Lempar Lembing Bermanfaat Untuk Melatih

Lempar Lembing Bermanfaat Untuk Melatih – Menembak merupakan olahraga yang melatih otot-otot tangan dan sering mengikuti kompetisi olahraga internasional. Menembak juga merupakan olahraga Olimpiade. Selain itu, olahraga ini juga mempunyai sejarah yang panjang.

Mengutip berbagai sumber, artikel ini membahas tentang pengertian lempar lembing, sejarah lempar lembing, aturan-aturan, teknik lempar lembing yang benar, dan masih banyak lagi. dibahas. Jadi baca artikel ini sampai akhir.

Lempar Lembing Bermanfaat Untuk Melatih

Mengutip dari laman wikipedia, olahraga lempar lembing dilakukan dengan cara melempar tongkat sejauh-jauhnya. Semakin jauh lembing dilempar, maka semakin tinggi pula level atlet tersebut. Tolak peluru merupakan olahraga yang memerlukan kecepatan, kelincahan dan tenaga dalam melakukan pukulan.

Keren Abis! 5 Teknik Lempar Lembing Yang Terbukti Ampuh!

Alat yang digunakan untuk melempar lembing adalah sebuah tongkat yang disebut lembing. Batang ini disebut juga tombak ringan. Tujuan lempar lembing adalah menjauhi tongkat lempar sejauh mungkin. Ada kaitan erat antara olah raga ini dengan kegiatan pada masa lampau yaitu berburu.

Menembak berbeda dengan olahraga lainnya. Dalam olahraga lembing, hanya satu gaya yang digunakan dan gaya tersebut ditentukan. Atlet tidak boleh menggunakan bentuk lain dan olahraga ini memerlukan kecepatan dari atletnya. Oleh karena itu, lembing berkerabat dekat dengan pelari cepat.

Olahraga lempar tombak sudah lama dikatakan meniru aksi lempar tombak nenek moyang kita saat berburu. Pada zaman dahulu, menurut situs Sampoerna Academy, lempar tombak awalnya ditujukan untuk berburu hewan untuk dijadikan makanan. Selain itu, lempar tombak juga pernah digunakan pada masa lalu sebagai senjata untuk saling bertarung.

Dalam perkembangannya, lempar lembing menjadi olahraga yang digemari hingga saat ini. Olahraga ini diperkenalkan pada Olimpiade kuno pada tahun 708 SM. Namun olahraga ini baru muncul di Eropa pada tahun 1870-an, yakni di Jerman dan Swedia.

Pengertian Lempar Lembing

Pada saat itu, yaitu. pada tahun 1970, atlet dari kawasan Skandinavia Eropa telah memenangkan berbagai kejuaraan lembing selama hampir 50 tahun. Lembing kemudian diresmikan sebagai salah satu cabang olahraga atletik pada Olimpiade tahun 1908. Selain itu, lembing putri baru diperkenalkan pada tahun 1932.

Baca juga  Lukisan Religius

Lempar lembing merupakan salah satu olahraga atletik. Di Indonesia, olahraga ini berada di bawah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). PASI merupakan organisasi atletik utama di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 3 September 1958 di Jakarta

Pelempar lembing memiliki beragam teknik melempar yang dapat digunakan oleh para atlet. Teknik lempar lembing sekurang-kurangnya ada tiga, yaitu teknik tangkap, teknik lari, teknik lempar, teknik lempar, dan jurus akhir.

Lempar lembing meliputi teknik Finlandia, teknik Amerika, dan teknik kail. Teknik Finlandia dilakukan dengan memegang ibu jari dan jari tengah. Ibu jari memanjang ke belakang busur dan jari telunjuk ke batang tombak. Gaya Amerika dilakukan dengan jari di punggung tombak dan jari lainnya di belakang. Sedangkan teknik mencubit dilakukan dengan cara mencubit tombak menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.

Melatih Ketekunan Melalui Kegiatan Olahraga

Gaya lari dimulai dengan tombak di atas kepala dengan tangan ditekuk ke depan dan tangan menghadap ke atas. Rata-rata atlet mengambil 13-18 langkah sebelum melempar lembing. Tombak kemudian diarahkan dengan sudut 40 derajat.

