Tari Lenggang Jali Khusus Ditarikan Oleh

Tari Lenggang Jali Khusus Ditarikan Oleh – Nama tarian Lengang Nya sendiri berasal dari kata “lengang”, “lengak – lengok” dan “nyai” yang berasal dari cerita Nyai Dasima.

Menurut sejarahnya, tari Lenggang Nyai diciptakan oleh Wiwik Widiastuti, seorang seniman tari asal Yogyakarta yang sangat menyukai budaya Indonesia.

Tari Lenggang Jali Khusus Ditarikan Oleh

Menurut legenda, Nyai Dasima adalah seorang wanita Betawi cantik yang sedang kebingungan memilih jodoh.

Provinsi Dki Jakarta Beserta Keterangannya

Saat itu, ia dihadapkan pada dua pilihan orang yang berbeda kewarganegaraan, yakni Belanda dan Indonesia.

Kecepatan ini dapat dinilai dari gerak badan, kaki, dan tangan penari yang bergerak cepat namun selaras dengan alunan musik.

Tari Lenggang Nyai yang berasal dari Betawi ini mempunyai dua nilai, yaitu nilai estetika dan nilai moral.

Tentunya setiap kesenian mempunyai nilai tersendiri, nilai estetis dari tari Lenggang Nyai adalah sentuhan Tionghoa dan Indonesia yang mempunyai keindahan dan pengaruh yang berbeda.

Pas Ganjil Plbj 2020 2021 Online Exercise For

Tarian ini mengkomunikasikan bahwa cinta dan kasih sayang semua dapat dipenuhi dengan hati dan pikiran yang tenteram.

Fesyen menjadi salah satu aspek menarik dalam tari Lenggang Budaya, yaitu perpaduan unsur budaya Tionghoa dan Betawi dalam kostumnya.

Dengan kostum dan iringan musik tersebut, para penari Lenggang Nyai menggerakkan badan, lengan, dan kakinya dengan gerakan yang gemulai namun cepat.

Walaupun tarian ini merupakan tarian kreasi baru yang sedang dikembangkan, namun tari Lenggang Nyai telah menjadi salah satu tarian tradisional Betawi yang sering digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting, acara adat, perayaan dan festival budaya yang diadakan di ibu kota Jakarta. KOMPAS.com – Tari Lenggang Cisadane merupakan tarian tradisional Tangerang yang sudah ada sejak tahun 2008. Tari Lengang Sisadan memadukan berbagai unsur budaya seperti budaya Sunda, Betawi, Melayu, dan Tionghoa.

Baca juga  Program Microsoft Excel Termasuk Kedalam Jenis Program

Nilai Nilai Yang Terkandung Dari Tari Lenggang Nyai, Tarian Khas Jakarta

Kemunculan tarian ini bermula dari kepeduliannya terhadap budaya tradisional yang mulai hilang seiring berjalannya waktu. Seniman, seorang guru seni dan budaya, akhirnya menciptakan sebuah tarian tradisional baru yang dirancang untuk remaja.

Gerakan tarian kreatifnya akhirnya diperhatikan oleh otoritas setempat. Akhirnya hingga tahun 2011, tari Lenggang Cisadane ditetapkan sebagai tarian selamat datang oleh Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Tangerang.

Tari Lenggang Cisadane berasal dari kata Lenggang dan Cisadane. Kata “Lenggang” artinya menggerakkan anak tangga, bergantian tangan ke kiri dan ke kanan sepanjang tangga.

Sedangkan Sisadan merupakan salah satu nama sungai yang memisahkan Kota Tangerang. Arti nama Cisadane adalah siapapun yang menginjakkan kaki di Tangerang dan meminum air Cisadane akan betah berada di Tangerang.

Laskar Pelangi By Yuda Prawira

Meskipun Tari Lenggang Cisadane memadukan perpaduan Tari Cokek, Tari Topeng Betawi, dan Tari Jaipong, namun gerakan Cisadane Armang lebih halus dan anggun. Karena semua tindakannya mengikuti aturan tata krama di Tangerang.

Tari Lenggang Sisadan mempunyai sepuluh gerak pokok, yaitu: Sibat, Landangan, Keupat, Selut, Lungsar, Kokor Bebek, Keupat Linggek, Longtang Kanting, Kever II dan Sontang Lagedai. Tari Cisadane Lenggang juga menggunakan gerak tari anak laki-laki.

Busana yang dikenakan penari Lenggang Cisadane tidak diatur secara resmi. Namun yang terpenting adalah pakaiannya harus sopan dan sopan.

Selain itu ada juga apok, yaitu batang tubuh panjang yang melingkari badan mulai dari dada hingga selangkangan, biasanya dihiasi berbagai mutiara dan tali emas. Rambut penari diikat menjadi sanggul.

Ulangan Harian Plbj

Musik pengiring tari Lenggang Cisadane merupakan gabungan dari gamelan, gambang kromong dan maravis. Musiknya juga memiliki sentuhan Islami yang kuat.

Baca juga  Menghentikan Pertandingan Adalah Salah Satu Tugas Dari

Kemudian musik Marawi menyanyikan sholawat Nabi sendirian, tanpa ada musik lain. Setelah musik maravis berhenti, langsung dilanjutkan dengan perpaduan musik gamelan dan kromong gambang hingga tarian berakhir.

Dapatkan berita terkini pilihan harian dan update dari Kompas.com. Bergabunglah dengan Grup Telegram “Kompas.com News Update” dengan mengklik link https://t.me/kompascomupdate lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Asal Usul Tari Lenggang Cisadane Tarian Khas Kota Tangerang Tari Lenggang Cisadane Asal Usul Tari Lenggang Cisadane Keunikan Tari Lenggang Cisadane

Colours Garuda Indonesia November 2015 By Agency Fish

Dalam pemberitaan serupa kunjungan ke Desa Amagais Papua, Mensos Risma menyambut dengan tarian tradisional Belajar Tari Malas, tari hujan suku Sasak Lombok, dan tari tradisional Minangkabau. Pelajari tentang tarian tradisional Jakarta. Simbol Tari Cinta Surakarta : Sejarah, Gerakan dan Kostum

Seorang remaja yang kehilangan tangannya dalam perkelahian di Pasar Rebo berduka atas nasib cita-citanya menjadi seorang polisi. Baca 5946 kali

Babak Baru Pelecehan Seksual oleh Jurusan Nonaktif BEM UI: Disuspen Semester, Tapi Melki Sudah Dibaca 5.463 Kali

Pencipta lagu lenggang jali, tari lenggang, tari kecak ditarikan secara massal oleh, tari lenggang nyai, tari lenggang jali, kostum tari lenggang jali, tari jali, tari topeng pada umumnya ditarikan secara, tari lenggang kangkung, pencipta tari lenggang jali, kostum tari lenggang nyai, baju tari lenggang nyai