Tukak Lambung Atau Maag Dapat Disebabkan Oleh Hal Berikut Kecuali

Tukak Lambung Atau Maag Dapat Disebabkan Oleh Hal Berikut Kecuali – Anda berada disini: Beranda 1 / blog 2 / Refluks Asam Lambung 3 / Sakit perut teratur …

Apakah Anda terkadang merasakan rasa asam dan tidak enak di bagian belakang tenggorokan? Anda mungkin mengalami refluks asam atau gangguan pencernaan. Jika Anda sering mengalami kondisi ini, Dr Ganesh Ramalingam, spesialis bedah umum di G&L Surgery Clinic, Mount Elizabeth Novena Medical Center, mengatakan Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), yang terjadi ketika asam dilepaskan dari dalam perut mengalir ke atas. Dan masuk ke kerongkongan. Di bawah ini, Dr. Ganesh menjelaskan lebih lanjut tentang GERD, faktor risiko, gejala, dan pilihan pengobatan.

Tukak Lambung Atau Maag Dapat Disebabkan Oleh Hal Berikut Kecuali

GERD melibatkan persimpangan antara kerongkongan dan lambung. Orang mungkin mengalami nyeri atau sensasi terbakar di dada, yang disebut mulas, yang merupakan gejala GERD yang paling umum.

Gubes Unair Sebut Pasien Infeksi Penyebab Kanker Lambung Maag Surabaya Rendah

Gejala umum lainnya termasuk sakit perut atau naiknya asam lambung dan sakit tenggorokan, seperti sakit tenggorokan, batuk kering, atau bau mulut (bau mulut).

GERD dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan beberapa pasien sering melaporkan insomnia akibat refluks asam.

Ada banyak faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan GERD. Biasanya makanan dimakan kurang dari tiga jam sebelum tidur. Makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung karena memberikan tekanan pada sfingter esofagus (LES), yaitu lingkaran otot yang mencegah naiknya asam lambung.

Untuk mengurangi gejala tersebut, makanlah dalam porsi kecil dan hindari langsung tertidur setelah makan. Selain itu, seseorang dapat mengurangi makanan asam dan pedas seperti kopi, merica, cuka, dan minuman berkarbonasi.

Sakit Mag Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

Orang yang minum terlalu banyak alkohol atau merokok juga dapat terkena GERD, sedangkan faktor risiko lainnya termasuk kehamilan dan obesitas. Stres adalah faktor risiko lain karena dapat menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh dan meningkatkan produksi asam.

Baca juga  Bentuk Getah Nyatu

Karena gejalanya, GERD terkadang disalahartikan sebagai penyakit jantung, batuk kronis, sakit tenggorokan kronis, atau asma. Saya sering mempunyai pasien yang dirujuk oleh dokter atau spesialis lain dan perlu mengetahui riwayat kesehatan mereka terlebih dahulu untuk memastikan penyakit jantung mereka bukan merupakan gejala serangan jantung.

Saya juga akan menjadwalkan pasien untuk pemeriksaan lambung yang memungkinkan saya melihat lapisan esofagus, lambung, dan bagian pertama usus kecil.

Refluks asam esofagus yang berkepanjangan dapat menyebabkan peradangan esofagus, bisul, perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker esofagus atau bahkan kanker esofagus jika asam masuk ke tenggorokan. Namun, biasanya terjadi setelah puluhan tahun menderita GERD, jadi saya menyarankan pasien untuk mengatasi gejalanya sesegera mungkin.

Kenali Ciri Ciri Asam Lambung Naik, Jangan Diabaikan!

Penderita GERD juga dapat terserang asma, batuk kronis, atau masalah pernafasan lainnya akibat asam di sekitar saluran pernafasan. Mereka juga bisa mengalami masalah mulut seperti penyakit gusi atau penyakit gusi akibat asam lambung yang masuk ke mulut dan mempengaruhi gigi belakang (rahang).

Pertama, saya menyarankan masyarakat untuk mengatur pola makan dan gaya hidup. Seseorang dapat mengurangi tingkat dehidrasi dengan makan dalam porsi kecil sebelumnya dan menghindari makanan berlemak dan asam. Jika Anda perlu segera tidur setelah makan, ingatlah untuk mengangkat kepala, bukan mengangkat perut.

