Hasil Dari Kekuatan Dan Kecepatan Adalah

Hasil Dari Kekuatan Dan Kecepatan Adalah – Kecepatan merupakan atribut penting yang dimiliki seorang atlet renang. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kelenturan dan kekuatan otot lengan sangat mempengaruhi kecepatan berenang seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fleksibilitas dengan kekuatan otot lengan pada atlet renang gaya bebas di Makassar. Desain penelitian adalah cross-sectional dengan jumlah sampel 20 atlet berusia antara 12 dan 18 tahun. Variabel independen yang diukur adalah fleksibilitas dan kekuatan otot lengan. Variabel terikat yang diukur adalah kecepatan renang dengan menggunakan tes renang bebas 25 m. Analisis bivariat digunakan untuk menganalisis hubungan fleksibilitas dengan kekuatan dan kecepatan otot lengan pada atlet renang. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara fleksibilitas dan kecepatan (p=0.001; R2=0.512) serta kekuatan dan kecepatan otot lengan (p=0.001; R2=0.746). Disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai kelenturan maka semakin cepat pula kecepatan berenangnya. Ketika kekuatan otot lengan meningkat, kecepatan berenang pun meningkat.

1. Setiawan, T.T., Erman, S. dan Fajar, V.H. Pengembangan jump power meter sebagai alat untuk mengukur kekuatan anggota tubuh. Majalah Sains dan Teknologi Olah Raga. 15/2013.

Hasil Dari Kekuatan Dan Kecepatan Adalah

10. Georgic, Bogan., Alexandrovic. Marko., Tomislav, Okicic., Madic, Dejan. Pengaruh fleksibilitas terhadap performa renang pada siswa olahraga dan pendidikan jasmani. Ilmu Olah Raga 2. 2009; 1: 91-94.

Keistimewaan Laut Indonesia: Kekuatan Dan Tantangannya

11. Georgic, Bogan., Tomislav, Okicic., Alexandrovic. Marco., Madik, Dejan. Pengaruh keterampilan motorik dasar dan spesifik terhadap prestasi renang. Acta Kinesiologica 4. 2010. 2: 73-77.

12. Yuddha, Engar Chahyandaru. Hubungan Kecepatan, Fleksibilitas, dan Daya Tahan Vo-2Max pada renang gaya bebas 50m Daerah Istimewa Yogyakarta di Pusat Pembinaan Atlet Berbakat (PAB). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta; 2015

15. Zenic, N., Antulov, J. dan Cavar, M. Usia biologis sebagai asumsi antropologi dasar pelatihan olahraga renang Kroasia. Sekolah Musim Panas Kinesiologi Republik Kroasia; 2007. Hal. 270-273.

16. Mulyana, Boyke. Hubungan power lengan dengan kemampuan renang gaya bebas 50m pada Sasana Mandala Ganesha. Bandung; 2010

Mengenal Jenis Truk, Manfaat, Dan Ukuran Kapasitasnya

Aras, D., Arsyad, A. dan Hasbiah, N. (2017). Hubungan antara kelenturan lengan dengan kekuatan dan kecepatan renang. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(4), 380-385. https://doi.org/10.30597/mkmi.v13i4.3160 ​​​​​​​​​​​​​​​adalah serangkaian mekanisme untuk memberitahukan peristiwa alam, dapat berupa bencana atau tanda-tanda alam lainnya. Peringatan dini kepada masyarakat tentang bencana adalah tindakan memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat. Dalam situasi kritis, umumnya peringatan dini yaitu penyampaian informasi dilakukan dalam bentuk sirene, gong, dan lain-lain. Namun, menutupi sirene hanyalah bagian dari penyampaian informasi, karena tidak ada cara yang lebih cepat untuk menyampaikan informasi kepada publik. Masyarakat diharapkan mampu menyikapi informasi tersebut secara cepat dan akurat. Keterbatasan waktu antara keluarnya informasi dan terjadinya suatu (dugaan) bencana memerlukan kewaspadaan masyarakat dan respons yang cepat. Situasi kritis, waktu yang terbatas, bencana besar dan penyelamatan orang merupakan faktor-faktor yang memerlukan kewaspadaan cepat. Semakin cepat informasi dikomunikasikan, semakin banyak waktu yang dimiliki warga untuk merespons.

Baca juga  Riba Alam Transaksi Ekonomi Syariah Diganti Dengan

Mengeluarkan informasi tentang kondisi berbahaya merupakan suatu alur proses untuk menganalisis data mentah tentang sumber bencana dan mengintegrasikan berbagai pertimbangan. Keakuratan informasi hanya dapat dicapai jika kualitas analisis dan sintesis yang mengarah pada dikeluarkannya informasi tinggi. Dengan demikian, dalam konteks ini peringatan dini mempunyai dua bagian utama, yaitu bagian hulu berupa upaya mengemas data menjadi informasi yang tepat dan bagian belakang berupa upaya memastikan agar informasi tersebut cepat sampai di masyarakat. .

