Kepala Negara Filipina

Kepala Negara Filipina – Presiden Filipina Rodrigo Duterte berada di bawah pengawasan ketat Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa atas kasus pembunuhan di luar hukum yang meluas sejak penerapan undang-undang anti-terorisme di tahun keempat kekuasaannya.

Pekan lalu, kepala Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet, merilis sebuah laporan yang menyebut pemerintahan Duterte sebagai “tangan besi”, yang mengakibatkan pembunuhan “meluas, sistematis, dan berkelanjutan”.

Kepala Negara Filipina

Sejak Duterte terpilih sebagai presiden pada tahun 2016, lebih dari 27.000 tersangka pengedar narkoba tewas dalam operasi polisi intervensi dan pembunuhan main hakim sendiri. Selain itu, sekitar 250 pembela hak asasi manusia termasuk anggota serikat buruh, pengacara, jurnalis dan aktivis hak lingkungan juga tewas.

Ibu Kota Negara Asia Tenggara, Lengkap Dengan Profilnya

Jaksa Agung Filipina, Menardo Guevara, mengatakan Filipina telah membentuk panel antarlembaga untuk menyelidiki tuduhan pembunuhan di luar hukum dan “meninjau secara bijaksana” lebih dari 5.600 tindakan polisi di mana kematian terjadi.

Cristina Palabe, sekretaris jenderal Carpton Human Rights Watch, meragukan klaim Guevara. “Kami telah menempuh jalan ini sebelumnya. Satuan tugas dan komisi telah dibentuk tetapi gagal memberikan keadilan dan akuntabilitas,” kata Palabe dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, juru bicara Kepolisian Nasional Filipina (PNP) Bernard Banac membantah tuduhan pembunuhan massal tersebut. Mengutip statistik polisi, Banac mengatakan bahwa sejak tindakan keras terhadap pengedar narkoba dimulai, polisi telah menangkap lebih dari 330.000 tersangka pengguna narkoba, sementara 7.673 tewas dalam baku tembak dengan polisi.

Undang-undang anti-terorisme yang ditandatangani oleh Duterte masih dapat diperdebatkan karena definisi terorisme yang bias dan kekuasaan yang luas diberikan kepada pihak berwenang.

Solution: Makalah Analisis Tentang Perekonomian Negara Filipina Dan Brunei Darussalam Sebagai Negara Anggota Asean

Kritikus memperingatkan bahwa, dengan catatan pemerintah mengabaikan hak asasi manusia dan kebebasan sipil, undang-undang baru berpotensi membatasi perbedaan pendapat yang sah.

– Dengan penerapan undang-undang anti-teror, kita hampir tidak dapat mengharapkan hal-hal membaik di bawah pemerintahannya, kata Lor Pascoe pada konferensi pers. Dua putra Pasco tewas dalam aksi polisi.

Baca juga  Kelurahan Dibentuk Di Wilayah Suatu Kecamatan Dengan Didasarkan Pada:

– Dengan undang-undang anti-terorisme sebagai bagian dari hukum negara, seolah-olah Filipina berada dalam situasi yang lebih buruk daripada darurat militer secara permanen, kata pensiunan Hakim Agung Antonio Carpio.

Sedikitnya enam ribu orang tewas dalam perang Presiden Duterte melawan narkoba di Filipina. Kelompok hak asasi percaya angkanya jauh lebih tinggi. Warga berdemonstrasi dan menuntut agar Komisi Hak Asasi Manusia PBB menyelidiki. (10/07/2019) Kepala negara Filipina adalah presiden yang juga kepala pemerintahan. Saat ini bulan Maret 2023, kepala negara Filipina adalah Ferdinand “Bongbong” Romualdez Marcos Jr. yang dilantik pada tanggal 30 Juni 2022.

Duterte Ubah Filipina Jadi Negara Federal, Apa Alasannya?

Filipina menganut sistem presidensial dimana kepala negara Filipina yaitu presiden memegang amanah sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Sistem pemerintahan Filipina adalah sistem presidensial. Padahal sebagai kepala negara di Filipina mendapat kepercayaan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Selanjutnya, Filipina berbentuk negara kesatuan, yaitu negara merdeka dan berdaulat dengan pemerintahan pusat yang memegang kekuasaan dan menguasai seluruh wilayah. Ciri-ciri negara kesatuan yang dimiliki Filipina adalah sebagai berikut:

Kedaulatan negara meliputi urusan internal dan eksternal yang ditangani oleh pemerintah pusat. Negara ini hanya memiliki 1 konstitusi, 1 kepala negara, 1 kabinet dan 1 dewan perwakilan.

Buku Kelas Vi Tema 1

Oleh Redis Bastian Filipina dijajah oleh dua negara kolonial Barat, yaitu Spanyol dan Amerika Serikat (AS), sejak abad ke-16.

Namun ternyata sejak abad ke-8, Filipina berada di bawah Kerajaan Sriwijaya. Itu terkandung dalam prasasti di lempengan tembaga di dekat Manila.

Spanyol menjajah Filipina dari tahun 1565-1821. Dan Kekaisaran Spanyol berakhir pada tahun 1988 ketika Spanyol kalah dalam Perang Spanyol-Amerika. Kekalahan ini menyebabkan Spanyol menyerahkan kekuasaannya atas Filipina ke Amerika Serikat.

Sejak itu, Filipina dijajah oleh Amerika Serikat selama 48 tahun. Kemudian pecah Perang Dunia II yang menyebabkan Filipina diduduki oleh Jepang, namun hal itu tidak berlangsung lama karena Filipina memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 4 Juli 1946.

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Filipina Di Istana Bogor

Dalam menjalankan pemerintahannya, kepala negara Filipina yaitu presiden bertindak sebagai kepala negara, kepala pemerintahan dan panglima angkatan bersenjata. Masa jabatan presiden yang terpilih dalam pemilihan ini adalah 6 tahun.

Karena itu, jika kepala negara Filipina saat ini, yakni Ferdinand Marcos Jr., terpilih pada 2022, masa jabatannya akan berakhir pada 2028.

Selain menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai Kepala Negara di Filipina. Presiden akan dibantu oleh Kabinet. Dan ada Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat yang merupakan bagian dari Badan Legislatif.

Dan ada Mahkamah Agung dengan Ketua dan 14 Wakil Hakim. Ketua dan 14 Wakil Hakim Mahkamah Agung diangkat oleh Presiden berdasarkan usul Dewan Yudisial.

Baca juga  Tuliskan Urutan Pecahan-pecahan Berikut Pada Garis Bilangan

Indonesia Meminta Gnb Perkuat Kerja Sama Selatan Selatan Untuk Jawab Tantangan Pembangunan Global

Oleh karena itu, inilah pengertian kepala negara di Filipina dimana seorang presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Menarik bukan? Semoga ini menambah wawasan Anda! Ferdinand Marcos Jr. resmi dilantik sebagai Presiden Filipina menggantikan Rodrigo Duterte, dalam sebuah upacara di Manila, Kamis (30/6).

Marcos Jr. dilantik sebagai presiden dalam acara meriah di Museum Nasional, Kamis (30/6) siang.

Marcos Jr. berdiri di antara istri dan ketiga putranya, melambai dan tersenyum saat menyaksikan parade jet tempur dan barisan pasukan Filipina dari berbagai unit.

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden, Marcos Jr. berterima kasih kepada publik karena telah menyampaikan “mandat elektoral terbesar dalam sejarah demokrasi Filipina”.

Presiden Hadiri Acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa Di Yogyakarta

Ke depan, pria berusia 64 tahun itu akan menghadapi inflasi tinggi dan ekonomi yang terbebani utang yang menumpuk sejak sebelum pandemi Covid-19.

Ada juga yang menunggu Marcos Jr. Filipina diyakini telah memperbaiki citranya di bawah Duterte, yang dikenal dengan kebebasan pers dan perang berdarah terhadap narkoba.

Pelantikan Marcos Jr. dilakukan beberapa hari setelah Mahkamah Agung Filipina memutuskan bahwa seseorang yang dihukum karena penggelapan pajak tidak mendiskualifikasi dia dari menjabat sebagai presiden.

Upacara peresmian juga terjadi sehari setelah pihak berwenang Filipina melarang situs berita Rappler, media di Filipina yang mengkritik pemerintahan Duterte.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia , Davao City, Republik Filipina

Selama pidato pengukuhannya, Marcos Jr. memberikan penghormatan kepada ayahnya, mendiang diktator Ferdinand Marcos, yang memerintah Filipina dengan tangan besi selama dua dekade.

Selama berkuasa, militer dan polisi menangkap dan menyiksa ribuan orang yang dianggap pembangkang politik dan menentang pemerintahannya. Banyak dari mereka kemudian dibunuh.

Setidaknya satu dekade yang lalu, ratusan video yang dimanipulasi diunggah ke YouTube, dan kemudian dibagikan ulang melalui halaman Facebook.

Alih-alih berfokus pada saat Marcos memberlakukan undang-undang darurat yang penuh dengan pelanggaran hak asasi manusia, korupsi, dan ekonomi yang hampir runtuh, kampanye media sosial keluarga Marcos menunjukkan kepada orang-orang bagaimana keadaannya. Tidak ada kejahatan di bawah Ferdinand Marcos. .

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr Akan Ke Indonesia 4 6 September 2022

Setelah berakhirnya rezim Marcos Sr. pada tahun 1986, ketika ratusan ribu orang turun ke jalan, keluarga tersebut kecewa. Marcos, istri dan anak-anaknya – termasuk Bongbong – melarikan diri ke Hawaii.

Namun, ketika Bongbong kembali ke Filipina pada tahun 1991, ia mulai berjuang untuk mengubah citra ayahnya. Pemerintahan ayahnya disebut “Zaman Keemasan” pertumbuhan dan kemakmuran.

Ini kemudian meyakinkan jutaan orang Filipina – terutama pemilih muda yang tidak merasakan kediktatoran Marcos – bahwa kritik dan tuduhan terhadap keluarga Marcos setelah jatuhnya Ferdinand Marcos adalah salah dan cerita keserakahan mereka salah.

