Pengertian Resume: Contoh, Jenis, dan Cara Membuat

Pengertian Resume Adalah Contoh, Jenis, dan Cara Membuat

Kali ini kita kan membahas tentang resume. Apakah resume itu dan bagaimana cara membuatnya yang mudah dan benar? Kita bahas sama – sama yuk tentang pengertian resume, jenis – jenis, contoh, serta trik cara membuat resume dengan mudah.

Pengertian Resume

Resume dapat diartikan sebagai rangkuman tulisan atau ringkasan dari sebuah tulisan atau karangan yang panjang. Resume memangkas tulisan panjang dan merubah nya hanya menjadi sebuah ringkasan yang berisi inti dari tulisan serta menyisihkan ilustrasi rincian dan ilustrasinya.

Resume adalah cara yang paling efektif ketika anda ingin menjelaskan inti atau pokok pembahasan suatu materi kepada orang lain. Anda bisa menyampaikan pemikiran dari sebuah buku yang merupakan hasil pemikiran orang lain secara ringkas langsung pada intinya. Jika anda seorang mahasiswa atau pelajar, pasti sering diberikan tugas untuk membuat resume dari materi buku. Menjelaskan isi buku dalam bentuk yang lebih singkat namun dapat menjelaskan pokok pembahas buku secara ringkas.

Ya, tugas resume ini dinilai lebih efektif sebagai pemicu agar mahasiswa mau membaca. Dengan melakukan resume buku atau materi, setidaknya para mahasiswa sudah membaca buku yang diberikan oleh dosen. Jika anda berpikir bahwa meresume sebuah buku atau materi iru adalah hal yang membuat – buang waktu, maka keliru. Karena dengan melakukan resume sebuah buku, anda dapat mengingat dan menjelaskan isi pokok atau inti pembahasan dari sebuah buku yang berlembar-lembar.

Perbedaan Resume dan Rangkuman

Mungkin kalian sedikit bingung apa bedannya sih resume dengan rangkuman. Karena dari keduannya ini mempunyai kemiripan, namun walaupun terbilang mirip tapi ada unsur-unsur yang membedakan antara keduannya.

Rangkuman adalah sebuah tulisan yang dibuat dalam konteks secara singkat, dalam istilan lain rangkuman bisa dikatakan sebagai gagasan pokok atau inti sari dari suatu tulisan atau karangan yang dibuat. Sedangkan resume tidak ada yang beda dengan ide pokok pada suatu teks tersebut yang aslinya.

Perbedaan Resume dengan Ikhtisar

Sudah dijelaskan mengenai resume pada ulasan diatas, bahwa resume merupakan ringkasan yang berisi ide pokok dari karya tulisan dengan karangan panjang. Namun, walaunpun isinya hanya sebuah karangan, tapi susunan pada pembuatan resume tidak boleh mengambil urutan dengan acak-acakan dari sebuah gagasan pokok dari karya tulisan tersebut.

Baca juga  Teks Editorial: Pengertian, Contoh, Jenis, Fungsi, Ciri Ciri

Sedangkan untuk ikhtisar itu bedannya bisa dikatakan sebuah ringkasan yang memiliki ide pokok, namun susunannya bisa di tulis dengan bebas dan boleh mengabaikan urutan daripada gagasan pokok tersebut.

Perbedaan Resume dengan Curricculum Vitae

Jika orang awam berpendapat bahwa curricculum vitae dan resume adalah sama, namun jika kita mengambil dari para ahli dibidangnya bahwa kedua hal tersebut mempunyai perbedaan.

Perbedaannya adalah resume memiliki isi tentang keahlian dari pelamar seperti riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan juga riwayat ke organisasian yang sebelumnya pernah di ikuti oleh pelamar.

Sedangkan untuk Curricculum Vitae atau CV adalah berisi data lengkap tentang pelamar dari mulai nama, tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan dan juga riwayat pekerjaan serta lainnya. Namun untuk CV ini tidak dibatasi jumlah halamannya.

Jenis Jenis Resume

Setelah membahas tentang pengertian resume, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis resume. Resume dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis seperti berikut :

Abstrak

Abstrak, jika anda sering membaca buku atau bahkan karya tulis seperti skripsi, disertasi, atau tesis pasti pernah membaca abstrak pada bagian paling depan. Abstrak ini berisi informasi yang sangat ringkas, padan namun dapat mewakili isi dari pembahasan sebuah karya atau buku. Abstrak ini menyajikan gambaran besar dari isi yang ingin di sampaikan oleh pengarang. Aanda akan lebih sering menjumpai abstrak dalam suatu karangan ilmiah, yang mada di dalam penyusunan sebuah karya ilmiah tersebut terdapat metode – metode khusus yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil dari sebuah penelitian.

Ringkasan

Banyak yang mengaitkan atau menyamakan antara resume dan ringkasan. Sekilas resume dan ringkasan memiliki fungsi yang sama, yakni menyampaikan kembali isi karangan atau tulisan secara singkat, padat dan jelas. Dalam membuat ringkasan ini, anda tidak boleh menambahkan pandangan atau opini kalian terhadap buku atau karangan yang sedang diringkas. Meringkas hanya boleh dilakukan dengan mengikuti proporsi dan juga urutan naskah asli dari obyek akan di ringkas.

