Tinjauan Ekologi Sastra (the Paser’s And Berau’s Folklores In Ecocriticism Review)

Kekhawatiran Si Bitong Rankak Si Bitung tentang kebangkitan dari kubur dapat dilihat dari kisah Si Bitung Rankak dalam Fan Thiel (1996): Si Bitung meninggal dunia dan kerabatnya mengatakan bahwa dia dibawa ke sana, Kerikot menjaga makamnya. Tenggorokan Irengin Jagu kering, Dan yang namanya Beitong menunggu kuburan orang-orang yang mencari kuburan Beitong dari sore hingga pagi. Dia tidak percaya Pak Besar. Betong tampak nyata saat itu. Ban kembali malam ini, pesta alasan yang sengaja dia adakan di pesta yang ingin diikuti oleh teman-temannya.

Baca juga  Bumi Sekali Berputar Pada Porosnya Membutuhkan Waktu

Hak Cipta © 2023 Cerita Rakyat Nusantara | Kumpulan Cerita Pengantar Tidur untuk Anak-Anak – Ascension WordPress Theme oleh GoDaddy

Komik si pitung, golok si pitung, batu akik si pitung, rumah si pitung, jimat si pitung, si pitung jagoan betawi, sendal si pitung, motor si pitung, si pitung, si pitung beraksi kembali, golok si pitung asli, cerita pendek si pitung