Gerak Langkah Diawali Dengan Berdiri

Gerak Langkah Diawali Dengan Berdiri – PENGUMUMAN PENTING (GMT) Pemeliharaan server dijadwalkan pada hari Minggu, 26 Juni antara pukul 02:00 – 08:00. Situs akan nonaktif selama jangka waktu yang ditentukan!

Halaman |1 Bahan Ajar 3 Hasil Belajar Senam Dasar Melakukan kegiatan model gerak dasar dan keterampilan gerak secara mandiri (tanpa mencontoh) dalam permainan dan olah raga, kegiatan senam, kegiatan gerak ritmik dan olah raga air, serta menunjukkan kemampuan menerapkan variasi dan kombinasi. dan kegiatan olah raga (situasi). ARIE TITA APRILIA _ Bahan Ajar 3 Senam Ritmik (Langkah dan Ayunan)

Gerak Langkah Diawali Dengan Berdiri

Page |2 Isi Tujuan Pembelajaran Gerakan Senam Ritmik (Langkah dan Ayunan) Kegiatan PGD Siswa dapat melatih gerak dasar langkah mengayun tanpa dan dengan musik. Tujuan Alur Pembelajaran : 1. Siswa dapat berlatih gerakan dasar melangkah dan mengayun tanpa musik. Kelompok 2. Siswa yang berpartisipasi dapat berlatih gerakan dasar melangkah dan mengayun dengan diiringi musik secara berkelompok. Gerakan ritmik atau senam ritmik disebut juga dengan senam ritmik. Senam ritmik dilakukan dengan memadukan gerakan tubuh dengan irama. Irama ini mungkin termasuk musik, tepuk tangan, dan ketukan. Senam pengondisian jasmani (SKJ) merupakan salah satu contoh senam ritmik. Anda bahkan melakukan senam ritmik, lho. Dengan meniru gerakan-gerakan yang ada di layar TV di kelas. Apakah Anda ingat gerakan apa yang Anda latih saat itu? 1. Langkah kaki teratur. Cara melakukannya adalah dengan berdiri dalam posisi tegak dan meletakkan kedua tangan di pinggul. Langkahkan kaki kanan ke depan dengan tumit menyentuh tanah terlebih dahulu. Lakukan gerakan ini dengan lutut sedikit ditekuk. Lalu langkahkan kaki kirimu seperti kaki kananmu. ARIE TITA APRILIA _ Bahan Ajar 3 Senam Ritmik (Langkah dan Ayunan)

Gerak Dasar Senam Irama

Halaman |3 Lakukan gerakan seperti berjalan. Ulangi gerakan-gerakan tersebut secara bergantian sesuai dengan jumlah atau ritme pengiringnya. Selesaikan langkah-langkah umum dengan menghitungnya. Gerakannya bisa diiringi musik atau ketukan. Bertindak dengan semangat dan percaya diri. 2. Tutup kakinya. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan bebas dan percaya diri! Langkahkan kaki kananmu ke depan. Kemudian melangkah maju dengan kaki kiri sejajar dengan kaki kanan. Langkahkan kaki kiri Anda ke depan. Lalu langkahkan kaki kananmu ke depan. Kemudian rapatkan kaki kanan dan kiri. Lakukan gerakan ini dengan hitungan atau ritme. Gerakannya bisa diiringi musik atau ritme. Bertindak dengan semangat dan keyakinan. Bandingkan gerakanmu dengan gerakan temanmu! Apa yang berbeda? 3. Gerakkan kaki Anda ke depan. Ambil posisi tegak dan gerakkan kaki Anda ke depan. Kedua tangan berada di pinggul. Kakinya bergerak berulang kali. Ambil satu langkah ke depan, dimulai dengan kaki kanan. Lalu kaki kiri. Posisi tubuh harus dijaga saat mengambil langkah. Gerakan-gerakan tersebut diulang-ulang agar sesuai dengan langkah irama atau ritme. ARIE TITA APRILIA _ Bahan Ajar 3 Senam Ritmik (Langkah dan Ayunan)

Baca juga  Bagaimana Cara Salat Makmum Yang Tertinggal Bacaan Alfatihahnya Imam

Halaman |4 4. Gerakan Langkah Samping Gerakan langkah samping dilakukan dengan meletakkan kaki ke kanan dan ke kiri. Teknik belok diawali dengan melangkahkan kaki kanan ke arah kanan. Kemudian kaki kiri didekatkan ke kaki kanan. Gerakan yang sama juga dilakukan pada sisi kiri. Langkah-langkah tersebut diulangi menurut hitungan atau ritme. 5. Langkah Penyeimbangan Perhatikan langkah penyeimbangan pada gambar di bawah ini! Senam ritmik memerlukan unsur keseimbangan. Cara melakukan langkah keseimbangan adalah dengan berdiri tegak dengan kedua tangan di pinggul. Langkahkan kaki kiri Anda ke depan. Kemudian maju selangkah dengan kaki kanan, disusul dengan kaki kiri. Dengan tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kanan berputar ke belakang setelah kaki kiri. Posisi terakhir adalah dengan kaki rapat dan tangan di pinggul. 6. Lambaikan satu tangan ke depan dan ke belakang a. Ayunan Satu Lengan ke Depan dan Belakang Cara mengayunkan salah satu lengan ke depan dan ke belakang sambil berdiri. Kemudian ambil satu langkah ke depan dengan kedua tangan. Lakukan hitungan satu dengan menekuk lengan kiri ke belakang lalu menggerakkan kedua lutut. Setelah menghitung sampai dua, ayunkan kembali lengan kiri ke depan. NOMOR TIGA ARIE TITA APRILIA _ MATERI AJAR 3 SENAM RITMIK (LANGKAH DAN SWING)

Halaman |Lakukan lima dan empat dengan cara yang sama seperti menghitung satu dan dua, tetapi dengan tangan kanan. B. Ayunan Samping Lengan Tunggal Cara mengayunkan salah satu lengan ke samping, dimulai dari posisi awal berdiri. Lalu ayunkan kedua tangan ke kanan. Ayunkan lengan kiri Anda ke kiri selama satu hitungan. Hitung sampai dua: Ayunkan lengan kanan ke kiri, geser beban tubuh ke kiri. Kedua lututnya gemetar. Setelah menghitung sampai tiga, ayunkan kembali lengan kanan ke kanan. Putar lengan kiri Anda ke kanan selama empat hitungan. Lakukan sambil menggeser berat badan ke kanan dengan menggeser kedua lutut. 7. Ayunan dua lengan a. Cara mengayun maju mundur dengan dua tangan Cara mengayun maju mundur dengan dua tangan dimulai dari posisi berdiri kemudian melangkah dengan kaki kiri. Kedua lengan lurus ke depan. Tekuk kedua lengan ke belakang dan hitung sampai satu. Setelah menghitung sampai dua, tekuk kedua tangan ke belakang. Ayunkan kedua lengan ke samping tubuh selama tiga dan empat hitungan. Menghitung dari lima sampai delapan menghasilkan gerakan yang sama seperti menghitung dari satu sampai empat, tetapi dengan arah yang berlawanan. B. Ayunan Dua Tangan Menyilang di Depan Badan Cara Melakukan Ayunan Dua Tangan Menyilang di Depan Badan Dimulai dari posisi awal, luruskan kaki kiri ke arah samping kiri. Rentangkan kedua lengan. Ayunkan kedua tangan di depan tubuh selama satu hitungan. Setelah menghitung sampai dua, ayunkan kedua lengan ke belakang. Setelah menghitung sampai tiga, ayunkan kedua tangan ke belakang tubuh. Setelah menghitung sampai empat, ayunkan kedua lengan ke belakang. Menghitung dari lima sampai delapan melakukan gerakan yang sama seperti menghitung dari satu sampai empat. ARIE TITA APRILIA _ Bahan Ajar 3 Senam Ritmik (Langkah dan Ayunan)

Baca juga  Angkara Gung Neng Angga Anggung Gumulung

Halaman |6 1. Kombinasi ayunan satu lengan dengan langkah teratur. Langkah kaki sederhana dan ayunan lengan dapat dilakukan secara bersamaan. Perhatikan gambar di bawah ini! Gerakan di atas dipadukan dengan mengayunkan lengan ke samping badan. Gerakannya diawali dengan berdiri tegak, dengan tangan lurus di samping tubuh. Kemudian lanjutkan 5 meter dari jalur A ke jalur B. Kaki kiri melangkah ke depan dengan lengan kanan diayunkan. Lengan kanan ditekuk di samping badan. Kaki kanan mengayun ke depan seiring dengan ayunan lengan kiri. Lengan kiri ditekuk ke depan sepanjang badan. 2. Kombinasi langkah maju dengan osilasi dalam dua putaran lengan. Gerakan langkah dan osilasi lengan dapat diikuti dengan rotasi lengan. Gerakan diawali dengan posisi berdiri dengan kedua tangan lurus ke depan. Kaki kiri diluruskan dua langkah ke depan. Gerakan ini diikuti dengan dua kali ayunan lengan ke depan. Kemudian ambil kaki kanan Anda mundur dua langkah. ARIE TITA APRILIA _ Bahan Ajar 3 Senam Ritmik (Langkah dan Ayunan)

