Penyelenggaraan Festival Dan Pekan Raya Merupakan Kerjasama Asean Di Bidang

Penyelenggaraan Festival Dan Pekan Raya Merupakan Kerjasama Asean Di Bidang – Duta Besar Indonesia-Bulgaria Sri Astari Rasjid (memakai topi) mengunjungi booth Indonesia pada Festival Asia 2019 di Sofia, Bulgaria.

Sofia, Bulgaria (ANTARA) — Indonesia sukses menyelenggarakan festival Asia ketiga di Sofia, Bulgaria, tahun ini temanya adalah “Keajaiban dari Timur”. Festival Asia yang dimulai pada tahun 2017 atas inisiatif KBRI Susupia, telah menjadi tradisi musim panas tahunan di Bulgaria dan semakin bertambah besar setiap tahunnya. Festival Asia ke-3 ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Bulgaria dan dihadiri oleh 16 negara antara lain Tiongkok, India, india, Iran, Irak, Jepang, Palestina, Pakistan, Arab Saudi, Kuwait, Korea, dan Filipina. , Thailand, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Vietnam. Diperkirakan 12.000 pengunjung memenuhi area festival pada hari itu.

Penyelenggaraan Festival Dan Pekan Raya Merupakan Kerjasama Asean Di Bidang

Upacara pembukaan resmi dilaksanakan dengan Barong Bali memimpin parade perwakilan negara peserta. Dalam sambutannya, Wakil Presiden Bulgaria mengapresiasi acara ini mengingat pentingnya Asia bagi Bulgaria. Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Indonesia Sri Astari Rasjid, yang memimpin kegiatan festival di Asia, mengatakan tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan keragaman budaya, menyatukan perbedaan dan membawa perdamaian. Selain mendekatkan Asia dan membuka peluang kerja sama yang lebih baik di bidang kebudayaan, pariwisata, dan perdagangan.

Program D’komposer Di Aceh Utara Tingkatkan Produksi Padi Petani

Berbagai negara Asia mengekspresikan keragaman budaya mereka di panggung utama, dan stan masing-masing negara menawarkan beragam hidangan, kerajinan tangan, dan suvenir. Kegiatan festival Asia ini juga mempunyai misi kemanusiaan. Dengan membeli tiket undian, pengunjung dapat memenangkan berbagai hadiah menarik dari sponsor yang dananya akan disumbangkan untuk membantu anak-anak Bulgaria sejak usia dini.

Baca juga  Meja Hijau Artinya

Di Indonesia, kami menampilkan pertunjukan barong Bali dan pertunjukan wayang oleh pelajar Bulgaria. Selain itu, berbagai tarian Indonesia, termasuk dari Sumatera, Sulawesi, dan Bali, dibawakan oleh kelompok tari pemuda Bulgaria dan Serbia Bidadari, atas dukungan KBRI Beograd. Jangan lupa saksikan para model asal Bulgaria memamerkan pesona nusantara saat sesi fashion show. Pengunjung yang menyaksikan berbagai pertunjukan budaya tersebut mendapat sambutan hangat dan bersemangat untuk berfoto bersama para pengisi acara. Indonesia juga menjadi tuan rumah lokakarya tari, pembelajaran angklung, membatik, dan permainan kongklak yang menjadi favorit anak-anak.

Stand Indonesia yang dihiasi Ogogo raksasa ini mempromosikan berbagai kopi Indonesia dari dua perusahaan Indonesia yang masuk ke pasar Bulgaria. Selain itu, berbagai produk Indonesia seperti teh, ramen, dan sabun mandi juga dipromosikan. Beragam masakan Indonesia, antara lain martabak, sate, telur dadar gulung, nasi kuning, dan tempe, terjual laris di hadapan ribuan pengunjung bahkan sebelum acara berakhir. Omelet gulung menjadi favorit masyarakat setempat dan selalu disajikan di berbagai acara di KBRI Sofia.

Melalui kuisioner acara yang disebar, banyak masyarakat Bulgaria yang berkunjung dan ingin mengetahui lebih jauh tentang budaya Indonesia, dan menurut mereka, keberagaman budaya Indonesia merupakan sesuatu yang tidak dimiliki negara lain dan harganya sangat mahal.

Rendang Dan Irama Khas Betawi Memeriahkan Indonesia Finland Festival 2023

Melalui kegiatannya di Asian Festival 2019, Indonesia mampu menunjukkan eksistensinya di bidang kebudayaan di Bulgaria, dimana klaim Indonesia disambut baik oleh negara lain dan setiap tahun menjabat sebagai koordinator acara. Ajang Asia Festival ini juga menjadi ajang komunikasi yang semakin mempererat hubungan antar kedutaan besar negara-negara Asia yang berbeda. Indonesia juga membantu warga Palestina yang berpartisipasi dalam festival-festival Asia dengan dukungan finansial untuk mempromosikan budaya dan seni mereka. Acara ini menghasilkan komunikasi yang erat dan mudah dengan pemerintah Bulgaria, dan Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengirimkan tim penari untuk mempromosikan festival Asia tersebut. Berbagai pihak mengapresiasi terselenggaranya festival ini dan berharap dapat menyelenggarakan acara serupa pada tahun depan juga. Budaya Bandung dari dua benua akan menyatu dalam Asia Africa Festival 2020. Festival ke-6 yang merupakan perpaduan harmonis antara Asia dan Afrika ini akan digelar pada Sabtu (4 November). Lokasinya berada di kawasan Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga  Perbedaan Melukis Dan Menggambar

Festival Asia-Afrika memiliki dua konten utama. Ada Pameran Asia-Afrika dan Parade Budaya Asia-Afrika yang bertemakan budaya. Parade budaya melambangkan persatuan masyarakat Asia dan Afrika. Parade yang digelar dengan konsep Asia Africa Carnival 2019 ini diikuti oleh berbagai negara. Line-upnya antara lain Jepang, Korea Selatan, India, China, dan beberapa negara Afrika.

“Festival Asia-Afrika 2020 akan penuh dengan kehidupan. Sebab dorongan ini mengukuhkan persahabatan antara negara-negara Asia dan Afrika. Kebudayaan Asia dan Afrika bersatu. Kemudian nilai sejarahnya semakin ditekankan. “Tetapi pesan besar KTT Asia-Afrika saat itu harus tetap hidup,” kata Dewi Kaniasari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung.

Festival Asia-Afrika 2020 direncanakan terinspirasi dari Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KAA). Dilihat dari sejarahnya, KAA diadakan pada tanggal 18 hingga 24 April 1955. Momen bersejarah ini diadakan di Gedung Merdeka Bandung. KAA sebenarnya adalah kumpulan negara-negara Asia dan Afrika yang sebagian besar baru saja merdeka. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan budaya serta memerangi kolonialisme.

Itdc Creating Destinations

Pionir KAA adalah lima negara: india, Pakistan, India, Sri Lanka (Ceylon) dan Myanmar (Burma). Selebritis yang menginspirasinya antara lain Ali Sastroamidjojo (india), Mohammad Ali Bogra (Pakistan), Jawaharlal Nehru (India), Sir John Kotelawala (Sri Lanka) dan U Nu (Myanmar). Pertemuan ini dihadiri oleh 29 negara dari Asia dan Afrika.

KAA sendiri menghasilkan 10 poin dalam konferensi tersebut atau dikenal dengan Dasasila Bandung. Inti dari Prinsip Bandung adalah pernyataan dukungan terhadap keharmonisan dan perdamaian dunia. Hasil ini tampaknya mewakili prinsip-prinsip Piagam PBB. Apalagi KAA juga menginspirasi lahirnya Gerakan Non-Blok pada tahun 1961.

“Beragamnya konten yang dihadirkan Asia Africa Festival 2020 tetap mencerminkan KAA. Ada cita rasa budaya yang kuat di sana. Bagaimanapun, ini adalah pesta besar yang dihadiri oleh orang-orang dari Asia dan Afrika. “Kami optimistis acara ini akan menarik banyak wisatawan,” jelas Wawan Gunawan, Wakil Menteri Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur sekaligus Direktur Pengembangan Destinasi Daerah II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga  Berikut Media Kering Untuk Membuat Gambar Cerita Adalah

Sebuah acara yang ditunggu-tunggu, Festival Asia Afrika selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Pada festival tahun lalu, sekitar 2.000 peserta mampu berkumpul di Karnaval Asia Afrika 2019. Acara ini juga dihadiri oleh duta besar dari 19 negara sahabat. Bupati/Walikota dari seluruh Indonesia pun ikut bergabung. Yang cukup menarik, mereka juga demikian

Pengelola: Prj Beri Dampak Besar Terhadap Perekonomian Jakarta

Bagaimana reaksi masyarakat? Puluhan ribu wisatawan terlihat berkelok-kelok di sepanjang jalur Karnaval Asia Afrika 2019, jalur sepanjang 1,2 kilometer yang melintasi beberapa jalan raya besar di Kota Bandung. Ada Jalan Asia Afrika, Cikapundung Barat, Naripan, Tambong lalu kembali ke Jalan Asia Afrika. Wisatawan juga terlihat menikmati budaya sambil mengenakan berbagai kostum yang dipersembahkan oleh peserta karnaval.

“Festival Asia Afrika 2020 adalah acara yang spesial. Sejarah dan budaya Asia dan Afrika terkadang hidup dan bernafas. Ini mendapat ulasan bagus dari penonton. “Kami berharap dengan diselenggarakannya festival tahun ini dapat memberikan inspirasi lebih lanjut untuk menghasilkan karya-karya terbaik di dunia,” kata Rizki Handayani, Wakil Menteri Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggara Acara Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

* Apakah itu benar atau hoax? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang disiarkan, silakan masukkan kata kunci yang diinginkan dan kirimkan nomor verifikasi 0811 9787 670 di WhatsApp.

8 Momen Tak Terlupakan di Oscar 2024: John Cena Telanjang, Gaun Emma Stone Rusak, Pro Kontra Sikap Robert Downey Jr

Festival Tari Semarak Budaya Indonesia, Satu Dasawarsa Gerak Bersama

Hasil BRI Liga 1 Persib vs Persija: David da Silva 2 gol, Pangeran Biru menambah kesengsaraan Macan Kemayoran.

Kerjasama asean di bidang pendidikan, kerjasama asean di bidang politik, kerjasama asean di bidang pariwisata, kerjasama asean di bidang industri, kerjasama asean di bidang keamanan, kerjasama asean di bidang perdagangan, kerjasama asean di bidang ekonomi, kerjasama asean di bidang, asean merupakan organisasi kerjasama, kerjasama asean di bidang politik dan keamanan, tukar menukar misi kesenian dalam asean merupakan kerjasama dalam bidang, kerjasama asean di bidang budaya