Meliukkan Badan Dalam Senam Irama Merupakan Contoh Gerak

Meliukkan Badan Dalam Senam Irama Merupakan Contoh Gerak – Senam merupakan olahraga yang sangat digemari. Pasalnya, olahraga dapat membakar kalori dalam jumlah besar serta melatih kekuatan otot lengan dan kaki. Salah satu jenis olahraga yang cukup populer adalah olahraga ritmik.

Senam ritmik adalah senam yang mengikuti irama musik. Bagi Anda yang berminat, yuk kita telusuri bersama tentang tujuan, jenis, dan unsur yang terkandung dalam senam ritmik.

Meliukkan Badan Dalam Senam Irama Merupakan Contoh Gerak

Siswa master S.P. Menurut e-book Paiman yang berjudul “Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan SMP/MT”, senam ritmik merupakan salah satu cabang senam yang menggunakan gerakan bebas diiringi musik.

Cetak Soal Pjok Kls 4

Secara prinsip, senam ritmik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan senam biasa. Namun penambahan ritme pada setiap gerakan meningkatkan motivasi peserta.

Senam ritmik dapat dilakukan secara individu maupun kelompok, dengan atau tanpa peralatan. Senam ritmik tidak hanya memperhatikan gerak yang benar, tetapi juga memperhatikan nilai estetika dan rasa seni.

Gerakan dalam senam ritmik tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Dalam senam ritmik penting untuk memperhatikan hal-hal berikut.

Menurut e-book Oktaryana, S.P., master “Kajian gerak dasar senam ritmik berbasis multimedia”, terdapat 5 gerak dasar dalam senam ritmik, yaitu :

Contoh Gerakan Lokomotor Dalam Senam Irama, Ada Apa Saja, Ya?

Penting untuk melakukan pemanasan sebelum memulai latihan ritmis. Tujuan melakukan peregangan sebelum melakukan latihan ritmis adalah sebagai berikut.

Baca juga  Pola Ketukan Pada Pola Irama Selalu

Senam ritmik ada 2 macam, yaitu senam ritmik dengan menggunakan alat dan senam ritmik tanpa menggunakan alat. Lihat penjelasannya di bawah ini.

Saat berlatih senam ritmik tanpa peralatan, tugas utamanya adalah mengkoordinasikan lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Di bawah ini beberapa kegiatan senam ritmik tanpa alat.

Beberapa peralatan yang biasa digunakan dalam senam ritmik adalah tongkat dan bola. Mengenal gerakan-gerakan senam ritmik dengan menggunakan peralatan berikut.

Gerak Dasar Lokomotor

E-book Asep Kurnia Nenggal “Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan SMP Kelas IX” memberikan contoh gerak senam ritmik dengan tongkat.

Bola dapat digunakan untuk melakukan aktivitas senam antara lain memutar, menggelindingkan, memantulkan dan melempar bola.

Menurut artikel elektronik berjudul “Dokumen Senam Ritmik” yang diunggah John Effendi Furba melalui laman Scribd, unsur-unsur senam ritmik adalah sebagai berikut.

Senam ritmik akan bermanfaat jika dilakukan dengan kekuatan dan kelenturan yang tepat. Secara lebih rinci, beberapa manfaat olahraga ritmik adalah sebagai berikut.

Bab I Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, Dan Manipulatif Dalam Permainan Bola Besar Pdf

Selain keringat, zat beracun juga keluar dari tubuh. Dengan demikian, tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Latihan ritmis membantu membakar lemak tidak berguna yang tersimpan di bawah kulit. Ini mengurangi berat badan.

Manfaat senam ritmik lainnya adalah meningkatkan performa fisik. Hal ini dapat diwujudkan melalui pengembangan daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, ketangkasan dan keseimbangan.

Senam juga dapat membantu meningkatkan kreativitas. Orang yang rutin melakukan senam ritmik dapat secara aktif menggunakan kemampuan berpikirnya dalam memecahkan masalah motorik.

Bab 7 Aktivitas Gerak Berirama

Meski bisa dilakukan sendiri, sebagian besar latihan ritme dilakukan secara berkelompok. Oleh karena itu, senam juga dapat membantu melatih kemampuan komunikasi Anda dengan orang lain.

Baca juga  Sikap Lengan Saat Jalan Ditempat Pada Gerak Ritmik Adalah

Tahukah Anda apa peran musik dalam senam ritmik? Menurut e-book Muholid “Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan”, peranan musik dalam senam ritmik adalah sebagai berikut:

Dikutip dari artikel elektronik berjudul “Sejarah Senam Ritmik”, yang diunggah ke laman Scribd oleh Sarmida Sayakhid. Senam ritmik pertama kali ditemukan oleh Jean-Georges Noverre, François Delsarte dan Rudolf Baudet.

Ketiga gagasan ini dikembangkan kembali pada abad ke-19 oleh Peter Henry Laing dengan sistem pendidikan yang disebut “Sistem Swedia”. Hal ini kemudian berkembang menjadi senam estetika.

Gerakan Meliukkan Badan

Dalam senam estetika, seorang atlet dapat mengekspresikan dirinya, perasaan dan emosinya melalui gerakan tubuh. Sejak saat itu, banyak sekolah senam yang mengembangkan hal serupa.

Seiring berjalannya waktu, muncullah gerakan-gerakan senam ritmik yang menggunakan peralatan seperti bola dan tongkat. Pertunjukan senam ritmik kini bisa disaksikan dimana-mana.

Senam ritmik merupakan gerakan senam yang mengikuti irama musik dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Jadi, apakah Anda tertarik melakukan senam ritmik?

Contoh gerakan senam irama, gerak irama, gerakan dalam senam irama, alat dalam senam irama, fungsi musik dalam senam irama, senam irama, rangkaian gerak senam irama, gerak senam irama, senam irama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa, setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan, gerak senam, contoh senam irama