Senam Lantai Pertama Kali Dilombakan Pada Abad

Senam Lantai Pertama Kali Dilombakan Pada Abad – , Jakarta Pengertian senam lantai adalah senam kelompok yang dilakukan di atas lantai. Ada empat gerakan dari senam lantai yaitu rolling, bouncy, balance, dan jumping. Senam lantai dikenal sebagai olahraga yang aman untuk dilakukan.

Yang berarti berlangsung di ruangan khusus yang berkaitan dengan gerakan, kekuatan, kecepatan, dan koordinasi gerakan tubuh. Selain itu, konsep pelatihan lantai membutuhkan kombinasi ini untuk manfaat mental dan fisik.

Senam Lantai Pertama Kali Dilombakan Pada Abad

Sejarah menyebutkan bahwa pendiri floor training adalah seorang petugas kesehatan dari tentara kerajaan Belanda bernama Dr. HF. Saya minta maaf. Dari dokumen tersebut juga diketahui bahwa olahraga lapangan di Indonesia telah berkembang dan kuat.

Kliping Pjok Dila Anissatus Xii Ppt 2

Berikut akan diulas pengertian senam lantai, sejarah, macam-macam gerakan, dan manfaat dari berbagai sumber, Senin (26/4/2021).

Menurut Muhajir (2013), konsep senam lantai merupakan salah satu senam kelompok. Berkaitan dengan kata rendah, gerak/jenis belajar berlangsung di lapangan.

Secara khusus konsep senam lantai adalah olahraga yang objeknya bergerak dan berputar, berlari, melompat dengan baik, dan melompat.

Kemudian Sayuti Sahara (2010) menegaskan bahwa olah raga atau olah raga adalah suatu cara berolahraga untuk meningkatkan perkembangan tubuh dengan menggunakan olahraga.

Apa Itu Senam Ketangkasan? Contoh Gerakan Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menurut Budi Sutrisno (2010), konsep olahraga di lapangan mengacu pada gerakan yang memiliki perpaduan yang terintegrasi dengan tubuh setiap anggota tubuh dari potensi komponen motorik atau gerakan, seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan. , toleransi, dan benar.

Asal muasal senam lantai masih belum diketahui secara pasti. Namun berdasarkan konsep senam lantai diyakini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Pada tahun 1900-an, senam menjadi populer dan menyebar ke seluruh dunia. Perkembangan game ini sangat pesat sehingga memiliki banyak cabang salah satunya adalah underground training.

Olahraga pertama di Indonesia adalah pada tahun 1912, pada masa penjajahan Belanda. Pengenalan pendidikan jasmani bertepatan dengan fakta bahwa pendidikan jasmani harus menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah.

Baca juga  Wata'awanu Artinya

Artikel Senam Lantai

Saat itu, latihan pertama yang diperkenalkan adalah versi Jerman. Gyms dari Jerman sering menekankan gerakan yang berbeda dengan peralatan olahraga.

Pada tahun 1916, versi permainan Jerman diubah untuk menggunakan sistem Swedia. Sistem Swedia menekankan kualitas manajemen aktivitas fisik.

Pendiri senam lantai atau konsep senam lantai adalah seorang tenaga kesehatan dari tentara kerajaan Belanda bernama Dr. HF. Saya minta maaf. Melalui Minkema, sejarah perkembangan olahraga di lapangan di Indonesia mulai menyebar ke beberapa daerah.

Tak hanya itu, pada tahun 1918 Minkema juga membuka gimnasium Swedia. Menambah olahraga dari konsep latihan fisik di lapangan, organisasi ini didirikan dengan tujuan untuk mempromosikan atlet-atlet berbakat.

Pengertian Senam Lantai, Sejarah, Macam Macam Gerakan, Dan Manfaat Melakukannya

Organisasi ini berdiri pada tanggal 14 Juli 1963 dan diberi nama PERSANI (Perhimpunan Senam Indonesia). Pada tahun 1964, Indonesia pertama kali berpartisipasi dalam GANEFO I (Games of the New Emerging Forces).

Jenis latihan pertama adalah bawah dan depan. Berguling ke depan menggunakan bagian belakang tubuh (leher, punggung, pinggul, dan belakang pinggul).

Lunge tingkat lanjut dapat dilakukan dengan dua cara, misalnya lunge dengan start berdiri dan start jongkok. Langkah selanjutnya adalah berguling ke depan dan berdiri serta berlutut.

Mulailah jongkok, kaki rapat, letakkan lutut ke dada, dan kedua tangan bertumpu di depan jari-jari 40 cm.

Pg Pjok 7

Lanjutkan untuk membuat gulungan ke depan. Saat pinggul Anda menyentuh matras, pegang pinggul Anda dengan kedua tangan untuk membentuk jongkok.

Jenis latihan lantai kedua adalah roll belakang. Guling ke belakang adalah menggulung badan ke belakang dan posisi badan harus bulat, kemudian kaki ditekuk, lutut masih menempel di dada, dan kepala ditekuk hingga dagu sejajar dengan dada.

Saat punggung menyentuh matras, kedua tangan langsung ditekuk di samping telinga dan tangan menghadap ke atas untuk bersiap menghadapi perlawanan.

Kaki segera digerakkan ke belakang kepala dengan bantuan kedua tangan untuk menahan dengan kuat dan kaki ditekuk agar jari kaki dapat mendarat di matras dalam posisi berlutut.

Federasi Senam Lantai Dunia: 6 Jenis Dan Konsep Dasar Organisasi

Jenis senam lantai ketiga adalah gulungan elastis. Gulungan yang tangguh adalah gerakan tubuh ke atas yang dinamis yang terjadi sebagai akibat dari melempar kedua kaki dan mendorong ke belakang dengan kedua tangan.

Latihan peregangan ini dibagi menjadi dua berdasarkan alasnya, dan pernapasan di hidung dan kepala. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk gulungan fleksibel dengan penyangga leher dan kepala;

Baca juga  Naon Harti Wirausaha Dina Kahirupan Sapopoe

Berbaring, kaki lurus, kaki dekat dengan kepala, lengan ditekuk, tangan diletakkan di samping kepala, ibu jari dekat dengan telinga.

Berguling ke depan bersama-sama dengan kaki di depan, tangannya di atas tubuh melayang dan berlutut, kepalanya diam.

Lompat Tinggi: Pengertian, Sejarah, Gaya, Tahapan Terlengkap

Tekuk kaki dan bentuk segitiga sama kaki, punggung lurus, kaki kuat dan lurus, jari kaki di lantai.

Untuk membantu melatih kemampuan elastisitas leher dan kepala, dukungan dapat diberikan dengan cara yang benar, yaitu dengan memegang dan membantu mendorong.

Jenis senam lantai yang keempat adalah gerakan Kayang. Kayang adalah posisi kaki di empat titik dunia terbalik dan meregangkan serta mengangkat perut dan pinggul.

Manfaat dari gerakan Kayangan adalah dengan meletakkan kaki bagian atas, tekanan pada bahu lebih besar dan tekanan pada pinggul berkurang. Manfaat gerakan kayak adalah meningkatkan kelenturan bahu, bukan kelenturan pinggul.

Kelas 07 Smp Pjok Siswa By Madrasah Tsanawiyah Mandalahurip

Jenis senam lantai yang kelima adalah berdiri dengan menggunakan handstand atau handstand. Handstand (berdiri dengan tangan) adalah sikap tubuh tegak dengan bertumpu pada kedua tangan dan siku lurus.

Hal yang harus diperhatikan saat membuat tangan kanan adalah sebaiknya dilakukan di atas pondasi atau pondasi yang kokoh, misalnya lantai. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk fokus. Bagaimana cara melakukannya:

Nganlenga, tangan bertumpu di atas matras lebar, menghadap agak ke depan, pantat ditekuk ke atas semaksimal mungkin, kaki depan ditekuk sedangkan kaki belakang lurus.

Kedua kaki kuat dan lurus, sejajar dengan badan dan lengan, pikiran berada di antara kedua tangan, badan diangkat.

Macam Macam Senam Dan Penjelasannya, Simak Cara Melakukannya

Latihan keenam adalah berdiri dengan menggunakan kepala atau kepala. Head Stand adalah sikap tubuh dengan menopang kepala dengan kedua tangan dan siku serta telapak tangan sebagai pijakan kaki.

Sama seperti tangan, sandaran kepala juga sebaiknya dibuat di atas alas atau pondasi yang kokoh, misalnya di atas lantai agar mudah bernapas dengan baik. Bagaimana cara melakukannya:

Angkat kaki Anda satu per satu. Untuk mencegah tubuh bergerak maju, pergelangan tangan ke depan, dan punggung ditekuk.

Tugas ketujuh adalah lompatan cepat. Teknik squat jump pada dasarnya sama dengan straddle jump. Karena sesi latihannya sama seperti start, push, passing peti, jumping dan landing. Pekerjaan dilakukan sebagai berikut:

Sejarah Senam Lantai Pengertian

Kedua kaki menghadap ke tempat mereka berdiri, mereka mengangkat tangan, badan mereka terbang, tangan mereka di bawah dada, lengan mereka lurus, mereka melihat ke depan.

Baca juga  Jabarkan Mengenai Mau Menerima Dan Memberi Umpan Balik

Pada saat yang sama, kedua lengan menahan seluruh kekuatannya, tekuk lutut ke dada, luruskan kaki saat berada di atas bagian belakang peti.

Gym kedelapan dan roda mobil. Rotasi tubuh dari pandangan samping adalah tujuan dari gerakan kaki dan tangan.

Latihan jungkir balik dapat dilakukan secara bertahap, misalnya dimulai dengan satu jungkir balik, jika Anda merasa baik, Anda dapat menambahkan beberapa gerakan:

Jl A0 C0 To Ed 4 C

Pertama, berdiri tegak ke samping, kaki agak terbuka, lengan ke samping (berbentuk seperti huruf V) dan menghadap ke depan.

Lalu turunkan tubuh ke samping kiri, letakkan tangan di samping kiri, lalu angkat kaki kanan lurus. Diikuti dengan meletakkan telapak tangan di sisi kiri.

Saat kaki kanan mengayun, kaki kiri didorong ke bawah, sehingga kedua kaki dibuka dan dimiringkan ke samping.

Kemudian letakkan kaki kanan di samping tangan kanan, angkat tangan kiri dan letakkan kaki kiri di samping kaki kanan.

Apa Induk Organisasi Senam Indonesia? Ini Sejarahnya

Tujuan latihan lantai selain untuk meningkatkan keterampilan gerak, adalah untuk mempelajari struktur keterampilan dan peralatan olahraga. Latihan dampak rendah juga memiliki manfaat fisik dan mental.

Secara fisik, manfaat senam lantai antara lain mengembangkan kekuatan inti dan kemampuan bergerak dalam berbagai cara untuk melatih daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, stamina, dan keseimbangan.

Secara teori, manfaat floor training adalah dapat melatih atlet menggunakan kemampuan berpikir cepat dan kritis untuk menyelesaikan masalah gerak. Beberapa jenis senam membutuhkan kekuatan mental dan penilaian yang baik, seperti flips, back flips and hurdle, jumps and spins pada jumping box.

* Benar atau salah? Untuk mengetahui kebenaran tentang apa yang dipublikasikan, silakan WhatsApp Fact Check nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata yang diinginkan.

Pada Abad Keberapakah Senam Lantai Pertama Kali Dilombakan​

Seruan Etis Chuck Putranto Diterima, Penonton Minta Pelaku Menghalangi Penyidikan Kasus Yosua Akan Disidangkan Bersama Orang Lain, Jakarta – Senam lantai merupakan olahraga yang bergerak dan dilakukan di atas lantai, sesuai dengan namanya. Senam lantai adalah salah satu olahraga paling populer di dunia.

BACA JUGA: Mengingat Tim Terbaik Bima Sakti Juara Piala AFF U-16 2022: Mungkinkah Berhasil untuk Piala Dunia U-17 2023?

BACA JUGA: Timnas U-17 Indonesia Butuh TC Asing untuk Sukses di Piala Dunia U-17 2023

Seperti namanya, senam lantai dilakukan di atas lantai dengan menggunakan tumpuan. Lantai yang paling umum digunakan adalah kasur.

Sejarah Senam: Informasi Terlengkap!

Kehadiran kasur merupakan alat utama yang membantu mengurangi kecelakaan. Itu karena saat berolahraga Anda sering bertemu tanah.

Saat berolahraga di tanah menggunakan banyak gerakan, seperti berguling, melompat, melompat, berputar di udara;

Al quran diturunkan pertama kali pada tanggal, jepang pertama kali menguasai indonesia pada tanggal, pergerakan janin pertama kali pada usia kehamilan, sejarah gereja abad pertama, alquran pertama kali turun pada hari, menu mpasi pertama kali, persiapan umroh pertama kali, penanganan stroke pertama kali, sumpah pemuda pertama kali diikrarkan pada tanggal, pertama kali, al quran pertama kali turun pada tanggal, lagu indonesia raya dikumandangkan pertama kali pada