Sikap Badan Saat Lari Estafet Adalah

Sikap Badan Saat Lari Estafet Adalah – Mungkin bagi Anda pecinta olah raga pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis olah raga yaitu lari estafet. Olah raga yang identik dengan lari cepat dengan tongkat ini mempunyai image tersendiri bagi para pecinta olah raga. Selain itu, ada beberapa teknik penyerahan tongkat estafet yang perlu diketahui oleh orang awam sebelum menonton lomba lari estafet.

Namun terlepas dari itu, tahukah Anda kalau olahraga estafet ini mempunyai banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Jika Anda melakukan latihan estafet ini, Anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Sebelum itu mari kita simak penjelasan mengenai skill penyerahan tongkat estafet berikut ini:

Sikap Badan Saat Lari Estafet Adalah

Sebelum melakukan lari estafet, Anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan olahraga tersebut. Seperti disebutkan di atas, para penggemar olahraga mungkin sudah mengetahui apa itu lari estafet. Namun, bagi yang belum tahu, olahraga estafet adalah olahraga kompetitif yang tim-timnya bergantian.

Skripsi 2022__petrus Weka_pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Pages 1 50

Tim estafet terdiri dari empat orang atlet, dan tentunya mereka juga mempunyai tanggung jawab masing-masing. Hal inilah yang membedakan olahraga ini dengan olahraga lainnya. Namun aspek lain dari lari estafet ini yang berbeda dengan olah raga lainnya adalah seorang pelari membawa tongkat estafet dan meneruskannya kepada pelari lain.

Tongkat estafet biasanya dibawa oleh pelari pertama, yang kemudian meneruskannya kepada pelari kedua, yang kemudian meneruskannya kepada pelari ketiga, dan seterusnya hingga akhirnya mencapai garis finis. Sama seperti olahraga sprint lainnya, siapa pun yang lebih cepat mencapai garis finis dinyatakan sebagai pemenang.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang balap estafet, Anda juga harus memahami sejarah olahraga tersebut. Karena ternyata olahraga tersebut memiliki sejarah menarik yang patut untuk dipelajari lebih lanjut. Selain itu tahukah anda kalau olahraga estafet ini terinspirasi dari tiga suku terkenal yaitu suku Maya, Aztec, dan Inca.

Baca juga  Manakah Berita Yang Mengandung Informasi Di Bidang Pendidikan

Ternyata ketiga suku di atas pernah mengadakan acara serupa atau mirip dengan olahraga estafet. Tentu saja ada tujuan di balik perayaan ini, yaitu untuk menyampaikan kabar penting kepada anggota suku lainnya. Agar pesan penting yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Cara Melakukan Start Jongkok Dengan Aba Aba Bersedia, Siap, Ya

Selain ketiga suku tersebut, ternyata masih ada beberapa suku lain yang juga mengadakan kegiatan serupa, seperti suku Yunani kuno. Namun ternyata estafet yang dilakukan ketiga suku ini berbeda dengan estafet Yunani kuno. Bedanya, pada zaman Yunani kuno biasanya menggunakan obor yang kemudian diserahkan kepada pelari lain secara bergantian.

Penggunaan obor semacam itu tentu saja bertujuan untuk memuja roh nenek moyang orang Yunani kuno. Olahraga ini kemudian berkembang dan diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 1883. Saat itu, para pelari diharuskan membawa bendera agar dapat diberikan kepada pelari lain. Seiring berjalannya waktu, penggunaan bendera pun berubah, dengan menggunakan tongkat.

Terlepas dari sejarah olahraga tersebut, ternyata ada beberapa aturan yang perlu diketahui rata-rata orang. Salah satunya adalah estafet yang merupakan olahraga khusus putra yang rupanya dimulai pada tahun 1883 dan berlanjut hingga saat ini. Namun, di luar itu, ada aturan lain dalam olahraga estafet yang perlu Anda ketahui.

Aturan pertama yang akan dibahas adalah pelari pertama memulai dengan posisi jongkok, sedangkan pelari kedua dan selanjutnya melakukan start yang berbeda, yaitu berdiri. Ini juga yang membedakan lari estafet dengan olah raga lainnya. Lalu ada aturan kedua yang perlu dibahas yaitu lari estafet mempunyai jarak tertentu yang ditentukan. Jarak yang tertera adalah 4 x 100 meter.

Cara Melakukan Perlombaan Lari Sambung Atau Estafet

Tak hanya itu, ada juga pelari yang berpindah tiang pada jarak 20 meter dan lebar 1,2 meter. Aturan ketiga dalam olahraga estafet adalah tongkat estafet yang dijatuhkan boleh diambil kembali oleh pelari. Namun aturan ini hanya berlaku pada lari estafet dengan jarak tertentu, yakni 4×400 meter.

Aturan terakhir dalam lari estafet adalah tongkat yang digunakan pada olahraga ini tentunya berbeda dengan yang lain. Padahal, diameter dan panjang tongkat ini juga sangat bervariasi. Biasanya ukuran ini ditentukan untuk peserta estafet, tongkat untuk dewasa berdiameter 4 cm dan panjang 30 cm, dan untuk anak-anak beratnya 50 g dan berdiameter 2 cm.

Seperti disebutkan di atas, estafet ini memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh peserta. Sebab jika semua aturan tersebut tidak dipatuhi, peserta estafet bisa didiskualifikasi dari perlombaan. Selain itu, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui tentang penyerahan tongkat estafet.

Baca juga  2 3 Dimetil Pentana

Teknik-teknik tersebut secara kolektif disebut dengan teknik lari estafet yang terdiri dari beberapa teknik yaitu teknik start, teknik tongkat estafet, dan teknik tongkat estafet. Karena semua tips ini harus diikuti agar tidak didiskualifikasi dari kompetisi. Lantas, keterampilan passing tongkat estafet apa saja yang perlu Anda kuasai? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Kak Jawab Pleasssss , Nanti Siang Dikumpulin , Jawab Yg Benar Ya​

Sebelum memahami cara penyerahan tongkat estafet, ada teknologi lain yang perlu Anda pahami, yaitu teknologi start estafet. Sebab teknik start ini memegang peranan penting dalam olahraga estafet. Seperti disebutkan di atas, dalam lari estafet, pelari pertama dan pelari kedua memulai dengan cara yang berbeda, yaitu jongkok.

Teknologi ini tentunya tidak dilakukan sembarangan tanpa mengikuti arahan regulasi yang ada. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat menjadi pemain pertama adalah memastikan postur tubuh Anda sesuai dengan peraturan yang berlaku, jika tidak, Anda bisa didiskualifikasi dari kompetisi.

Teknik start yang benar adalah dengan memastikan tangan berada di belakang garis start. Jadi trik selanjutnya yang harus anda lakukan adalah, tongkat yang dipegang pelari tidak boleh menyentuh garis start. Teknologi juga memungkinkan pelari menjadi lebih fokus.

Teknik start ini tentunya perlu diketahui oleh semua pelari estafet, karena posisi pelari pertama merupakan posisi yang sangat penting dan juga menentukan apakah kontestan akan didiskualifikasi dari perlombaan. Jika diskualifikasi diperlukan, pelatih harus menunjuk peserta cadangan untuk mempersiapkan pertandingan menggantikan peserta yang didiskualifikasi.

Lari Jarak Pendek Atau Sprint Adalah Salah Satu Jenis Lari Yang Dilombakan

Nah teknik selanjutnya yang perlu anda ketahui dalam olahraga estafet adalah teknik tongkat estafet. Sama seperti teknik-teknik sebelumnya, ada beberapa teknik individu yang harus dipatuhi oleh para pelari jika tidak ingin didiskualifikasi dari perlombaan. Misalnya tangan yang digunakan orang yang mengantarkan tongkat adalah tangan kanan. Sedangkan penerima tongkat menggunakan tangan kiri.

Tidak hanya itu, teknik lain yang dilakukan oleh pemberi tongkat adalah dengan mengayunkan tongkat ke arah tangan penerima tongkat, dimana tangan penerima tongkat harus sudah siap. Selain itu postur tubuh juga harus diperhatikan, badan penerima harus menghadap ke depan. Karena pada posisi ini pelari akan lebih siap berlari setelah menerima tongkat.

