Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah

Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah – Tubuh suatu organisme terdiri dari banyak sel-sel tubuh yang mempunyai fungsinya masing-masing. Salah satu bagian sel tubuh adalah retikulum endoplasma yang berfungsi mensintesis dan mengangkut protein.

Retikulum endoplasma (ER) adalah organel yang terikat membran pada sel atau sel eukariotik. Retikulum endoplasma memiliki bentuk seperti kantung bulat yang memanjang dari jaringan inti melalui sitoplasma.

Pernyataan Yang Paling Tepat Untuk Retikulum Endoplasma Adalah

Retikulum endoplasma adalah struktur dinamis yang besar dan memiliki banyak peran dalam sel. Dimulai dengan proses penyimpanan dan sintesis kalsium, serta metabolisme fosfolipid dan kolesterol.

Pengertian Badan Golgi: Fungsi, Ciri Dan Struktur Pembentuknya

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas segala hal tentang retikulum endoplasma, mulai dari halus hingga tebal. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu retikulum endoplasma, simak pembahasannya di bawah ini!

Retikulum Endoplasma Kasar juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Retikulum Endoplasma Kasar (RER). Laporan Modul I Made Subagiartha Struktur, Fungsi dan Regulasi Retikulum endoplasma kasar disebut demikian karena permukaannya dipenuhi banyak ribosom.

Ribosom yang memulai sintesis protein di tempat tertentu, seperti organel atau membran tertentu, akan menempel pada retikulum endoplasma kasar. Protein yang dibuat akan dilepaskan ke bagian dalam retikulum endoplasma yang disebut lumen.

Protein tersebut kemudian diangkut ke bagian lain sel dalam vesikel kecil yang meninggalkan retikulum endoplasma dan diangkut ke bagian lain sel melalui organel yang berperan lain dalam proses variasi dan distribusi. Sebagian besar protein masuk ke badan Golgi yang akan mengemas dan mengaturnya untuk mencapai tujuan akhir.

Sel: Pengertian, Struktur, Jenis, Prokariotik, Dan Eukariotik

Dari pembahasan di atas, fungsi utama retikulum endoplasma adalah ikut serta dalam proses sintesis protein dan kemudian memindahkan protein tersebut ke kompartemen lain. Retikulum endoplasma kasar ini berfungsi untuk memproduksi, mengemas, dan mengangkut protein yang disekresikan seperti antibodi, protein pembekuan darah, insulin, enzim, musin, dan kolagen.

Retikulum Endoplasma Halus disebut juga Retikulum Endoplasma Halus (SER). Retikulum endoplasma halus mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda dengan retikulum endoplasma kasar.

Disingkat dari modul I Made Subagiartha yang berjudul Struktur, Fungsi dan Regulasi Sel, retikulum endoplasma halus tidak mempunyai ribosom pada permukaannya seperti halnya retikulum endoplasma kasar.

Baca juga  Apa Manfaat Keberagaman Ekonomi Bagimu Dan Keluargamu

Diadaptasi dari modul Sel di Universitas Malikussaleh, retikulum endoplasma halus dikatakan muncul dari retikulum endoplasma kasar yang ditinggalkan oleh ribosom.

Soal Struktur Dan Fungsi Sel

Oleh karena itu bentuk dan strukturnya menjadi halus dan lentur sehingga disebut retikulum endoplasma halus (SER). Retikulum endoplasma halus terdiri dari tubulus yang terletak di pinggiran sel.

Tabung ini juga bercabang dan membentuk jaringan retikuler. Retikulum endoplasma halus juga menciptakan area seperti kantung yang besar, sehingga meningkatkan luas permukaan untuk meningkatkan kinerja SER atau RE halus.

Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk mensintesis komponen lipid membran sel. Pada beberapa jenis sel, seperti sel hati, membran halus retikulum endoplasma halus mengandung enzim yang mengubah obat, racun, dan produk toksik metabolisme sel menjadi senyawa yang kurang toksik bagi tubuh atau lebih mudah dikeluarkan.

Retikulum endoplasma halus berfungsi mengangkut produk dari retikulum endoplasma kasar ke organel seluler lainnya, khususnya aparatus Golgi. Selain itu, fungsi retikulum endoplasma halus berperan penting dalam metabolisme karbohidrat serta penyimpanan dan pelepasan ion kalsium.