Baca juga  Luas Permukaan Bangun Diatas Adalah

Pencari fakta bersama yang berkolaborasi di platform Tsek.ph menemukan bahwa pada akhir April 2022, 92% informasi yang salah secara online tentang kampanye Marcos termasuk memuji Bongbong.

Presiden Filipina Anugerahi Menkumham Yasonna Laoly Kaanib Ng Bayan Award

Itu sebenarnya menyatukan dua dinasti politik – keluarga Marcos di bagian utara Filipina dan keluarga Duterte di Kepulauan Mindanao di bagian selatan Filipina. Dari republik menjadi sistem pemerintahan federal.

Ini berarti perubahan besar pada konstitusi berusia 30 tahun dan pemenuhan janji kampanye Presiden Rodrigo Duterte.

Ia ingin mengoreksi kelalaian yang terjadi dalam sistem pemerintahan sentralistik di Manila, sehingga menurutnya sistem ini menyebarkan kemiskinan di berbagai provinsi.

Anggota parlemen yang mendukung Duterte juga mendukung sistem federal, karena mereka ingin memperluas peran legislatif, memperpanjang masa jabatan anggota parlemen, meningkatkan otonomi fiskal daerah, menjadikan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan, dan memisahkan presiden. konstitusi untuk memilih

Asia Pekan Ini: Para Penyitas Perbudakan Seks Filipina Masa Perang Dunia Kedua Tolak Kompensasi

Namun, anggota parlemen belum memutuskan model federal mana yang akan diadopsi Filipina, tetapi Duterte menginginkan sistem yang mirip dengan Prancis.

Rencana transformasi sistem pemerintah telah disetujui dan draf perubahan diharapkan selesai pada akhir tahun ini. Referendum akan digelar pada Mei 2019.

Ketua panel parlemen, Roger Mercado, mengatakan anggota parlemen bertindak sesuai aturan pemungutan suara dan menyetujui resolusi minggu ini yang akan membentuk parlemen dan majelis konstituen kongres.

“Jangan buang uang dan waktu orang. Mari pertahankan (sistem federal) dan siap untuk perubahan,” kata Mercado di pengadilan.

Presiden Jokowi Ajak Para Pemimpin Negara Asia Timur Pererat Kerjasama Dan Dialog

Dia menambahkan, untuk menyusun konvensi khusus konstitusi baru akan menelan biaya 11 miliar peso atau 218 juta dolar atau setara dengan sekitar Rp 2,9 triliun.

Pengunjuk rasa membakar spanduk bergambar wajah Ferdinand Marcos dan Presiden Rodrigo Duterte saat ulang tahun ke-100 Ferdinand Marcos di Manila (11/9). (Foto AFP/Ted Aljibe)

Mereka menduga amandemen tersebut merupakan upaya untuk mempertahankan kekuasaan Duterte lebih lama, atau sebagai cara untuk mempertahankannya sebagai pemimpin Filipina untuk masa jabatan berikutnya, yakni 2022.

Sebelumnya, Rodrigo Duterte mengatakan tidak tertarik memperpanjang masa jabatannya. Jika demikian, ia lebih memilih untuk pensiun dini.

Golden Agin Nusa

* Fakta atau tipuan? Untuk memastikan kebenaran informasi yang disebarluaskan, silahkan WhatsApp cek fakta nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang dibutuhkan.

Sebelum Ari Wibowo, 10 Bintang Sinetron Tersanjung Ini Mengalami Perceraian: Ada yang Pindah Nikah Lagi

Raih Rezeki Ramadhan dari Sinetron Cinta Selepas Cinta, Total Hadiah Samsung S23 Ultra Senilai Lakh dan Travel Voucher

Daftar Peraih Penghargaan Individu BRI Ligue 1 2022/2023: Viljan Plouim Raih Pemain Terbaik, Mathias Pato Raih Penghargaan Top Scorer

Para Kepala Negara Asean (dari Kiri) Presiden Filipina Bengino S. Aquino Iii, Perdana Menteri (pm) Singapura Lee Hsien Loong, Prayut Chan Ocha (thailand), Nguyen Tan Dung (vietnam), Perdana Menteri Malaysia (pm) Najib Razak,

Pertandingan Final Liga 1 BRI Liga 1 PSM Makassar vs Borneo FC Siaran Langsung Minggu 16 April: Juara Pertama Presiden Ferdinand Marcos Jr. Merayakan Jucu Aja Filipina. Menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya pada Senin, 25 Juli 2022 di Quezon City, Filipina. (Jamilah Sta Rosa/Foto oleh Poole via AP)

, Manila – Presiden baru Filipina, Ferdinand Marcos Jr

Nama kepala negara filipina, gambar lambang negara filipina, ibukota negara filipina adalah, gambar negara filipina, simbol negara filipina, bendera negara filipina, negara filipina, peta negara filipina, foto negara filipina, lambang negara filipina, gambar bendera negara filipina, gambar peta negara filipina