Teks Deskripsi Yaiku

Teks Deskripsi Yaiku – Yuk pelajari pengertian teks deskriptif, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis dan contohnya pada artikel bahasa indonesia untuk kelas 7 berikut ini! —

Sobat pasti sering membaca berbagai artikel bukan? Pada dasarnya, menulis dibagi menjadi dua bagian besar: fiksi dan nonfiksi. Tentu saja membaca teks sastra merupakan kegiatan yang mengasyikkan bukan? Bagaimana dengan teks non-fiksi?

Teks Deskripsi Yaiku

Ternyata teks nonfiksi terbagi menjadi beberapa jenis tulisan, salah satunya adalah tulisan deskriptif. Wah, apa itu teks deskriptif? Tenang guys, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur dan contoh teks. Bagi yang tertarik langsung saja simak penjelasannya di bawah ini ya!

Teks Deskripsi Kebaya

Berdasarkan KBBI, dalam kata “deskripsi” terdapat kata lain yaitu deskriptif yang artinya menyatakan atau memperlihatkan dengan kata-kata secara jelas dan rinci. Jadi, tulisan deskriptif berarti penjelasan yang jelas tentang sesuatu.

Ya, itu bisa berupa benda atau makhluk hidup. Tentu saja untuk menjelaskan sesuatu dengan jelas, kita memerlukan rincian apa yang ingin kita jelaskan dalam teks.

Menurut Utorodev (2007), tujuan teks deskriptif adalah untuk mendeskripsikan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasa atau gayanya, dengan mengandalkan panca indera dalam proses mendeskripsikannya.

Ciri-ciri teks deskriptif berbeda-beda menurut tiga kriteria: tujuan, subjek yang dideskripsikan, dan isi teks itu sendiri. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Media Pembelajaran Bahasa Jawa, Materi Teks Deskripsi Rumah Adat Jawa

Karena teks deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan atau membangkitkan sesuatu tentang subjek, suasana, dan perasaan dengan sedetail dan sejelas mungkin, maka teks ini harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan mengalami apa yang sedang dijelaskan.

Baca juga  Teknik Hindaran Termasuk Dalam Gerak

Seperti teks lainnya, teks ini juga mempunyai struktur tertulis. Struktur teks ekspositori terdiri dari judul, kalimat topik, deskripsi dan kesimpulan. Mari kita bahas satu per satu, oke?

Dimulai dengan judul yang dirancang untuk menggambarkan isi teks. Misalnya seperti judul teks di atas. Karena judul teksnya adalah “Sekolahku”, maka otomatis isi teks tersebut menggambarkan suasana di sekolah penulis.

Dilanjutkan dengan kalimat topik yang berisi kalimat pengantar tentang apa yang akan dijelaskan. Pada contoh teks di atas, kalimat topiknya ada pada kalimat pertama, yaitu: “Sekolahku terlihat bersih.” Artinya penulis ingin memberikan kesan kepada kita dan pembaca lainnya bahwa sekolah tersebut tampak bersih.

Pengertian Teks Deskripsi Busana Adat

Di bawah ini adalah deskripsinya. Berbeda dengan kalimat topik, deskripsi ini berisi beberapa kalimat yang menjelaskan lebih detail apa yang ingin dideskripsikan. Bisa berupa tampilan, bau, rasa, suasana dan sebagainya. Contoh deskripsi pada teks di atas ada pada kalimat kedua sampai keenam ya.

Struktur deskriptif akhir teks, terdapat kesimpulan yang merupakan bagian akhir teks. Biasanya berisi pendapat atau kesan penulis terhadap hal yang dideskripsikan. Kesimpulan dari teks di atas adalah penulis dan teman-temannya dapat belajar lebih baik karena lingkungan sekolah bersih.

Jadi, saat menulis teks deskriptif, ada beberapa kaidah bahasa yang harus kita perhatikan sob. Ada 4 kaidah kebahasaan dalam teks deskriptif, antara lain sebagai berikut!

Jadi jika Anda ingin menulis teks deskriptif, tentunya cantumkan terlebih dahulu apa yang Anda perhatikan di dalamnya, ya. Misalnya, Anda ingin mendeskripsikan sebuah gunung. Anda bisa memulainya dengan “gunung itu hijau di kejauhan”.

Bahasa Jawa Bagiantema 6 St 3

Warna hijau menjelaskan bahwa hal itu dapat dilihat dengan mata. Lebih lanjut dapat dijelaskan misalnya udara di pegunungan itu dingin. Hal ini menjelaskan apa yang dapat Anda rasakan dengan panca indera Anda, yaitu indera perasa. Mudah, bukan?

Baca juga  Bernyanyi Disebut Intonasi Intonasi Adalah

Sekolahku terlihat bersih. Halamannya yang luas dan ditumbuhi rerumputan hijau menciptakan suasana sejuk. Selain itu, terdapat pohon beringin yang tumbuh di halaman rumah, cukup lebat. Kelas sekolahku cukup besar. Lantai seluruh ruangan terbuat dari keramik. Dinding kelas berwarna kuning. Warna pintu dan jendela berwarna hijau. Ini adalah foto sekolahku. Sekolahku yang bersih membuat aku dan teman-teman semakin semangat belajar.

Membaca teks tersebut, Anda pasti bisa membayangkan seperti apa aula sekolah dan kondisi di sekolah tersebut bukan? Jenis tulisan ini juga biasa digunakan untuk penulisan karya ilmiah. Jadi jangan lupa! Saat kamu membuat teks deskriptif, tulislah teks ini secara kronologis atau berurutan, ya! Hal ini dilakukan agar teks lebih terstruktur sehingga orang lain yang membaca surat Anda tidak bingung.

Demikian penjelasan lengkap materi teks deskriptif mulai dari pengertian, struktur, jenis hingga contoh. Nah, saya harap Anda sekarang sudah paham apa yang dimaksud dengan teks deskriptif ya. Mulailah berlatih menulis teks ini agar terbiasa, oke? Oh iya, materi bahasa Indonesia lainnya untuk kelas 7 bisa kamu pelajari di kelas. Terdapat video animasi, latihan soal dan rangkuman yang pasti akan membantu Anda lebih memahami.

Lembar Kerja Struktur Esai Naratif Untuk Kelas 7 Di Quizizz

Penulis konten dan kinerja konten pada . Saya harap Anda menikmati artikel saya dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! 😀

Teks deskripsi borobudur, teks deskripsi pantai kuta, contoh teks deskripsi indonesia, teks deskripsi tari gambyong, teks deskripsi benteng rotterdam, teks deskripsi tentang wisata, teks deskripsi tentang pantai, makalah teks deskripsi, apa itu teks deskripsi, teks deskripsi, teks deskripsi tentang rumahku, contoh teks deskripsi bagian

Baca juga  Menari Sebaiknya Dilakukan Dengan Gerakan Tubuh Yang