Ikhtisar

Ikhtisar adalah cara resume dengan memberikan kebebasan kepada mereka dengan membuat ringkasan sebuah buku atau materi tanpa mengikuti urutan atau proporsi dalam karangan / buku/ tulisan. Jika anda ingin membuat resume jenis ini, maka cara nya lebih fleksibel dan mudah dari pada ke dua cara sebelumnya. Membuat ikhtisar lebih bebas tanpa memperhatikan proporsi karangan, namun tetap saja hanya bisa menyampaikan isi dari tulisan tersebut tanpa boleh menambahkan opini.

Baca juga  Nomor Yang Anda Tuju Sedang Tidak Dapat Menerima Panggilan

Contoh Resume

Ada beberapa contoh resume yang kami sediakan untuk anda diantaranya contoh resume kegiatan, resume kerja, resume presentasi, buku pdf, jurnal dan contoh contoh lainnya.

Contoh Resume Untuk Pekerjaan

Bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perushaan tentunya harus mempunyai resume, berikut ini contoh resume untuk melamar pekerjaan:

Contoh Resume Untuk Pekerjaan

Contoh Resume Untuk Fresh Graduate

Dibawah ini adalah contoh resume bahasa inggris, jadi sangat cocok buat kalian yang ingin menjadi fres graduate.

Contoh Resume Untuk Fresh Graduate

Contoh Resume Jurnal Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh resume jurnal yang berbahasa inggris, silahkan lihat gambarnya dibawah ini.

Contoh Resume Jurnal Bahasa Inggris

Contoh Resume Buku atau Teks

Dibawah ini adalah contoh resume yang kami ambil dari buku yang bisa kalian jadikan referensi ketika ingin membuatnya.

Cara Membuat Resume Yang Menarik

Bingung cara membuat resume yang mudah itu bagaimana? sudah membaca berulang – ulang namun masih saja sulit untuk memulai kalimat resume dari mana. Tidak perlu khawatir, admin akan bagikan tips untuk anda yang masih merasa susah untuk melakukan resume. Berikut tips dan trik nya.

Baca Naskah Asli

Tips pertama, anda bisa membaca naskah asli yang akan kalian resume. Bisa baca dari awal hingga akhir, jika perlu anda bisa membaca nya dua atau tiga kali hingga anda faham dengan isi dari karangan tersebut. Nah, pada tahap ini biasanya paling susah, kenapa? Iya kalau karangan yang di resume itu sedikit, kalau bahan yang di resume itu banyak bahkan berpuluh – puluh lembar tidak mungkin kita membaca nya dengan berulang – ulang kali karena akan membuang waktu.

Jika resume yang kalian lakukan adalah resume buku dengan materi yang banyak, anda bisa menggunakan trik ke dua yakni dengan memberikan tanda seperti garis atau stabilo pada kalimat yang menjelaskan pokok permasalahan. Kalimat – kalimat penting itu nanti nya bisa anda susun ulang sebagai hasil resume.

Temukan Gagasan Utama

Hal paling utama dalam menulis resume adalah mampu menyampaikan gagasan utama dalam sebuah karangan/ buku/ tulisan / materi. Gagasan utama ini bisa anda sampaikan di awal paragraf. Hal ini penting dilakukan, karena pembaca hasil resume anda akan lebih mudah paham apa isi dari resume anda.

Baca juga  Nomor Yang Anda Tuju Sedang Tidak Dapat Menerima Panggilan

Mulai Menulis Resume

Bila sudah menemukan gagasan utama dari materi yang anda resume dan telah menemukan inti pembahasan dari bahan yang di resume anda bisa memulai menulis resume. Jika anda menggunakan jenis resume abstrak dan ringkasan, maka anda perlu menyusun resume tersebut susuai dengan alur atau proporsi kalimat nya. Namun jika ingin menyampaikan resume sebagai ikhtisar, bisa bebas menyampaikan hasil resume dari mana saja. Asal mudah mengerti dan pokok pembahasan resume tersampaikan secara jelas.

Bacalah Resume yang telah dibuat

Guna memastikan hasil resume anda telah sesuai atau tidak dengan karangan/ buku/ tulisan yang di resume bisa baca kembali. Anda harus bisa menilai hasil kerja sendiri sebelum hasil kerja anda dinilai oleh orang lain. Kira – kira hasil resume tersebut sudah layak atau belum untuk dibaca ulang oleh para pembaca dan sudahkah mewakili isi dari materi yang diresume.

Membuat resume sebuah karya tulis memang susah – susah gampang. Apa lagi resume ini dilakukan oleh orang yang tidak suka membaca dan menulis, pasti akan terasa berat. Namun jika dilakukan oleh mereka yang gemar membaca dan menulis akan terasa mudah dalam mengerjakannya. Karena kunci utama dalam melakukan resume adalah membaca. Setidaknya jika ingin melakukan resume anda harus paham dahulu isi dari materi atau buku yang akan di resume. Berikut nya hanya tinggal tulis kembali hasil ringkasan dari materi atau buku tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan nya, dalam membuat sebuah resume ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan, yakni membaca karangan, memahami karangan yang akan di resume, menemukan pokok pikiran atau gagasan utama karangan, menyusun hasil karangan dengan sistematis, singkat, padat dan jelas. Anda dapat memilih jenis – jenis resume sebagai hasil dari penyajian kalimat resume yang telah dibuat.

Satu hal lagi yang penting, dalam menulis resume tidak boleh menambahkan opini atau sudut pandang terhadap karangan atau buku yang tengah di resume. Harus benar – benar real hasil dari ringkasan kalimat – kalimat yang tersusun dari materi itu.

Baca juga :

Bagaimana sudah faham dengan resume, tentang pengertian , jenis, contoh, dan perbedaannya? Penjelasan di atas bisa dijadikan sebagai rujukan anda untuk membuat resume.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *