Deret Homolog Alkana

Deret Homolog Alkana – Senyawa hidrokarbon adalah senyawa karbon yang terdiri dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Salah satu hal unik tentang atom karbon (C).

Senyawa alkana diberi nama berdasarkan jumlah atom karbon pada rantai lurus dengan menambahkan awalan “n” (normal), kecuali metana dan etana.

Deret Homolog Alkana

A. Jika suatu cabang mengandung lebih dari satu cabang yang sejenis, nama cabang diawali dengan bahasa Yunani yang sesuai dengan jumlah atom pada cabang yang sama. Nomor cabang dan nomor cabang lainnya dipisahkan dengan karakter (, ).

Lembar Kerja Siswa Tata Nama Senyawa Alkana

B. Jika cabang mempunyai dua atau lebih cabang dengan tipe berbeda, cabang-cabang tersebut diurutkan berdasarkan abjad. Nomor dan nama cabang dipisahkan dengan simbol (-).

Cabang etil ditulis terlebih dahulu karena huruf “e” lebih awal menurut abjad dibandingkan huruf “m” pada metil.

Rantai utama dipilih dari rantai atom karbon terpanjang. Deret utama alkana diberi nama berdasarkan jumlah atomnya.

Soal Baru Kimia Unsur 80 Konfigurasi Elektron HG Berapa Banyak Kulit Valensi Berapa Jumlah Elektron Valensi Berapa Golongan Dalam Berapa Periode Logam Mg Dapat Diganti Dengan Logam Lain? Tolong jelaskan jika memungkinkan! Jika tidak, berikan alasannya! Jika terjadi proses elektrokimia pada kasus di atas, tunjukkan logam yang berperan sebagai anoda dan katoda! Ibu membelikan sabun oles untuk mencuci pakaian. Saat mencuci pakaian, ibu memerlukan air untuk membersihkan pakaian. Mencari persamaan reaksi kimia saat ibu mencuci? Jawaban : Sabun : Gan tolong saya, saya sangat butuh bantuan. ༎ຶ⁠‿⁠༎ຶ Alkana adalah senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok hidrokarbon. Hal ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti alkohol dalam pembersih tangan, eter sebagai pelarut lemak, aseton sebagai penghapus cat kuku, dll.

Tata Nama Alkana

Senyawa alkana merupakan salah satu senyawa hidrokarbon alifatik yang berdasarkan rantai atom karbon (C) tanpa cincin benzena, yaitu jenuh dan tidak jenuh. Senyawa ini mempunyai rantai karbon paling sederhana dibandingkan golongan lain yaitu alkuna dan alkena. Ada banyak senyawa ini di alam. Pemanfaatannya sangat dekat dalam kegiatan kita sehari-hari, misalnya LPG, bensin, gas alam dan minyak pelumas yang mengandung metana dan etana yang merupakan senyawa alkana. Baca lebih lanjut mengenai senyawa alkana pada artikel selanjutnya!

Baca juga  Di Bawah Ini Adalah Unsur Dasar Seni Rupa Kecuali

Alkana adalah senyawa hidrokarbon yang mengandung ikatan kovalen tunggal tanpa ikatan rangkap. Ikatan kovalen menjadikan senyawa ini hidrokarbon jenuh karena setiap atom karbon terikat pada empat atom lainnya. Alkana merupakan bagian dari senyawa hidrokarbon alifatik yang bersifat jenuh.

Senyawa ini mengandung 3 atau lebih atom karbon, yang dapat disusun dalam berbagai cara untuk membentuk isomer struktural yang berbeda. Isomer paling sederhana adalah ketika atom karbon dihubungkan dalam rantai tidak bercabang. Isomer ini disebut n-isomer (n = “normal”).

Alkana memiliki serangkaian yang disebut isomer. Deret ini menunjukkan bahwa untuk setiap anggota, satu anggota bertambah CH2. Deret senyawa karbon ini dikenal dengan deret homolog (deret homolog alkana), yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

Deret Homolog Alkana, Alkena, Alkuna, Alkil

Alkohol mencakup berbagai turunannya, etanol, metanol, etilen glikol, dan gliserol. Jenis alkohol yang paling umum digunakan sebagai bahan baku adalah etanol

Metanol juga digunakan sebagai bahan tambahan bensin dan sebagai bahan dalam produksi formalin dan polimer plastik. Etilen glikol berperan sebagai zat antibeku pada radiator mobil. Gliserol digunakan dalam produksi obat-obatan, kosmetik dan tinta.

Zat ini mempunyai banyak kegunaan dalam bidang rumah tangga, sebagai pelarut lemak, minyak, lilin, pewangi, resin, dan pewarna. Dalam dunia farmakologi dan kedokteran, eter juga digunakan sebagai bahan baku anestesi, pereda nyeri sebagai bahan utama produksi morfin. Dalam industri, eter digunakan sebagai cairan starter untuk mesin diesel dan bensin pada cuaca dingin, dan sebagai penstabil bensin yang meningkatkan kadar oktan dan mengurangi polusi.

Jenis aldehida yang paling umum digunakan adalah formaldehida, yaitu gas dalam larutan berair 37%, sering disebut formalin. Senyawa jenis ini berfungsi melindungi tubuh dan berperan sebagai pembunuh kuman atau disinfektan.

Perhatikan Deret Homolog Senyawa Alkana Berikut Ini!

Keton, sering disebut sebagai senyawa aseton, digunakan sebagai penghapus cat kuku. Selain itu, zat ini juga digunakan sebagai pelarut dalam industri kimia dan sebagai bahan untuk menstabilkan bahan pewangi dan cat agar tidak cepat rusak.

Asam karboksilat digunakan sebagai bumbu dan cuka menggunakan asam asetat. Kelompok asam karboksilat adalah asam asetat, yang digunakan sebagai koagulan dalam pembuatan permen karet, parfum, dan krayon. Golongan lainnya adalah asam metanoat yang berfungsi sebagai bahan pewarna, pestisida, parfum, obat-obatan, plastik, dan pembentuk gel lateks.

Baca juga  Berikut Ini Yang Termasuk Senam Lantai Adalah

Ester sering digunakan sebagai bahan atau penambah rasa pada makanan dan minuman. Ester, seperti aspirin dan metil salisilat, biasanya digunakan sebagai obat nyeri dan anti inflamasi. Selain itu, zat ini juga menjadi bahan dasar pembuatan sabun dan mentega.

Alkana merupakan zat yang terdapat pada hidrokarbon alifatik yang mempunyai sifat jenuh. Senyawa ini sering kita jumpai di lingkungan sekitar dan juga kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari rumah tangga, industri, farmasi hingga pangan.

Hidrokarbon Adalah Golongan Senyawa Karbon Yang Paling Sederhana

Solar Industry menawarkan gratis pembelian produk Bio Solar B30 dan layanan bunker resmi Pertamina. Buat penawaran sekarang.

Jika Anda tertarik dengan penawaran kami, segera hubungi kami dengan menyampaikan kebutuhan Anda untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk perusahaan. Ini adalah hidrokarbon alifatik jenuh, yaitu hidrokarbon dengan rantai terbuka dan semua ikatan karbon-karbon adalah ikatan tunggal. . Rumus Umum Alkana CnH2n+2 Deret Homolog (Deret Emisi) Alkana Sekelompok senyawa hidrokarbon yang mempunyai rumus umum sama dan sifat serupa Halaman: 2

3 C3H8 PROPANA 4 C4H10 BUTANA 5 C5H12 PENTANA 6 C6H14 HEXANE 7 C7H16 HEPTAN 8 C8H18 OKTAN 9 C9H20 NONANA 10 C10H22 DECANE Hal.: 3

Nama Senyawa : 2, 4-Dimetilpentana Senyawa di atas mempunyai cabang pada nomor 2 dan 4 yaitu keduanya metil, tulang punggungnya 5 (pentana) Halaman: 6

Apa Yang Berbeda Dari Senyawa Yang Berasal Dari Deret Homolog Yang Sama? ​

Tentukan rantai terpanjang – jumlah pergantian pemain dari ujung yang paling dekat dengan rantai dasar. Tentukan substitusinya dan beri nomor. Cocokkan nomor dan nama substitusi dengan nama rantai induk, pisahkan dengan tanda hubung.

Beri nomor pada cincin dari ujung yang paling dekat dengan cluster, tanpa menghiraukan urutan abjad. Tentukan kedudukan cluster dalam hierarki berdasarkan nomornya, susun cluster berdasarkan abjad dengan nomor yang sesuai, susun nama lengkap, pisahkan nomor dari teks dengan garis”

Untuk dua golongan yang serupa, gunakan awalan pada nama golongan: dimetil, dietil, dan seterusnya. Dimetil, alfabetnya adalah metil, bukan dimetil, gunakan angka untuk menentukan posisi gugus dalam rantai, pisahkan angka dengan koma: di = 2 tri = 3 tetra = 4 penta = 5

Huruf pertama nama (1,3-dimetilbutil) = d (1,1,2-trimetilpropil) = t (1-etil-1,2-dimetil) = e

