Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean – Negara-negara ASEAN berbagi lokasi geografis yang sama di benua Asia dan kepulauan Asia. Luas wilayah negara-negara Asia Tenggara sekitar 4 juta 500 ribu kilometer persegi tanpa wilayah laut. Negara terbesar adalah Indonesia dan yang terkecil adalah Singapura.

1. Secara astronomis terletak pada 28 derajat LU – 11 derajat Lintang Selatan, 92 derajat Bujur Timur – 141 derajat Bujur Timur

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean

Singapura merupakan negara kecil dengan keragaman etnis yang terdiri dari Tionghoa, Melayu, dan India. Sebagian besar penduduknya beragama Buddha, dan sebagian besar penduduknya adalah Tionghoa. Sebagian besar pendapatan masyarakat berasal dari industri.

Bentuk Kerja Sama Negara Asean Di Berbagai Bidang, Mulai Dari Bidang Sosial Budaya Hingga Pertanian

Malaysia adalah negara ASEAN dengan populasi etnis yang beragam. Kelompok etnis yang tinggal di Malaysia adalah Melayu, Cina dan India. Mayoritas penduduknya beragama Islam.

Bahasa Resmi: Filipina Mata Uang: Sistem Pemerintahan: Peso: Lagu Kebangsaan Republik: Keistimewaan Lupang Hinirang: Gereja St. Agustinus, Katedral Manila

Sebagian besar penduduk Filipina tinggal di pulau Luzon dan Mindanao. Penduduk aslinya adalah suku Aeta (Negrito). Agama yang paling umum adalah Katolik Roma. Kebudayaannya banyak dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol. Sebagian besar penduduknya mencari nafkah dengan bertani, bekerja di industri ringan dan infrastruktur.

Ibukota: Bangkok Bahasa Resmi: Thai Mata Uang: Bath Sistem Pemerintahan: Monarki / Kerajaan Lagu Kebangsaan: Thai Pieng Chat Bangunan Terkenal: Pagoda Sebagian besar penduduk Thailand adalah keturunan Thailand, dan sebagian besar beragama Buddha. Ada begitu banyak pagoda di Thailand sehingga mereka menyebut Thailand sebagai negeri seribu pagoda. Julukan lain negara ini adalah Negeri Gajah Putih. Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum pernah mengalami kolonialisme.Perekonomian terbesar negara ini berasal dari pertanian dan pariwisata. Pantai Pattaya merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Thailand.

Baca juga  125 Gram Berapa Sendok

Tuliskan Kehidupan Sosial Budaya Dari 5 Negara Asean 1. Indonesia 2. Brunei Darussalam 3. Malaysia 4.

Ibukota: Bandar Seri Begawan Bahasa Resmi: Melayu Mata Uang: Dolar Brunei Sistem Pemerintahan: Kesultanan Lagu Kebangsaan: Allah Selamatkan Sultan Bangunan Terkenal: Masjid Sultan Omar Ali Sayafuddin Sebagian besar penduduk Brunei Darussalam terdiri dari etnis Melayu, Tionghoa, dan Dayak Kalimantan. . Islam adalah agama yang paling banyak dianut oleh penduduk negara ini. Kebudayaan Brunei hampir sama dengan kebudayaan Melayu yang dipengaruhi oleh agama Islam. Identitas manusia sangat tinggi. Perekonomian Brunei bergantung pada produksi minyak dan gas.

Ibukota: Hanoi Bahasa resmi: Vietnam Mata uang: Dong Sistem Pemerintahan: Lagu Kebangsaan Republik Sosialis Tien Quang Ka Mayoritas penduduk Vietnam adalah etnis Vietnam dan sebagian kecil etnis Tionghoa. Agama yang paling banyak dianut penduduknya adalah Budha. Sektor pertanian merupakan sumber perekonomian negara ini. Kebudayaan Vietnam mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kebudayaan Tiongkok. Ha Long Bay (Ha Long Bay) merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Vietnam.

Ibukota: Yangon Bahasa Resmi: Burma Mata Uang: Kyat Sistem Pemerintahan: Republik Konstitusi Lagu Kebangsaan: Kaba Ma Kyei Myanmar Penduduk Myanmar terdiri dari suku Burma, Shan, Karen, Rakhine, Tiongkok, dan Mongolia. Agama mayoritas penduduknya adalah agama Budha. Sektor industri menjadi penopang perekonomian negara ini. Industri yang ada antara lain pertambangan, pengolahan ikan, kayu, semen, tekstil, dan furnitur.

Ibukota: Vientiane Bahasa Resmi: Laos Mata Uang: Sistem Pemerintahan Ketat: Republik Lagu Kebangsaan: Pheng Khat Lao Sebagian besar penduduknya berasal dari suku Laos. Berdasarkan ketinggian tempat, suku Laos dikelompokkan menjadi empat suku, yaitu Lao Lu yang bermukim di dataran rendah, Lao Tai yang bermukim di dataran tinggi dan di tengah, Lao Teung yang bermukim di dataran tinggi. lereng gunung, dan Lao Sung, yang tinggal di pegunungan. puncak gunung Agama Buddha adalah agama yang paling banyak dianut. Bangunan dan artefak budaya merupakan warisan agama Buddha. Pertanian adalah kegiatan ekonomi utama di Laos. Irigasi pertanian bergantung pada aliran Sungai Mekong

Baca juga  Jenis Kain Yang Digunakan Untuk Membuat Alat Cetak Saring Adalah

Keunggulan Negara Negara Asean: Indonesia, Malaysia, Singapura

Bahasa Resmi: Khmer Mata Uang: Sistem Pemerintahan Riel: Kerajaan Lagu Kebangsaan: Akses Nokor Bangunan Terkenal: Angkor Wat

Penduduk Kamboja terdiri dari suku Khmer, Vietnam, dan Cina. Sebagian besar penduduknya beragama Buddha. Tarian di Kamboja dibagi menjadi tiga kelompok: tari klasik Khmer, tari rakyat, dan tari pergaulan. Pertanian, pariwisata dan tekstil merupakan sumber perekonomian warganya.

Ibukota: Jakarta Bahasa Resmi: Indonesia Mata Uang: Rupiah Sistem Pemerintahan: Lagu Kebangsaan Republik: Indonesia Raya Bangunan Terkenal: Monas, Candi Borobudur, Masjid Istiklal Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa. Penduduknya berasal dari bangsa Austronesia. Ada banyak suku bangsa di Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Miangkabau. Etnis minoritasnya adalah Tionghoa, Arab, dan India. Agama mayoritas adalah Islam. Negara ini terdiri dari 34 provinsi yang masing-masing provinsi mempunyai keanekaragaman budaya tersendiri. Pertanian, industri dan pariwisata adalah cabang utama perekonomian. Penjelasan Pak Slamet bisa Anda lihat pada video di bawah ini. Penjelasan Materi IPS dari Pak Slamet (silahkan dilihat) Untuk menguji pemahaman anda terhadap materi ini, ikuti penilaian pada link dibawah ini. PEDOMAN PENILAIAN IPS (wajib) Materi ini dapat Anda cetak dengan mendownload uraian materi pada link di bawah ini. Materi IPS pdf Materi IPS Power Point

Contoh sosial budaya di masyarakat, sosial budaya masyarakat indonesia, kehidupan sosial masyarakat indonesia, komunitas sosial budaya asean, perubahan sosial budaya di masyarakat, perubahan sosial budaya dalam masyarakat, perubahan sosial budaya masyarakat, kehidupan sosial budaya masyarakat, sosial budaya asean, contoh kerjasama asean di bidang sosial budaya, sosial budaya masyarakat, kerjasama sosial budaya asean

Baca juga  0.49 Dollar Berapa Rupiah