Pdf) Diagnostik Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sel Di Sma Negeri 1 Wakorumba Selatan Kelas Xi Ipa

Disadur dari situs Britannica, perbedaan retikulum endoplasma halus dan kasar terletak pada strukturnya. RE tipis mempunyai struktur yang halus, sedangkan RE kasar mempunyai struktur yang menjadi rapuh.

Perbedaan struktural ini dapat diamati pada ribosom semua jenis retikulum endoplasma. RE kasar mengandung ribosom, sedangkan RE halus tidak.

Retikulum endoplasma kasar terdiri dari kumpulan membran ganda berbeda yang terdiri dari ribosom. Sedangkan retikulum endoplasma halus tidak mengandung ribosom, melainkan beberapa lembar tubulus yang saling berhubungan dan berhubungan.

Selain itu, retikulum endoplasma kasar berfungsi untuk mengangkut zat antar sel dan untuk sintesis protein. Sementara itu, retikulum endoplasma halus membantu sel mensintesis lipid, memetabolisme karbohidrat, menghilangkan sel-sel berbahaya, dan menyimpan ion kalsium.

Komponen Kimiawi Penyusun Sel Makhluk Hidup Dan Fungsinya

Oleh karena itu, struktur dan fungsi retikulum endoplasma kasar (RER) dan retikulum endoplasma halus (SER) dibahas secara komprehensif. Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa perbedaannya terletak pada ada tidaknya ribosom. Dalam sel eukariotik, sistem endokrin terdiri dari membran berbeda yang tersuspensi di sitoplasma.

Membran berbeda pada sel eukariotik adalah bagian dari sistem endokrin. Membran ini dihubungkan melalui hubungan fisik langsung atau melalui transpor antar segmen membran dalam bentuk vesikel kecil. Sistem endokrin terdiri dari selubung inti, retikulum endoplasma, aparatus Golgi, lisosom, berbagai vakuola, dan membran plasma.

Baca juga  Visualisasi Komik Promosi Biasanya Menggunakan Figur

Sistem ini memiliki banyak fungsi, antara lain sintesis dan modifikasi protein, pengangkutan protein ke membran dan organel atau keluar sel, sintesis lipid, dan netralisasi berbagai jenis racun.

Retikulum endoplasma merupakan perpanjangan dari selubung inti melalui jaringan saluran membran dan vesikel yang saling berhubungan (retikulum = ‘jaringan kecil’). Semua sel eukariotik memiliki RE. Terdiri dari sistem membran yang mengelilingi ruang, lumen diisolasi dari lingkungan sitosol.

Pilihan Ganda Soal Uas Biologi Kelas Xi Semester 1

Karena permukaannya ditutupi banyak ribosom, maka disebut retikulum endoplasma kasar. Ribosom yang memulai sintesis protein di tempat tertentu, seperti organel atau membran tertentu, akan menempel pada retikulum endoplasma kasar. Protein yang terbentuk akan dilepaskan ke bagian dalam retikulum endoplasma yang disebut lumen.

Di dalam lumen, protein ini mengalami pelipatan dan modifikasi, seperti penambahan karbohidrat membentuk glikoprotein. Protein tersebut kemudian diangkut ke bagian lain sel dalam vesikel kecil yang meninggalkan retikulum endoplasma, di mana ia berinteraksi dengan organel yang memainkan peran lain dalam modifikasi dan distribusinya.

Sebagian besar protein dikirim ke badan Golgi, yang mengemas dan merakitnya untuk tujuan akhir. Retikulum endoplasma halus tidak mempunyai ribosom pada permukaannya. Retikulum endoplasma halus, misalnya, berfungsi dalam sintesis komponen membran sel. Pada beberapa jenis sel, seperti sel hati, membran halus retikulum endoplasma halus mengandung enzim yang mengubah obat, racun, dan produk toksik metabolisme sel menjadi senyawa yang kurang toksik bagi tubuh atau lebih mudah dikeluarkan.

RE halus banyak ditemukan pada sel otot rangka, sel arteri ginjal, kelenjar endokrin, sering ditemukan pada sel kelenjar tumbuhan atau sel penghasil lemak. Peran RE moderat dalam sel endokrin gonad adalah untuk mensintesis hormon steroid, mendetoksifikasi senyawa beracun dan obat-obatan, termasuk barbiturat dan alkohol.

Uas Bio Xi Pola 2 Th Sem 3 Th 2019 Cetak

Penggunaan kronis proliferasi ER moderat dalam sel hati, pelepasan glukosa-6-fosfat, misalnya dalam sel hati, pengaturan kadar Ca2+ dalam sel otot dan sitoplasma sel otot, sintesis bibir.

Aparat Golgi (dinamai menurut penemu Camillo Golgi) terdiri dari sel membran yang disebut cisternae. Biasanya terdapat tiga hingga delapan cisternae, namun ada beberapa organisme yang badan Golginya mempunyai lusinan cisternae. Jumlah dan ukuran badan Golgi bergantung pada jenis sel dan aktivitas metabolismenya. Sel yang aktif mengeluarkan protein mungkin memiliki ratusan badan Golgi. Organel ini biasanya terletak di antara retikulum endoplasma dan membran plasma.

Sisi badan Golgi yang paling dekat dengan inti disebut sisi cis, dan sisi terjauh dari inti disebut sisi trans. Ketika mencapai sisi cis, protein memasuki lumen sisterna. Di dalam lumen, protein dimodifikasi, misalnya dengan penambahan karbohidrat, diberi label dan disortir dengan penanda kimia, sehingga kemudian dapat diangkut ke lokasinya masing-masing.

Baca juga  Perbedaan Canon Dan Acapella

Aparatus Golgi mengatur pergerakan spesies protein; beberapa dilepaskan di luar sel, yang lain ditempatkan sebagai protein transmembran, dan lainnya terletak di lisosom. Protein yang dilepaskan dari sel diangkut ke membran plasma melalui vesikel sekretori, yang masuk ke membran plasma melalui proses eksositosis. Proses sebaliknya, endositosis, dapat terjadi ketika membran plasma runtuh di dalam sel untuk membentuk vesikel endositosis yang diangkut ke aparatus Golgi atau tempat lain, seperti lisosom.

Ph Sel Biologi

Lisosom sel hewan merupakan vesikel yang mengandung lebih dari 30 jenis enzim hidrolitik untuk memecah berbagai molekul kompleks. Sel mendaur ulang subunit molekuler yang telah dipecah oleh lisosom. Tergantung pada zat yang dipecahnya, lisosom dapat memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Organel ini terbentuk sebagai vesikel yang keluar dari aparatus Golgi.

Lisosom memecah molekul makanan yang masuk ke dalam sel melalui endositosis, ketika vesikel endositosis menyatu dengan lisosom. Dalam proses yang disebut autophagy, lisosom mencerna organel yang tidak berfungsi dengan baik. Lisosom juga berperan dalam fagositosis, proses dimana jenis bakteri tertentu menelan sel atau bagian sel lain. Contoh sel yang melakukan fagositosis adalah sejenis sel darah putih yang disebut fagosit, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Sebagian besar fungsi lisosom pada sel hewan dilakukan oleh vakuola pada sel tumbuhan. Selaput vakuola yang merupakan bagian dari sistem endokrin disebut tonoplas. Vakuola berasal dari kata Latin vacuolum dan berarti “kosong” dan karena organel ini bukan merupakan struktur internal, maka dinamakan demikian. Vakuola biasanya lebih besar dari vesikel dan kadang-kadang dibentuk oleh kumpulan beberapa vesikel.

Sel-sel tumbuhan muda berukuran kecil dan mengandung banyak vakuola kecil yang kemudian bergabung membentuk vakuola sentral yang ditambahkan air. Ukuran sel tumbuhan meningkat dengan menambahkan air ke vakuola pusat. Vakuola sentral juga mengandung cadangan makanan, garam, pigmen dan sisa metabolisme. Zat beracun bagi herbivora juga dapat disimpan dalam vakuola sebagai mekanisme pertahanan. Vakuola juga berperan penting dalam menjaga tekanan turgor tanaman.

E Modul Biologi Sel

Vakuola memiliki banyak fungsi lain dan ditemukan pada sel hewan dan protista uniseluler. Kebanyakan protozoa memiliki vakuola

Pernyataan yang tepat tentang zakat mal adalah, berikut merupakan pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan penyakit asma, pernyataan yang tepat tentang gas nitrogen adalah, alat untuk mengukur diameter sebuah kelereng yang paling tepat adalah, pertanyaan yang paling tepat untuk wawancara adalah, pernyataan yang tepat tentang jaringan epitelium hewan adalah, pernyataan yang tepat tentang pembuatan logam alkali secara elektrolisis adalah, berikut adalah pernyataan yang paling tepat tentang jangka waktu polis asuransi jiwa, makna good governance yang paling tepat adalah, bahan yang paling tepat untuk membuat jas hujan adalah, cara yang tidak tepat untuk mengatur diet adalah, langkah yang paling tepat untuk mengatasi asam urat adalah