Tema Sebuah Karya Seni Rupa Sangat Dipengaruhi Oleh

Tema Sebuah Karya Seni Rupa Sangat Dipengaruhi Oleh – Apakah kamu suka buku ini? Dalam beberapa menit Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis! Buat flipbook Anda sendiri

Pengetahuan dasar Seni Rupa 40 kompleksitas. Namun kontras dalam karya seni tetap perlu dikontrol agar tidak berlebihan dan tetap menjaga keutuhannya. Kontras paling baik digunakan untuk menciptakan pusat perhatian. Penerapan prinsip kontras pada karya seni dapat dilihat pada Gambar 29. Berikut gambaran penataan unsur rupa pada karya seni dengan prinsip penataan berbeda yang biasanya diterapkan dalam bentuk dua, tiga, atau karya seni empat dimensi.

Tema Sebuah Karya Seni Rupa Sangat Dipengaruhi Oleh

Pengetahuan Dasar Tentang Seni Rupa 41 JENIS KARYA SENI Seni rupa yang sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari sangatlah beragam. Bagian ini mencoba menjelaskan beragam karya seni tersebut dengan mengelompokkannya menurut bentuk, fungsi, teknik, dan sikap batin penciptanya. A. JENIS KARYA SENI MENURUT BENTUK 1. Karya Seni Dua Dimensi Karya seni dua dimensi atau dwimatra adalah karya seni yang hanya dapat dinikmati dari satu arah yaitu dari depan, karena hanya mempunyai panjang lebar. ukuran. Karya seni yang termasuk dalam kategori ini antara lain lukisan, gambar, foto, tenun, dan batik. Contoh karya seni dua dimensi dapat dilihat pada Gambar 30. Gambar 30. Contoh karya seni dua dimensi. Kiri: ilustrasi berjudul Pergulatan Salamuna Kaulama; Kanan: lukisan berjudul Raja Putih Sebagai Panggilan Kesucian, karya Hajar Pamadhi.

Pengertian Kritik Karya Seni Rupa: Jenis, Tahapan, Dan Kritikus Seni Di Indonesia

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 42 2. Karya Seni Tiga Dimensi Karya seni tiga dimensi adalah karya seni yang mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi yaitu mempunyai kedalaman (volume/volume). Selain panjang dan lebarnya, sehingga bentuknya bisa dinikmati dari berbagai arah. Karya seni yang termasuk dalam kategori ini antara lain patung, bangunan, boneka, dan berbagai jenis desain produk. Contoh karya seni tiga dimensi dapat dilihat pada Gambar 31. 3. Karya seni empat dimensi Karya seni empat dimensi atau disebut juga ‘time art’ merupakan fenomena baru dalam dunia seni rupa yang meliputi: (1) video art (suatu karya seni yang ditampilkan dalam bentuk video yang menampilkan gerak dan suara). Suatu karya dapat dipajang di atas kanvas, namun dapat juga diproyeksikan ke dinding dengan menggunakan media cahaya, (2) seni pertunjukan di mana seniman beraksi. Tindakan seniman terekam dalam foto atau video, namun tindakan seniman merupakan karya seni itu sendiri; (3) seni media baru yang interaktif seperti seni digital, animasi komputer, dan robotika, yang digunakan seniman untuk mengeksplorasi potensi teknologi baru ini. Gambar 31. Contoh karya seni rupa tiga dimensi. Kiri: Patung Henry Moore (Wikicommons, Andrew Dunn); Kanan: desain produk berbentuk sepatu (Pixabay, Stevepb).

Baca juga  Naon Sababna Krisis

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 43 B. JENIS KARYA SENI MENURUT FUNGSI Karya seni dibedakan menurut fungsinya menjadi karya seni murni (fine art) dan karya seni terapan (applied art). 1. Seni Rupa (Fine Art) Seni rupa adalah suatu karya seni yang diciptakan semata-mata dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan mengungkapkan rasa keindahan (rasa estetika), dan tidak dimaksudkan untuk dipenuhi guna atau fungsi praktis apa pun. Contoh karya seni yang termasuk dalam kategori ini antara lain lukisan, patung, permadani, atau karya seni lainnya yang ditujukan semata-mata untuk ekspresi estetika yang dihasilkan oleh seniman. Istilah seni murni pertama kali muncul di Eropa pada masa Renaisans, yang kemudian disinonimkan dengan ‘seni tinggi’ untuk membedakannya dengan ‘seni rendah’ ​​yang dimaksudkan untuk seni terapan. Contoh karya seni murni dapat dilihat pada Gambar 33. Gambar 32. Contoh karya seni empat dimensi berupa instalasi video berjudul Observation Station from the Edge karya David Politzer (Wikicommons, David Politzer).