Modul Belajar Di Rumah Pjok Kelas 1 Untuk Siswa

Page |7 Gerakan ini diikuti dengan dua kali ayunan lengan ke belakang. Posisi terakhir, berdiri menyamping dengan kedua tangan terentang ke samping. Ulangi gerakan ini seiring meningkatnya keterampilan Anda. 3. Kombinasi Langkah Samping dengan Ayunan Lengan Gerakan langkah samping dan ayunan lengan dapat dilakukan secara bersamaan. Gerakan ini dipadukan dengan mengayunkan lengan ke samping dan ke atas. Gerakan diawali dengan berdiri tegak ke samping pada posisi berdiri pertama. Kedua lengan ke kanan. Kemudian ambil dua langkah ke samping dengan kaki kiri. Ayunkan dan putar kedua lengan ke kanan. Ambil kaki kanan Anda dua langkah ke samping. Ayunkan dan putar kedua lengan ke kiri. Posisi terakhir, berdiri tegak menyamping dan kedua tangan ke kanan. Gerakan senam ritmik sederhana akan menyenangkan jika dilakukan dengan diiringi musik. Salah satu pilihan pengiring senam ritmik adalah musik lapangan. Mengiringi senam ritmis dengan musik daerah menunjukkan sikap kreatif dan menghargai budaya daerah. ARIE TITA APRILIA _ MATERI AJAR 3 SENAM RITMIK (LANGKAH DAN AYUNAN) Halo adik-adikku yang cantik dan ganteng, kita hadir lagi bersama saudara-saudara kita yang keren. Apa kabarmu Tuhan memberkatimu, tetap sehat dan tetap sehat. Kali ini abang A1m akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Aku akan membacanya pelan-pelan agar mengendap di hatiku.

Baca juga  Berikan Contoh Pola Interaksi Masyarakat Nelayan Dengan Lingkungannya

Perlu kita ketahui bahwa arm rolling merupakan salah satu olahraga yang mirip dengan senam lantai. Perbedaan antara arm bow atau yang biasa disebut hand bow adalah orang tersebut melakukan gerakan dengan kedua tangan di atas tanah, seperti melompat atau meluncur. Gerakan kemiringan lengan atau gerakan busur tangan adalah sebagai berikut:

1. Orang tersebut mula-mula bergerak sambil berdiri, kemudian mengambil 3-5 langkah, lalu meletakkan kedua telapak tangan di tanah dan berjongkok.

2. Jika posisi pertama sudah dilakukan, lakukan gerakan kedua yaitu angkat kedua kaki ke atas dan gerakkan lurus ke depan. Dalam posisi ini, kita meletakkan kepala di antara kedua lengan. Telapak tangan kemudian terangkat dari posisinya atau dari lantai.

Rekoleksi Sinode Para Uskup Bagi Para Clerus Dan Lembaga Hidup Bakti Dekanat Timur Keuskupan Bogor

3. Berbaring dengan kedua kaki ditekuk atau direntangkan ke depan dan telapak kaki mendarat di lantai, kemudian berpindah ke posisi lengan lurus dan duduk.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa arm rolling merupakan salah satu jenis senam lantai yang diawali dengan gerakan berdiri.

Pertanyaan Baru dalam Pendidikan Jasmani, Menurut Anda Jurus-jurus Apa Yang Dapat Mendapat Poin Dalam Pertandingan Bola Basket? Bagaimana Mengatasi Keterlambatan Motorik Halus Pada Anak Bagaimana Caranya Agar Perkembangan Motorik Terbaik Anak Usia 0-6 Tahun? dan teknik manipulatif olahraga yang mungkin berkembang dengan Putaran 11. Annie mengendarai sepedanya dengan sangat lambat, sehingga dia selalu terjatuh. Sedangkan Dino bersepeda dengan kecepatan terukur agar tidak mudah terjatuh. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa dijelaskan langkah-langkah cara melakukannya.

Setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan