Berikut Ini Yang Merupakan Langkah-langkah Melakukan Lompat Jauh Yaitu

Berikut Ini Yang Merupakan Langkah-langkah Melakukan Lompat Jauh Yaitu – Final Liga 1 BRI: Pelatih Persib: Ayo serang Jalak Bobotoh Harupat, goyangkan Madura United dengan mantra. Klik disini!

Maikel Maso dari Kuba berlaga di final lompat jauh putra Olimpiade Tokyo 2020, Senin (2/8/2021) di Olympic Stadium, Tokyo. (Foto: AFP/Javier Soriano)

Berikut Ini Yang Merupakan Langkah-langkah Melakukan Lompat Jauh Yaitu

Halodoc, Jakarta – Lompat jauh merupakan kegiatan melompat ke depan dengan upaya melayangkan badan ke udara, yang dilakukan secara cepat dan dengan mendorong salah satu kaki keluar sejauh-jauhnya.

Macam Teknik Dasar Lompat Jauh Yang Perlu Dipelajari

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah suatu bentuk olah raga yang terdiri dari melompat ke depan dengan satu kaki untuk mencapai jarak yang dapat ditempuh.

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang paling digemari dan sering dipertandingkan di kompetisi dunia, termasuk Olimpiade.

Sebagai sebuah olahraga, lompat jauh tentu mempunyai tujuan dan Anda melakukannya tidak sembarangan, melainkan dengan teknik yang baik.

Meski terdengar sederhana dan mudah, namun lompat jauh memerlukan pengetahuan teknik dasar yang baik dan benar. Teknik-teknik ini sebaiknya dipelajari saat melakukan olahraga lompat jauh.

Gerakan Workout Untuk Wanita Yang Sederhana

Berikut rangkuman empat teknik dasar lompat jauh yang perlu Anda ketahui, seperti dijelaskan pada halaman E

Video berita latihan pelari jarak jauh putra Indonesia Sapwaturrahman menampilkan tarian kemenangan unik usai memecahkan rekor dan meraih medali emas SEA Games 2019.

Yuk gabung di channel WhatsApp untuk mendapatkan berita terkini seputar Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Bola Voli, MotoGP dan Bulu Tangkis. Klik Disini (Gabung)

Atlet Indonesia Maria Londa bersiap terjun pada nomor tunggal di SUGBK, Jakarta, Minggu (11/2/2018). Medali emas diraihnya dengan lompat jauh sejauh 6,43 meter. (/Vitalis Yogi Trisna)

Cara Skipping Yang Benar Agar Bergerak Lincah Dan Gesit

Lompat jauh merupakan gabungan gerak peluncuran, tolak, lepas landas, dan mendarat. Kegiatan-kegiatan ini diulangi dan dihubungkan bersama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai setiap aktivitas dasar tersebut. Berikut teknik dasar lompat jauh:

Baca juga  Al Qayyum Artinya Brainly

Start atau jurus merupakan gerakan awal berupa berlari untuk menambah kecepatan sambil mendorong (melompat). Jarak start yang biasa digunakan oleh pelompat jauh adalah:

Sedangkan pelaksanaan belajar mengajar di sekolah dasar disesuaikan dengan kemampuan anak di sekolah dasar, misalnya: jarak awal anak perempuan 15-20 meter dan jarak awal anak laki-laki 15-25 meter. . ,

Begini Cara Squat Jump Bisa Melatih Otot Tubuh

B. Tingkatkan kecepatan lari Anda sedikit demi sedikit sebelum memulai. Kecepatan setrum dipertahankan maksimal hingga papan awal tercapai.

Pelompat jauh Indonesia, Maria Natalia Londa, pada pertandingan lompat ganda putri Olimpiade C Games di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Rabu (23/8). Maria Natalia Londa meraih medali perak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tolakan adalah transformasi dan perpindahan gerak dari gerak horizontal ke gerak vertikal yang dilakukan dengan cepat. Dimana para pelompat jauh pertama mempersiapkan diri untuk berusaha sekuat tenaga di tahap akhir.

Dengan cara ini seluruh tubuh Anda akan terangkat ke udara. Dapat dikatakan bahwa tolakan adalah perubahan gerak horizontal menjadi vertikal.

Cara Mengatur Langkah Kaki Saat Melangkah Dan Mendarat Ketika Berlari

Atlet Indonesia Maria Natalia Londa tampil pada final tunggal Asian Games ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (11/2). Maria Natalia Londa meraih medali emas dengan lompatan 6,43 meter.

Saat naik, tubuh harus dalam keadaan rileks dan kemudian tubuh harus diguncang untuk menjaga keseimbangan sehingga membantu pendaratan lebih akurat. Gerakan tubuh seperti ini disebut gaya lompat jauh.

Atlet Filipina Marestella Sanman berlaga pada final nomor sprint putri Asian Games 2018 di Stadion Burang Kanno Jakarta, Senin (27/8). Sebanyak 11 atlet mengikuti final lompat jauh putri (Antara Foto/INASGOC/M Agung Rajasa)

Saat mendarat, angkat kedua kaki lurus ke atas, badan harus miring ke depan, kedua tangan harus ke depan lalu turunkan terlebih dahulu kedua tumit dan gerakkan ke depan dengan menekuk lutut.

Jelaskan Cara Melakukan Loncat Kangkang

Hal ini agar badan tidak tertinggal terlalu jauh, setelah itu menundukkan kepala dan kedua tangan harus lurus ke depan.

Bandingkan Performa Persib Bandung dan Hasil 3 Laga Terakhir Liga Indonesia: Kombinasi Bojan Hodak Sangat Bagus!

Sang gelandang menjadi wasit duel Persib vs Madura United di Leg 1 Final Seri Kejuaraan BR Liga 1

PLN Jakarta Listrik menjaga harapan lolos ke empat besar PLN Mobile Proliga 2024 tetap hidup setelah menang 3-2 atas Bandung BJB Tandamata.

Pjok Kelas 5a Dan 5b Online Exercise For

Mau nonton live PLN Mobile ProLiga 2024 Palembang? Beli tiket melalui aplikasi PLN mobile, lebih mudah dan cepat

Baca juga  Dugem Artinya

PLN Mobile Proliga 2024: Jakarta Pertamina Enduro Juara, Pelatih Gracik Petrokimiya Akui Masih Lemah di Receiver dan Block

3 Fakta Kemenangan MU atas Man City di Semifinal Piala FA 2023: 2 Remaja Bikin Malu

Eric ten Hag soal ekspektasi tinggi di MU: Terakhir kali kita juara Premier League adalah 11 tahun lalu lho

Tahap Mendarat Pada Olahraga Lompat Jauh

Kebijakan Ekstrim FIFA: Piala Dunia U-17 akan diadakan setahun sekali mulai tahun 2025, dengan Qatar menjadi tuan rumah hingga tahun 2029.

VIDEO: Termasuk Rodri dan Mohamed Salah, berikut pemain top yang belum masuk nominasi penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris 2023/2024.

Foto: Laga pembuka Grup B, tim voli putri Indonesia kalah telak dari Hong Kong di AVC Challenge Cup 2024.

Foto: Perjalanan Panjang Akio Kogiku mengabdi 23 tahun sebagai pelatih kepala Cerezo Osaka di J1 League Jumping merupakan suatu bentuk gerakan dimana bagian tengah tubuh didorong ke depan dengan kaki dalam upaya mengangkat beban seberat-beratnya. mungkin ke udara. (berenang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan mendorong dengan satu kaki hingga mencapai sejauh yang dapat ditempuh

Menjaga Kebugaran Jasmani: Porsi Dan Jenis Olahraga Yang Tepat

Tujuan lompat jauh adalah mencapai jarak sejauh mungkin. Memberikan perhatian khusus pada masalah teknis selama pertandingan terbukti bermanfaat bagi para atlet. Faktor yang mempengaruhi lompat jauh maksimal antara lain panjang tungkai, daya ledak otot tungkai, kecepatan lari saat start, mendorong atau lepas landas, sikap badan di udara, dan mendarat. Selain itu atlet harus mempunyai kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelenturan, kecepatan dan koordinasi gerak, serta memahami dan menguasai teknik gerak lompat jauh, serta dapat melakukan dengan cepat, tepat, luwes. mulus.

Sejarah lompat jauh dimulai kurang lebih 13 abad yang lalu. Permainan ini dimulai pada tahun 708 M ketika Olimpiade Kuno diadakan di Yunani. Lompat jauh adalah satu-satunya kompetisi di Olimpiade kuno.

Tujuan dari semua kompetisi yang diadakan di Olimpiade kuno adalah untuk memberikan pelatihan militer untuk perang. Munculnya olahraga lompat jauh diyakini turut melatih keterampilan prajurit dalam mendobrak rintangan yang ada, seperti jurang atau parit. Saat itu, para pelompat diharuskan berlari sambil memegang beban di kedua tangannya yang disebut halteres, yang beratnya antara 1 hingga 4,5 kilogram.

Lompat jauh pernah dilakukan oleh pelompat asal Sparta dengan rekor lompatan 7,05 meter. Di dunia modern, lompat jauh telah menjadi bagian dari Olimpiade sejak kompetisi tersebut pertama kali muncul pada tahun 1896. Akhirnya pada tahun 1914, Dr. Harry Eaton Stewart merekomendasikan pembuatan standar lompat jauh bagi atlet wanita agar dapat bertanding dalam lompat jauh. Rekomendasi tersebut dipertimbangkan dan dilaksanakan agar atlet putri dapat berkompetisi pada cabang olahraga lompat jauh tingkat olimpiade. Meskipun olahraga ini merupakan bagian dari Olimpiade kuno, lompat jauh secara resmi dimasukkan dalam kompetisi tersebut pada tahun 1896, yaitu dalam Olimpiade modern pertama, dan diperkenalkan untuk wanita pada tahun 1948.

Baca juga  Menjemur Baju Adalah Kegiatan Yang Memanfaatkan Peristiwa

Modul Ajar Atletik

Awal mula lompat jauh adalah berlari secepat mungkin untuk memperoleh kecepatan maksimal sebelum melakukan gerakan push-off. Start biasanya dilakukan pada jarak 30–45 m dan lebar jalan start 1,21–1,22 m. Sebelum memulai, pelompat biasanya harus berada pada posisi awal.

Posisi kaki pada saat start juga tergantung pada kebiasaan masing-masing pelompat jauh. Ada orang yang memulai dengan kaki sejajar, kaki kanan di depan atau sebaliknya. Mulailah dengan berlari perlahan. Kemudian kecepatan larinya bisa ditingkatkan. Harus diingat bahwa kecepatan ini harus dipertahankan hingga pendekatan push-off. Saat mendekati 4 langkah terakhir sebelum tolakan, kecepatan lari tetap konstan tanpa berkurang.

Tolakan mengacu pada perpindahan dari kecepatan vertikal ke kecepatan horizontal. Yang terbaik adalah menggunakan kaki terkuat Anda untuk melakukan push-off. Mulailah dari tumit kaki lalu akhiri di ujung kaki. Saat membungkuk, badan harus sedikit condong ke depan. Selain itu, kaki ayun diangkat setinggi pinggul dengan menekuk lutut.

Ada banyak cara bagaimana suatu benda dapat melayang di udara. Misalnya berjalan di udara. Caranya adalah dengan memaksa kaki belakang ke atas sambil tubuh melayang. Kemudian lakukan beberapa gerakan seperti berjalan atau berjalan di udara.

Mengenal Lompat Jauh: Pengertian, Sejarah, Teknik Dan Gaya

Mendarat merupakan gerakan terakhir dari gerakan lompat jauh dan merupakan gerakan terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Yang terbaik adalah menjaga kedua kaki dalam posisi paralel dan mendaratkan tumit terlebih dahulu di tempat kedua tumit menyatu. Hal ini untuk mencegah cedera.

Gaya menggantung di udara seperti menggantung di udara. Dari posisi aerial, rentangkan tangan lurus di depan lutut dan gerakkan tubuh ke depan. Saat kedua kaki menyentuh titik pendaratan, luruskan ke depan dan letakkan kedua tumit di lantai terlebih dahulu. Saat kedua kaki diturunkan, kedua lutut menjadi tegang dan beban tubuh terangkat ke depan.

Jongkok (tuck jump) disebut juga dengan duduk di udara. Dalam bentuk ini, saat melayang di udara, pelompat bertindak seolah-olah sedang duduk di udara.

Setelah kaki kiri ditopang, badan berada di udara, kemudian kaki kanan dimiringkan ke depan dengan cepat. Ketika Anda mencapai tubuh bagian atas, kaki Anda mirip dengan duduk atau jongkok.

Lompat Tinggi: Pengertian, Sejarah, Dan Tekniknya

Gaya lompat jauh lari di udara adalah lompat jauh yang dilakukan seperti sedang berjalan