Bagi masyarakat Indonesia, sistem peringatan dini sangat penting untuk menghadapi bencana, secara geografis dan iklim wilayah Indonesia rawan terhadap bencana alam. Dengan demikian, diharapkan dapat dilakukan upaya yang memadai untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana alam terhadap masyarakat. Keterlambatan penanganan bencana dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat. Dalam siklus penanggulangan bencana, sistem peringatan dini bencana alam sangat penting dalam tahap persiapan, sistem peringatan dini untuk semua jenis data, metode pendekatan dan instrumentasi. Tujuan akhir dari peringatan dini ini adalah agar masyarakat dapat hidup dan beraktivitas dengan aman di suatu wilayah, dan agar suatu wilayah dapat terorganisir. Untuk mencapai tujuan akhir tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai berikut:

Peringatan dini diberikan kepada masyarakat dan aparat, khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana. Tujuan ini harus mencakup banyak generasi dan banyak kelompok sosial dalam masyarakat. Partisipasi masyarakat, pejabat dan akademisi (peneliti multidisiplin, misalnya geografi, geologi, pertanian, teknik sipil, ilmu sosial, dll) sangat penting dalam sistem peringatan dini. Sistem peringatan dini akan lebih akurat apabila ketiga unsur tersebut dirumuskan. Dikhawatirkan jika hanya satu unsur saja yang dominan maka sistem tidak akan berjalan efektif.

Temui Archax, Robot Yang Dikemudikan Manusia

Secara konvensional, identifikasi bencana dilakukan dengan cara mengidentifikasi fenomena alam yang muncul sebelum terjadinya bencana kemudian disesuaikan dengan karakteristik bencana tersebut.

Dalam istilah modern, deteksi bencana dilakukan melalui pemantauan aktivitas atmosfer secara berkala menggunakan satelit dan peralatan berteknologi tinggi. Mengenali gejala suatu bencana merupakan hal penting dalam sistem peringatan dini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar sistem peringatan dini bencana alam sulit diterapkan. Biaya keagenan perangkat keras, perangkat lunak, jaringan telekomunikasi dan operasionalnya memerlukan pembiayaan yang sangat mahal. Dalam situasi seperti ini, respons yang paling mungkin dilakukan adalah mengenali tanda-tanda alami terjadinya bencana dan bersiap. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana harus diberdayakan dan peka terhadap sistem ini agar penurunan jumlah korban bencana alam dapat dihindari. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat dan pejabat mengenai kondisi di daerah rentan, tanda-tanda awal bencana, tindakan darurat dan mitigasi harus ditingkatkan.

Baca juga  Apa Itu Registrasi

Mengingat alasan utama ditetapkannya sistem peringatan dini serta maksud dan tujuannya, maka disarankan agar sistem peringatan dini ini dilaksanakan dengan sistem pemberdayaan masyarakat, antara lain aparat pemerintah, akademisi, fasilitator, dan motivator. Sistem harus mampu meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik setiap komponen sistem. Agar peringatan dini ini efektif, komitmen pribadi dan kerja nyata setiap individu/organisasi, komunikasi yang baik antara orang-orang yang terlibat dan unsur kebugaran harus menjadi elemen yang berguna dalam mengatur dan melaksanakan rutinitas pelatihan yang seimbang. Menggabungkan masing-masing komponen kebugaran ini untuk membuat rencana kebugaran dapat membantu memastikan tubuh menerima manfaat kesehatan yang efektif.

Sebagai salah satu komponen kebugaran jasmani, kekuatan adalah kemampuan bekerja dengan daya tahan. Daya adalah gaya maksimum yang dapat diterapkan pada suatu beban. Latihan untuk meningkatkan kekuatan otot melibatkan pengangkatan beban atau peningkatan daya tahan yang digunakan.

Pengertian Kebugaran Jasmani: Manfaat, Unsur Dan Contohnya

Kekuatan berkaitan dengan kemampuan menggerakkan dan mengangkat benda. Ini mengukur seberapa besar kekuatan yang dapat diberikan dan berapa banyak beban yang dapat diangkat dalam waktu singkat. Kekuatan otot, baik di lengan atau kaki, berasal dari latihan beban berat yang teratur, frekuensi rendah, dan berat.

Daya tahan mengacu pada kemampuan fisik tubuh untuk mempertahankan latihan atau aktivitas jangka panjang. Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan jantung, paru-paru atau sistem pernafasan, serta peredaran darah secara efektif dan efisien. Komponen kebugaran jasmani ini terdiri dari dua komponen yaitu daya tahan kardiovaskuler dan daya tahan otot.

Daya tahan kardiovaskular adalah kemampuan jantung dan paru-paru untuk mengoksigenasi tubuh. Daya tahan otot merupakan kemampuan otot untuk bekerja terus menerus tanpa merasa lelah.

Kekuatan otot mengacu pada produksi kekuatan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, seperti tendangan kaki cepat dan lunge eksplosif. Daya tahan otot adalah kemampuan untuk mempertahankan gaya minimum saat berlari, melompat, memutar, dan mengayun.

Baca juga  Buatlah Kalimat Menggunakan Kosakata Makan Dan Berkembang Biak

Kasal: Tni Angkatan Laut Berkomitmen Untuk Mendukung Program Pemerintah Bidang Kemandirian Industri Pertahanan

Kekuatan otot merupakan salah satu komponen kebugaran jasmani. Kekuatan otot merupakan kemampuan seseorang untuk mengerahkan tenaga secara maksimal dalam waktu singkat.

Daya tahan otot adalah kemampuan suatu otot atau sekelompok otot untuk melakukan kontraksi berulang-ulang melawan suatu gaya dalam jangka waktu yang lama. Semakin besar daya tahan otot maka semakin besar pula jumlah repetisi yang dapat diselesaikan.

Kecepatan diartikan sebagai kemampuan untuk menggerakkan suatu benda ke suatu arah secepat mungkin. Kecepatan erat kaitannya dengan kelincahan. Kecepatan adalah kemampuan untuk mengubah posisi tubuh dan bereaksi dengan kecepatan maksimum dalam menghasilkan gaya.

Kecepatan gerak memerlukan kekuatan dan tenaga yang baik. Misalnya, kecepatan penting dalam olahraga seperti lari cepat, seluncur cepat, bersepeda lari cepat, dan tenis, yang mana pemain harus bergerak cepat dari garis dasar agar pukulannya mendekati net.

Pdf) Peningkatan Daya Tahan, Kelincahan, Dan Kecepatan Pada Pemain Futsal: Studi Eksperimen Metode Circuit Training

Fleksibilitas atau kekuatan fleksi adalah kemampuan suatu sendi atau rangkaian sendi untuk bergerak bebas dan tanpa rasa sakit. Fleksibilitas adalah sejauh mana seseorang dapat beradaptasi terhadap berbagai tugas secara efektif dan efisien melalui peregangan tubuh yang baik.

Banyak variabel yang mempengaruhi hilangnya fleksibilitas sendi normal, termasuk cedera, tidak aktif, atau kurangnya peregangan. Jika seseorang memiliki fleksibilitas yang baik, maka orang tersebut dapat terhindar dari berbagai risiko cedera.

Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan mengubah posisi seluruh tubuh dalam ruang secara cepat dengan kecepatan dan ketepatan. Kelincahan adalah kemampuan untuk mempercepat, memperlambat, menstabilkan dan mengubah arah dengan cepat dengan menggunakan posisi tubuh yang tepat pada waktu yang tepat.

Hal ini membutuhkan refleks yang cepat, koordinasi, keseimbangan, kecepatan dan respon yang tepat terhadap perubahan situasi. Kebanyakan olahraga non-statis memerlukan ketangkasan. Keterampilan atau ketangkasan ini dibutuhkan oleh pemain bola basket, pesenam, pemain ski, pemain tenis meja, dan pemain hoki.

Tim Bayucaraka Its Berjaya Di Krti Tingkat Wilayah

Koordinasi kebugaran jasmani elaming adalah kemampuan melakukan respon motorik halus, tepat dan terbatas. Koordinasi adalah kemampuan memilih otot yang tepat untuk mencapai tindakan yang tepat.

Koordinasi adalah kemampuan seseorang untuk menyinkronkan gerakan-gerakan yang berbeda dan seluruh bagian tubuh berkoordinasi dengan akurat dan presisi. Koordinasi berfokus pada keterampilan tubuh

Hasil dari kekuatan dan kecepatan, latihan untuk meningkatkan kekuatan otot pada lengan dan bahu adalah, latihan untuk meningkatkan kekuatan otot pada lengan dan pundak adalah, aktivitas kebugaran jasmani yang dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot lengan adalah, senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelentukan adalah, bentuk latihan untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah, aktivitas untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot perut adalah, gambar latihan kekuatan dan kecepatan, kekuatan pendukung dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta adalah, contoh latihan kekuatan otot lengan dan bahu adalah 2 saja, untuk meningkatkan kekuatan otot pada lengan dan bahu adalah