Sistem Pemerintahan Vietnam

Sistem Pemerintahan Vietnam – Vietnam (aksara Jawa: ۏيتنام; Vietnam: Việt Namcode: vi adalah pengucapan usang [vîət nāːm] (dengarkan)), nama resminya adalah Republik Sosialis Vietnam (bahasa Vietnam: Cộng hòa xã hội củ nhại Việi Namcode : vi — de in advance ( )) , adalah negara paling timur di Semenanjung Indocina di Asia Tenggara. Dengan populasi sekitar 94,6 juta pada 2016

, adalah negara terpadat ke-14 di dunia dan negara terpadat ke-9 di Asia. Vietnam berbatasan dengan Cina di utara, Laos di barat laut, Kamboja di barat daya, Thailand di seberang Teluk Thailand di barat daya, dan Filipina, Malaysia, dan Indonesia di seberang Laut Cina Selatan di timur dan tenggara.

Sistem Pemerintahan Vietnam

Ibukotanya adalah Hanoi setelah penyatuan kembali Vietnam Utara dan Selatan pada tahun 1976, dan Kota Ho Chi Minh adalah kota terpadat.

Mandala (political Model)

Bagian utara Vietnam tunduk pada Kekaisaran Cina selama lebih dari satu milenium, dari 111 SM hingga 939 M. Negara merdeka Vietnam didirikan pada 939 setelah kemenangan Vietnam dalam Pertempuran Sungai Bạch Đằng. Dinasti demi dinasti raja-raja Vietnam menjadi makmur ketika negara memperluas wilayah dan kekuasaan ke Asia Tenggara sampai semenanjung Indocina dijajah oleh Prancis pada pertengahan abad ke-19.

Setelah pendudukan Jepang pada tahun 1940-an, Vietnam menentang kekuasaan Prancis dalam Perang Indochina Pertama. Pada tanggal 2 September 1945, Presiden Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan Vietnam dari Prancis dengan nama baru Republik Demokratik Vietnam. Pada tahun 1954, Vietnam mengklaim kemenangan dalam Insiden Dien Bien Phu, yang berlangsung dari Maret hingga Mei 1954 dan berakhir dengan kekalahan telak bagi Prancis. Setelah itu, Vietnam terpecah menjadi dua negara, yaitu Vietnam Utara (resmi Republik Demokratik Vietnam) dan Vietnam Selatan (resmi Republik Vietnam). Konflik antara kedua belah pihak menjadi intens dalam apa yang dikenal sebagai Perang Vietnam, dengan Amerika Serikat sangat terlibat di pihak Vietnam Selatan dari tahun 1965 hingga 1973. Perang berakhir dengan kemenangan Vietnam Utara pada tahun 1975.

Vietnam kemudian bersatu di bawah pemerintahan komunis, tetapi tetap miskin dan terisolasi. Pada tahun 1986, Partai Komunis Vietnam memulai reformasi ekonomi dan politik yang membuat Vietnam berintegrasi ke dalam ekonomi dunia.

Baca juga  Jelaskan Hubungan Kedua Alat Gerak Tersebut Berdasarkan Gambar Disamping

Pada tahun 2000, ia menjalin hubungan diplomatik dengan semua negara. Sejak tahun 2000, tingkat pertumbuhan ekonomi Vietnam termasuk yang tertinggi di dunia, dan pada tahun 2011 mencatat indeks pertumbuhan global tertinggi di antara 11 ekonomi terbesar.

Komitmen Pemerintah, Kebijakan Yang Konsisten Dan Transparan, Dan Instrumen Yang Tepat Mampu Menarik Investasi Energi Terbarukan Di Vietnam, Indonesia Kapan?

Berkat keberhasilan reformasi ekonomi ini, Vietnam bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2007. Itu juga merupakan anggota Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik dan Organisasi Internasional Francophonie (untuk negara-negara berbahasa Prancis).

Nama kode Việt Nam: vi sudah usang (pengucapan bahasa Vietnam: [viə̀t naːm]) adalah varian dari nama kode Nam Việt: vi sudah usang (“Viet Selatan”), nama yang dapat ditelusuri kembali ke dinasti Trieu pada abad ke-2 SM N.

Kemunculan nama “Vietnam” (kode Vietnam: vi sudah usang) pertama kali disebutkan pada abad ke-16 dalam puisi kenabian Sấm Trạng Trinh. Nama itu juga ditemukan pada 12 prasasti (prasasti) yang diukir pada abad ke-16 dan ke-17, termasuk satu di Pagoda Bao Lam di Haiphong dari tahun 1558.

Pada tahun 1802, Nguyen Phuc Anh mendirikan Dinasti Nguyen, yang menegaskan bahwa nama Nam Viet mencakup wilayah di provinsi Guangxi dan Guangdong di Tiongkok.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Ri

Antara 1804 dan 1813, nama Vietnam secara resmi digunakan oleh Kaisar Gia Long. Itu kembali pada awal abad ke-20 dengan Sejarah Vietnam Hilang Phan Boi Chau dan kemudian dengan Partai Nasionalis Vietnam.

Negara itu biasa disebut Annam hingga Mei 1945, ketika kaisar di Hue dan pemerintah Viet Minh di Hanoi mengadopsi kode Vietnam: vi sudah usang.

Sejarah tertulis Vietnam dimulai sejak abad ke-3 SM, ketika negara bagian Âu Lạc dan Nanyue (Nam Việt dalam bahasa Vietnam) didirikan; Nanyue menaklukkan Âu Lạc pada tahun 179 SM. tidak ada p.).

Terletak di antara peradaban dan masyarakat tertua di dunia, Vietnam prasejarah adalah rumah bagi manusia pertanian paling awal.

Konferensi Jenewa: Akar Konflik Berkepanjangan Di Vietnam

Lembah Sungai Merah membentuk unit geografis dan ekonomi alami yang dikelilingi oleh pegunungan dan gurun di utara dan barat, samudra di timur, dan Delta Sungai Merah di selatan. Menurut mitos, negara pertama Vietnam didirikan pada tahun 2879 SM.

Ciri-ciri geografis Vietnam membuatnya sulit untuk diserang, itulah sebabnya Vietnam di bawah raja-raja Hongaria tetap menjadi negara yang sepenuhnya merdeka untuk waktu yang lama. Namun ketika Vietnam jatuh ke tangan kekuatan asing, sulit melepaskan diri dari cengkeraman dinasti-dinasti Tiongkok selama 1100 tahun berturut-turut, yaitu Han, Wu Timur, Jin, Liu Sung, Qi Selatan, Liang, Sui, Tang dan Han Selatan; menyebabkan distorsi warisan budaya, bahasa dan identitas nasional. Dari waktu ke waktu selama 1.100 tahun ini, dinasti Triu, Trung Bersaudari, Li Awal, Khuk, dan Dong Jin Nghon memerintah Vietnam secara mandiri, tetapi semua kesuksesan mereka berumur pendek.

Baca juga  Bahasa Yang Digunakan Pada Iklan Atau Reklame Harus Mengandung Unsur

Ketika Cina mendominasi Vietnam utara, peradaban berkembang di wilayah yang sekarang menjadi Vietnam tengah dan selatan, terutama Funan dan Cham, tetapi pendiri dan penguasa keduanya bukanlah orang Vietnam asli. Sejak abad ke-10, orang Vietnam, yang bergerak maju dari inti delta Sungai Merah, mulai menaklukkan peradaban ini.

Ketika Ngô Quyễn (Raja Vietnam, 939–944) memulihkan kedaulatan negara, dinasti berturut-turut mengikuti milenium berikutnya, dimulai dengan Ngô, Đinh, Lê Early, Lý, Trần, Hồ, Trần Akhir, Lê Akhir, Mạc, Trịnh. , Nguyễn, Tây Sơn dan Nguyễn lagi. Selama masa pemerintahan kaisar ini, Vietnam dirusak dan dibagi di beberapa tempat oleh perang saudara, dan menyaksikan campur tangan dinasti Song, Yuan Mongol, Cham, Ming, Siam, Manchuria, dan Prancis.

Menaruh Harapan Pada Vietnam Dalam Keketuaan Asean 2020

Kekaisaran Ming sempat menduduki Lembah Sungai Merah sebelum penduduk asli Vietnam mengambilnya kembali, kemudian Prancis memerintah Vietnam sebagai protektorat selama hampir satu abad, diikuti oleh pendudukan sementara oleh Kekaisaran Jepang. Pergolakan politik dan kebangkitan komunisme mengakhiri monarki setelah Perang Dunia II, dan Vietnam dinyatakan sebagai republik. Setelah kemerdekaan, Vietnam terpecah menjadi dua bagian, yaitu Vietnam Utara di bawah kepemimpinan komunis Ho Chi Minh dan Vietnam Selatan yang kapitalis dan sekutu dekat Amerika Serikat sehubungan dengan Perang Dingin. Pada 1960-an, perang saudara pecah antara kedua Vietnam, yang berakhir dengan kemenangan pihak Utara dan reunifikasi negara di bawah kekuasaan Partai Komunis.

Bersama dengan Cina, Kuba, dan Laos, Republik Sosialis Vietnam adalah salah satu dari empat negara sosialis satu partai yang secara resmi mendukung komunisme. Konstitusi nasional saat ini, Konstitusi 2013, menegaskan peran sentral Partai Komunis Vietnam di semua badan politik dan masyarakat. Sekretaris Jenderal Partai Komunis melakukan sejumlah fungsi administrasi utama dalam mengawasi organisasi nasional partai. Presiden menjalankan tugas kekuasaan eksekutif, penunjukan negara dan merumuskan kebijakan. Hanya organisasi politik yang berafiliasi dengan atau mendukung Partai Komunis yang dapat berpartisipasi dalam pemilu di Vietnam. Ini termasuk Front Patriotik Vietnam dan partai buruh dan serikat pekerja

Dan terbuka untuk semua pihak. Di bawah kepemimpinan presiden, dia mengepalai cabang eksekutif dan yudikatif pemerintahan, dan semua menteri pemerintahan diangkat dari anggota Majelis Nasional.

Baca juga  Jelaskan Sifat Bahan Pewarna Buatan

Presiden Vietnam adalah kepala negara terpilih, sedangkan Panglima Angkatan Darat, yang merupakan kepala Dewan Pertahanan dan Keamanan Tertinggi, adalah jabatan tertinggi kedua di Vietnam. Perdana Menteri Vietnam adalah kepala pemerintahan, yang mengepalai kabinet, yang terdiri dari lima wakil perdana menteri dan 26 kepala kementerian dan komisi.

Identity Based Administrative Involution In Indonesia: How Political Actors And Community Figures Do It?

Mahkamah Agung Rakyat Vietnam, dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, adalah pengadilan banding tertinggi di negara tersebut, tetapi juga bertanggung jawab kepada Majelis Nasional Vietnam. Di bawah Mahkamah Agung terdapat pengadilan provinsi dan banyak pengadilan lokal. Pengadilan militer memiliki yurisdiksi khusus dalam masalah keamanan nasional. Vietnam mempertahankan hukuman mati untuk banyak kejahatan; pada Februari 2014 – sekitar 700 tahanan

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mendampingi Presiden AS Donald Trump selama upacara penandatanganan perjanjian perdagangan dengan Presiden Vietnam Chiang Dai Quang di Istana Kepresidenan di Hanoi pada 12 November 2017.

Sepanjang sejarahnya, hubungan luar negeri utama Vietnam adalah dengan tetangga terbesarnya dan bekas kekuatan kolonial, Cina. Prinsip-prinsip kedaulatan Vietnam dan desakan kemerdekaan budaya telah diabadikan dalam banyak dokumen selama berabad-abad, seperti puisi patriotik abad ke-11 Nam quốc sơn hà (Sungai Gunung Negara Selatan) dan deklarasi kemerdekaan tahun 1428 oleh Bình Ngô đồng cạo . Meski China dan Vietnam kini berdamai, masih ada sengketa wilayah yang pahit antara kedua belah pihak di Laut China Selatan.

Saat ini, pernyataan resmi misi politik luar negeri Vietnam adalah sebagai berikut: “Secara konsisten melaksanakan politik luar negeri kemerdekaan, perdamaian, kerja sama dan pembangunan; kebijakan luar negeri keterbukaan dan keragaman dan multilateralisme hubungan internasional. Secara proaktif dan aktif berpartisipasi dalam integrasi ekonomi internasional. sekaligus mengembangkan kerja sama internasional di bidang lain.” Selain itu, Vietnam menganggap dirinya “sahabat dan sahabat yang dapat diandalkan oleh semua negara komunitas internasional, yang secara aktif berpartisipasi dalam proses kerja sama internasional dan regional.”

Bentuk Pemerintahan Di Dunia

Vietnam telah mengambil langkah signifikan untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan negara-negara kunci, dimulai dengan pembukaan kedutaan Selandia Baru di Hanoi pada tahun 1995, dan Vietnam membuka kedutaan di Wellington pada tahun 2003. Pakistan membuka kembali kedutaannya di Hanoi pada Oktober 2000, dan Vietnam membalas dengan membuka kedutaan besar di Islamabad pada Desember 2005 dan kantor perdagangan di Karachi pada November 2005. Hubungan AS-Vietnam diperkuat pada Agustus 1995, ketika kedua negara meningkatkan kantor mereka menjadi sekutu. , dibuka pada Januari 1995, dengan status kedutaan. Sejalan dengan penguatan hubungan tersebut, AS membuka konsulat jenderal di Ho Chi Minh City, dan Vietnam membuka konsulat jenderal di San Francisco.

Per Desember 2007, Vietnam memiliki hubungan diplomatik dengan 172 negara, termasuk Amerika Serikat, yang menormalkan hubungan pada tahun 1995.

Vietnam menjadi anggota