Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary

Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary

Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary – Di tengah-tengah kondisi yang saat ini sedang ramai corona virus (covid 19), banyak dari mereka sangat menghawatirkan kondisi kesehatan nya. Banyak yang selalu bertanya-tanya apakah mereka sudah terpapar virus tersebut atau belum. Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang Global Mall Apk

Salah satu gejala yang mudah dikenali yaitu dengan mengalami demam tinggi dan mengetahui suhu tubuh di atas 38 derajat celcius. Untuk dapat mengetahui suhu tubuh tersebut bisa dilakukan dengan pengecekan menggunakan Thermometer yang tersedia pada klinik, Puskesmas maupun rumah sakit.

Thermometer juga tersedia di pasaran dan dapat di jual untuk umum namun dengan harga yang memanag tidak murah, banyak dari mereka memilih alternative lain dengan cara mengunduh aplikasi pengukur suhu.

Akhir-akhir ini memang sangat ramai di bicarakan di media sosial maupun pesan singkat yamg membahas aplikasi pengukur yang di namakan body temperature diary, apakah aplikasi dapat mengukur suhu tubuh atau ini hanya hoax?

Aplikasi Body Temperature Diary

Aplikasi body temperature diary merupakan aplikasi pengukur suhu tubuh, aplikasi tersebut tengah ramai menjadi perbincangan dan di sebarkan melalui pesan singkat berantai (broadcast), broadcast di sebar melalui WhatsApp yang mungkin kita juga pernah menerima pesan singkat tersebut.

Pada isi pesan tersebut didalamnya mengajak kita agar menggunakan aplikasi pengukur suhu tubuh Body temperature diary yang dapat kita unduh melalui Google playstire, pada pesan ini juga menjelasakan penggunaan alikasi tersebut yang menggunakan sensor sidik jari atau bisa disebut fingerprint untuk mengukur suhu tubuh manusia.

Lalu apakah benar aplikasi body temperature diary dapat mengukur suhu tubuh dengan menggunakan sensor sidik jari? jawabannya adalah HOAX atau tidak benar. Bahkan ketika kita periksa dari laman Google Play pada aplikasi ini bertuliskan sebuah disclaimer di bagian deskripsinya.

Di mana pada aplikasi Body Temperature Diary dibuat untuk dapat memberikan catatan harian suhu tubuh pengguna menggunakan data yang terstruktur (dalam bentuk diagram dan grafik) sehingga dapat dilakukan dengan mandiri.

Pada Hal ini kita harus melakukan sebuah input data secara manual setelah melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan alat thermometer untuk dicatatkan pada aplikasi Body Temperature Diary.

Pada aplikasi Body Temperature Diary dapat memberikan informasi perihal suhu tubuh yang normal dengan rentang suhu di antara 36.5-37.5 derajat Celcius. Sementara itu apabila suhu tubuh di bawah 35 derajat ini masuk sebagai kategori hipotermia danapabila suhu tubuh di atas 37.5 derajat Celcius hal ini akan dikategorikan sebagai demam.

Kemudian bagaima cara nya untuk dapat menggunakan Body Temperature Diary agar bisa memonitor suhu tubuh kita, berikut ini Lamgalleryla.com akan memberikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary

Sampai saat ini ponsel pintar atau smartphone belum di bekali dengan fitur pengukur suhu tubuh karena perhitungan nya yang memang tidak akurat, sama seperti sebelumnya ponsel ternama samsung melalui Galaxy note 3 dan Galaxy s4 pernah menerapkan fitur tersebut.

Namun menjadi sebuah fitur yang gagal karena suhu yang tidak akurat dan cara menggunakan nya tidak praktis, maka untuk dapat mengukur suhu tubuh yang baik adalah menggunakan Thermometer.

Pengukuran dapat menggunakan thermometer air raksa maupun thermometer digital yang harganya cukup terjangkau, kita juga dapat mengikuti cara menggunakan aplikasi body temperatur diary untuk dapat mengukur suhu tubuh secara rutin seperti di bawah ini.

Download aplikasi body temperature diary

Hal yang pertama kita lakukan adalah membuka aplikasi Google play store dan cari aplikasi body temperatur diary dan kemudian kita download dan install seperti gambar di bawah ini.

Cek Suhu Tubuh

Sebelum membuka aplikasi Body Temperature, kita terlebih dahulu melakukan pengukuran suhu tubuh sendiri dengan menggunakan thermometer yang kita miliki, Setelah melakukan pengukuran harus di ingat berapa suhu tubuh kita.

Membuka Aplikasi

Setelah proses install aplikasi dan pengecekan suhu tubuh selesai kemudian kita buka aplikasi tersebut dan ketuk START untuk memulai.

Tambah Catatan

Setelah membuka aplikasi, pada tab Diary kita dapat menambahkan sebuah catatan terbaru dengan cara klik ikon “+”  kemudian pilih Body Temperature Entry.

Masukan Hasilnya

Kemudian kita tinggal masukkan hasil dari pengukuran suhu tubuh kita yang tadi dengan cara menggeser slider yang terdapat pada bagian Celcius yang umum digunakan. Pada fitur ini juga terdapat catatan mengenai detak nadi yang ada pada bagian Pulse.

Tambahkan Tag

Selanjutnya kita juga dapat menambahkan tag, contohnya pada waktu pengukuran dan kondisi tubuh saat itu yang terdapat pada kolom yang tersedia. Apabila sudah kemudian kita tinggal ketuk Insert.

Analisa Suhu Tubuh

Pada aplikasi Body Tempeteratur Diary tersebut memiliki dua fitur untuk dapat melakukan sebuah analisa secara mandiri mengenai kondisi kesehatan kita saat ini. Kita dapat melihat tab Diagram agar bisa melihat perkembangan suhu secara harian, bulanan, maupun tahunan. Pada fitur ini juga terdapat tab Analyze yang dapat menganalisa suhu tubuh kita, baik itu dalam keadaan sehat maupun dalam keadaan kurang sehat.

Atur Pengukur Suhu

Apabila kita sangat tertarik untuk dapat menggunakan aplikasi Body Temperature Diary dengan rutin, kita dapat melakukan sebuah penjadwalan secara harian dengan cara memanfaatkan aplikasi kalender yang terdapat pada ponsel kita. Yaitu dengan cara ketuk ikon “+” kemudian pilih Calendar Entry.

Selanjutnya kita dapat memasukkan waktu dan tanggal pengukuran yang kita inginkan. Kita juga dapat mengatur penjadwalan secara harian dengan mengaktifkan opsi Schedule event every day?, kemudian kita ketuk Insert agar dapat memasang pengingat pada aplikasi kalender kita.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara menggunakan aplikasi body temperature diary, pada ulasan diatas kita menjelaskan penggunaan aplikasi tersebut dengan benar agar kita tidak termakan berita hoax yang bertebaran melalui pesan berantai WhatsApp.
Baca juga :

Kesimpulan

Pada aplikasi ini sebenarnya di gunakan untuk pendataan suhu tubuh secara tersetruktur dengan menggunakan grafik dan dapat kita masukan data nya secara mandiri dengan mengukur suhu tubuh menggunakan thermometer dahulu. Hal yang perlu di ingat adalah bahwa aplikasi ini bukanlah aplikasi yang dapat mengukur suhu tubuh menggunakan sensor sidik jari namun aplikasi untuk catatan harian suhu tubuh manusia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *