Tuliskan Tiga Dari Lima Pulau Terbesar Di Indonesia

Tuliskan Tiga Dari Lima Pulau Terbesar Di Indonesia – Mendengarkan! 5 Pulau Terbesar di Indonesia Di antara 17508 pulau yang ada di Indonesia, terdapat 5 pulau terbesar. Ini daftarnya.

Indonesia merupakan negara kepulauan, peringkat 5 dunia dengan jumlah pulau terbanyak. Tercatat terdapat 17.508 pulau di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 16.056 pulau telah memiliki nama dan terdaftar di PBB pada tahun 2018.

Tuliskan Tiga Dari Lima Pulau Terbesar Di Indonesia

Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 gugusan pulau dengan kurang lebih 6.000 pulau berpenghuni. Kepulauan Indonesia terletak di garis khatulistiwa, di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia.

Inilah 5 Danau Terluas Di Indonesia, 3 Diantaranya Ada Di Su

Sedangkan secara geografis, wilayah laut Indonesia dua pertiga lebih luas dibandingkan wilayah daratannya. Garis pantai setiap pulau di Indonesia panjangnya kurang lebih 81.000 km. Hal ini membuat jumlah pulau di Indonesia menjadi sangat banyak.

Pulau-pulau di Indonesia tersebar luas, mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Lantas, pulau manakah yang merupakan pulau terbesar di Indonesia? Ini daftarnya.

Papua Stadion Papua Bangkit (SPB) di Indonesia. Salah satu lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX © Kasif R/Shutterstock

Papua adalah pulau terbesar di Indonesia. Pulau yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 ini memiliki luas 768.000 kilometer persegi sehingga menjadikannya pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland.

Dua Tahun Kepemimpinan Ansar

Secara geografis, ada dua wilayah yang membentuk Pulau Papua. Bagian barat merupakan bagian wilayah Indonesia dan bagian timur merupakan bagian dari Papua Nugini.

Pulau Papua terkenal dengan kekayaan sumber daya mineralnya. tembaga emas Mengandung minyak bumi dan jenis hasil pertambangan lainnya. Di pulau ini terdapat Puncak Jaya, gunung tertinggi di Asia Tenggara yang tingginya 4.884 meter. Selain Puncak Jaya, Puncak Mandala, titik tertinggi di Indonesia; Ada pula Puncak Trikora dan Puncak Ngga Pilimsit.

Pulau Papua juga memiliki Taman Nasional Lorenz yang ditetapkan sebagai taman terluas di Asia Tenggara oleh UNESCO dan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999. Pantai laut Terdapat banyak ekosistem yang berbeda, dari rawa hingga rawa. hutan, flora dan fauna, Hewan, dll.

Jangan lupa, di Papua ada surga wisata yang bernama Raja Ampat. Sebuah kawasan yang menawarkan keindahan alam berupa kepulauan yang megah. Sebuah tempat bernama Raja Ampat.

Baca juga  Tulislah Nama-nama Tanda Baca Tanwin Dengan Contoh Pelafalannya

Jumlah Pulau Di Indonesia Capai 17.000!

Kawasan hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan. Pulau ini memiliki kawasan hutan terluas di Indonesia. © Randy K/Shutterstock

Pulau Kalimantan memiliki luas 743.753 kilometer persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia setelah Papua. Sebagian besar pulau-pulau ini milik Republik Indonesia. Namun di sepanjang ujung barat laut dan utara terdapat negara bagian Sarawak dan Sabah, yang merupakan bagian dari Malaysia, dan negara bagian Brunei Darussalam.

Ada empat provinsi Indonesia di pulau ini, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat. Kemudian pada tahun 2012 pemekaran wilayah provinsi Kalimantan Timur melahirkan provinsi Kalimantan Utara.

Sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan yang merupakan bagian dari Indonesia merupakan hutan hujan tropis yang menjadi sumber utama oksigen bagi makhluk hidup. Luas total hutan hujan tropis di Kalimantan lebih dari 20 juta hektar.

Kerajaan Islam Di Indonesia Dan Peninggalannya

Banyak peluang yang bisa ditemukan di pulau ini, termasuk sektor kehutanan dan juga pertambangan. Perusahaan pertambangan besar berlokasi di Kalimantan. Tidak ketinggalan sumber daya pariwisatanya. Ada Labuan Cermin dan Sungai Kuin yang menjadi pusat Pasar Terapung Sungai Barito. Taman Nasional Kutai di Bontang; Kersik Luway di Sungai Mahakam; Ada pula Taman Nasional dan Cagar Alam Tanjung. Taman Nasional di Kalimantan Tengah dan lain-lain.