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 44 2. Karya Seni Terapan (Applied Art) Karya seni terapan adalah karya seni yang diciptakan dengan maksud untuk memenuhi fungsi atau tujuan praktis tertentu. Aspek kegunaan merupakan faktor terpenting yang mendasari terciptanya jenis seni ini. Artinya karya seni rupa ini lahir karena didorong oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan praktis agar kehidupan masyarakat lebih mudah dan nyaman. Dalam upaya memenuhi kebutuhan praktis tersebut, masyarakat juga ingin memuaskan selera estetikanya, sehingga proses pencapaiannya dilakukan agar karya tersebut menarik secara visual. Oleh karena itu, aspek estetika (keindahan) suatu karya juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dan dipatuhi dalam proses penciptaan. Karya seni rupa yang termasuk dalam kelompok ini umumnya merupakan karya seni desain atau kriya. Berbentuk dua dimensi misalnya poster, spanduk, baliho, brosur, sampul buku, dan logo. Dalam bentuk tiga dimensi misalnya furniture, peralatan, kendaraan dan arsitektur. Contoh karya seni dapat dilihat pada Gambar 34. Gambar 33 Contoh karya seni: Kiri: Patung dua ekor kuda kelapa terbuat dari baja setinggi 30 meter yang diberi nama The Kelpies (Wikicommons, Beninjam); Kanan: Cetak (litograf) oleh Willem de Kooning (Wikicommons).

Baca juga  Nama Benda Dari N

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 45 C. JENIS KARYA SENI MENURUT TEKNIK PENCIPTAAN Seni rupa menurut teknik penciptaannya dapat dibedakan sebagai seni rupa yang diciptakan dengan cara memberi guratan warna, mencetak, menggunting, mengepang, menyulam. , merekatkan, membentuk/membuat, menata, mengikat dan membatik. Gambar 34. Contoh karya seni terapan. Atas: Desain Interior untuk Mempercantik Ruangan (Wikicommons, Edona Seci); Kiri bawah: desain poster (Pixabay, ColiN00B); Kanan bawah: desain kursi (Pixabay, Bijutoha).

Belajar Photorealism Dalam Seni Lukis Biar Hasil Karyamu Terlihat Nyata

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 46 1. Karya seni rupa yang dibuat dengan teknik Gores/Sapu Warna Karya seni rupa yang dibuat dengan teknik Gores/Cuci Warna dapat berbentuk gambar atau gambar. Dalam perkembangannya, gambar dan lukisan merupakan dua jenis karya seni rupa dua dimensi yang sulit dibedakan karena sama-sama berbentuk garis-garis berwarna yang dieksekusi secara sadar dan melibatkan pengalaman rasa keindahan pada permukaan gambarnya. sebuah pesawat. Dari segi teknis, gambar biasanya didominasi oleh garis-garis linier seperti yang dibuat dengan pensil, pulpen atau spidol, sedangkan lukisan dicirikan oleh lukisan dengan alat seperti kuas. Penggunaan istilah gambar dan gambar telah dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, karya yang didominasi guratan garis disebut drawing, sedangkan karya yang didominasi lukisan dengan guratan lebar disebut lukisan. Pada kenyataannya pembedaan secara teknis tidak dilakukan secara tegas, karena tidak jarang karya yang disebut gambar menggunakan teknik lukis, dan pada karya yang disebut lukisan didominasi garis berbentuk guratan. Dan sebaliknya. Lukisan yang semula diartikan sebagai efek sapuan kuas pun ikut diganti. Tak jarang karya yang disebut dengan lukisan dibuat dengan teknik penyemprotan atau pengeleman dengan bahan berbeda. A. Seni rupa Seni rupa atau biasanya hanya ‘gambar’, ada beberapa jenisnya tergantung pada karakter spesifiknya. Berbagai jenis dijelaskan di bawah ini. 1) Gambar bentuk Gambar bentuk adalah jenis gambar yang dibuat dengan prinsip bahwa juru gambar berperilaku seperti seorang fotografer yang berusaha menggerakkan suatu benda (benda atau sekelompok benda) pada bidang gambar persis seperti yang dilihatnya secara langsung. Seniman berusaha untuk menangkap bentuk benda, karakter bahan benda dan pengaruh cahaya terhadap benda sehingga gambar yang dihasilkan benar-benar menyerupai benda asli yang diamati. Benda untuk menggambar bentuk pada umumnya adalah benda alam (benda tak bergerak/mati). Dalam seni rupa, lukisan jenis ini dikenal dengan lukisan still life. Contoh bentuk gambar dapat dilihat pada Gambar 35.

Baca juga  Puisi Yang Berjudul Jenderal Sudirman Menceritakan Tentang

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 47 2) Gambar Model Gambar model adalah gambar yang menggambarkan sosok makhluk hidup, khususnya manusia, sebagai benda. Prinsip menggambar benda sama dengan menggambar bentuk, yaitu berusaha menampilkan benda tiga dimensi pada bidang gambar sesuai penglihatan. Perbedaan utama antara gambar model dan gambar bentuk terletak pada objeknya. Objek gambarnya adalah benda mati, sedangkan objek model gambarnya adalah manusia. Orang yang digambar disebut model. Ada model profesional, yaitu seseorang yang ahli dalam membuat gambar, lukisan atau foto dan mendapatkan uang dari usahanya. Model profesional seperti itu pasti tahu bagaimana menjadi sebuah objek yang sesuai dengan keinginan seorang fotografer, pelukis atau fotografer. Selain itu, ada orang yang menjadi model karena ingin digambar, dilukis, atau difoto secara artistik. Contoh gambar model ditunjukkan pada Gambar 36. Gambar 35. Contoh gambar bentuk oleh Yvonne Paul (Wikicommons, Smithsonian).

Pengetahuan Dasar Seni Rupa 48 3) Gambar Ilustratif Gambar ilustratif atau biasa disingkat “ilustrasi”, dalam arti luas diartikan sebagai gambar yang menjelaskan atau menceritakan suatu cerita. Pengertian tersebut dapat mencakup gambar-gambar di dinding gua dari zaman prasejarah maupun komik-komik yang dibuat saat ini. Dalam arti sempit, ilustrasi adalah gambar yang dibuat khusus untuk menemani teks, misalnya pada buku atau iklan, untuk mempertegas kesan teks tersebut. Namun perkembangan dunia ilustrasi dewasa ini semakin pesat Gambar 36. Contoh gambar model (berpakaian dan telanjang). Kiri: gambar model dengan proyeksi anatomi, disebut juga gambar figur (Wikicommons, Wellcome). Kanan: gambar model berpakaian (Pixabay).

Dasar-dasar seni rupa 49 semakin mempersulit penciptaan definisi yang dapat mencakup semua jenis ilustrasi yang ada. Ilustrasi bukan lagi sekedar gambar yang dibuat untuk menemani teks. Demikian pula ilustrasi tidak lagi sebatas realisasi berupa gambar dalam bidang dua dimensi, melainkan juga dalam bidang tiga dimensi, sebagaimana terlihat pada ilustrasi pop-up pada buku bacaan anak. Berdasarkan pengertiannya yang luas, karya ilustrasi dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain ilustrasi ilmiah,

Kelas 10 Sma Seni Budaya S2 Siswa 2017 (1) 16

Contoh karya seni rupa, karya seni rupa murni, apresiasi karya seni rupa, karya seni rupa lukisan, fungsi karya seni rupa, karya seni rupa terapan, keindahan sebuah karya seni rupa tersusun dari, tema karya seni rupa, karya seni rupa desain, tujuan karya seni rupa, tema karya seni rupa murni, karya seni rupa bali