Bagian Tubuh Katak

Bagian Tubuh Katak – Dalam pelajaran hewan Anda, Anda akan menemukan materi yang membahas bagian tubuh katak dan fungsinya. Katak adalah amfibi yang hidup di dua keadaan, yaitu darat dan air.

Amfibi Jawa dan Bali, Joko T. Diawali dengan buku Iskandar, 1991, dijelaskan bahwa tidak ada konsensus dalam bahasa Indonesia tentang penggunaan kata kodok atau kodok. Dijelaskan pula bahwa katak merupakan nama yang diambil dari bahasa Jawa.

Bagian Tubuh Katak

Di Jawa Barat, kodok atau kodok disebut bangong sedangkan banset adalah kodok kecil. “Di Jawa Tengah, katak kecil disebut persils, yang mengacu pada kodok atau katak muda.”

Jual Puzzle Hewan Zoology Montessori

Katak atau kodok, termasuk genus Anura, tersebar hampir merata di seluruh dunia. Ciri-cirinya adalah tubuh pendek dan lebar, terdiri dari kepala, dada, dan dua pasang kaki dengan tungkai belakang yang lebih besar.

Beberapa bagian tubuh katak harus disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggalnya. Bagian-bagian tubuh tersebut juga memiliki fungsi masing-masing, yaitu:

Fungsinya untuk melihat. Mata katak berbentuk bulat dan dilindungi oleh kelopak mata atas dan bawah. Di dalam mata terdapat selaput tertutup yang melindungi mata dari kekeringan dan membersihkan bola mata.

Kaki katak yang berselaput digunakan untuk melompat dan berenang. Katak atau kodok memiliki pita suara yang biasanya digunakan oleh jantan untuk mengeluarkan “lagu” untuk menarik perhatian betina.

Jenis Hewan Amfibi Memiliki Kemampuan Hidup Di Dua Alam

Telur yang menetas biasanya berkembang menjadi larva yang berbeda dengan yang dewasa dan dikenal sebagai kecebong. Hampir semua kecebong bermetamorfosis saat dewasa, namun beberapa jenis langsung menjadi dewasa. (DNR) Unduh diagram bagian tubuh katak ini sekarang. Lihat lebih banyak seni vektor bebas royalti yang tersedia dengan cepat dan mudah diunduh di iStock

Lisensi bebas royalti memungkinkan Anda membayar hanya sekali untuk penggunaan gambar dan video berhak cipta dalam proyek pribadi dan komersial dalam proyek yang sedang berjalan tanpa harus membayar biaya tambahan setiap kali Anda menggunakan konten. Ini sama-sama menguntungkan, itulah sebabnya semua yang ada di iStock gratis secara eksklusif – termasuk semua foto udara dan rekaman.

Lisensi bebas royalti adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang perlu menggunakan gambar stok secara komersial, itulah sebabnya setiap file di iStock – baik itu foto, ilustrasi, atau klip video – hanya bebas royalti.

Baca juga  Wakil Indonesia Yang Ikut Serta Dalam Penandatanganan Deklarasi Bangkok Adalah

Dari iklan media sosial hingga papan reklame, presentasi PowerPoint hingga film fitur, Anda dapat mengubah ukuran, mengubah ukuran, dan menyesuaikan aset apa pun – termasuk semua foto udara dan cuplikan dari iStock – untuk proyek Anda. Dengan pengecualian foto “Hanya Editorial” (yang hanya dapat digunakan dalam proyek editorial dan tidak dapat diubah), kemungkinannya tidak terbatas.

Mengintip Katak Di Hutan Harapan

© 2023 LP. adalah merek dagang dari iStock Design LP. Jelajahi Jutaan Stok Foto, Gambar, dan Video Berkualitas Tinggi Unduh Ilustrasi Vektor Kosakata Bagian Tubuh Katak ini sekarang dan stok iStock.

Lisensi bebas royalti memungkinkan Anda membayar hanya sekali untuk penggunaan gambar dan video berhak cipta dalam proyek pribadi dan komersial dalam proyek yang sedang berjalan tanpa harus membayar biaya tambahan setiap kali Anda menggunakan konten. Ini sama-sama menguntungkan, itulah sebabnya semua yang ada di iStock gratis secara eksklusif – termasuk semua foto dan konten alam.

Lisensi bebas royalti adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang perlu menggunakan gambar stok secara komersial, itulah sebabnya setiap file di iStock – baik itu foto, ilustrasi, atau klip video – hanya bebas royalti.

Dari iklan media sosial hingga papan reklame, presentasi PowerPoint hingga film fitur, Anda dapat mengedit, mengubah ukuran, dan menyesuaikan – dengan area lengkap dan footage iStock – untuk proyek Anda. Dengan pengecualian foto “Hanya Editorial” (yang hanya dapat digunakan dalam proyek editorial dan tidak dapat diubah), kemungkinannya tidak terbatas.

Fakta Unik Katak Kayu, Bangkit Dari Kematian Usai Membeku

© 2023 LP. adalah merek dagang dari iStock Design LP. Jelajahi jutaan foto, gambar, dan video berkualitas tinggi Ubah Bahasa Tutup Bahasa Menu Bahasa Inggris (dipilih) Español Português Deutsch Français Русский Italiano Română Bahasa Indonesia Pelajari Lebih Lanjut Unggah Memuat… Pengaturan Pengguna Tutup Menu Selamat datang! Bahasa Kirim (EN) Properti Gratis Baca FAQ dan masuk

Carousel Lewati Carousel Sebelumnya Carousel Berikutnya Apa? EBuku Buku Audio Majalah Podcast Lembaran Musik Dokumen (dipilih) Telusuri Jepretan Kategori EBuku Terlaris Dipilih oleh Editor Semua eBuku Fiksi Kontemporer Fiksi Sastra Agama & Spiritualitas Perbaikan Diri Rumah & Taman Berkebun, Sains Fiksi Ilmiah & Trilogi Ilmiah Trilogi Pemurnian Penggemar Dystopian Paranormal, Sihir & Roman Supernatural Fiksi Sejarah Sains & Matematika Tutorial Sejarah & Persiapan Ujian Bisnis Bisnis Kecil & Kewirausahaan Semua Kategori Jelajahi Kategori Buku Audio Terlaris Direkomendasikan oleh Editor Semua Buku Audio Kejahatan, Thriller & Misteri, Romansa, Thriller & Misteri Supernatural Misteri & Thriller Fiksi Ilmiah & Fantasi Fiksi Ilmiah Dystopian Karir & Pertumbuhan Karir Kepemimpinan Biografi & Kenangan Petualang & Penjelajah Sejarah Agama & Spiritualitas Inspirasi Zaman Baru & Spiritualitas Semua kategori orie Telusuri Majalah Kategori pilihan pengguna Semua Majalah Berita Bisnis Berita Hiburan Berita Rajan Yeti Tech Berita Keuangan & Manajemen Uang Manajemen Keuangan Pribadi Karir & Pengembangan Kepemimpinan Perencanaan Strategis Bisnis Olahraga & Hiburan Hewan Peliharaan Permainan & Aktivitas Video Game Kebugaran Latihan & Kebugaran Memasak, Makan & Anggur Seni Rumah & Kebun Kerajinan & Hobi Semua Kategori Telusuri Podcast Semua Kategori Podcast Agama & Spiritualitas Berita Hiburan Berita Kriminal & Thriller Kejahatan Sejati Politik Ilmu Sosial Semua Kategori Genre Country Klasik Folk Jazz & Blues Film & Musikal Pop & Rock Religi & Blues Acara Keagamaan, Terkemuka & Leading Bass, Driving & Holly & Fretted Piano Strings Vokal Woodwinds Kesulitan Pemula Menengah Kategori Dokumen Eksplorasi Lanjutan Dokumen Ilmiah Templat Bisnis Dokumen Pengadilan Semua Dokumen Olah Raga & Hiburan Binaraga & Latihan Kekuatan Tinju Seni Bela Diri Agama & Spiritualitas Kristen & Yudaisme Agama Baru Islam Sic Performing Arts Kesehatan Tubuh, Pikiran & Berat Semangat Terbatas Pengembangan Diri Kebijakan Teknologi & Rekayasa Semua Departemen Ilmu Politik