Sumatera merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau ini memiliki luas 473.481 kilometer persegi dan merupakan pulau terbesar keenam di dunia.

Pulau Sumatera adalah Provinsi Lampung. Sumatera Selatan Terletak di 8 provinsi Indonesia antara lain Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

Pulau di sebelah barat Indonesia ini merupakan tempat eksplorasi pertambangan, minyak dan gas; Kelimpahan hutan, Banyak sekali kekayaan flora dan fauna yang berbeda-beda. Pulau Sumatera adalah Sinabung (Sumatera Utara); Kerinci (Jambi); Pegunungan tinggi seperti Mande Rabiah (Sumatera Barat) dan Krakatau (Lampung) juga tinggal di sana.

Daftar 37 Provinsi Di Indonesia Dan Nama Ibu Kotanya

Hutan hujan tropis menghiasi pulau ini. Total luas hutan hujan tropis Sumatera mencapai 2,5 juta hektar. Karena kekayaan hayati Pulau Sumatera, Pulau Sumatera merupakan situs warisan UNESCO karena terdapat sekitar 10.000 spesies tumbuhan di hutan hujan tropis, 17 di antaranya adalah endemik.

Untuk pariwisata, Lembah Harau (Payakumbuh, Sumatera Barat) di Pulau Sumatera; Ngarai Sinaok (Bukittinggi); Danau Maninjau (Sumatera Barat); Ombak Bono (Riau); Ada tempat-tempat menakjubkan antara lain Danau Toba dan Pulau Samosir (Sumatera Utara). ), Pantai Lhok Me (Aceh) dan masih banyak tempat lainnya.

Sulawesi mempunyai luas 174.600 kilometer persegi dan merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia. Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Enam provinsi di Indonesia menjadi bagian dari pulau ini, termasuk Sulawesi Barat dan Gorontalo.

Baca juga  Sistem Ekonomi Kerakyatan Menjamin Untuk

Berpenduduk 17 juta jiwa, pulau ini dihiasi pantai-pantai eksotis dan pegunungan tinggi. Di pulau ini terdapat salah satu gunung tertinggi di Indonesia yaitu Latimojong yang tingginya 3.478 meter.

Letak Astronomis & Kondisi Geografis Negara Negara Asean

Tak ketinggalan kekayaan alam Pulau Sulawesi, terdapat flora dan fauna langka. Habitatnya adalah Taman Nasional Batimurung-Bulusarang; Taman Nasional Bogani Nani Watabone; Taman Nasional Sungai Bawah; Ia dilindungi di taman nasional seperti Taman Nasional Kepulauan Togean dan Taman Nasional Wakatobi.

Makassar adalah kota terbesar di pulau ini. Kota di provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan pusat keuangan terbesar di Pulau Sulawesi. Ekonomi Berfungsi sebagai pusat pendidikan dan industri.

Terakhir, Pulau Jawa merupakan pulau terbesar kelima di Indonesia. Pulau Jawa mempunyai luas 128.297 kilometer persegi dan terletak di Samudera Hindia. Selat Bali tercatat berbatasan langsung dengan Selat Sunda dan Laut Jawa.

Pulau ini dikenal sebagai pusat keuangan dan ekonomi nasional. Oleh karena itu, tidak heran jika Pulau Jawa menjadi tempat paling ramai di Indonesia. Jumlah penduduk yang tinggal di Pulau Jawa berjumlah 130 juta jiwa atau setara dengan 60 persen penduduk Indonesia.

Provinsi Paling Padat Di Indonesia

Sejauh ini pulau tersebut ditempati oleh enam provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Suku Jawa Suku Sunda dan Betawi merupakan tiga suku terbesar yang tinggal di pulau ini.

Dibandingkan pulau lain, Pulau Jawa memiliki jumlah gunung berapi aktif yang lebih banyak. Terdapat 19 gunung berapi aktif di Pulau Jawa. Beberapa di antaranya adalah Tangkuban Ciremai (Jawa Barat); Gunung Merapi (Jawa Tengah); Gunung Semeru (Jawa Timur) dan lain-lain.

Saksi Ganda Paslon #1 dan #3 Hasil Pemungutan Suara Pilpres 2024 • 9 Maret 2024

Para saksi dari pasangan calon nomor urut 1. 01 dan 03 menandatangani berita acara penghitungan suara KPU. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau, termasuk pulau terbesar. Lalu apa saja pulau terbesar di Indonesia?

Daftar Gunung Di Indonesia Menurut Lokasi

Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019, luas daratan Indonesia mencapai 1.916.906,77 km2. Sedangkan Indonesia memiliki 16.056 pulau. Jumlah ini berkurang dari 17.508 pulau menurut data pada UU No. 6 Tahun 1996.

Luas Pulau Papua tercatat 786.000 kilometer persegi, namun 418.707,7 kilometer persegi merupakan bagian dari Indonesia. Sedangkan sisanya merupakan bagian dari Papua Nugini.

Baca juga  Allahumma Tsabit Hamdaki Artinya

Pulau ini merupakan salah satu dari 5 pulau terbesar di dunia. Menurut buku Yayasan Pustaka Obor Indonesia dan Conservation International Ecology of Papua, wilayah Papua yang luas merupakan pulau yang menopang kawasan hutan hujan tropis terluas di Asia-Pasifik.

Di ujung barat Papua didominasi oleh pegunungan kecil (Kepala Burung, Wandamen, Fakfak, Kumawa) dan kepulauan (Raja Ampat, Teluk Cenderawasih).

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Dalam banyak hal, Papua mirip dengan daratan Papua Nugini (PNG), namun pegunungannya lebih tinggi (sampai garis salju); Terdapat rawa-rawa yang lebih luas (misalnya Mamberamo, Asmat).

15.000-20.000 spesies tumbuhan (55% endemik) terdapat di Pulau Papua; 602 jenis burung (52% dari total); Ini adalah rumah bagi 125 spesies mamalia (58% dari total jumlah) dan 223 spesies reptil (35% dari total).

Hewan dan tumbuhan endemik tersebut antara lain burung cendrawasih, kanguru, ikan pelangi, aneka kupu-kupu serta ribuan tumbuhan dan hewan lainnya.

Pulau ini sebagian besar berhutan dan merupakan rumah bagi tumbuhan dan hewan endemik, pulau ini luasnya sekitar 743.330 kilometer persegi.

Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan? Ini Alasannya

Pulau Kalimantan dibatasi oleh Selat Karimata di sebelah barat. di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makasar; Negara ini berbatasan laut dengan Laut Jawa di selatan dan Laut Cina Selatan di utara.

Selain itu, Sumatera merupakan pulau terbesar di Indonesia. Luas Pulau Sumatera yang disebutkan dalam buku Munasifah ‘Mari Mengenal Indonesia: Sumatera 1’ adalah 473.600 kilometer persegi, hampir seluas Inggris Raya.

Di sebelah barat terbentang Samudera Hindia. Selat Malaka Timur dan Tenggara mulai dari Selat Karimata dan Laut Yaya; Di sebelah selatan terbentang Selat Sunda.

Bentuk Pulau Sumatera terbentang sekitar 1.650 kilometer dari Ulee Leheue di utara hingga Tanjung Cina di selatan. Lebarnya antara 100 dan 200 km di utara dan 350 km di selatan. Dua teluk terbesar adalah Semangka dan Lampung di provinsi Lampung.

Hewan Endemik Yang Tersebar Di Kepulauan Indonesia

Secara administratif wilayahnya terbagi menjadi Daerah Istimewa (Aceh) dan 9 Provinsi (Sumatera Utara, Sumbar, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumsel, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung).

Pulau Sulawesi mempunyai luas 174.600 kilometer persegi. Di daerah ini, Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara Ada enam negara bagian di Sulawesi Barat dan Gorontalo.

Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018, jumlah penduduk di Pulau Sulawesi mencapai 19 juta jiwa.

Angka tersebut 8,8 juta berasal dari Sulawesi Selatan; Sulawesi Tengah 3 juta; Sulawesi

Simak! Inilah 5 Pulau Terbesar Di Indonesia

Lima pulau besar di indonesia, lima sekawan di pulau seram, pulau terbesar di dunia, tiga lima homestay di jogja, 10 pulau terbesar di dunia, tuliskan tiga contoh barang ekspor dari indonesia, sebutkan lima pulau terbesar di indonesia, pulau terbesar di dunia adalah, lima sekawan di pulau harta, lima pulau terbesar di indonesia, pulau terbesar di indonesia, pulau terbesar di kepulauan seribu