Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia

Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia – Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Apa saja perbedaan kondisi alam di masing-masing negara ASEAN?

Perlu diketahui bahwa situasi regional menjadi salah satu poin di balik berdirinya ASEAN. Selain kedekatan geografis dalam satu wilayah, negara-negara ASEAN juga memiliki kondisi alam yang serupa.

Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia

Namun selain itu, ada beberapa hal yang melatarbelakangi terbentuknya ASEAN yang dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Bangsanya (2019) karya Tri Prasetyono, yaitu:

Pkn Kelas X

Saat ini total ada 10 negara di kawasan Asia Tenggara yang telah bergabung dengan ASEAN. Negara-negara ini memiliki kondisi alam yang sangat berbeda.

Indonesia merupakan negara terluas di Asia Tenggara dengan luas 1,905 juta km2 yang terbentang dari Aceh hingga Papua.

Dengan wilayah ini, Indonesia memiliki lingkungan alam yang penuh iklim tropis dan curah hujan yang tinggi dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hal ini membuat Indonesia terkenal dengan banyaknya hutan, mulai dari hutan hujan tropis hingga sabana atau padang rumput.

Lkpd Kelompok Ips Worksheet

Malaysia mempunyai iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Selain itu Malaysia juga mempunyai kawasan hutan tropis dan beberapa pegunungan tinggi, dimana gunung tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di Sabah.

Pusat industri sekaligus negara termaju di Asia Tenggara ini memiliki luas wilayah 728,6 km2 dan menjadi pusat pelabuhan laut di daratan Asia.

Singapura juga merupakan negara yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Selain itu, Singapura juga didominasi oleh dataran rendah dan beberapa bukit kecil yang mengelilingi pusat kota.

Filipina merupakan negara yang terdiri dari 7.641 pulau dengan luas 300.000 km2. Negara Filipina yang alami berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan mempunyai tiga kelompok geografis utama yaitu Luzon, Bisaya, dan Mindanao.

Mengenal Perbedaan Bentuk Negara Archipelagic State Dan Coastal State Dalam Kasus Sengketa Internasional Blok Ambalat (indonesia

Di sisi lain, negara yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim tropis dengan tiga musim yang berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, dan musim panas atau kemarau.

Baca juga  Krodit Adalah

Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih ini memiliki luas wilayah 514.000 km2 dan terletak di tengah-tengah Asia Tenggara.

Keadaan alami Thailand dihiasi dengan pegunungan, dataran tengah, dan pegunungan tinggi. Thailand memiliki iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin muson.

Negara tetangga Indonesia ini memiliki luas wilayah 5.765 km2 yang sebagian besar terdiri dari rawa dan hutan bakau.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 22 26 Subtema 1

Sama halnya dengan negara ASEAN lainnya, Brunei Darussalam mempunyai iklim tropis dengan curah hujan mencapai 2000 mm/tahun.

Kondisi alam Vietnam penuh dengan dataran dan beberapa pegunungan. Salah satunya adalah Pegunungan Annam yang puncaknya setinggi 1.800 m. Ada juga daerah dataran rendah di Vietnam yang dikenal sebagai Delta Mekong.

Laos merupakan negara komunis dengan luas wilayah 236.800 km2 yang permukaannya ditutupi pegunungan dengan hutan yang sangat lebat.

Laos memiliki Gunung Phou sebagai gunung tertinggi di negaranya yang dipimpin oleh Thongloun Sisoulith. Terdapat tiga musim di Laos, yaitu musim hujan yang panas, musim dingin, dan musim kemarau (berganti).

Batas Daratan Pulau Sumatera Serta Provinsi Di Dalamnya

Negara Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 km2 yang berbatasan langsung dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Kondisi alam di Myanmar terbagi menjadi dua, yaitu Myanmar Selatan yang beriklim tropis dan Myanmar Utara yang beriklim subtropis.

Terakhir ada Kamboja yang luasnya hanya 181.035 hektar dan berbatasan langsung dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Lagipula, negara kerajaan ini mempunyai iklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 22°C. Tahukah kamu seberapa besar Indonesia? Informasi mengenai batas wilayah Indonesia baik darat, laut, dan udara dapat dilihat pada artikel Geografi Kelas XI berikut ini.

Kalau mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Ibu Susi Pudjiastuti suka menenggelamkan kapal pencuri ikan dari negara lain di luar negeri? Selain itu, memancing adalah suatu tindakan

Keadaan Alam Indonesia

Yang dilarang oleh undang-undang, di tingkat lokal, mereka juga tidak mengizinkan Anda menangkap ikan dan memasuki wilayah yang berada di bawah pemerintahan negara kita tanpa izin.

Mari kita belajar tentang batas-batas negara kita agar dapat mencintai dan mengenal lebih dekat negara Indonesia tercinta ini.

Tahukah kamu kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia lho! Menurut Badan Informasi Geospasial, luas wilayah Indonesia sekitar 5.180.053 km2 dan memiliki 17.499 pulau. Luas perairan Indonesia jika ditotal mencapai 3.157.483 km2 dan luas wilayahnya sekitar 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia berbatasan dengan banyak negara, baik darat maupun laut.

Baca juga  Apa Saja Yang Termasuk

Menurut UU No. 43 Tahun 2008 menegaskan bahwa wilayah negara Indonesia meliputi permukaan, laut, laut, dan daratan di bawahnya, serta udara di atasnya, dengan segala sumber daya yang ada di dalamnya. Dengan adanya pembagian batas hukum seperti ini, jelas akan mengurangi cara-cara kejahatan yang bisa terjadi, seperti masuknya warga negara asing ke wilayah Indonesia tanpa izin.

Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara

Untuk menentukan batas laut Indonesia, biasanya kita menggunakan metode penarikan garis dari pantai terendah saat air surut hingga beberapa mil lebih jauhnya. Di dalam batas laut ini terdapat beberapa divisi, antara lain sebagai berikut.

Laut teritorial adalah batas laut yang terbentang dari dasar laut sekitar 12 mil (19,3 km) ke arah laut lepas. Pangkalan yang dimaksud adalah garis yang ditarik di pantai pada saat air surut. Batasan wilayah membuat wilayah maritim Indonesia menjadi satu kesatuan seperti saat ini. Perairan antar pulau sudah tidak terbuka lagi sehingga kapal asing tidak bisa bebas masuk dan keluar wilayah Indonesia.

Apabila suatu laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka cara menentukan wilayah teritorial kedua negara adalah dengan menarik garis yang sama dari pantai luar.

Dalam batas-batas laut teritorial tersebut, Indonesia mempunyai hak berdaulat penuh. Negara lain dapat melakukan perjalanan di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Pulau Terbesar Di Indonesia, Di Antaranya Juga Terluas Di Dunia

Landas kontinen merupakan perpanjangan dari benua yang berada di lautan. Landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter dari permukaan laut. Namun jika landas kontinen sangat landai, maka batasnya akan diukur pada jarak 200 mil dari pantai.

Oleh karena itu, wilayah laut dangkal dengan kedalaman 200 m merupakan bagian dari wilayah nasional di wilayah laut tersebut. Landas kontinen diukur dari pantai ke pantai, jarak terjauhnya adalah 200 mil.

Sumber daya alam yang ada di landas kontinen suatu negara dapat dimanfaatkan oleh negara tersebut. Pemerintah berhak dan berwenang menggunakan, misalnya ikan atau hasil pertambangan, dengan menghormati dan tidak mengganggu jalur laut internasional.

Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE merupakan wilayah laut sepanjang 200 mil yang diukur dari dasar garis pantai pulau terluar hingga laut lepas. Jika ZEE suatu negara bertepatan dengan ZEE negara lain, maka penyelesaiannya dapat dirundingkan antara kedua negara dan dibagi rata.

Tugas Ican Kkran

Di ZEE, negara yang bersangkutan mempunyai kewenangan untuk melakukan eksplorasi, eksploitasi, dan pengaturan seluruh sumber daya alam yang ada di dalamnya, baik sumber daya hayati maupun non hayati yang ada di darat, di darat, dan di laut, untuk kesejahteraan nasional. Sementara negara lain bebas menavigasi dan memasang kabel atau pipa bawah laut.

Baca juga  Gerakan Sebelum Gerakan Inti Dalam Senam Adalah

Mengenai kegiatan di ZEE Indonesia diatur dalam UU No. 5 Tahun 1983 pasal 5 tentang ZEE. Di ZEE, Indonesia mempunyai hak untuk:

Perbatasan darat merupakan batas negara yang berada di darat dan berbatasan langsung dengan wilayah lain. Perbatasan tersebut dapat berupa ciri-ciri geografis seperti hutan, pegunungan dan pembagian lahan lainnya, baik mempunyai akses maupun tidak sesuai kesepakatan negara tetangga.

Indonesia sendiri berbatasan langsung melalui darat dengan 3 negara yaitu Papua Nugini (perbatasan wilayah Papua), Timor Leste (perbatasan wilayah Nusa Tenggara Timur) dan Malaysia (perbatasan wilayah Kalimantan Barat dan Timur).

Profil Negara Asean Dan Pengaruh Letak Astronomisnya

Batas udara suatu negara dibedakan menjadi 2, yaitu batas horizontal dan batas vertikal. Batasan ini ditentukan oleh persyaratan masing-masing negara dan mudah dilanggar karena sulit untuk dipelihara dan sangat mahal untuk dipelihara. Penentuan batasannya juga dipengaruhi oleh kegunaannya, seperti untuk penerbangan, komunikasi, dan satelit cuaca.

Berdasarkan Konvensi Chicago (1944) tentang Penerbangan Sipil dan Perjanjian Luar Angkasa (1967) tentang Administrasi Luar Angkasa, batas udara vertikal suatu negara belum dapat ditentukan, melainkan berada pada ketinggian 110 – 130 km.

Batas udara horizontal Indonesia mempunyai luas yang sama dengan wilayah negara Indonesia, baik luas daratan maupun luas laut Indonesia.

Bagaimana dengan ini, pastinya anda sudah memahami informasi di atas mengenai ukuran dan pembagian batas wilayah di Indonesia bukan? Mengapa Anda benar-benar perlu mengetahui topik ini? Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik dan tentunya pemimpin masa depan negara, hal ini harus Anda sadari sebagai upaya menjaga kedaulatan wilayah NKRI!

Urutan Benua Dari Yang Terbesar Hingga Yang Terkecil Halaman All

Jangan sampai karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman, masyarakat kita dan sumber dayanya dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh asing, sungguh miris. Untuk lebih memahami penerapan di perbatasan wilayah Indonesia, Anda dapat membuka ruang belajar untuk menonton video selengkapnya!

Penulis Konten dan Pembuat Konten. Saya harap tulisan saya bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! :DHo, bagaimana kabarmu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Penasaran dengan status negara-negara ASEAN? Yuk cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 dibawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah sebuah kelompok

Negara yang berbatasan daratan indonesia, negara yang berbatasan langsung dengan indonesia, wilayah asean bagian timur berbatasan dengan, negara yang berbatasan dengan, wilayah indonesia bagian timur berbatasan dengan negara, sebutkan negara tetangga yang berbatasan langsung dengan wilayah indonesia, wilayah myanmar di sebelah utara berbatasan dengan, negara yang berbatasan dengan indonesia, wilayah myanmar di sebelah utara berbatasan dengan negara, negara yang berbatasan dengan daratan indonesia, negara yang tidak berbatasan darat dengan indonesia adalah, batas wilayah daratan indonesia berbatasan langsung dengan