Upaya Untuk Memperkukuh Integrasi Nasional Dapat Dilakukan Dengan Cara

Upaya Untuk Memperkukuh Integrasi Nasional Dapat Dilakukan Dengan Cara – Strategi yang dilakukan oleh negara Indonesia untuk menghadapi ancaman terhadap negara adalah dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka.

GLOBALISASI MASUK ATAU PENYEBARAN PENGARUH DARI SATU DAERAH/NEGARA KE DAERAH/NEGARA LAIN ATAU PROSES MASUKNYA SUATU NEGARA KE JARINGAN GLOBAL.

Upaya Untuk Memperkukuh Integrasi Nasional Dapat Dilakukan Dengan Cara

PENERAPAN HAK ASASI MANUSIA (SDM) DALAM HUBUNGAN HUKUM DAN KEWENANGAN DAN PENANGANAN ISU-ISU GLOBAL Group 10 Anesta Ebri Dewanty

Kiat Kiat Bencana Kerusuhan Sosial Gunung Berapi Tanah Longsor Tsunami.

Kekuatan PowerPoint | thepopp.com 1 SEMINAR, AUTODA PENDIDIKAN KARAKTER NASIONAL BERBASIS KEarifan LOKAL Tri Yudi Siswantoro.

Wawasan Nuswantara  Latar Belakang Munculnya Wawasan Nuswantara  Konsep Wawasan Nuswantara A) Sifat, prinsip dan arah ND B) Elemen dasar ND C) Lokasi,

Bab X Integrasi Nasional dan Globalisasi Ada 5 Aspek Menarik Ditelaah Pemikiran Integral Bhinneka Tunggal Ika dalam Praktek Integrasi Masyarakat Sebagai Landasan Integrasi Nasional Urgensi Integrasi Masyarakat Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Pluralistik.

Pemikiran Integratif Di negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki keragaman budaya, etnis, kebangsaan, dan agama, integrasi nasional merupakan persoalan politik yang cukup pelik. Besarnya potensi perpecahan di Indonesia memerlukan pemahaman yang mendalam dari seluruh komponen bangsa tentang pentingnya integrasi nasional. Pemahaman ini diperlukan agar setiap elemen bangsa merasakan integrasi nasional. Konsep negara totaliter dikemukakan oleh Soekarno Soepomo. Konsep negara totaliter yang kemudian disepakati adalah negara kesatuan. Gagasan ini didasarkan pada gagasan bahwa negara ideal adalah kesatuan.

Integrasi Masyarakat Dan Integrasi Nasional

Bentuk negara kesatuan dapat mengakomodasi ideologi negara agama dan mengakomodasi bentuk negara federal. Logeman mengatakan bahwa gagasan negara bersatu sebenarnya adalah negara organik. Soepomo memberi nama keadaan organik ini integralistik. Konsep organik dapat dijelaskan dengan melihat keadaan sebagai organ yang terintegrasi. Instrumen yang indah dan fungsional jika instrumen disatukan sebagai satu kesatuan. Analogi organisasi yang terkait dengan konsep negara menunjukkan bahwa negara harus kuat dan utuh sebagai satu kesatuan. Unsur-unsur negara tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Karena jika rusak apalagi rusak akan mempengaruhi keutuhannya. Pemahaman yang komprehensif diperlukan berdasarkan pertimbangan sebagai berikut: Untuk mengusir penjajah dari wilayah Indonesia, diperlukan pemahaman yang komprehensif karena kemampuan bangsa harus bersatu untuk membangun bersama.

Baca juga  Apa Hubungan Antara Hak Seseorang Dengan Kesejahteraan Masyarakat Disekitarnya

Bhinneka Tunggal Ika dalam Pengamalan Konsep Bhinneka Tunggal Ika berbeda tetapi satu, sebenarnya merupakan landasan utama kerukunan sosial masyarakat Indonesia. Berbeda tapi satu berarti negara Indonesia mengakui dan mendukung keberagaman dalam berbangsa dan bernegara, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kerangka ini sudah ada sebelum bangsa Indonesia mengucapkan sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kebhinekaan ini harus dipahami sebagai potensi yang dapat dikembangkan dan dipertahankan, tanpa perlu mengobrak-abrik pertahanan persatuan dan kesatuan yang dirintis oleh para pemuda dan pelopor kemerdekaan. Perbedaan tidak boleh dijadikan sebagai potensi untuk membangun dan mengembangkan budaya bangsa yang konstruktif, sehat dan dinamis. Budaya lokal dari Sabang sampai Merauke sangat beragam, tidak hanya berbeda tetapi juga saling bertentangan. Budayanya sangat majemuk, sehingga para pemimpin bangsa selalu mendukung berbagai mazhab, suku dan agama agar bisa duduk dalam tatanan politik dan pemerintahan. Demikian pula dalam hal pengambilan kebijakan, perhatian harus diberikan pada keragaman yang ada di masyarakat.

Apresiasi puncak budaya dilakukan dalam dua bentuk, yaitu: Realisasi cakrawala budaya Nusantara di stasiun televisi Republik Indonesia pada era Orde Baru yang disosialisasikan kepada seluruh elemen bangsa. pemerintah Indonesia sedang membangun taman mini Indonesia yang indah. Penghargaan yang paling istimewa untuk membangun dan melestarikan budaya dan potensi setiap daerah sangat berbeda, sehingga pemerintah Indonesia memberikan otonomi dan tanggung jawab yang luas kepada setiap daerah otonom Indonesia. Otonomi luas berarti bahwa setiap daerah otonom diberi kebebasan dan keleluasaan untuk menggali dan mengembangkan potensi daerah dan kebudayaannya sendiri, sesuai dengan kondisi, kemampuan, aspirasi, dan kepentingan masyarakat dalam kerangka satu komunitas. keadaan.

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan / Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Xi

Integrasi Masyarakat Darurat Masyarakat dibentuk oleh interaksi sosial. Melalui interaksi sosial, kebutuhan manusia, baik material maupun spiritual, dapat terpenuhi. Hubungan sosial yang negatif ditandai dengan adanya pihak yang dirugikan dalam hubungan sosial tersebut dan menganggap dirinya telah dirugikan oleh pihak yang bersentuhan dengannya. Hubungan sosial yang negatif menimbulkan konflik dalam masyarakat. Konflik dalam masyarakat jangan sampai meluas, karena dapat merusak sendi-sendi kehidupan manusia.

Salah satu cara untuk menyelesaikan konflik adalah kompromi Salah satu cara untuk menyelesaikan konflik adalah kompromi. Kompromi adalah kemampuan pihak yang bertikai untuk mengurangi tuntutannya dan mengakomodir tuntutan musuh, sehingga dapat dicapai antara pihak yang bertikai.

Solidaritas sosial dalam masyarakat mekanis ditandai dengan 5 ciri: masyarakat homogen, tradisional dan pedesaan. Saling membantu dan kerjasama Pekerjaan yang sama, sedikit diversifikasi bisnis dan sedikit spesialisasi Banyak waktu luang Sistem hukum sebagian besar hukum pidana. Solidaritas sosial dalam masyarakat organik dicirikan oleh 3 ciri: Spesialisasi tenaga kerja Masyarakatnya heterogen, dinamis dan maju (civil) Sistem hukumnya menggunakan hukum perdata (hukum partai).

Baca juga  Yang Termasuk Bahan Keras Alami Yaitu

Integrasi masyarakat menjadi dasar integrasi nasional Integrasi masyarakat ditandai dengan adanya hubungan sosial yang baik. Kerjasama antara pihak-pihak yang terhubung akan menghasilkan sinergi yang menguntungkan pihak-pihak yang terhubung. Jika integrasi masyarakat tercipta, otomatis integrasi nasional terjadi. James J. Coleman dan Karl G Rosberg melihat integrasi politik sebagai bagian dari integrasi nasional. Menurutnya, integrasi nasional memiliki dua dimensi, yaitu vertikal (elite-massa) dan horizontal (teritorial). Menurut kedua ahli tersebut, istilah integrasi politik bersifat vertikal. Integrasi politik bertujuan untuk menjembatani kesenjangan yang mungkin ada antara elit dan massa untuk mengembangkan proses politik yang terintegrasi dan masyarakat politik yang partisipatif.

Makalah Integrasi Nasional

Integrasi teritorial bertujuan untuk mengurangi diskontinuitas dan ketegangan budaya daerah dalam proses penciptaan masyarakat politik yang homogen. Winer mengatakan, masalah integrasi nasional tidak hanya mencakup masalah teritorial dan perbedaan elit massa, tetapi lebih luas lagi. Kisaran masalah yang dicakup oleh konsep integrasi tidak terbatas. Masalah dapat tumbuh berantai: memecahkan satu masalah bahkan dapat menyebabkan masalah integrasi. Weiner secara implisit memasukkan semua bentuk atau tipe integrasi ke dalam satu kategori, yaitu integrasi politik. Jadi integrasi nasional sama dengan Coleman dan Rosberg. Claude Ake dengan tegas menolak istilah nasional dan lebih memilih istilah integrasi politik.

Menurut Ake, istilah bangsa yang berasal dari kata etnik, secara normatif mengacu pada etnik yang sangat lengkap. Karl Deutsch menekankan aspek sosial dari komunikasi. Artinya suatu bangsa dapat terbentuk apabila memiliki bahasa yang sama untuk membina komunikasi sosial antar anggotanya. Sulit membayangkan bahwa suatu wilayah disebut bangsa jika tidak memiliki bahasa yang sama. Hans Kohen lebih menekankan pada kemauan besar. Perkembangan tatanan negara itulah yang melahirkan teori kontrak sosial. Kontrak sosial merupakan hasil dari kesadaran anggota masyarakat untuk bersepakat membentuk negara.

Hayes menekankan fondasi budaya. Hayes menekankan pada basis budaya, baginya kesamaan budaya dapat memperkuat masyarakat untuk membentuk suatu bangsa. Karena bangsa adalah masyarakat manusia yang kohesif. Meskipun ada aspek elit dan massa dalam masalah integrasi politik. Namun dalam hal konflik, hubungan antara pusat dan daerah dapat berujung pada perpecahan. Sulit untuk membedakan antara elit dan massa dalam konteks nasional. Karena tidak bisa dikatakan pusat adalah elit dan massa adalah pinggiran. Karena bisa saja yang disebut massa dalam konteks kebangsaan menjadi elit di daerahnya masing-masing. Integrasi politik menurut Nazaruddin Sjamsuddin merupakan proses integrasi yang mengandung bobot politik, sehingga proses ini bersifat politis. Integrasi politik dapat mencakup bidang vertikal, yaitu integrasi antara elit dan massa, atau dapat bersifat horizontal, yang bertujuan untuk menjembatani perbedaan-perbedaan regional.

Baca juga  Siapakah Tokoh Yang Diwujudkan Dalam Bentuk Patung Itu

Klaude Ake mengatakan bahwa integrasi politik mencakup dua persoalan: Bagaimana membuat rakyat tunduk dan mengikuti tuntutan negara. Ini tentang hubungan antara pemerintah dan yang diperintah. Apa konsensus normatif yang mengatur perilaku politik masyarakat. Lebih bersifat pembinaan antar sesama warga. Untuk perilaku politik diperlukan agar sistem politik dapat berfungsi dengan baik. Ada 2 strategi untuk menyelesaikan dua masalah ini: Bhinneka Tunggal Ika. Weiner mengartikan bahwa asimilasi adalah menjadikan budaya nasional yang dominan suatu negara sebagai budaya nasional. Dalam hal ini identitas kelompok minoritas tersubordinasi oleh budaya nasional yang dominan. Strategi Bhinneka Tunggal Ika menyatakan bahwa pembentukan loyalitas kebangsaan terjadi tanpa menghilangkan budaya kelompok minoritas.

Pdf) Tombstones Of Bugis Bone: The Encountering Between Local Culture And Islam

Interaksi sosial dalam masyarakat majemuk Interaksi sosial sangat diperlukan dalam masyarakat. Tidak ada masyarakat tanpa interaksi. Interaksi sosial merupakan hal yang wajar, bahkan menjadi kebutuhan dasar setiap manusia. Interaksi sosial merupakan bagian integral dari kehidupan bermasyarakat. Keamanan dalam masyarakat umumnya ditentukan oleh bantuan sosial dari masyarakat sekitar. Bantuan diterima melalui interaksi sosial dengan sesama manusia. Interaksi sosial dimulai dari keluarga, lingkungan sosial hingga masyarakat yang kompleks dan beragam pada umumnya. Melalui interaksi sosial, kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh orang lain. Pemuasan kebutuhan manusia dapat dilakukan melalui kerjasama dan pertukaran informasi, barang dan jasa.

Pertukaran kebutuhan dapat dilakukan dengan dua cara: Pertukaran langsung. Pertukaran kepentingan dalam barang dan jasa tidak langsung. Semakin maju masyarakat, semakin kompleks dan beragam interaksi sosial yang terjadi. Kompleksitas masyarakat beragam. Di satu sisi, kompleksitas dapat mendorong terjadinya interaksi sosial yang saling menguntungkan dan menciptakan keharmonisan sosial di masyarakat. Di sisi lain, dapat menimbulkan konflik kepentingan di masyarakat. Konflik kepentingan dalam masyarakat majemuk mudah terjadi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh setiap individu dalam masyarakat. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya berbeda tetapi juga dalam banyak cara yang kontradiktif.

Dalam rangka membina kerukunan sosial dalam masyarakat majemuk, ada 3 aspek yang harus diwujudkan, yaitu: Memahami Perbedaan Toleransi

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk pelestarian flora dan fauna, upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tbc adalah, cara mewujudkan integrasi nasional, upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah, upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, upaya membangun integrasi nasional, jelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pernapasan, upaya meningkatkan integrasi nasional, upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit osteoporosis, sebutkan tiga upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada sistem reproduksi, upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit osteoporosis adalah, upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik adalah