Watak Ririh Tegese

Watak Ririh Tegese – Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami sedang mengembangkan antarmuka dasbor baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kami mengundang Anda untuk melihat dasbor baru kami dan mencobanya. Beberapa fitur belum tersedia, namun akan ditambahkan di masa mendatang.

Watak Ririh Tegese

Jangan ragu untuk mencobanya karena mudah untuk mengubah antarmuka yang biasa Anda gunakan.

Ajaran Hidup Sejahtera Dalam Serat Wulang Reh

PELAJARAN 1 Legenda ?becikKetitikHlketr. Tingkat Dasar : 3.1 Memahami isi cerita fiksi. 3.1.2 Jawablah pertanyaan dengan cara yang berbeda. 3.1.3 Mengungkapkan secara tertulis nilai dan nilai cerita. Semua orang suka membaca atau mendengarkan cerita. Selain ceritanya yang lucu, ceritanya juga mengandung nasehat yang baik. Ada banyak legenda dalam aksara Jawa. Jika digolongkan menurut isinya, maka cerita dibedakan menjadi: 1. Cerita Lucu Cerita ini merupakan cerita yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa lucu di masa lalu. Cerita lucu dibuat untuk menghibur dan membuat orang tertawa ketika membaca atau mendengarkannya. 2. Fiksi Merupakan cerita yang memperlihatkan tingkah laku dan tindakan manusia namun diilustrasikan dengan gambar binatang. Cerita dengan tokoh binatang sering digunakan untuk memberikan nasehat kepada pembaca atau pendengarnya. 3. Perumpamaan adalah cerita yang menggambarkan seseorang yang melakukan suatu tingkah laku atau suatu tindakan dan membuahkan akibat dari tindakan itu. Oleh karena itu, perumpamaan merupakan cerita yang dapat digunakan untuk menyampaikan ajaran agama, keutamaan, dan kaidah melalui perumpamaan (perbandingan). 4. Legenda Kisah ini merupakan kisah peristiwa yang berkaitan dengan terciptanya suatu tempat atau negara. Apa maksudnya suatu tempat? 5. Sage Sage adalah legenda yang pengetahuannya berkaitan dengan fakta sejarah. 6. Mitos Cerita mengenai cerita, kepercayaan masyarakat, yang ditemukan pada setiap masa.

Selain dapat diklasifikasikan seperti terlihat di atas, terdapat juga unsur-unsur penting seperti: alur, tokoh, latar belakang, dan tema. Kalau pengertiannya sebagai berikut: 1. Alur adalah rangkaian peristiwa dalam cerita. Aliran ini dapat dibagi maju, mundur dan digabungkan, tergantung pada sifat kejadiannya. Jika cerita berlanjut, cerita dimulai dari peristiwa masa lalu (misalnya sejak tokoh itu lahir) dan berlanjut hingga masa kini dan masa depan (sampai seseorang mengetahui apa yang diinginkannya). Di sisi lain, arus balik, dari peristiwa saat ini, kembali ke peristiwa masa lalu. Kalau aliran campuran berarti menggunakan aliran maju bercampur aliran balik. 2. Orang yang mengetahui berbagai fakta sejarah. Karakter dalam cerita berbeda-beda. Ada yang baik (jujur, penyayang, sabar, dll), dan ada pula yang buruk (mekanis, picik, picik, dll). Menentukan makna tokoh dari uraian pengarang atau komunikasi tokoh. 3. Latar belakang adalah sesuatu yang menunjukkan tempat dan waktu terjadinya peristiwa cerita. 4. Topik adalah pokok bahasan cerita, atau bab adalah dasar cerita yang ditulis pengarang. Untuk membantu Anda menentukan isi cerita, Anda dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut:  Apa sifat peristiwa dalam cerita yang Anda baca/dengarkan? (argumen)  Siapakah tokoh-tokoh dalam cerita tersebut dan siapakah tokoh-tokohnya? (karakter)  Di manakah peristiwa dalam cerita tersebut terjadi? (peristiwa dan waktu)  Apa isi cerita yang sedang anda baca/dengarkan? (topik) Dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan di atas, siswa lebih mudah menyelidiki isi cerita/cerita. Yang terpenting bukan nasehat (amanah) ceritanya. Pengarang cerita atau tulisan selalu mempunyai tujuan yang ingin disampaikannya kepada pembacanya. Sudut pandang pengarang inilah yang disebut dengan nasehat atau pesan cerita. Oleh karena itu pelajar gemar membaca novel dan bahan bacaan lainnya, karena dengan menikmati membaca maka pengetahuan kita akan bertambah sekaligus mempertajam kepribadian kita, mengingat dalam cerita terdapat tips-tips yang baik. Carilah seorang penulis dan tuliskan apa yang menurut Anda penting untuk cerita tersebut, seperti: tema, tokoh, tempat dan waktu, urutan kejadian, dan kata-kata sulit yang tidak Anda pahami!

Baca juga  Aku Bersepeda Pada Sore Hari

ASAL USUL KOTA KARANGANIAR Asal usul kota Karanganyar berkaitan dengan kisah R.M. Pangeran Sambernyawa disebutkan dan dikenal pada masa perang melawan Belanda pada tahun 1792. Dalam perang melawan Belanda, Pangeran Sambernyawa menggunakan perang gerilya, yaitu berperang berpindah tempat atau berpindah ke tempat yang menyulitkan pelacakan musuh. Menyerang dan bersembunyi dengan cepat, dll. Pada masa perang gerilya, hampir seluruh wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur berhasil ditaklukkan. Pangeran Sambernyawa bekerja bersama Panglima Mangkubumi yang merupakan pamannya. Pada suatu hari, Pangeran Sambernyawa sedang berada di negeri Brang Wetan berdoa dengan membuat salib di atas batu. Di sinilah Pangeran Sambernyawa menerima ramalan melalui seekor burung aneh. Disebut aneh, karena ketika disentuh ia berkata: “Siapa yang memakan aku, dialah yang akan ditinggikan.” Hal ini membuat Pangeran Sambernyawa terkejut. Namun semua dipastikan, Tuhan Yang Maha Esa akan mencerahkan. Pangeran Sambernyawa kemudian menamai tempat itu “Mojogedhang”. Nama-nama yang dikenal para pengikutnya adalah Ngabehi Rangga Panambang, Ngabehi Kudana Warsa dan Nitidana. Kata “Mojogedhang” berasal dari kata mojo dan pisang. Mojo artinya keinginan, keinginan atau keinginan. Pisang mempunyai arti cahaya agung atau arah kehidupan. Oleh karena itu, Mojogedhang memiliki penampakan tempat dimana Kepala Sambernyawa diinstruksikan untuk mewujudkan keinginannya melalui karya burung pemangsa. Dengan bantuan para pengikutnya, Pangeran Sambernyawa berusaha mengejar burung tersebut hingga ke desa seorang wanita bernama Nyai Dipo. Dia adalah seorang prajurit sebelum negara tetapi dia suka berpikir. Pangeran Sambernyawa mengumumkan keinginannya. Nyai Dipo sangat terkejut dan tidak percaya R.M. kata Kartasura. “Itu Bu, nama asli saya Said, tapi banyak orang memanggil saya Sambernyawa.” Tentu saja sudah sampai pada akhirnya, Pak Sambernyawa akan memakan Wahyu Kraton sebagai burung tamu. Nak Mas Said ratunya, kata Nyai Dipo riang. Nyai Dipo kemudian menjelaskan alasan perilaku aneh tersebut. Menurut cerita Nyai Dipo, ia menemukan burung pemangsa tersebut melalui suara gaib dari pohon ek. Burung itu kemudian dilindungi dan dapat melakukan suatu prestasi yang disebut “Dia yang memakanku akan ditinggikan”. Pangeran Sambernyawa senang sekali mendengar cerita Nyai Dipo. Daging saya dipanggang dan dimasak. Setelah memakan burungku, Pangeran Sambernyawa berkata, “Lain kali kalau ada waktu, aku akan menelepon tempat ini.

Baca juga  Adakah Istilah Lain Di Daerahmu Untuk Menyebut Bagian-bagian Sepeda

“Karanganyar”, karena kini aku mendapat kabar baru dari visi keraton berupa sebuah proyek.” Setelah peristiwa itu, tempat Nyai Dipo dinamakan desa Karanganyar. Tempat ini menjadi kota besar. Pangeran Sambernyawa s’sebutlah Nyai Dipo Nyi Ageng Karang yang pertama dari Karanganyar. (Belajar Bahasa Jawa IX, halaman 31-32 disunting dan dimodifikasi seperlunya) Siswa sudah mendengar cerita yang dibacakan gurumu. Sekarang coba putuskan cerita “Dumadine Kutha Karanganyar” yang mana maksudnya dia? Kalau gurumu sudah selesai membacakan cerita, cobalah menghafalkan kata-kata sulit seperti contoh di bawah ini. Jika sampai saat ini kamu masih belum tahu, bicaralah dengan rekanmu, pilihlah caranya! 1. famous : terkenal, terkenal, terkenal, terkenal 2. Belanda : Belanda 3. tersembunyi : tersembunyi, singidan 4. tempat : daerah 5. Timur Laut : Jawa Timur 6. karya : karya 7. Brang Timur : halaman timur 8. nubuatan : halaman 9. manggung : percakapan 10. melalui: melalui, melalui 11. kehormatan: status tinggi 12. pepesthen: akhir, perintah Tuhan 13. cahaya: jalan terang, petunjuk Tuhan 14. diketahui: diketahui 15 . pengikut : peserta, peserta 16. motivasi : …………………………….. …… …………………………………………. . 17. berikut: …………………………………………… …. .. . …………………………….. 18. mereka ingin: … …. .. . …………………………………………. . … … ………………………. 19. masyarakat : ……………. . .. …. …………………………………. .. …… ……… 20. penghasilan : ………………………….. .. . ……………………………………………… …. . .. 21. berkata : ……………………………… …… . ……. …………………………….. .. 22. pergi : . … …. …………………………….. ……. . …………………………………

Bahasa Jawa Kelas Viiikirtya Basa Edisi Final 2015 Rev Komplit Pages 101 150

24. persahabatan : …………………………………. ……………………………………………. 25. rusa kutub: .. …. …………………………………… ……. .. .. …………………… 26. menyenangkan: ……. ……. .. .. ……………………………….. . ………. .. …. ……………. 27. mendengarkan: …………. . ………. .. …. ………………………….. .. …………. …. …… …. 28. waktu : …………….. .. …………. … …… …………………… .. …………… 29. berita : ….. ………………. .. …………… . ………….. …………………… 30. pertama : .. . . ………………………………………… .. ……… …………… ……………. 31. …………… . ………..: .. ………………………….. … . ………………………….. …………… ………. 32. .. ………… …………. : ………. ……… . …. ………… ………………………….. .. . .. …. …….. 33 ………………………….. : . …………… …………………… . . . …………………………….. ……………. 34. . ………… ……………..: … ……………… …………. ………………………….. ….. ………………. …… 35. …………… …….. ….. : …………. …………………. …….. . …………………………………………… 36. … .. …………….. ….. : ………………. …… .. . ……………. ………………………….. .. …. . ……….. 37. …. …………………… : . ……………… …………………… . ….. … ……………….. …………. 38. ….. . ….. … ………….. : …… ………………. .. ………. …… ………………………….. .. …………….. ….. 39. ……………. …….. .. ..: ………….. …. ………………. …….. .. …………………… … …………….. 40. … .. …………………. : . ………………………………………… .. …………. ……………….. Pilihlah lima kata dari daftar di atas, buatlah menjadi kata-kata dengan kata-kata Anda sendiri Setelah itu, pasangan Anda harus memeriksa pekerjaan Anda. 1…………………………………………. ………………………………………… .. ………………………….. 2. …………… .. ………………………………………… .. ………………………………………….. …. 3. …………………………………….. … …. …… …………………………….. ……….. …… ………………………….. . ……… 4. ……. ……………………………. .. …………………… ………… ………… .. ……………………………. …….. 5. . . .. …………………… ………………………………… ……………. . ……………….. …………… LATIHAN 2 Jawablah pertanyaan bersama teman sekelasmu , jawablah pertanyaan berikut dengan sikap positif! 1. R.M Said terkenal karena siapa? ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 2. Bagaimana R.M. apakah sudah dikatakan ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 3. Apa yang dilakukan R.M. Berbicara saat perang melawan Belanda? ………………………………………… .. ………………………………………… .. …………………………….

Baca juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Kerajinan

………………………………………… .. ………………………………………… .. ……………………………. …………………… …… .. …. …………………………………. ………. …. …… …………………… ……………… …. .. 4. Siapa yang bersama Kepala Sambernyawa? ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 5. Pangeran Sambernyawa datang ke suatu tempat dan memikirkannya dan menemukan ramalan apa? ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 6. Darimana Pangeran Sambernyawa mendapatkan ramalan tersebut? ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 7. Pangeran Sambernyawa tiba di sebuah tempat penampungan wanita. Siapa nama pacarnya? ………………………………………… .. ………………………………………… .. ……………………………. …………………… …… .. …. …………………………………. ………. …. …… …………………… ……………… …… .. …… ……………… ……………… ……… …………………………………. . . . …………… ………. ……………… 8. Bagaimana bunyinya apa yang sedang dilakukan burungku ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 9. Apa maksud burung saya menurut cerita Nyai Dipo? ………………………………………… .. ………………………………………… .. .. …………………. 10. Akhirnya disebut Karanganyar. untuk apa ………………………………………… .. ………………………………………… .. ……………………………. …………………… …… .. …. …………………………………. ………. …. …… …………………… ……………… …… .. …… ……………… ……………… ……… …………………………………. . . . …………… ………. …………….. …… .. …………. ………… …………………… …… .. ………… …………………… …. ………………………. .. ………. …. LATIHAN 3 Menentukan isi kisah itu

Ramal watak, tegese tembung, tes watak, watak sagitarius, pawiyatan tegese, ririh, watak, watak virgo, tegese tembang, misuwur tegese, tegese, mengenal watak