Mengapa Kita Harus Bersatu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengapa Kita Harus Bersatu Dalam Kehidupan Sehari-hari – Polhukam, Probolinggo – Menko Polhukam Moh. Mahfud MD mengajak seluruh masyarakat untuk selalu bersatu dalam keberagaman. Hal itu disampaikannya saat Dialog Nasional dengan Menko Polhukam di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (10/3/2020).

Hal ini karena Indonesia adalah bangsa yang diberkahi dengan beragam adat dan budaya. Undang-undang tersebut juga menyatakan bahwa Indonesia memiliki 6 agama: Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Mengapa Kita Harus Bersatu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain itu, Indonesia juga memiliki 1.360 suku dan 726 bahasa daerah. Indonesia juga memiliki 17.504 pulau dan 16.100 di antaranya telah mendaftarkan namanya ke PBB. 1.400 sisanya belum memiliki nama, namun koordinatnya sudah tertera.

Lkpd Tema 4 Sb3 Pb2 Worksheet

“Sekarang kita hidup di Negara Tingkat I Republik Indonesia yang merdeka berbentuk negara kesatuan berdasarkan ideologi Pancasila. Kita patut bersyukur, kenapa? Karena dengan merdeka kita bisa seperti itu. Harus diwaspadai, jangan terlalu sektarian. Karena kita hidup berbangsa, melalui proses demokrasi,” kata Menko Mahfud.

Menko Polhukam ini mengungkapkan pernah ada isu yang mengklaim bahwa Indonesia adalah negara Islamofobia. Islamofobia memiliki 2 ciri, yang pertama adalah kebencian terhadap Islam dan yang kedua adalah ketakutan terhadap Islam.

“Apakah saat ini di Indonesia ada yang seperti itu? Dulu jaman Belanda (kolonial), jaman belum merdeka itu Islamophobia. diakui prestasinya pada zaman Belanda, yang bersekolah di madrasah maka yang paling tinggi adalah marga,” kata Anggota Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini.

Baca juga  Berikut Adalah Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Proses Sirkulasi Air Kecuali

Saat kemerdekaan itu, Mahfud mengatakan: “Tidak ada yang membenci Islam dan takut pada Islam. Beberapa pemimpin dan wakil kita adalah Muslim. Polisi, Kapolri, yang sekarang saya kenal namanya Idham Aziz, dalam bahasa Arab. Tito. Karnavian membacakan … Alquran yang bagus, mantan Kapolri”.

Contoh Sikap Bersatu Dalam Keberagaman Ciri Fisik, Materi Ppkn Kelas 3 Sd

“Dulu 1950-an tidak selayaknya umat Islam menjadi polisi. Sekarang, semua demi demokrasi. Kalau pintar, lawan, lawan, biarlah,” lanjutnya.

Dialog Kebangsaan dihadiri oleh Deputi VI Badan Koordinasi Nasional Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Janedjri M. Ghafar, Wakil Presiden Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak , Kepala Staf Kodam V Brawijaya Brigjen Agus Setiawan, Kepala Bakorowil V Jember R Tjahjo Widodo, Gubernur Probolinggo P. Tantriana Sari dan Wagub Probolinggo HA. Prihanjok muncul.

Situs web ini menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman penelusuran terbaik. Dengan mengakses situs web ini, Anda telah menyetujui penggunaan cookie kami. Accept Privacy policy Haruskah kita bersikap toleran untuk menciptakan keharmonisan? Apa manfaat toleransi dan menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari?

Toleransi adalah perilaku atau sikap yang saling menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam suatu lingkungan. Toleransi melarang diskriminasi bahkan jika ada banyak kelompok atau kelompok yang berbeda dalam suatu masyarakat atau komunitas. Tidak hanya dalam kehidupan sosial, bahkan dalam aspek lingkungan. Pada dasarnya dalam menjalani hidup kita harus selalu bersikap toleran.

Mengapa Kita Harus Bersatu Dalam Kehidupan Sehari Hari…..​

Mengapa kita harus bersikap toleran? Inilah tujuh alasan dan manfaat mengapa kita harus toleran dalam kehidupan bermasyarakat.

Alasan utama mengapa kita harus bersikap dan bertingkah laku dengan toleransi adalah karena perintah sang pencipta. Tuhan memerintahkan kita untuk selalu toleran terhadap kitab suci. Perintah tersebut ada dalam Al-Maidah ayat 32 yang membahas bahwa kita dilarang membunuh manusia, merusak bumi, saling mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga  Tiga Ruas Garis Berikut Yang Dapat Membentuk Segitiga Adalah

Lalu ada juga surat Al-Kafirun ayat 6 yang melarang kita mencampuri agama lain. Peningkatan kualitas iman dapat dirasakan oleh orang-orang yang mengamalkan kedua ayat tersebut.

Pancasila yang disusun oleh para founding fathers bangsa mengajak kita untuk saling bertoleransi. Menurut sila pertama, yaitu kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu nilai sila pertama adalah kita harus bertoleransi terhadap perbedaan agama bagi setiap warga negara Indonesia. Jika toleransi telah dilaksanakan, sila ketiga dapat diterapkan, yaitu Persatuan Indonesia.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak

Jika persatuan Indonesia dilaksanakan, tidak akan ada lagi perselisihan. Salah satu penyebab terjadinya perselisihan adalah karena tidak adanya pengertian, egoisme, merasa benar sendiri dan masih banyak lagi. Semua alasan perselisihan ini terjadi adalah karena intoleransi.

Jika sudah terjadi perselisihan, maka akan ada potensi perpecahan. Itulah mengapa toleransi sangat penting untuk menghindari perpecahan. Orang toleran tidak perlu mempermasalahkan hal-hal sepele seperti perbedaan keyakinan, perbedaan ras, dll. Karena kalau melakukan hal-hal seperti itu apalagi yang berkaitan dengan SARA, maka itu tidak sejalan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Toleransi dapat menimbulkan rasa persaudaraan yang tinggi. Karena individu berusaha untuk memahami, menghormati dan menghormati satu sama lain dalam kehidupan antar individu. Sehingga Bhinneka Tunggal Ika dan Persatuan Indonesia dapat terwujud dengan mudah. Jika memiliki rasa persaudaraan yang tinggi dengan individu lain, maka rasa nasionalisme juga dapat terwujud pada orang yang memiliki toleransi yang tinggi.

Rasa diri yang sebenarnya terbentuk ketika Anda tidak menghargai perbedaan. Seorang individu menyalahkan setiap orang yang berbeda dari dirinya sendiri. Perbedaan ini tidak hanya agama, tetapi juga mencakup pendapat, pandangan hidup, dll. Meskipun setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda, mentalitas yang berbeda, lingkungan yang berbeda dan banyak faktor lainnya.

Baca juga  Nabi Muhamad Selalu Jujur Dalam

Agus Widjojo: Pancasila Merupakan Nilai Luhur Dari Budaya Bangsa

Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa agama yang dianut atau dianutnya atau yang menjadi tradisi atau budaya turun temurun dari nenek moyangnya adalah kepercayaan dan warisan yang paling kokoh dan benar. Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, manusia di muka bumi ini diciptakan oleh manusia yang penuh dengan perbedaan.

Perbedaan itu meliputi kelebihan, kekurangan dan keunikan itu sendiri. Semua ini diciptakan agar seseorang saat berkomunikasi dengan orang lain dapat saling menghormati dan menghargai. Perilaku toleran ini dapat mempersatukan perbedaan dalam kekuatan pertahanan negara.

Itulah jawaban bahwa kita harus bersikap dengan toleransi untuk menciptakan keharmonisan. Saya harap Anda semakin memahami bahwa kita harus bersikap toleran terhadap perbedaan dan keragaman!

Dalam masyarakat yang memiliki keragaman, keharmonisan manusia diperlukan untuk bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan mereka. Indonesia harus bersatu. Kita harus menghormati orang tua kita. Kita harus bersabar. Kita harus menghemat energi.

Cara Tunjukkan Sikap Bersatu Dalam Keberagaman, Materi Ppkn Kelas 3 Sd

Mengapa kita harus bersyukur kepada allah, mengapa kita harus bersedekah, dalam kehidupan sehari hari, mengapa bangsa indonesia harus bersatu, dalam kehidupan sehari hari kita harus hidup, mengapa kita harus bersyukur, dalam sehari kita harus minum berapa liter, mengapa kita harus belajar bahasa inggris, mengapa kita harus membaca, mengapa kita harus bertobat, mengapa kita harus beragama, mengapa kita harus mengembangkan kerukunan beragama dalam kehidupan sehari hari