Posisi rahang dipastikan sama dengan gerakan awal saat diaktifkan. Kemudian, saat Anda mencapai garis lempar, putar kaki Anda ke sisi berlawanan dari tangan lempar Anda. Terakhir, silangkan kaki saat melangkah mundur dan sandarkan tubuh lebih jauh ke belakang, luruskan lengan dan bahu.

Teknik ini diawali dengan meluruskan lengan dan menarik badan ke belakang. Fokusnya harus tetap pada area sasaran. Kaki depan digunakan untuk menopang dan mendorong kaki lainnya. Geser berat badan Anda ke depan saat bersiap melepaskan tombak. Kemudian, saat tangan Anda berada di depan kaki, angkat tombak ke atas. Gunakan kekuatan sebanyak mungkin untuk melempar sejauh mungkin.

Setelah dagu dilepas, kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri agar atlet tidak melanggar peraturan dengan berlari atau melewati garis.

Gambar Latihan Kesehatan Png, Vektor, Psd, Dan Clipart Dengan Background Transparan Untuk Download Gratis

Sebagai olahraga yang energik dan menuntut fisik, lempar lembing juga memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Di bawah ini 5 manfaat lempar lembing, dimulai dari halaman manfaatnya

Berikut penjelasan mengenai pengertian, sejarah, aturan dan manfaat lempar lembing. Menembak masih merupakan olahraga, sehingga akan terus ada selamanya. Selain itu, olahraga ini baik untuk kesehatan jasmani.

Baca juga  Alat Musik Yang Tidak Memiliki Tangga Nada Diatonik Adalah

Jika Anda tertarik membaca postingan lain dari Mohammad Farih Fanani, klik link ini untuk Arsip Artikel Mohammad Farih Fanani. Artikel ini berisi tinjauan Wikipedia antara Wikimedia Foundation dan Injil Indonesia.

Terima kasih telah melaporkan penyalahgunaan yang melanggar aturan atau gaya penulisan di GNFI. Meskipun kami berusaha untuk menjaga GNFI bebas dari konten yang tidak seharusnya ada di sini, namun lempar lembing adalah salah satu ajang atletik. Tombak sedang merupakan salah satu jenis tombak, namun lebih ringan dan kecil.

Olahraga Lempar Cakram, Sejarah, Teknik Dasar, Dan Aturannya

Olahraga ini sebaiknya dilakukan di tempat yang tepat. Sebab jika tidak mengingat ujung tombaknya yang sangat tajam dapat melukai orang lain. Di tingkat internasional, olahraga lembing berada di bawah naungan International Association of Athletics Federations (IAF).

Sedangkan olahraga lembing di Indonesia dikelola oleh organisasi bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Berikut petikan Ensiklopedia Atletik: Atma Endres Melempar Cakram Untuk Lompat Tiga.

Mengutip dari buku Joachim Eco Nopianto, Essentials of Athletics, pada masa awal peradaban Yunani Kuno, lembing dipertandingkan dalam Olimpiade kuno pada tahun 776 SM. Namun, pada saat itu, belum diketahui seluruh peraturan dan permasalahan seputar kompetisi lempar lembing.

Dahulu perlombaan lempar lembing tidak hanya ditentukan oleh lemparan yang paling jauh, namun juga menggunakan sasaran tertentu yang akan dipukul. Oleh karena itu, pemenang lempar lembing ditentukan oleh peserta yang mampu melempar dengan jarak jauh dan mengenai sasaran. Seorang prajurit Sparta bernama Achilles sedang melemparkan tombak hingga ia dikalahkan.

Ulangan Akhir Semester Ganjil Kelas 9 Worksheet

Pada tahun 1908, lembing adalah salah satu cabang olahraga atletik Olimpiade modern yang hanya boleh diikuti oleh laki-laki. Pada olimpiade tahun 1932, perempuan mampu bertanding di ajang lempar lembing dengan menggunakan lembing yang berbeda dengan laki-laki. Setelah itu, laki-laki dan perempuan dapat mengikuti lempar lembing.

Disarikan dari buku S.Pd Pungki Indarto, Cerdas Mengajar dan Membina Atletik, berikut penjelasan mengenai lempar lembing:

A. Lebar jalan awal 5 cm, lebar jalan 4 meter. Panjang lintasan minimal 30 meter dan panjang maksimal 36,5 meter.

B. Bagian belakang lempar terbuat dari kayu atau logam, lebar 7 cm dan dicat putih. Punggung bawah adalah punggung berbentuk lingkaran yang permukaannya rata dan berjari-jari 8 meter. Garis sepanjang 1,5 meter dipasang pada pusat gravitasi tombak.

Baca juga  Benua Dengan Distribusi Penduduk Yang Relatif Merata Terdapat Di

Kelas V Gerak Dasar Lari, Lompat, Lempar

C. Bidang lempar dibentuk oleh garis setebal 5 cm yang melintasi kedua ujung kurva lempar dengan sudut 29 derajat dari pusat kurva lempar.

Lembing yang digunakan pada perlombaan ini merupakan lembing berstandar internasional yaitu panjang atlet putra 2,6 m – 2,7 m dan berat 800 gram. Sedangkan panjang lembing atlet putri 2,20 m – 2,30 m dan berat 600 gram.

Tombak memiliki tiga bagian yang berbeda: batang yang terbuat dari logam ringan (aslinya kayu), bilah tombak yang terbuat dari besi dengan ujung yang tajam, dan kawat yang dilapisi batu tombak sebagai pegangannya. Pendidikan Jasmani 1 Olahraga dan Kesehatan Dr. Dan Mucolide. Lembing adalah olahraga atletik. Olahraga ini memerlukan teknik, kecepatan dan kekuatan untuk melempar lembing sejauh mungkin. Tombak berasal dari dua kata yaitu javelin yang berarti melempar dan javelin yang berarti tongkat.

Melempar adalah menggerakkan suatu benda dengan sekuat tenaga sehingga benda tersebut mencapai jarak yang paling jauh. Melempar merupakan unsur terpenting dalam aktivitas olahraga.

Jaga Kebugaran Jasmani Dengan Latihan Fisik Di Rumah

Menurut PASI (1988), lembing adalah olahraga atletik yang menggunakan alat berbentuk tombak panjang untuk dilempar sejauh mungkin. Sedangkan menurut Jerver (1996), lempar lembing adalah suatu gerakan memukul yang menggunakan benda berbentuk panjang yang dilempar sejauh-jauhnya.

Mengetahui olahraga tombak tidak lengkap tanpa mengetahui sejarahnya. Di balik olahraga yang terkenal di dunia, lembing memiliki sejarah yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Di bawah ini adalah sejarah olahraga lembing.

Pada zaman dahulu kala, masyarakat sering menggunakan tombak untuk berburu binatang untuk kebutuhan sehari-hari. Orang-orang menggunakan tombak ini untuk berperang. Sebelum digunakan sebagai olahraga, lembing lebih banyak digunakan untuk kegiatan rekreasi dan pertahanan diri. Berabad-abad kemudian, tombak menjadi olahraga seperti sekarang ini.

Lembing diperkenalkan sebagai bagian dari Pentathlon pada tahun 708 SM dari Olimpiade pada zaman dahulu. Selain itu, olahraga ini berasal dari Jerman dan Swedia pada tahun 1870-an. Javelin kemudian menjadi bagian resmi dari bagian atletik Olimpiade modern dari tahun 1908 (pria) dan 1932 (wanita).

Penjasorkes3 Smp Ix Budi Sutrisno 1

Selain itu, terdapat dua perkembangan yang mempengaruhi perkembangan olahraga lempar lembing. Yang pertama adalah menggunakan piringan sebagai alat melengkung untuk melempar. Cara ini memberikan hasil

Permainan lempar lembing, alat lempar lembing, lempar lembing, olahraga lempar lembing, ukuran lempar lembing, peralatan lempar lembing, modifikasi lempar lembing, harga lempar lembing, alat untuk lempar lembing, gambar alat lempar lembing, tongkat lempar lembing, materi olahraga lempar lembing