Solution: Table Alkana

Tidak dapat menemukan rantai karbon terpanjang Rantai bernomor di ujung yang salah Saya lupa mengulang nomor untuk setiap substitusi serupa; Lupakan menggunakan di-tritetra- dll. Penggunaan “iso”, “sec” atau “tert” sebagai bagian dari kata benda membingungkan dengan istilah seperti propil/isopropil. Nama dengan lebih dari satu kata salah eja. Tanda baca salah

Baca juga  Rangkaian Paralel Disebut Juga Dengan Rangkaian

Akhiran Grup Awalan Asam Anhidrida -Anoat Anhidrida Asam Klorida -Anoil Klorida Asam Karboksilat -Asam Anoat Karboksi-nitril -Anitrile Sianoester -Anoat Karboksalkil-amida -Enamida Amido-aldehida -Enal Okso-keton -Anon Okso-alkohol -Asam anhidroklorat Alkoksi-amina -enamine-amino-

Alkana merupakan komponen utama gas alam dan minyak bumi. Alkana digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan bakar, seperti gas cair, minyak tanah, bensin, solar, pelarut untuk berbagai jenis hidrokarbon, seperti label minyak dan sumber nafta hidrogen, seperti amonia dan pelumas berkualitas tinggi untuk industri pupuk. bahan mentah untuk orang lain. Senyawa organik, seperti alkohol sintetis, cuka, dll. Bahan baku industri seperti plastik, deterjen, karet sintetis, minyak rambut, obat gosok dan lain-lain. Halogen dapat digunakan untuk membentuk haloalkana, misalnya metil klorida, kloroform, karbon tetraklorida, yang berguna sebagai pelarut. Halaman: 37

38 Pertanyaan 1 Pilihlah nama IUPAC yang benar untuk senyawa di sebelah kanan. A) 3,3-dietil-2,2,4,4-tetrametilpentana B) 3,3-dimetil-2,2,4,4-tetrametilpentana C) 3,3-dietil-3-tert-butil-2, 2-dimetilpentana d) 2,2-dietil-3,3,4,4-tetrametilpentana e) 2,2-dimetil-3,3,4,4-tetraetilpentana

Apa Rumus Umum Dari Deret Homolog Alkana?? Tolong Ya,,

39 Pertanyaan 2 Pilihlah nama IUPAC yang benar untuk senyawa yang ditunjukkan di sini. A) 3-etil-8-metil-7-propilnonana B) 7-etil-2-metil-3-propilnonana C) 3-etil-7-isobutildekana D) 3-etil-7-isopropildekana E) 8-etil- 4-isopropildekana

Agar situs web ini dapat berfungsi, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Berikan rincian di mana Anda memerlukan bantuan, serta anggaran dan jangka waktu Anda. Pertanyaan diposting secara anonim dan dapat dibuat 100% pribadi.

Menghubungkan Anda dengan tutor terbaik untuk membantu menjawab pertanyaan Anda. Tutor kami berkualifikasi tinggi dan terverifikasi.

Instruktur terkait Anda menawarkan bantuan yang dipersonalisasi berdasarkan informasi dalam pertanyaan Anda. Pembayaran dilakukan hanya ketika Anda telah menyelesaikan sesi 1 lawan 1 dan puas dengan sesi Anda.

Alkana: Definisi, Rumus, Deret Homolog, Sifat, & Manfaat

Akuntansi Periklanan Bioteknologi Penyiaran Hukum Bisnis Rencana Bisnis Komunikasi Analisis Data Kewirausahaan Excel Facebook Pemasaran Perhotelan Bisnis Internasional Pemasaran Internet Jurnalisme Manajemen Pemasaran Berita Media PowerPoint Media Cetak Biaya Real Estat Manajemen Risiko Ritel Penjualan Manajemen Olahraga Rantai Pasokan Pariwisata

Studi Afrika Studi Amerika Animasi Antropologi Arsitektur Seni Studi Asia Memasak dan Memanggang Studi Budaya Desain Tari Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris Studi Etnis Desain Mode Film Studi Gender Geografi Studi Global Desain Grafis Sejarah Humaniora Desain Interior Studi Yahudi Arsitektur Lansekap Musik Timur Tengah Musik Lansekap Ilmu Politik Psikologi Agama Teater Sosiologi Ilmu Sosial Studi Wanita Perencanaan Kota

Aljabar Matematika Terapan Matematika Kalkulus Kriptografi Persamaan Diferensial

Pengertian kromosom homolog, contoh alkana, pengertian homolog, gambar kromosom homolog, alkana, deret homolog, deret, deret homolog alkena, isomer alkana, homolog, homolog dan analog, organ homolog