Ketika perubahan gaya hidup dilakukan untuk mengurangi terjadinya refluks asam, pengobatan adalah langkah berikutnya. Pasien mungkin akan diberi resep penghambat pompa proton (PPI), yaitu antasida atau antasida. Di sisi lain, saya bisa meresepkan obat yang merangsang kerongkongan untuk mendorong kembali asam.

Mengelola GERD adalah proses panjang yang bisa memakan waktu berbulan-bulan karena pasien harus menyesuaikan kebiasaan makan dan gaya hidup serta mengonsumsi obat-obatan jangka panjang.

Ketahui Perbedaan Antara Asam Lambung Dan Maag

Saya biasanya menyarankan pasien menjalani operasi fundoplikasi Nissen laparoskopi jika pengobatan awal gagal – jika pasien terus mengalami refluks asam lebih dari tiga kali seminggu selama 3 hingga 6 bulan terakhir, berapa pun dosisnya.

Jika kondisi Anda memengaruhi kehidupan sehari-hari, seperti membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak karena refluks asam, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pembedahan.

Pembedahan juga dianjurkan jika temuan gastroskopi menunjukkan bahwa sel-sel di kerongkongan Anda mulai menjadi kanker. Setelah menolak kemungkinan kondisi lain seperti penyakit jantung, tenggorokan atau paru-paru, pasien mungkin dipertimbangkan untuk menjalani operasi.

Operasi ini dilakukan dengan teknik laparoskopi, yang berarti invasif minimal. Selama fundoplikasi Nissen laparoskopi, bagian atas lambung (fundus) dililitkan di sekitar esofagus bagian bawah untuk mengurangi terjadinya refluks asam dengan meregenerasi sfingter esofagus (LES).

Baca juga  Jelaskan Pengertian Hukum Bacaan Izhar Syafawi Dan Tulislah Satu Contohnya

Obat Maag Paling Ampuh Yang Bagus Di Apotik

Ini adalah jenis operasi GERD yang paling umum. Masa pemulihan biasanya singkat – sebagian besar pasien dirawat di rumah sakit selama dua hari tetapi baru bisa bangun sekitar satu hari setelah keluar dari rumah sakit.

Dianjurkan agar selama dua minggu pertama setelah operasi, pasien melanjutkan diet cair sebelum melanjutkan ke makanan lunak selama dua minggu berikutnya. Pasien harus berhati-hati untuk makan perlahan dan dalam jumlah kecil setiap kali makan. Setelah 3 sampai 4 minggu, pasien dapat kembali berolahraga secara teratur.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah operasi tidak sepenuhnya menyembuhkan GERD dan mungkin saja kambuh, terutama jika pasien tidak terus mengontrol pola makan dan gaya hidup. Operasi ini memungkinkan pasien tidak merasakan sakit selama 5 hingga 7 tahun dan mencegah pergantian sel.

Seorang pendukung kuat dalam merawat pasien secara keseluruhan dan bukan hanya kondisinya saja, Dr. Ganesh Ramalingam memberi nasihat kepada pasien tentang cara mengatur kebiasaan dan pola makan sehari-hari untuk menjalani hidup sehat. Sebagai konsultan di Klinik Bedah G&L yang berspesialisasi dalam bedah umum, ia menangani berbagai pasien dengan gangguan pencernaan dan berspesialisasi dalam bedah bariatrik, GI bagian atas dan hernia, bedah laparoskopi tingkat lanjut, endoskopi, dan trauma.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik, Bagaimana Tipsnya?

Ganesh meraih gelar Sarjana Kedokteran dan Sarjana Kedokteran (MBBS) dan Magister Kedokteran (MMed) dari National University of Singapore. Beliau memegang gelar pascasarjana dan beasiswa dari Royal College of Surgeons, Edinburgh.

Sebagai ayah dua anak perempuan yang sibuk, Dr. Ganesh masih menyempatkan diri untuk berdonasi kepada masyarakat, dengan menjabat sebagai direktur Rotary Club di Singapore Youth Services Committee.

Lorem Ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing alit, sad do eiusmod tempor incididunt ut! Di atas dan dolore magna aligua. Ut enim ad minim yen, qui; latihan kami tidak akan berhasil, tidak perlu melengkapi peralatan ex ea commodoconseguat.