Trik lain yang harus diketahui oleh pemberi tongkat adalah ibu jarinya harus terbuka dan jari-jarinya harus rapat. Tak hanya itu, tangan penangkap tongkat harus siap dan posisinya di bawah pinggang. Adanya posisi ini juga mempengaruhi pelari yang bertugas mengoper bola.

Baca juga  Menyanyikan Lagu Harus Sesuai

Saat mengoper pemukul kepada penangkap, pelari harus mengoper pemukul dengan tangan kanan menghadap ke depan. Adanya posisi ini tentunya akan berdampak pada pelari berikutnya karena penerima pemukul akan lebih mudah menerima pukulan jika sudah mengetahui dan mengeksekusinya dengan benar.

Sikap Badan Yang Benar Pada Akhir Gerakan Tolak Peluru Adalah Sikap Badan Yang Benar Pada Akhir Gerakan

Tidak hanya teknik penyampaian tongkat estafet yang harus dikuasai, teknik penerimaan tongkat estafet juga harus dikuasai. Seperti sebelumnya, jika pelari yang mengikuti tongkat estafet mengikuti peraturan, Anda tidak akan melanggar peraturan dan tidak akan didiskualifikasi dari estafet.

Sebelumnya kami telah menyebutkan beberapa teknik menangkap tongkat yang wajib anda gunakan untuk memudahkan anda ketika berada pada posisi menangkap tongkat. Namun selain itu, ada teknik lain yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi peserta estafet. Lebih tepatnya, ada dua cara penyampaian tongkat estafet dalam olahraga estafet.

Cara pertama adalah non visual, atau bisa juga diartikan tidak melihat. Biasanya seorang pelari yang menggunakan cara ini akan menerima tongkat yang diberikan oleh pemberi tongkat tanpa memandang ke arah pelari tersebut. Jadi bisa dikatakan hanya tangan pelari saja yang menunggu untuk mengambil alih. Biasanya cara ini dilakukan pada kategori lari tertentu yaitu 4 x 100 meter.

Cara selanjutnya adalah metode visual atau bisa dijelaskan dengan melihat langsung pemberi tongkat. Di sini pelari yang menerima tongkat dapat berbalik atau melihat ke belakang untuk melihat pelari yang memberikan tongkat. Cara ini dilakukan dengan cara mengulurkan tangan ke arah pemberi tongkat. Biasanya cara ini dilakukan pada kategori lari tertentu yaitu 4 x 400 meter.

Cara Menjaga Kesehatan Sebagai Sikap Bersyukur, Materi Kelas 3 Sd

Pemilihan tongkat estafet atau tongkat estafet yang tepat pada saat lari estafet penting dilakukan untuk memastikan pertukaran tongkat estafet berjalan lancar dan efisien. Panjang dan berat beton yang digunakan harus memenuhi peraturan dan ketentuan kompetisi. Peraturan kompetisi biasanya menentukan panjang minimum dan maksimum beton yang diperbolehkan. Pastikan tongkat estafet memiliki beban yang sesuai untuk diterima tim.

Tongkat tradisional biasanya terbuat dari kayu atau logam. Namun, tongkat modern sering kali dibuat dari bahan ringan seperti fiberglass atau aluminium. Pilih tongkat estafet yang sesuai dengan preferensi dan tingkat kenyamanan tim Anda. Tongkat harus terasa nyaman untuk dipegang. Kekuatan cengkeraman yang baik membantu pelari mengendalikan tongkat estafet dengan lebih baik.

Tongkat estafet biasanya berbentuk silinder dengan ujung yang lancip sehingga mudah dimasukkan ke dalam tongkat estafet. Pastikan ujung tongkatnya tajam

Perlengkapan lari estafet, lari estafet, pengertian lari estafet, tongkat lari estafet, teknik lari estafet, ukuran tongkat lari estafet, peraturan permainan lari estafet, olahraga lari estafet, lapangan lari estafet, lari estafet adalah, jarak lari estafet adalah, pengertian lari estafet adalah