Serangkaian Gerakan Indah Dari Anggota Tubuh Merupakan Unsur

Serangkaian Gerakan Indah Dari Anggota Tubuh Merupakan Unsur – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri

Pelajaran 1 Koordinasi Gerak 37 Kegiatan dari pertemuan 1 Tanyakan kepada siswa apa yang telah mereka lakukan dari pertemuan sebelumnya dan pertanyaan lain yang dikembangkan dari komentar siswa yang dijawab. Ajaklah siswa untuk menemukan jawabannya bersama-sama dengan cara bergerak. C. Pemanasan Pilih jenis gerakan yang disukai siswa untuk pemanasan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan siswa dan tubuhnya, mulai dari gerak sehari-hari hingga bentuk latihan fisik. Memilih arah yang disukai siswa dapat membantu siswa mengingat gerakan dan memainkan musik sebagai cara untuk meningkatkan pemahaman suara. 2. Kegiatan Utama a. Pindah ke musik. Ciptakan kegembiraan dengan memutar musik dan mengajak siswa bergerak mengikuti irama. Selanjutnya, mintalah setiap siswa membentuk lingkaran besar dengan guru berdiri di tengah sebagai pemandu. Gambar 1.17 Instruksi Kooperatif Membimbing siswa untuk mengikuti kata-kata dan gerakan yang diberikan oleh guru. Mulailah bergerak dari tubuh bagian atas. Memaksimalkan segala arah 1) gerakan kepala (atas dan bawah, kiri dan kanan), 2) gerakan mata, mata, hidung dan mulut, 3) gerakan bahu dan perut, 4) gerakan tangan dan jari, 5) gerakan pinggul dan pinggul, dan 6) gerakan kaki dan jari.

Serangkaian Gerakan Indah Dari Anggota Tubuh Merupakan Unsur

38 Pedoman Guru Tari SMA I 1. Gerakan kepala 2. Gerakan wajah 3. Gerakan badan 4. Gerakan lengan dan kaki melihat ke atas dan ke bawah mempengaruhi alis kiri dan kanan bahu perut pinggul dan pinggang mata hidung mulut Gambar 1.18 Gerakan tubuh yang dapat dilakukan diulang secara berurutan atau acak sesuai gagasan guru. Tambahkan penghitungan atau musik bersama untuk menciptakan suasana yang baik. Istirahatkan diri sendiri, kemudian guru membagi menjadi kelompok besar hingga membentuk lingkaran, misalnya lima hingga delapan siswa per kelompok.

Kelas 6, Tema 7, Subtema 2, Pembelajaran 5

Unit Pembelajaran 1 Koordinasi Gerakan 39 Gambar 1.19 Peta pergerakan kelompok Guru tidak perlu ikut serta dalam lingkaran, peran guru hanya memberi instruksi. Siswa mendengarkan dan melakukan gerakan sesuai petunjuk guru. Jika siswa merasa mampu, berikan tantangan seperti mulai menghubungkan dua gerakan dalam ekspresinya, misalnya: 1) lengan dan bahu 2) tungkai dan pinggul 3) perut dan jari kaki 4) mata dan lengan. 5) Bahu dan tungkai Gambar 1.20 Hubungan antara dua gerakan tubuh 1. Lengan dan bahu 2. Tungkai dan pinggul 3. Bahu dan tungkai 4. Mata dan tangan kaki 5. Perut dan jari kaki berjumlah 5 – 8 siswa kelompok 5 – 8 siswa berjumlah 5 – 8 siswa

Baca juga  Nilai X Adalah

40 PANDUAN BELAJAR UNTUK BEBERAPA SITUASI PENTING Saya memastikan bahwa koordinasi fisik dilibatkan atau dihilangkan. Jangan sampai instruksi guru menyulitkan siswa dalam menggerakkannya. Tidak ada salah atau benar dalam kegiatan ini, biarlah setiap gerak-gerik yang dilakukan siswa merupakan gerak yang berasal dari siswa yang kreatif dan selalu memberikan feedback yang positif terhadap kebiasaan belajar siswa. Setelah kegiatan ini selesai, ajaklah siswa untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya tertulis di papan tulis, misalnya “Bagaimana tubuh kita menari?”. B. Guru dan siswa berdiskusi, Mintalah siswa untuk duduk dalam kelompoknya masing-masing yang beranggotakan lima sampai delapan orang. Tanyakan kembali bagaimana tubuh kita menari, kemudian buatlah pertanyaan untuk memperdalam jawaban siswa. Tujuan penelitian adalah kekuatan pertanyaan menjadi benar, menarik dan mendalam sasarannya. Contoh soal dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Tabel 1.7 Contoh soal gerak jasmani. Tentunya pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat disesuaikan dengan situasi yang diamati guru di dalam kelas. Guru dapat membuat pertanyaan sendiri berdasarkan situasi. Inti dari pembahasan ini adalah guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi gagasan bahwa hampir seluruh bagian tubuh manusia dapat bergerak, seperti kepala, alis, mata, hidung, mulut, bahu, perut, lengan, jari tangan, dan lain-lain. Pinggul, pinggul dan kaki. Bagian-bagian tubuh tersebut menjadi dasar gerak dalam tari dengan cara bergerak secara serentak dan serentak atau bergantian. Mintalah siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab pertanyaan pada Tabel 1.7. Berikan waktu untuk berdiskusi dan biarkan setiap kelompok menjawab pertanyaan berdasarkan pengalaman mereka. Contoh Soal • Apakah semua benda dapat bergerak? Bagian tubuh mana yang bisa bergerak? Bagaimana rasanya menggerakkan tubuh Anda? • Apakah mungkin untuk berkolaborasi? • Ceritakan pada kami tentang pengalaman Anda!

Baca juga  Apa Yang Dimaksud Campuran

PELAJARAN 1 KEGIATAN BELAJAR 41 Tabel 1.8 Kemampuan siswa menjawab pertanyaan tentang penelitian tubuh apakah seluruh tubuh bisa? mampu melakukan. Dimana tubuh ini? Atas: kepala, alis, mata, hidung, mulut, bahu, perut, tangan dan jari. Bawah: pinggul, pinggang dan kaki. Bagaimana rasanya menggerakkan tubuh Anda? 1. Senang, karena semua orang bisa bergerak. 2. Susah, karena hidung saya tidak bisa digerakkan. 3. Pusing, karena kepala saya bergerak berputar-putar. 4. Pusing, karena menggerakkan mata dan tangan secara bersamaan membuat mual. 5. Senang karena saya bisa bergerak dengan baik. 6. Menyenangkan, karena menggerakkan perut dan jari secara bersamaan. Gerakan tubuh bisa digabungkan? mampu melakukan. Cobalah untuk berbagi pengalaman Anda! Saya memindahkannya secara bersamaan antara tangan dan bahu saya. Saya harus menggerakkannya bersama-sama dengan kedua kaki dan tangan. 3. Menutup Kegiatan Menarik kesimpulan dari diskusi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan besar yang diajukan di awal kegiatan, seperti “Bagaimana cara kerja tubuh?” Jelaskan kepada siswa bahwa cara menggerakkan benda yang benar adalah dengan menggerakkan benda ke arah yang diinginkan dan menunjuk ke arah yang berbeda sambil kita mencobanya bersama-sama. Selain itu gerakannya juga nampaknya dapat dipadukan seperti pada permainan sebelumnya dimana siswa menggabungkan kedua badannya. Beberapa dihapus sekaligus, yang lain secara bertahap. Otot-otot inilah yang menjadi dasar tarian. Nyatakan kesimpulan ini dalam bahasa yang sederhana agar mudah dipahami. Kemudian pada pertemuan berikutnya ajaklah siswa untuk mengeksplorasi gerak tubuh dengan menghubungkan bagian tubuh atas dan bawah atau sisi kanan dan kiri, dengan menggunakan alat berhitung atau musik. Di bawah ini adalah daftar jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut:

42 Buku Panduan Guru Tari SD Kelas I 4 4 Pelajaran 4 : Mengeksplorasi Koordinasi Tubuh Durasi : 2 x 35 menit Petunjuk Pembelajaran Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi gerak tubuh seperti pada Bab 3 dari koordinasi tubuh dan anggota tubuh bagian bawah, atau anggota badan. Kanan dan kiri menggunakan penghitungan/musik bersama-sama. A. Pertemuan Persiapan Pembelajaran 4 hampir sama dengan pertemuan sebelumnya yaitu guru dan siswa akan praktek. Siswa membutuhkan ruang bebas untuk bergerak, mereka dapat memindahkan kursi dan meja ke samping dan menggunakan ruang kelas, atau menggunakan gedung/tempat secukupnya. Siswa dan guru mengenakan pakaian yang mudah dibawa-bawa dan membawa botol air. Dalam pertemuan-pertemuan tersebut count juga dijadikan sebagai peserta, sehingga jika ada paduan suara dan alat musik bisa dipersiapkan. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan lagu yang dinyanyikan langsung oleh guru dan siswa. Seiring dengan itu komunikasi menjadi penting karena dapat mendorong siswa untuk bergerak dan mendalami konsep perhitungan gerak. Tujuan Sesi 4 adalah membekali siswa dengan pengetahuan tentang koordinasi tubuh untuk menciptakan sebuah pertunjukan tari. Sebagaimana telah dibahas pada dokumen utama, hakikat tari adalah bunyi tari. Pada sesi 4, guru harus mampu mengeksplorasi ide ini pada siswa. Apa yang dimaksud dengan musik dansa? Pembahasan tentang tari terdapat pada halaman 19 pada materi Rangkuman Pendidikan Jenjang 1. berdoa b. Jadikan belajar menyenangkan. C. Jaga agar tetap hangat. Gunakan gerakan yang sama seperti pada bagian 3, misalnya berpindah dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan sebaliknya.

Baca juga  Sebutkan Ciri-ciri Orang Yang Beriman Kepada Qada Dan Qadar

Serangkaian Gerakan Indah Dari Anggota Tubuh Yang Dapat Dinikmti Yang Dapat Dinikmati Oleh Orang Lain

Unit 1 Koordinasi Gerakan 43 2. Kegiatan Utama a. Pantau pergerakan tubuh. Ajari siswa untuk menemukan ruang yang cukup untuk bergerak. Guru dapat mengatur garis panjang, lingkaran atau acak sesuai dengan ruang yang tersedia. Ajukan pertanyaan lisan, seperti: 1) Siapa yang dapat menggerakkan leher atas dan bawah secara bersamaan? 2) Siapa yang dapat bergerak dengan menghubungkan ke kiri dan ke kanan? 3) Siapakah yang dapat bergerak menurut hitungan? Kemudian, perintahkan siswa untuk: • Buang bagian atasnya saja. • Gerakkan tubuh bagian bawah saja. • Koordinasi tubuh bagian atas dan bawah. • Gerakkan tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. • Pindah ke sisi kanan tubuh. • Pindah ke sisi kiri badan saja. • Bergerak ke kanan dan ke kiri secara bersamaan. • Bergerak ke kanan dan ke kiri bersamaan Gerakkan hanya sisi kanan tubuh Anda. Gerakkan hanya sisi kiri tubuh Anda. Gerakkan tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Gerakan tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Gerakkan hanya tubuh bagian bawah saja. Gerakkan hanya tubuh bagian atas.

44 PANDUAN AJAR PENDIDIKAN PENDIDIKAN BAGIAN I 1.9 Petunjuk bergerak sesuai petunjuk Menggerakan badan kepala, bahu, lengan dan jari Menggerakan badan ke bawah pinggang, pinggul dan kaki Badan kanan menggerakkan kepala, tangan kanan

Unsur gerakan, anggota tubuh terdiri dari, unsur gerakan tari, anggota tubuh, gerakan tubuh, bahasa inggris dari anggota tubuh, gerakan anggota, unsur unsur gerakan senam, anggota gerakan non blok, anggota gerakan pramuka, gerakan pemuda ansor merupakan kelanjutan dari, bahasa arab dari anggota tubuh