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk ngobrol di WhatsApp atau kirimkan email pertanyaan kepada kami @ “Infeksi lambung dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah penyakit bawaan makanan karena adanya parasit. Infeksi usus dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada pula yang dapat menyebabkan komplikasi serius. “

Sakit Lambung, Periksakan Segera, Jangan Remehkan Akibatnya

Jakarta – Infeksi saluran cerna adalah suatu kondisi ketika lapisan lambung mengalami peradangan. Penyebab paling umum dari infeksi lambung adalah infeksi bakteri.

Baca juga  Tujuan Utama Negara Mengadakan Pembangunan Ekonomi Adalah

Ada kondisi lain yang menyebabkan infeksi lambung, misalnya adanya parasit yang biasanya disebabkan oleh penyakit bawaan makanan. Baca fakta penyakit lambung yang jarang diketahui di sini!

Kebanyakan orang sering membandingkan infeksi lambung dengan maag. Kedua kondisi ini merupakan penyakit lambung yang berbeda. Tukak lambung atau peptikum: Ini adalah jenis tukak lambung yang paling umum. Fakta apa saja tentang maag yang perlu Anda ketahui?

Infeksi usus dapat menyebabkan diare dan muntah. Beberapa penyebabnya mungkin adalah infeksi bakteri, virus, dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi usus.

Penyakit Asam Lambung: Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Tergantung penyebabnya, pengobatan infeksi lambung berbeda-beda. Namun secara umum pengobatan akan fokus pada terus minum air putih, tetap terhidrasi, dan banyak istirahat.

Meski hampir semua makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi, ada beberapa makanan yang berisiko tinggi. Ini termasuk daging mentah atau mentah, telur atau unggas, susu mentah dan jus buah, air kotor, dan sayuran serta buah-buahan yang tidak dicuci.

Perubahan kebersihan dan gaya hidup dapat mencegah infeksi lambung. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan makanan dan proses memasak serta menghindari kotoran hewan. Berhenti merokok juga dapat mencegah infeksi lambung. Soalnya, merokok menurunkan pertahanan alami lambung dan mengganggu proses penyembuhan infeksi lambung.

Infeksi usus bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Apapun penyebabnya, gejalanya kurang lebih sama, antara lain diare, sakit perut, dan mual. Dalam beberapa kasus, infeksi lambung bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika Anda mengalami gejala dehidrasi atau komplikasi lainnya, segera konsultasikan ke dokter.

Jangan Salah! Ini Perbedaan Penyakit Maag Dan Gerd (4)

Infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri dapat dengan mudah menular dari orang ke orang. Biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Jika seseorang mengalami infeksi lambung akibat bakteri, gejalanya biasanya ditandai dengan diare yang tidak kunjung berhenti selama lebih dari tiga hari.

Jika gejalanya disertai dengan inkontinensia tinja dan tanda-tanda dehidrasi parah, berarti penderita harus segera berobat.

Selain dehidrasi, infeksi lambung dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya, seperti demam tinggi, nyeri otot, kehilangan kontrol usus, pendarahan usus, anemia, bahkan gagal ginjal. Dalam kondisi yang parah dan tidak diobati, infeksi lambung dapat menyebabkan kerusakan otak bahkan kematian.

Referensi: Saluran Kesehatan yang Lebih Baik. Masuk tahun 2023. Tukak lambung atau peptikum. Centergihealth.com. Diakses tahun 2023. Tukak lambung atau peptikum: Garis kesehatan. Diakses tahun 2023. Infeksi saluran cerna: gejala, penyebab dan pengobatan. Berita medis hari ini. Diakses tahun 2023. Yang perlu Anda ketahui tentang infeksi lambung hanyalah adanya tukak pada lapisan lambung. Ingin tahu cara mengatasinya? Baca lebih lanjut di sini.

Hati Hati, Asam Lambung Naik Ternyata Bisa Menyebabkan Nyeri Punggung!

Sakit ulu hati dan perut sebelah kiri, rasa panas di area surya, nyeri bertambah parah setelah makan, rasa kenyang dan kembung, kembung, mual, muntah, nyeri ulu hati.

: