Tolakan Menggunakan Tangan Dapat Dilihat Pada Gerak

Tolakan Menggunakan Tangan Dapat Dilihat Pada Gerak – Apakah kamu suka buku ini Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Bagian 7 | Lantai 235 Senam Motorik, Instrumen Observasi Penilaian Sikap atau Instrumen Penilaian Diri Siswa. B. Persiapan khusus untuk pengajaran 1) Meninjau rencana pelaksanaan pembelajaran (RP) yang telah disiapkan oleh guru. 2) Baca kembali buku asli tentang belajar senam. 3) Persiapan alat pembelajaran, meliputi: a) titik-titik di lantai untuk mengatur siswa belajar, b) matras, papan loncatan, peti atau kotak untuk melompat. c) Alat peraga khusus untuk gerakan senam d) Pemutar kaset/CD a) Peluit dan stopwatch. 4) Lembar kerja siswa yang berisi petunjuk dan indikator untuk memindahkan tugas. C. Kegiatan pembelajaran 1) Kegiatan pembukaan pembelajaran • Presentasi tujuan pembelajaran secara umum • Presentasi materi pada pertemuan • Presentasi konsep teori dari materi yang ditampilkan secara tertulis di papan dada • Pengenalan/praktik protokol pelatihan – pelatihan. Cara menarik perhatian siswa (templat tepuk tangan) – Keakraban dengan cara menjawab pertanyaan, – Keakraban dengan perintah atau perintah “mulai” dan “berhenti” – Keakraban dengan perilaku positif yang diharapkan (menggunakan poster dengan contoh perilaku) • Pemeriksaan pemahaman (comprehension check) ) • Pada kegiatan sebelumnya Memberikan motivasi • Presentasi kegiatan sebelumnya: Loco dengan musik; Permainan, aktivitas spontan/segera.

Tolakan Menggunakan Tangan Dapat Dilihat Pada Gerak

236 Panduan Guru SMA/SMK PJOK Kelas X 2) Pra Kegiatan (Pemanasan): Pilih salah satu kegiatan yang diakhiri dengan kegiatan peregangan pasif dan aktif. 3) Kegiatan Pokok Pembelajaran Menekuk Kepala (a) Penolakan PGD dan Pendaratan 1) Penolakan PGD dilakukan beberapa kali, dari kecepatan dan jarak awal yang berbeda. Jika memungkinkan, pilih keluar dari papan penolakan. (a) Tekan kedua kaki. Gambar 2.7.15 Menendang kedua kaki (b) Menendang satu kaki. Gambar 2.7.16 Push-up satu kaki (c) Menarik dengan kedua tangan. Gambar 2.7.17 Tolakan dua tangan Mekanisme tolakan Agar pusat gravitasi benda bergerak cepat, gaya harus diterapkan pada benda. Gaya ini dapat berasal dari tenaga dalam, seperti kontraksi otot, atau dapat juga berasal dari tenaga luar, seperti papan, batang, atau elastisitas lantai. Semua kekuatan ini harus:

Pendidikan Olahraga Sd, Smp, Sma: 2016

Bagian 7 | Lantai Senam 237 (a) Luas atau luas yang cukup; b) ke arah yang diinginkan; dan (c) mengalir dalam benda padat dan kaku. 2) Mendarat PGD, beberapa kali, dari instrumen dan ketinggian yang berbeda. (a) Mendarat dengan kedua kaki Gambar 2.7.18 Mendarat dengan kedua kaki (b) Mendarat dengan kedua tangan Gambar 2.7.19 Mendarat dengan kedua tangan (c) Mendarat dengan punggung lurus Gambar 2.7.20 Mendarat dengan mekanisme panjat punggung Ada dua mekanik prinsip-prinsip yang mengatur segala bentuk pendaratan, yang harus dipahami oleh setiap pelatih/pengajar dan peserta, yaitu:

Baca juga  Perhatikan Gambar Di Samping

238 Panduan Guru PJOK SMA/SMK Kelas X . Momentum dari setiap pendaratan harus diserap selama mungkin. Itu mungkin. (b) Pembelajaran Pegas Leher dan Pegas Kepala (Neck/Head Springs) Kegiatan Orientasi Spesifik Gerakan Melatih kedua keterampilan di atas memerlukan langkah pembelajaran yang hampir sama, dimulai dengan latihan orientasi untuk membiasakan memutar tubuh melalui penggerak kaki. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Beberapa Gerakan Orientasi Perlawanan Kepala a) Dengan bantuan teman, angkat kepala di atas telapak tangan. Gambar 2.7.21 Bergerak dengan bantuan handstand. b) Melompat dari posisi duduk sambil bersandar pada punggung. c) Dengan bantuan dua orang teman, lakukan latihan langkah dari berdiri, Gambar 2.7.22 Perlawanan dengan bantuan g) Turun dari posisi yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Bagian 7 | Senam Lantai 239 Gambar 2.7.23 Perlawanan dari posisi yang lebih tinggi Untuk memudahkan latihan keterampilan menekuk leher dan kepala, bantuan dapat diberikan dengan cara yang benar, baik dalam hal memegang maupun mendorong. Gambar 2.7.24 Bantuan resistensi (c) Seri gerakan pembelajaran Roll ke depan diikuti dengan resistensi leher/kepala. Latihan ini dilakukan setelah keterampilan kelenturan leher/kepala dikuasai dengan baik. Dalam praktiknya, serangkaian gerakan memutar dengan fleksi leher/kepala akan memberikan lebih banyak momentum, sehingga individu tertentu akan lebih menyempurnakan gerakan fleksi mereka. Implementasinya, lakukan peran sebelumnya dengan cepat. Saat Anda mencapai posisi guling terakhir, teruslah bergerak maju dengan sedikit condong ke depan. Setelah menekuk tangan dan kepala, segera tendang kaki dan mendarat dengan kedua kaki.

240 Panduan Guru SMA/SMK PJOK Kelas X F. Prosedur Kegiatan Pembelajaran 3 1. Kegiatan Pembelajaran 3 a. Materi Latihan 3 Lompat Lompat (Horse Jumping) 1) Deskripsi Lompat Maju Dalam Show Jumping, melakukan lompat kuda selalu memiliki enam tahapan berikut, yaitu: a) Pendekatan. b) pelepasan papan (ruang bawah tanah). c) penerbangan pertama (penerbangan pertama). d) menarik tangan (tolakan). d) penerbangan kedua. f) Mendarat (terbang). Jadi lompatan ke depan dalam pertunjukan kuda lompat juga melewati tahapan-tahapan ini. Mulai dari jarak maksimal 25 m dari awalan, lempar pada papan loncatan dan buat lebah pertama, lompat dengan kedua tangan pada badan yang berdiri dan mendaratkan lebah kedua. Yang membedakan satu lompatan dari yang lain adalah jenis lompatan yang dilakukan selama fase kedua kucing. 2. Merujuk pada langkah-langkah belajar tekun a. Persiapan pendidikan umum 1) pemilihan materi kegiatan jasmani atau olahraga yang akan dipelajari, 2) konsep teori materi yang akan dipelajari dalam bentuk tulisan di papan tulis, 3) poster contoh perilaku tanggung jawab (dapat ditulis besar .Kertas manila, dicetak dan direkatkan pada kertas manila atau bidang besar, atau dicetak sebagai spanduk (lihat contoh standing banner)

Baca juga  Kalimat Yang Mewakili Seluruh Isi Paragraf Disebut Kalimat

Jenis Jenis Gerakan Senam Lantai Yang Harus Kamu Ketahui

Bagian 7 | Gym Floor 241 4) Perlengkapan yang akan digunakan guru dalam pembelajaran seperti tali, pita pembatas, kapur tulis, peluit, kotak, poster, alat tulis, alat peraga, LKS, CD player atau sound system Bluetooth, dll. 5) Peralatan yang akan digunakan anak saat belajar keterampilan, seperti tikar, tikar segi delapan, tikar keju, tikar, papan start, kuda-kuda atau kotak, tongkat bundar dengan panjang 1,5 sampai 2 meter dan diameter 10 cm (dapat dipegang oleh siswa). 6) Siapkan papan buletin untuk meletakkan bintang atau gelar penghargaan dan penghargaan dari kelas yang dipelajari. 7) Membuat tata letak atau sekurang-kurangnya gambaran konseptual penempatan peralatan di ruangan atau lapangan untuk digunakan. 8) Menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RP, soal penilaian kognitif, instrumen lembar observasi penilaian motorik, instrumen observasi penilaian sikap, atau instrumen penilaian diri siswa. B. Persiapan khusus untuk pengajaran 1) Meninjau rencana pelaksanaan pembelajaran (RP) yang telah disiapkan oleh guru. 2) Baca kembali buku asli tentang belajar senam. 3) Persiapan alat pembelajaran, meliputi: a) titik-titik di lantai untuk mengatur siswa belajar, b) matras, papan loncatan, peti atau kotak untuk melompat. c) Alat peraga khusus untuk gerakan senam d) Cassette/CD player e) Peluit dan stopwatch. 4) Lembar kerja siswa yang berisi petunjuk dan indikator untuk memindahkan tugas.

242 Panduan Guru PJOK SMA/SMK Kelas X c. Kegiatan pembelajaran 1) Kegiatan pembukaan pembelajaran • Presentasi tujuan pembelajaran secara umum • Presentasi materi pada pertemuan • Presentasi konsep teori dari materi yang ditampilkan secara tertulis di papan dada • Pengenalan/praktik protokol pelatihan – pelatihan. Cara menarik perhatian siswa (templat tepuk tangan) – Keakraban dengan cara menjawab pertanyaan, – Keakraban dengan perintah atau perintah “mulai” dan “berhenti” – Keakraban dengan perilaku positif yang diharapkan (menggunakan poster dengan contoh perilaku) • Pemeriksaan pemahaman (comprehension check) ) • Pada kegiatan sebelumnya Memberikan motivasi • Presentasi kegiatan sebelumnya: Loco dengan musik; Permainan, aktivitas spontan/segera. 2) Pra Kegiatan (Pemanasan): Pilih salah satu kegiatan yang diakhiri dengan kegiatan peregangan pasif dan aktif. 3) Kegiatan Dasar Belajar Menekuk Kepala 1. Latihan awal Pantulan biped (selangkangan) merupakan bagian yang cukup sulit bagi pemula untuk melakukan teknik pantulan dengan kedua kaki. Gerakan ini terutama membutuhkan koordinasi gerakan yang tinggi, sehingga sangat menyulitkan bagi pelompat pemula. Oleh karena itu, perlu melatih gerakan ini secara terpisah agar mendapatkan hasil yang baik pada lompatan secara keseluruhan. Pelaksanaan latihan penolakan awal ini akan dilakukan secara bertahap dan oleh karena itu alat-alat yang diperlukan akan tersedia di setiap tahap: a. Tahap pertama membutuhkan bola. Pelompat berdiri sekitar tiga langkah di belakang bola di lantai. jika dia kidal

Baca juga  Nada D Ke F Dalam Tangga Nada C Mayor Berjarak

Bagian 7 | Latihan Lantai 243 Ambil tiga langkah ke depan, dimulai dengan kaki kiri. Saat kaki kiri kembali ke langkah ketiga, coba gunakan kaki tersebut untuk menahan pantulan bola yang disimpan di depan pelompat. mendarat dengan dua kaki. Jika gerakan ini bisa dipraktekkan dengan lancar, tambahkan latihan di atas dimana Anda lepas landas dengan dua kaki dan terbang ke atas dengan tubuh tegang, lengan lurus, dan mendarat dengan dua kaki lagi. Gambar 2.7.25 Gerakan Menekuk Kepala Penuh. Lakukan ini beberapa kali sampai Anda menguasai gerakannya. Kemudian secara perlahan, tingkatkan jarak awal, dari tiga langkah menjadi lima langkah, tujuh langkah, dst, sambil menambah kecepatan awal. B. Peralatan yang dibutuhkan tahap kedua adalah bola, papan tendangan dan alas pendaratan. Proses latihannya mirip dengan tahap pertama, menekan dua kaki di papan start. Karena penggunaan papan catur, seiring dengan kecepatan awal yang lebih tinggi, sayap yang dihasilkan akan lebih besar dan lebih jauh. Oleh karena itu perlu adanya alas pendaratan pada tahap ini. Lakukan latihan beberapa kali untuk menguasai koordinasi.

Cara dapat stiker gerak di wa, penyakit gonore pada wanita dapat dilihat gejalanya adalah, bentuk keragaman budaya indonesia dapat dilihat dari, terciptanya integrasi sosial didalam masyarakat dapat dilihat dari, contoh benda gas yang dapat dilihat, jumlah halaman buku dapat dilihat pada, iklan merupakan media komunikasi yang biasanya dapat dilihat di, masalah kualitas penduduk dapat dilihat dari, cara dapat stiker wa gerak, lukisan hanya dapat dilihat dari, sejarah pariwisata indonesia dapat dilihat pada, teks iklan merupakan media komunikasi yang biasanya dapat dilihat pada