Sebutkan Unsur-unsur Peta

Sebutkan Unsur-unsur Peta – Peta yang baik memberikan informasi yang akurat. Peta yang baik memberikan informasi tentang keadaan suatu wilayah. Peta yang baik menunjukkan lokasi dan jarak suatu tempat dengan jelas dan pasti. Peta yang baik mengandung sejumlah elemen. Elemen-elemen ini membantu kita mengetahui situasi sebenarnya. Apa sajakah unsur-unsur tersebut? Mari kita mulai dengan melihat peta berikut!

Peta yang baik mempunyai beberapa elemen. Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini! Coba sebutkan lima fitur peta yang ada pada gambar peta!

Sebutkan Unsur-unsur Peta

Fitur apa saja yang dapat Anda temukan pada peta di atas? Peta yang baik memiliki enam elemen. Keenam unsur tersebut adalah judul peta, garis besar peta, legenda, skala, titik mata angin, dan garis astronomi.

Komponen Peta Lengkap Dengan Unsur Dan Penjelasannya

Nama Peta menunjukkan nama peta. Nama peta ditulis di bagian atas dengan huruf tebal. Misalnya PETA JAWA BARAT, PETA KALIMANTAN, PETA INDONESIA dan lain sebagainya. Apa nama peta pada kegiatan 1 diatas?

Legenda adalah informasi yang menjelaskan simbol-simbol pada peta. Legenda biasanya ada di kiri atau kanan bawah. Sedangkan simbol adalah gambar yang digunakan untuk mewakili objek pada peta. Misalnya simbol danau, sungai, jalan raya, jalur kereta api, ibu kota provinsi, batas kabupaten dan lain sebagainya. Pengguna peta dapat melihat status kawasan. Simbol peta dapat berupa warna, garis, dan gambar.

Warna biru menandakan perairan (laut, sungai, danau). Birunya laut, ditandai dengan ketajamannya. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kedalaman lautan. Biru tua untuk laut dalam dan biru muda untuk laut dangkal.

Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Petanya selalu jauh lebih kecil dari situasi sebenarnya. Namun posisi, jarak dan arahnya sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Skala numerik disebut juga skala komparatif. Skala biasanya ditulis di bagian bawah. Pada peta misalnya, kita menemukan skala 1:10.000 (dibaca 1 dalam 10.000). Artinya 1 cm di peta sama dengan 10.000 cm di permukaan bumi. Atau 1 cm di peta sama dengan 100 m atau 0,1 km jarak sebenarnya.

Misalnya jarak kota A dan kota B pada peta adalah 5 cm. Artinya jarak sebenarnya kota A ke kota B adalah 5 cm X 10.000 cm = 50.000 cm. Kalau diberi satuan meter, berarti 500 meter. Jika dinyatakan dalam kilometer berarti 0,5 km.

Baca juga  Memberikan Keputusan Terhadap Tawaran Dalam Negosiasi Disebut

Skala ini diwakili oleh garis lurus yang dibagi menjadi beberapa bagian yang sama. Panjang tiap ruas = 1 cm. Mari kita pelajari contoh skala batang berikut.

Bagaimana cara mengubah skala numerik menjadi skala linier? Mari kita belajar dari contoh berikut. Misalnya pada peta, skala numeriknya ditulis 1 : 5.000.000, artinya 1 cm di peta sama dengan 5.000.000 cm jarak sebenarnya (di permukaan bumi). Atau 1 cm di peta sama dengan 50 km jarak sebenarnya. Jika skala numerik diubah menjadi linier, gambarnya akan terlihat seperti ini.

Unsur Unsur Peta

Agama Akuntansi Air Artikel ARSITEKTUR Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bank Soal Biologi Bisnis Budaya Cerita Cerita Pendek Fisika Fisika Gizi Periklanan Internet Kesehatan Seni Kimia Komputer Latihan Soal Manajemen Pemasaran Naskah Matematika Drama Kembang Gula Pengetahuan Puisi Resep Memasak Sejarah Sekretaris Struktur Seks Teknologi Tips Bisnis Sebagian besar siswa pasti menggunakan peta untuk menunjukkan lokasi geografis daerah tersebut. Peta merupakan representasi permukaan bumi yang memperlihatkan seluruh atau sebagian suatu wilayah pada bidang datar dengan menggunakan komponen atau elemen peta.

Ada berbagai jenis peta yang dibuat berdasarkan fungsi dan kebutuhan, seperti peta rupa bumi, peta tematik, peta khusus dan lain-lain. Jadi, untuk membaca peta dengan benar dan akurat, Anda perlu memahami unsur-unsur atau bagian-bagian peta dan penjelasannya.

Pada peta, judul adalah elemen peta pertama yang dilihat pembaca. Dari namanya kita mengetahui apa isi peta itu. Informasi pada judul peta harus sesuai dengan informasi pada peta. Letak judul peta biasanya berada di tengah atas atau di tempat lain, namun tidak mempengaruhi tampilan peta secara keseluruhan.

Garis tepi adalah garis yang diletakkan pada tepi peta dan ujung setiap garis bertemu dengan ujung garis lain yang berdekatan. Fungsi outline adalah untuk membantu peta terlihat bagus.

Unsur Unsur Cerpen, Struktur, Pengertian Dan Cirinya

Simbol pada peta digunakan untuk mewakili objek nyata. Hal ini dilakukan agar informasi dan fenomena yang informatif dapat ditampilkan dengan menggunakan simbol. Untuk itu penggunaan simbol harus sederhana dan umum agar mudah dipahami oleh pembaca.

Legenda merupakan gambaran simbol-simbol pada peta. Penulisan legenda pada peta ini membuat peta lebih mudah dipahami, dan tidak ada aturan baku dalam penggunaan simbol atau warna pada peta.

Skala peta merupakan perbandingan (perbandingan) jarak antara suatu daerah pada peta dengan jarak sebenarnya dengan menggunakan satuan ukuran yang sama. Persamaan skala peta adalah jarak benda peta pada peta: jarak benda terhadap permukaan bumi.

Baca juga  Peristiwa Yang Terjadi Pada Saat Membran Neuron Mengalami Depolarisasi Adalah

Inset adalah posisi area yang dipetakan relatif terhadap area sekitarnya. Fungsi inset adalah untuk menjelaskan suatu area pada peta utama dengan area lain disekitarnya.

Materi 2 Ruang Lingkup Dan Unsur Keprotokolan

Misal peta pulau jawa merupakan peta utama, untuk menunjukkan letak pulau sumatera maka dibuatlah peta indonesia sebagai sisipan.

Orientasi adalah suatu arah pada peta yang menunjukkan letak dan arah suatu daerah atau titik. Dalam hal ini, peta biasanya berbentuk panah yang menunjuk ke utara.

Garis bujur dan lintang disebut juga garis astronomi. Fungsi garis bujur dan garis lintang adalah untuk menunjukkan derajat. Keduanya juga digunakan untuk menentukan letak suatu tempat, biasanya pada tepi peta dalam bentuk bilangan koordinat dalam derajat, menit, dan .

Semua huruf merupakan tulisan bermakna di peta. Ini termasuk bentuk huruf seperti huruf besar, huruf kecil, kombinasi huruf besar dan kecil, gaya vertikal, dan miring.

Unsur Pembangun Puisi: Intrinsik & Ekstrinsik

Warna pada peta digunakan sebagai bentuk penonjolan perbedaan antara objek dan peta. Misalnya warna coklat menunjukkan penampakan relief permukaan tanah, warna dasar biru menunjukkan penampakan badan air, warna dasar hijau menunjukkan penampakan vegetasi (hutan, perkebunan), warna merah dan hitam menunjukkan hasil budidaya manusia seperti jalan. , dan warna putih menunjukkan penampakan es di permukaan bumi.

Tahun pembuatan peta merupakan tahun pembuatan peta yang membantu pembaca menganalisis kecenderungan perubahan informasi permukaan bumi dari waktu ke waktu. Hal ini juga dapat membantu keakuratan informasi yang digunakan per tahun.

Sumber daya peta merupakan data referensi untuk pembuatan peta berupa informasi dari mana informasi yang ada pada peta tersebut diambil.

Demikian penjelasan mengenai 12 unsur peta yang perlu Anda ketahui sebelum membaca dan mempelajari suatu peta. Semoga bermanfaat, eh! Selamat datang di portal dunia tempat Anda dapat menemukan informasi dan arsip referensi. Setelah sebelumnya kita mempelajari pengertian peta dan jenis-jenisnya, kali ini kita akan mengenal unsur-unsur peta. Sebuah diskusi menyusul

Dasar Dasar Geografi Tugas 3

Peta merupakan objek yang sangat berguna, kita dapat memperoleh informasi mengenai suatu tempat dari peta yang kita baca. Namun sebuah peta menjadi tidak ada gunanya jika informasi yang disajikan pada peta tersebut tidak jelas, apalagi membingungkan pembacanya.

Peta yang baik harus memberikan informasi yang akurat sehingga pembaca mudah membacanya dan tidak tersesat. Jadi ketika membuat peta harus memuat 10 elemen peta. Elemen-elemen ini memudahkan pembaca untuk memahami peta.

Nama peta merupakan identitas dari apa yang ada pada peta. Biasanya nama diletakkan di pojok kanan atas atau di bagian yang mudah dilihat orang. Tanpa judul peta, orang yang membacanya akan bingung dengan isi peta yang dimilikinya.

Baca juga  Asbabun Nuzul Surat Al Maidah Ayat 48

Rute adalah bagian yang sangat penting dari peta. Dengan panduan arah mata angin, pembaca dapat mengetahui arah mana yang barat, timur, selatan, atau utara. Arahnya biasanya dilambangkan dengan tanda panah dan huruf U sebagai arah utara.

Sebutkan Unsur Unsur Lingkaran Berikut Yang Ada Pada Gambar. Minta Tolongg​

Skala peta menunjukkan perbandingan luas sebenarnya dengan luas yang terlihat pada peta. Skala peta biasanya ditandai dengan angka 1, artinya semakin besar skalanya maka semakin besar pula luas wilayah yang ditampilkan pada peta. Skala peta terbagi menjadi dua yaitu linier dan numerik.

Skala garis adalah skala peta yang berbentuk garis-garis dengan ukuran perbandingan tertentu. Skala garis biasanya diletakkan di atas legenda atau di kolom legenda.

Skala numerik adalah skala yang berbentuk angka, biasanya skala numerik diletakkan di pojok kanan atas. Contoh skala numerik:

Peta tersebut berskala 1:500.000, artinya 1 cm jarak di peta sama dengan 500 ribu cm atau 5 km jarak sebenarnya. Peta tersebut berskala 1:100.000, artinya 1 cm di peta sama dengan 100.000 cm atau 1 km jarak sebenarnya.

Simbol Kenampakan Alam Pada Peta Lengkap Dengan Penjelasannya

Sumber daya peta juga merupakan elemen yang tidak kalah pentingnya dengan elemen lainnya. Adanya sumber peta menunjukkan validitas dan keakuratan data peta, baik berasal dari sumber terpercaya atau tidak.

Sumber peta adalah nama individu atau lembaga yang mengeluarkan peta, seperti Bakosurtanal, BPN dan Biro Topografi Angkatan Darat, sedangkan tahun pembuatan mengacu pada kesesuaian sebenarnya antara keadaan sebenarnya dengan data yang tertera pada peta. . Peta.

Legenda adalah sekumpulan informasi yang ditampilkan pada peta untuk menjelaskan simbol-simbol tertentu. Dengan adanya penjelasan maka pengguna peta dapat memahami maksud dari simbol-simbol yang ada pada peta. Biasanya legenda ditempatkan dalam bingkai khusus di sebelah peta.

Garis astronomi merupakan garis yang dapat menunjukkan letak astronomis suatu daerah. Garis astronomi terbagi menjadi dua, lintang dan bujur. Garis lintang adalah garis yang membagi wilayah secara vertikal dan sejajar dengan garis khatulistiwa (LU-LS), sedangkan garis bujur adalah garis yang membagi wilayah secara horizontal dan letaknya tegak lurus dengan garis khatulistiwa (BT – BB).

Pengertian Teks Eksposisi: Ciri Ciri, Struktur, Jenis, Dan Contohnya

Simbol merupakan komponen penting peta yang menyampaikan pesan kartografer (pembuat peta) kepada pengguna peta. Simbol-simbol tersebut didistribusikan pada peta. Simbol-simbol pada peta terbagi menjadi beberapa jenis

Selain menambah daya tarik

Sebutkan unsur unsur masyarakat, sebutkan unsur unsur komunikasi, sebutkan unsur ekstrinsik cerpen, sebutkan 7 unsur kebudayaan, unsur peta, sebutkan unsur, sebutkan unsur kebugaran jasmani, sebutkan unsur intrinsik drama, sebutkan unsur unsur teater, sebutkan unsur unsur ekstrinsik, sebutkan unsur unsur intrinsik, sebutkan peta