Sebutkan Masing Masing 3 Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern

Sebutkan Masing Masing 3 Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern – Komunikasi tradisional umumnya menekankan pada proses penyampaian pesan melalui berbagai media dan sifatnya sederhana. Bentuk komunikasi ini membantu dalam kelangsungan hidup. Bentuk komunikasi tradisional adalah tanda, gerak tubuh, suara dan gerakan.

Metode komunikasi tradisional telah digunakan manusia ratusan tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, alat komunikasi semakin maju dan canggih. Contoh alat komunikasi tradisional adalah surat, lukisan, tulisan, kentongan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebutkan Masing Masing 3 Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern

Sarana komunikasi tradisional adalah proses penyampaian pesan dari satu orang ke orang lain melalui media tradisional, sebelum berkembangnya teknologi. Di Indonesia, komunikasi budaya merupakan bagian dari ritual, upacara keagamaan, norma dan sistem yang digunakan dalam masyarakat.

Mengenal 11 Alat Komunikasi Tradisional Berdasarkan Sejarah Halaman All

Perbedaan alat komunikasi tradisional dan modern terletak pada jumlah khalayak yang menerima pesan dari alat komunikasi tersebut. Dalam komunikasi modern, pemirsa dapat berpartisipasi dalam konten media. Pada saat yang sama, media tradisional memiliki keterbatasan dalam pesan dan jumlah khalayak. Contoh media modern termasuk Internet, blog, email, dan jejaring sosial.

Kentungan merupakan metode komunikasi tertua di Indonesia. Kentungan telah digunakan sejak kerajaan Demak, Mataram, Surakarta, dan Yogyakarta.

Dahulu, tepuk tangan merupakan salah satu bentuk komunikasi antar manusia. Alat ini dapat mengumpulkan massa, melaporkan tanda-tanda bahaya dan menandai waktu.

Keranjangnya terbuat dari kayu jati atau kayu bambu. Bagian dalam bambu dipahat sehingga berlubang dan menyisakan ruang untuk mengeluarkan suara bila dipukul. Lisensi biasanya terbuat dari kayu sehingga dapat mengeluarkan suara yang nyaring.

Instrumen Pembinaan Terpadu Puskesmas Oleh Dinas Kesehatan (pkm Batang2)

Ukuran genta bervariasi, sekitar 40 cm dan panjang 1,5-2 m. Hingga saat ini, lonceng masih digunakan di pedesaan sebagai alat komunikasi.

Bunyi tepuk tangan atau tepuk tangan ini bisa berbeda-beda, tergantung acara yang ingin disampaikan. Kentongan berfungsi untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang peristiwa yang terjadi. Pada masa pemerintahan kerajaan, bejana ini digunakan untuk menyampaikan perintah raja kepada rakyatnya.

Cerita merupakan alat komunikasi tradisional yang menceritakan kisah masa lalu. Cerita ini mempunyai berbagai manfaat, seperti sebagai sarana pendidikan, kontrol sosial, penguatan tradisi dan adat istiadat yang digunakan dalam masyarakat.

Bentuk kebudayaan lain yang ada di Indonesia adalah pertunjukan tari. Fungsionalitas ini mungkin berbeda di setiap lokasi. Teater berperan sebagai sarana hiburan, pendidikan dan pelestarian budaya.

Baca juga  Sasageo

Sebutkan 5 Alat Komunikasi Zaman Prasejarah Dan 5 Alat Komunikasi Zaman Sejarah..di Bantu Yh Kak..besok

Media tradisional disebut juga cerita rakyat. Cerita rakyat ada beberapa jenis seperti cerita rakyat (cerita, legenda), ucapan rakyat (peribahasa, pantun, peribahasa), puisi, lagu, teater, memoar dan alat musik.

Boneka adalah bentuk komunikasi tradisional dalam masyarakat kuno. Wayang menceritakan kisah-kisah menarik dan menyampaikan pesan kepada masyarakat. Cerita dalam cerita wayang memberikan informasi baik dan buruk yang dapat ditemukan.

Dahulu, orang menggunakan asap untuk berkomunikasi jarak jauh. Setiap asap mempunyai arti tersendiri bagi interaksi kelompok sosial.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui kebijakan privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja melalui halaman kontak kami 14 Jenis Alat Komunikasi Tradisional – Komunikasi merupakan hal yang penting bagi masyarakat. Tanpa komunikasi, kita tidak akan bisa berbicara atau memberikan informasi kepada lawan bicara atau orang lain dalam jarak yang jauh.

Pengertian Tari Tradisional Lengkap Beserta Macam Macam, Unsur, Dan Fungsinya

Secara umum komunikasi tradisional menekankan pada proses penyampaian pesan dari berbagai media dengan cara yang sederhana. Bentuk komunikasi ini membantu dalam kelangsungan hidup. Bentuk komunikasi tradisional adalah tanda, gerak tubuh, suara dan gerakan. Kedengarannya sederhana, namun dapat mempermudah aktivitas dan aktivitas Anda sehari-hari.

Mungkin Anda pernah menjumpai alat komunikasi tradisional di beberapa tempat yang jauh dari kota. Artikel ini akan memperkenalkan Anda pada beberapa alat komunikasi tradisional yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Komunikasi tradisional adalah proses pengiriman pesan dari satu orang ke orang lain melalui media tradisional sebelum teknologi berkembang di Indonesia. Interaksi tradisional tersebut merupakan bagian dari ritual, upacara keagamaan, aturan dan sistem yang digunakan dalam masyarakat.

Alat ini mempunyai jenis dan kegunaan yang berbeda-beda. Setiap musim juga berbeda. Pada zaman sebelum adanya kertas, seseorang menulis cerita di atas kertas, atau mungkin di atas daun lontar. Tentunya berbeda dengan saat ini yang alat komunikasinya sudah lebih canggih dan cepat diterima oleh orang lain yang berkomunikasi dengan kita. Namun alat-alat tradisional tersebut tentunya membantu perkembangan alat komunikasi yang ada saat ini.

Ayo Cepat Jangan Ngasal Makasih1.tulislah Pertanyaan. Umum Dari Bacaan Tersebut.2.tulislah Deret

Sarana komunikasi tradisional diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dengan orang lain. Para ahli mengatakan bahwa komunikasi dimulai ketika manusia datang ke bumi untuk memenuhi segala macam kebutuhan. Oleh karena itu diyakini bahwa alat komunikasi tradisional sama tuanya dengan umur manusia yang tercatat.

Sebelumnya, komunikasi hanya bisa dilakukan secara tatap muka. Namun komunikasi tatap muka mempunyai banyak kelemahan dan tidak mampu menunjang kehidupan manusia yang semakin kompleks. Inovasi terus berlanjut hingga sarana komunikasi tradisional tercipta.

Dalam perkembangannya, alat komunikasi tradisional sangat erat kaitannya dengan letak geografis, adat istiadat suku setempat, dan peradaban. Di Indonesia sendiri, beberapa metode komunikasi tradisional masih digunakan oleh masyarakat desa yang masih kental dengan kearifan lokal.

Baca juga  Bagaimana Cara Menumbuhkan Semangat Kerjasama Di Lingkungan Sekolah

Kurangnya teknologi dalam alat komunikasi tradisional menyebabkan informasi yang diberikan sangat terbatas. Perangkat komunikasi tradisional hanya menyediakan suara, teks, dan gambar yang diciptakan oleh tangan dan lengan manusia. Peninggalan atau topeng yang ditemukan tidak memiliki detail gambar modern.

Permainan Tradisional Gobak Sodor

Saat ini, siapa pun dapat mengirim dan menerima informasi, bahkan kepada orang yang tidak ada hubungannya dengan mereka. Namun alat komunikasi tradisional bersifat hierarkis atau komunikasi yang dihasilkan adalah komunikasi vertikal. Artinya pengirim pesan dan penerima pesan mempunyai status atau kedudukan yang berbeda dalam kelompok sosial.

Pengirim pesan yang menggunakan alat komunikasi tradisional adalah orang yang statusnya lebih tinggi daripada penerima pesan. Contohnya adalah lonceng yang dibunyikan seorang pemimpin kerajaan sebagai isyarat adanya kabar kepada rakyatnya.

Meskipun proses komunikasi selalu melibatkan hubungan antara dua pihak, alat komunikasi tradisional menciptakan komunikasi satu arah. Gaya komunikasi ini ditandai dengan tidak adanya feedback dari pesan yang diterima pengirim. Dalam komunikasi satu arah, penerima pesan hanya bertindak sebagai pendengar saja tanpa berkomentar, memberi tanggapan atau bereaksi terhadap informasi yang diterima.

Alat komunikasi tradisional belum mencakup aspek teknis sehingga mempunyai keterbatasan dalam hal jarak dan waktu. Pesan yang dikirim menggunakan saluran komunikasi konvensional hanya dapat diterima oleh agen yang berada di sekitar pengirim. Proses penyampaian informasi melalui alat komunikasi tradisional juga membutuhkan waktu untuk sampai ke penerimanya.

Intercom, Apa Itu Dan Fungsinya Apa?

Salah satu perbedaan antara alat komunikasi tradisional dengan alat komunikasi modern terletak pada keterampilan pengirim atau komunikatornya. Komunikator yang menggunakan alat komunikasi tradisional adalah mereka yang mempunyai keahlian atau setidaknya wewenang untuk menggunakannya.

Misalnya, penggunaan telegraf untuk perencanaan perang dibatasi pada orang-orang yang memahami nomor telepon atau kode Morse – biasanya veteran perang. Pada saat yang sama, di zaman modern ini, siapa pun dapat mempelajari dan menggunakan alat komunikasi canggih apa pun.

Karena akses terhadap sarana komunikasi tradisional terbatas, penggunaannya dikaitkan dengan institusi yang membatasi. Komunikator dan komunikator yang terlibat dalam penyampaian pesan melalui alat komunikasi tradisional berada dalam satu lembaga, organisasi, atau kelompok sosial.

Kita dapat dengan mudah membaca berita dari media negara lain meskipun ditulis dalam bahasa asing. Hal ini terjadi akibat adanya globalisasi sehingga sekat-sekat antar negara semakin kabur. Bahasa asing sudah menjadi sesuatu yang tidak sulit lagi untuk dipelajari.

Dampak Positif Keragaman Budaya Di Indonesia Adalah Mengembangkan Kebudayaan Nasional

Situasi ini sangat berbeda dengan hubungan lama. Alat komunikasi tradisional mempunyai ciri khas yang unik satu sama lain. Ada kode, password, simbol dan bahasa yang disepakati dalam grup. Contohnya adalah hieroglif bangsa Mesir kuno yang diukir pada batu-batu yang hanya dipahami oleh nenek moyang orang Mesir kuno.

Baca juga  Gerakan Melangkah Kedepan Pada Senam Irama Termasuk Gerak Dasar

Metode komunikasi tradisional lebih mudah digunakan karena media yang digunakan tidak rumit dan dapat ditemukan di mana saja. Hal ini membuat proses penyebaran dan penyampaian pesan menjadi sangat terbatas dan mahal.

Misalnya saja menggunakan jasa kurir yang menempuh jarak jauh dengan transportasi terbatas. Pesan yang tidak efisien, seperti jarak, waktu dan energi yang diperlukan untuk mengirimkan informasi, berarti alat komunikasi tradisional memerlukan biaya akses yang tinggi.

Di bawah ini akan kami uraikan beberapa alat komunikasi tradisional yang digunakan pada zaman dahulu untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Dibawah ini adalah macam-macam alat tradisional.

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Kentungan merupakan metode komunikasi tertua di Indonesia. Kentungan telah digunakan sejak kerajaan Demak, Mataram, Surakarta, dan Yogyakarta. Kentungan dalam sejarah telah menjadi sarana komunikasi antar masyarakat. Alat komunikasi ini digunakan untuk mengumpulkan massa dan mengumumkan tanda bahaya serta sebagai isyarat adanya bahaya.

Bentuk fisik genta terbuat dari bahan kayu jati atau kayu bambu. Buluhnya diukir di bagian dalam, jadi ada ruang di mana Anda bisa mengeluarkan suara saat memukul buluh. Karena dayungnya biasanya terbuat dari kayu sehingga bisa mengeluarkan suara yang nyaring, Kentungan tersedia dalam berbagai ukuran, sekitar 40 sentimeter dan panjang 1,5-2 meter.

Hingga saat ini, lonceng masih digunakan sebagai alat komunikasi di pedesaan. Durasi tepuk tangan bisa berbeda-beda, tergantung acara yang berlangsung. Kentungan juga digunakan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang suatu peristiwa. Pada masa pemerintahan kerajaan, bejana ini digunakan untuk menyampaikan perintah raja kepada rakyatnya.

Surat adalah bentuk komunikasi tradisional dan sering digunakan, paling populer dan banyak digunakan pada masanya. Surat merupakan alat komunikasi jarak jauh. Namun, pengiriman dan penerimaan email pasti membutuhkan waktu yang lama.

Teori Difusi Inovasi: Pengertian, Jenis, Elemen, Tahapan

Saat ini masih ada surat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun surat tersebut telah diubah menjadi elektronik yang kita kenal dengan namanya

Konsep alat komunikasi pun menjelma ke dalam bentuk lain yang fungsinya sama, yakni mampu berkomunikasi jarak jauh dengan satu pihak atau lebih.

Buku ini akan membantu Anda membuat surat-surat yang diperlukan sesuai standar standar untuk membantu sekretaris, manajer dan siapa saja yang memiliki masalah manajemen yang signifikan.

Cerita juga digunakan sebagai alat komunikasi pada zaman dahulu. Cerita ini bertujuan untuk menceritakan kisah masa lalu yang ada dalam kehidupan seseorang

Media Massa Adalah: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis, Dan Contoh Contohnya (2022)

Alat komunikasi modern dan tradisional beserta fungsinya, alat komunikasi tradisional kentongan, sebutkan contoh alat komunikasi tradisional, sebutkan alat komunikasi tradisional dan modern, alat komunikasi tradisional, perbedaan alat komunikasi tradisional dan modern, sebutkan alat musik tradisional, sebutkan alat komunikasi modern, 10 alat komunikasi tradisional, gambar alat komunikasi tradisional dan modern, sebutkan 3 alat komunikasi tradisional dan modern, alat komunikasi tradisional dan modern