Baca juga  What Is The Poetry About

1. Bagian tubuh ular dan fungsinya : Sisik : Sisik pada tubuhnya dapat menangkap getaran langkah kaki manusia atau hewan lainnya b. Mata : Untuk melihat keadaan lingkungan sekitarnya c. Ekor : Membungkus mangsa agar mudah bergerak 2. Bagian-Bagian Tubuh Katak dan Fungsinya : a.Hidung : Hidung katak juga berada di atas kepalanya, sehingga dapat bernafas walaupun tubuh katak berada di dalam air. B. Mata: Berguna untuk melihat sekeliling dari segala arah, bahkan ketika hampir seluruh bagian tubuh terendam. C. Kaki: Kaki belakang katak beberapa kali lebih besar dari kaki depan. Tidak hanya itu, katak memiliki selaput di antara jari kakinya seperti bebek pada kaki belakangnya. Berenang bermanfaat bagi katak. Karena ukuran kaki belakangnya yang besar, seekor katak dapat melompat hingga 20 kali panjang tubuhnya dalam sekali lompatan. Kaki belakangnya berguna tidak hanya untuk melompat, tetapi juga untuk berenang, menggali atau menggali tanah selama hibernasi. Katak adalah kelompok amfibi. Amfibi adalah hewan poikiloterm (berdarah dingin). Tubuhnya terbagi menjadi kepala, badan dan ekor. Kulit lembab dan tipis dan terdiri dari dermis dan epidermis. Warna kulit bervariasi karena dermis (biru, hijau, hitam, coklat, merah, dan kuning) mengandung pigmen di bawah epidermis. Kedua lubang hidung terhubung ke mulut. Endoskeleton memiliki tulang punggung (backbone). Ia memiliki sepasang rahang, gigi, lidah dan langit-langit.

Tubuh dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: kepala (caput), batang (truncus) dan anggota badan (ujung). Kepala memiliki rima oris (celah mulut) yang dibentuk oleh maksila (rahang atas) dan mandibula (rahang bawah). Nares anterior (nares eksternal) terdiri dari sepasang nares eksternal dan mengarah ke rongga mulut (cavum oris). Organ visceral besar (mata) terdiri dari kelopak mata atas (upper eyelid), kelopak mata bawah (lower eyelid). Mata mengandung selaput nitidian (selaput mata) yang merupakan kelanjutan dari kelopak mata bagian atas. Kulit katak jantan berpola. Anggota gerak (locomotor system) terdiri dari 2 bagian yaitu anggota gerak depan (fore limb) dan anggota gerak belakang (lower limb). Ekstremitas atas terdiri dari branchium (lengan), antebranchium (lengan bawah), manus (telapak tangan) dan digit (jari-jari tangan atas) sebagai alat penggerak. Rima oris menggunakan lidahnya yang tipis untuk menangkap mangsanya. Lubang hidung (nares eksternal) adalah sepasang bukaan kecil yang terletak di bagian atas mulut yang terhubung ke mulut melalui hidung.

Baca juga  Proses Pembuatan Produk Kerajinan Harus Selalu Dijalankan Sehingga Dapat

Siklus Daur Hidup Katak Dari Bertelur Hingga Katak Dewasa

Bagian dari otot katak adalah otot epicoracoidea pectoralis, yaitu otot yang menempel pada dada dan meregangkannya. Otot pectoralis pars abdominis adalah otot yang menempel di dada dan memanjang ke perut. Prasasti terdinae terlihat seperti garis putus-putus dengan banyak simpul saraf. Rektus abdominis memiliki bentuk otot yang tebal dan rata, yaitu lobus yang memanjang sepanjang linea alba dan berfungsi sebagai dinding perut. Otot dalam vastus terletak di sisi perut dan fungsinya untuk meluruskan otot. Otot sartorius melindungi vastus internalis. Ekstensor kranial dan otot berserat adalah otot yang melindungi tibia dan tulang betis. Otot triceps deliri adalah otot paha yang fungsinya untuk meluruskan. Musculus gastrocnemius, otot betis yang muncul di punggung dan perut untuk melindungi tibia, fibula, dan punggung.

Aparat perut katak (rongga perut) dilapisi dengan peritoneum (selaput rongga perut) yang menunjukkan jantung

Bagian tubuh katak dan fungsinya, bagian organ dalam tubuh, bagian bagian tubuh katak, bagian tubuh dan fungsinya, bagian tubuh wanita, bahasa inggris bagian tubuh, bagian tubuh siput, bagian tubuh ikan cupang, bagian bagian tubuh manusia, bagian tubuh bekicot, bagian tubuh ikan lele, bagian tubuh serangga