Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Lan Man Dan Wan

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Lan Man Dan Wan – Home » BAHAN AJAR TIK Kelas XI Semester 1 » Pengertian dan Pengertian Jaringan Lan, Man, Wan, Intranet dan Internet

Jaringan komputer (jaringan) adalah sistem yang terdiri dari komputer yang dirancang untuk berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (email, pesan instan) dan mengakses informasi (browser web). jaringan komputer untuk Untuk mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (klien) dan pihak yang menyediakan/menyampaikan layanan disebut server. Rancangan ini disebut sistem client-server dan digunakan di hampir semua aplikasi jaringan komputer.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Lan Man Dan Wan

Jaringan area lokal, atau LAN, adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area lokal. Menggunakan berbagai perangkat jaringan yang relatif sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dll. Contoh LAN adalah komputer yang saling terhubung di sekolah, perusahaan, warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup area LAN.

Jelaskan Jenis Jenis Jaringan Komputer Lan Man Wan

Keuntungan menggunakan jaringan komputer jenis LAN ini adalah lebih hemat biaya operasional, lebih hemat penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer lebih cepat karena mencakup area yang sempit atau lokal dan tidak memerlukan telekomunikasi. operator untuk mengatur jaringan LAN.

Kerugian dari penggunaan LAN jenis ini adalah area jangkauan jaringan lebih sempit, sehingga komunikasi di luar jaringan menjadi lebih sulit, dan area jangkauan transfer data tidak begitu luas.

Menurut saya, LAN (local area network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup area kecil. misalnya jaringan komputer kampus, sekolah, gedung, kantor, rumah, dll. Saat ini, sebagian besar LAN didasarkan pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switching, yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100 atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membuat LAN. Tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi disebut hotspot.

Dalam jaringan area lokal, setiap node atau komputer memiliki daya komputasinya sendiri, berbeda dengan konsep terminal dump. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya di LAN sesuai dengan hak akses yang ditetapkan. Sumbernya bisa berupa data atau perangkat seperti printer. Di LAN, pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lain menggunakan aplikasi yang sesuai.

Baca juga  Estetika Dari Seni Rupa Dimaksudkan Untuk

Perbedaan Lan, Wan, Man, Internet

Biasanya salah satu komputer dalam jaringan komputer tersebut akan digunakan sebagai server yang mengatur semua sistem dalam jaringan tersebut.

Jaringan Area Metropolitan, atau MAN, adalah jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jaringan komputer jenis LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis jaringan komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lain. Untuk dapat membangun jaringan MAN, operator telekomunikasi biasanya diharuskan melakukan interkoneksi jaringan komputer. Contohnya antara lain jaringan Depdiknas antar kota atau daerah, serta jaringan interkoneksi pusat perbelanjaan modern antar kota.

Keunggulan Jaringan Komputer MAN jenis ini antara lain mencakup area jaringan yang lebih luas sehingga komunikasi menjadi lebih efisien, urusan bisnis menjadi lebih mudah dan juga keamanan jaringan menjadi lebih baik.

Kelemahan jaringan komputer MAN jenis ini adalah memakan biaya operasi lebih besar, dapat menjadi sasaran operasi petasan untuk kepentingan pribadi, dan perbaikan jaringan MAN membutuhkan waktu yang lama.

Soal Pts Komputer Dan Jaringan Dasar Semester 2

Singkatnya, MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan dalam kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi, seperti Kampus, kantor, pemerintahan, dll.

Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan MAN ini antara 10 sampai 50 km, MAN ini cocok untuk membangun jaringan antar kantor dalam kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat dalam jangkauannya.

Jaringan area luas, atau WAN, adalah jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan ke negara lain atau dari satu benua ke benua lain. Sebuah WAN dapat terdiri dari berbagai jenis jaringan komputer LAN dan WAN karena luasnya cakupan area jenis jaringan komputer WAN. WAN biasanya menggunakan kabel serat optik dan menguburnya di tanah atau melalui saluran bawah air.

Kelebihan dari jaringan komputer jenis WAN adalah jangkauan area jaringan lebih luas dibandingkan jaringan komputer jenis LAN dan MAN, pertukaran informasi menjadi lebih sulit dan terarah karena komunikasi dari satu negara ke negara lain membutuhkan keamanan yang lebih dan juga lebih mudah. mengembangkan. dan membuat segalanya lebih mudah.

Baca juga  Pertanyaan Sulit Untuk Guru Agama

Pengertian Lan, Man, Wan, Dan Pan Lengkap

Kekurangan dari jaringan tipe WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi semakin banyak, sangat rentan terhadap pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih buruk.

Secara singkat WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas, misalnya jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau bisa juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan satu jaringan area lokal ke jaringan area lokal lainnya sehingga pengguna atau komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain.

Intranet adalah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP, seperti halnya Internet, yang hanya digunakan secara internal oleh perusahaan, perkantoran, bahkan warnet (WARNET) juga dapat dikategorikan sebagai intranet. Intranet dapat berkomunikasi satu sama lain melalui koneksi Internet yang menyediakan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Namun, Intranet sebenarnya tidak memerlukan koneksi Internet eksternal untuk berfungsi dengan baik. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP (protokol TCP/IP, alamat IP dan protokol lainnya), klien dan juga server. HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang paling umum digunakan. Intranet dapat dipahami sebagai “versi pribadi dari jaringan Internet” atau versi Internet organisasi.

Mengenal Jaringan Lan, Man, Dan Wan

Jika badan usaha/perusahaan/institusi memaparkan sebagian dari jaringan internalnya ke komunitas eksternal, itu disebut ekstranet. Tentu saja, tidak semua konten intranet biasanya dirilis ke publik untuk mengubah intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita membeli software, buku, dll. dari toko online, jadi biasanya kita bisa mengakses bagian Intranet toko. Badan usaha/perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan membuat firewall. Firewall adalah perangkat perangkat lunak/perangkat keras yang mengontrol akses individu ke intranet. Perlindungan dilakukan melalui berbagai parameter jaringan, baik itu alamat IP, nomor port, dll. Jika firewall diaktifkan, akses dapat dikontrol sehingga kita hanya memiliki akses ke bagian Intranet perusahaan, yang kemudian dikenal sebagai ekstranet.

Pada dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak jauh berbeda dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet gunakan Web, email, dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNET sebenarnya adalah intranet yang sangat sederhana, kebetulan tidak ada konten internal khusus/spesifik di warnet.

Web dengan tool database di belakangnya biasanya merupakan tool yang paling potensial untuk melakukan 2 hal utama, yaitu:

Baca juga  Sebutna 3 Wae Isine Geguritan

1. Agar perusahaan/lembaga lebih efisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya dengan membuat sistem informasi manajemen dan database secara online. Sepertinya banyak orang di Indonesia yang paham masalah MIS ini. Jika MIS/ERP perusahaan tertata dengan baik, langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (internet commerce). Perlu diperhatikan sebaiknya jangan terlalu mendalami e-commerce jika backoffice MIS/ERP perusahaan belum siap, karena akan sangat cacat.

Pengertian Dan Klasifikasi Jaringan Komputer

2. Menjadikan perusahaan/institusi lebih kompetitif di dunianya. Meskipun dia mungkin seorang pemimpin dalam bisnis. Menjadikan organisasi yang kompetitif hanya mungkin jika kita dapat mengelola dengan baik sumber daya manusia dan pengetahuan dalam organisasi/perusahaan. Ilmu/konsep yang terkait dengan ini adalah konsep manajemen pengetahuan. Dasarnya adalah bagaimana kita mempercepat proses daur ulang, menganalisis, mensintesis pengetahuan baik yang diam-diam maupun yang tertulis. Di Indonesia masih sangat sedikit ahli yang memiliki teknik ini, bahkan pustakawan paling ahli dalam menguasai teknik ini.

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang sangat luas dan besar di seluruh dunia, yang menghubungkan pengguna komputer dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana terdapat berbagai sumber informasi mulai dari statis hingga dinamis dan interaktif. Internet, atau kependekan dari interconnect-networking, adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung yang menggunakan standar Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) di seluruh dunia yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Jaringan terbesar di Internet disebut Internet. Cara menghubungkan sirkuit menggunakan aturan ini disebut jaringan (“antar jaringan”).

Sejarah Internet Sejarah Internet. Internet adalah jaringan komputer yang sebelumnya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET. ARPANET adalah perpanjangan dari Advanced Research Projects Agency Network, di mana mereka akan menunjukkan bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX dapat berkomunikasi melalui jarak yang tidak terbatas melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang jaringan, keandalan, seberapa banyak informasi dapat ditransfer, dan pada akhirnya semua standar yang telah mereka tetapkan sekarang menjadi pelopor pengembangan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP.

Laporan Akhir Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Jaringan By Diskominfo Paser

Tujuan awal proyek ini dibangun hanya untuk keperluan militer. Saat itu ARPANET dibangun sebagai sistem jaringan komputer yang dapat disebarkan dengan cara menghubungkan komputer-komputer di wilayah-wilayah penting untuk mengatasi berbagai masalah.

Pan lan man wan, perbedaan lan wan man, apa yang dimaksud dengan jaringan wan, jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan lan man wan, apa yang dimaksud dengan wan, lan man wan, jelaskan apa yang dimaksud dengan wan, apa yang dimaksud jaringan lan, yang membedakan jaringan wan dan lan adalah, jaringan lan man dan wan, pengertian lan man wan, perbedaan lan man wan dan internet