Senam Lantai Ketangkasan Atau Keterampilan Menggunakan Alat Disebut Senam

Senam Lantai Ketangkasan Atau Keterampilan Menggunakan Alat Disebut Senam – Beberapa keterampilan dasar senam lantai antara lain kickstand, candlestick, forward roll, back roll, headstand, dan handstand.

Pada bab ini kita akan membahas lebih mendalam tentang gerakan-gerakan kepala dan lengan yang berguna untuk keseimbangan dan kekuatan tubuh.

Senam Lantai Ketangkasan Atau Keterampilan Menggunakan Alat Disebut Senam

Gerakan headstand dan lengan sebaiknya dilakukan di atas alas yang kokoh seperti matras untuk menjaga keseimbangan.

Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, Dan Gerakan

Berikut rincian dan langkah-langkah melakukan gerakan kepala dan lengan dari Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan oleh Dr. Agus Mukhold, M.Pd., dan PJOK Kelas XII Modul Mochamad Vandarthi, S.Pd.

Nama lain dari headstand adalah berdiri dengan menggunakan kepala. Posisi tegak bertumpu pada kepala, kedua tangan ditekuk pada siku dan ditopang oleh lengan.

Gerakan lengan dilakukan untuk meningkatkan kelenturan tubuh, terutama pada tulang belakang. Selain itu, manfaat lain dari kerja manual adalah dapat mencegah berbagai gangguan nyeri tulang belakang.

Tekuk badan ke depan, lalu ambil kaki ke belakang dan putar sambil menyatukan kaki lainnya, sehingga membentuk garis vertikal antara badan, lengan, dan kedua kaki yang lurus ke atas.

Instrumen Penilaian (senam Lantai)

Untuk melakukan gerakan headstand dan lengan dengan baik, teknik harus diikuti dengan pemanasan yang cukup untuk menghindari risiko cedera pada kedua gerakan tersebut. Pernahkah Anda melakukan ini? Olahraga penting untuk melatih keterampilan, ketangkasan, kekuatan, kecepatan dan kelenturan. Salah satunya adalah senam lantai.

Terdapat enam kategori kelompok senam yaitu senam artistik, senam ritmik olah raga, senam akrobatik, senam olah raga aerobik, senam trampolin, dan senam umum.

Senam lantai merupakan salah satu bentuk senam artistik. Pertunjukan artistik merupakan hasil intensitas (amplitudo) atau kelenturan gerak serta kelengkapan gerak untuk mengendalikan tubuh melalui berbagai posisi.

Keterampilan gerak senam lantai akan berguna dalam aktivitas sehari-hari karena dapat melatih keseimbangan, koordinasi gerak, kecepatan, kelenturan dan daya tahan. Misalnya saja kemampuan bela diri saat terjatuh dari sepeda motor, cara mendarat yang benar saat terjatuh dari ketinggian, dan lain-lain.

Baca juga  Sikap Yang Patut Diteladani Dari Seorang Polisi Adalah

Pengertian Senam Lantai Adalah: Berikut Sejarah Dan Macam Gerakannya

Dikutip dari buku “Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Kelas 12” karya Noorhassim, M.Pd dkk, Menurut banyak ahli pengetahuan tentang senam lantai. Diantara mereka:

Awalnya gerakan senam sederhana baru dikenal masyarakat Tiongkok dan Mesir pada 3000 tahun yang lalu. Kemudian, kata senam pertama kali dikenal luas ketika masyarakat Yunani klasik menyebut senam (termasuk senam lantai) sebagai olahraga senam.

Digunakan untuk menggambarkan kegiatan olahraga di gimnasium. Selanjutnya, ketika bangsa Romawi menaklukkan Yunani, mereka meresmikan olahraga tersebut sebagai metode latihan fisik militer.

Oleh Payman, SPd, MO. Perkembangan senam di Eropa dipengaruhi oleh buku pertama tentang metode senam, “Aerial Jumps” karya Malaikat Tertinggi Tucaro (1536 – 1616). Dari buku tersebut, masyarakat mewarisi gagasan bahwa lebih dari 50% gerakan senam lantai adalah gerakan akrobatik.

Macam Macam Cabang Olahraga Senam Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Senam lantai juga berkembang dengan baik di Eropa dan Amerika, khususnya di Jerman karena dipelopori oleh Adolf Spies (1810 – 1858) dan Justus Carl Scheer (1829 – 1901). Perkembangannya mengarah pada terbentuknya organisasi pengelolaan senam dan penyelenggaraan bentuk perlombaan. Maka pada tahun 1881, dibentuklah badan olah raga yang mengawasi senam lantai secara internasional, yaitu Fédération Internationale de Gymnastics (FIG).

Pengurus senam lantai di Indonesia adalah Persatuan Senam Seluruh Indonesia (FARSANI). Farsani didirikan pada 14 Juli 1963 menjelang acara olahraga GANEFO (New Emerging Forces Games).

Olimpiade senam lantai modern pertama kali diadakan pada tahun 1896 dan hanya melibatkan atlet pria. Kemudian pada tahun 1928, perempuan dapat berkompetisi dan selama 6 tahun berikutnya olahraga senam lantai terus berkembang dengan lahirnya peraturan yang berbeda, Senam Artistik Wanita (WAG) dan Senam Artistik Putra (MAG). Saat ini, senam lantai didominasi oleh perempuan.

. Gerakan utama dari gulungan elastis adalah bergerak maju. Sumber gerakan yang benar saat melakukan gerakan fleksi adalah pinggang. Pendaratan yang benar saat melakukan flex roll adalah dengan menggunakan kedua ujung kaki.

Macam Macam Senam Lantai: Manfaat Dan Gerakannya!

Candle position merupakan gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan menguatkan otot perut. Gerakan ini melibatkan mengangkat kedua kaki secara bersamaan.

Untuk melakukan pose lilin, pertama-tama berbaringlah telentang di atas matras. Lalu angkat kedua kaki hingga badan membentuk garis vertikal berbentuk lilin. Pada saat yang sama, tangan diletakkan di bawah pinggang untuk menopang dan menyeimbangkan. Selama melakukan gerakan ini, jaga punggung dan kepala tetap di atas matras.

Posisi candlestick menekankan pentingnya kekuatan otot perut dalam menjaga keseimbangan. Saat melakukan gerakan ini, otot perut berperan penting dalam menopang kedua kaki agar tidak terjatuh ke tanah. Latihan lilin ini merupakan cara yang efektif untuk memperkuat otot perut dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Baca juga  Manusia Disebut Sebagai Makhluk Sosial Karena

Squat jumping merupakan salah satu bentuk senam lantai yang membantu membentuk jumping jack. Teknik lompat jongkok didasarkan pada kuda lompat. Pada lompat jongkok pada vault, dorongan dilakukan setelah gerakan awal lari dengan kecepatan penuh. Gunakan kedua jari kaki dan lengan saat mendarat, ada beberapa jenis latihan salah satunya adalah latihan ketangkasan. Bentuk senam ini sangat istimewa karena tidak hanya melatih ketangkasan tetapi juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk ditonton.

Contoh Kombinasi Gerakan Dengan Bantuan Alat, Materi Penjasorkes Kelas 3 Sd

Apa itu senam ketangkasan dan apa saja jenisnya? Simak detailnya di bawah ini termasuk manfaat dan cara menyusun program latihan kecepatan yang efektif.

Pada dasarnya senam merupakan latihan jasmani secara teratur dengan tujuan tertentu. Dilansir dari artikel berjudul Senam Agility di Scribd, beberapa tujuan senam adalah daya tahan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi anggota tubuh, komposisi tubuh, dan kesehatan.

Sedangkan latihan ketangkasan fokus untuk mempercepat tubuh. Latihan ini disebut juga senam lantai karena dilakukan di lantai dengan matras. Beberapa gerakan memerlukan peralatan sederhana seperti jump crate.

Latihan ketangkasan dan jenis gerakannya dibagi menjadi dua kategori, yaitu dibantu dan tanpa bantuan. Berikut jenis-jenis gerak yang dilansir dari bahan ajar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Lompat Kangkang Adalah Salah Satu Gerakan Senam Lantai, Ketahui Tekniknya

Gerakan senam ketangkasan dengan peralatan pendukung ada dua jenis, misalnya Stadle Jump dan Squat Jump. Keduanya menggunakan peralatan sederhana berupa jump box atau benda apa saja yang dapat dijadikan penyangga. Panjang 120 cm untuk putri dan 136 cm untuk putra.

Lompat jongkok hampir identik dengan lompat menara. Ini adalah satu-satunya gaya melompati peti yang dilakukan dengan cara jongkok. Berikut cara melakukan latihan jongkok lompat.

Kelincahan gerakan senam tanpa bantuan hanya mengandalkan langit-langit sebagai tumpuannya. Selain itu gerakan senam ini memerlukan keterampilan dan penampilan.

Latihan lompat ini merupakan latihan dasar dalam senam. Latihan ini dilakukan dengan cara melompat di tempat, tidak perlu ada gerakan. Gaya yang dapat dilakukan adalah melompat dengan kaki terbelah (satu kaki ke depan dan satu kaki ke belakang).

Pengertian Senam Lantai

Pilihan lainnya adalah dengan menekuk kaki lurus ke depan dan lengan di depan Anda, atau melompat dengan kaki lurus ke depan dan meraih lengan untuk mengambil suatu benda.

Gerakan menggelinding dapat dilakukan dengan banyak gaya, misalnya menggelinding blok, menggelinding ke samping, menggelinding ke depan, dan menggelinding ke belakang. Berguling menjadi balok berarti berdiri telentang dengan kaki lurus dan tangan lurus ke depan badan, lalu berguling ke samping seperti balok.

Baca juga  Sebagian Besar Teori Yang Menyatakan Bahwa Islam Dibawa Oleh Para

Berguling miring mirip dengan berguling di atas balok, tetapi kaki Anda ditekuk dengan paha di depan dada dan lengan terentang ke samping sambil memegang kedua kaki. Gerakan berguling ke depan dilakukan dengan cara berguling ke depan 360 derajat, dengan kepala tetap menempel pada matras selama beberapa saat. Pada saat yang sama, roller belakang berlawanan dengan roller depan.

Mulailah dengan jongkok, lalu tekuk badan ke depan hingga kepala menyentuh lantai. Lalu perlahan angkat badan dan kaki lurus ke atas. Dalam posisi ini, tangan berada di depan kepala untuk menopang.

Senam Irama: Pengertian, Unsur, Jenis, Sejarah

Awalan headstand sama dengan headstand. Namun, saat tubuh Anda terangkat, tahanlah selama beberapa detik. Ambil posisi berdiri dan tekuk tubuh menggunakan telapak kaki hingga posisi tubuh akhir lurus.

Seperti namanya, lompatan ini merupakan gabungan dari gerakan berlari, melompat ke depan, mengambil posisi terdepan seperti harimau mendekati mangsanya. Gerakan ini dapat dilakukan jika teknik lead roll dikuasai dengan baik.

Gerakan topi dimulai dari posisi awal terlentang dengan kedua tangan di bawah leher. Jaga agar kedua kaki tetap lurus sambil menekuk badan hingga lutut berada di depan. Angkat badan hingga berdiri tegak pada posisi akhir.

Senam ketangkasan tentunya bermanfaat dalam meningkatkan ketangkasan seseorang. Selain itu, olahraga cepat bisa memberi Anda banyak manfaat.

Tekanan Yang Harus Diberikan Dalam Senam Irama

Dengan melatih berbagai gerakan senam ketangkasan, otot-otot seluruh tubuh menjadi kencang dan diperkuat. Misalnya latihan lompat dapat memperkuat otot kaki, latihan berguling dapat memperkuat otot lengan.

Setelah mendapatkan otot yang lebih kuat, tentunya bermanfaat untuk mengurangi risiko cedera. Cedera dapat disebabkan oleh masalah pernapasan, otot, atau ligamen. Jika otot dilatih maka risiko cedera akan lebih kecil.

Pelatihan kemampuan dapat dilakukan di rumah kapan saja dan tanpa biaya. Dan tentunya olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membakar kalori dan lemak dengan mudah.

Latihan ketangkasan secara teratur dapat meningkatkan kesadaran tubuh dan refleks alami. Ini akan mengaktifkan tubuh Anda dan memiliki kecerdasan gerakan.

Uraikan Urutan Gerakan Senam Lantai Pada Gambar Berikut!

Tubuh yang lincah akan memudahkan koordinasi antar bagian tubuh sehingga seseorang dapat melakukan gerakan pada berbagai bagian tubuh dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, tubuh Anda akan tetap terjaga keseimbangannya dan tidak mudah terjatuh.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, Cara membuat program pelatihan agility yang efektif menggunakan prinsip FITT:

Setiap orang berbeda dalam hal pelatihan ketangkasan. Jika Anda baru memulai, cobalah FITT yang ringan namun mantap, lalu tingkatkan porsinya semampu Anda.

Nah, di sini dijelaskan apa itu latihan ketangkasan, lengkap dengan contoh gerakan dan cara melakukannya. Gerakan ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Latihan ini sangat penting

Pdf) Penerapan Metode Part Whole Untuk Meningkatkan Ketrampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round Off Pada Siswa Kelas Xi Rpl 3 Smk Negeri 5 Malang

Senam lantai menggunakan alat, alat alat senam ketangkasan, senam ketangkasan dengan alat, alat yang digunakan dalam senam ketangkasan, senam ketangkasan menggunakan alat disebut, senam lantai biasa disebut senam, senam lantai disebut juga, senam ketangkasan tanpa alat, alat untuk senam ketangkasan, senam ketangkasan menggunakan alat, senam ketangkasan disebut juga, alat yang digunakan untuk senam ketangkasan