Sebutkan Macam-macam Unsur Dan Berikan Contohnya

Sebutkan Macam-macam Unsur Dan Berikan Contohnya – Zat kimia dapat berarti dua hal. Pertama, unsur mempunyai arti yang sama dengan atom (misalnya, mengatakan “unsur oksigen” sama dengan mengatakan “atom oksigen”). Kedua, unsur artinya materi, yaitu kumpulan atom-atom yang dapat kita rasakan, lihat, cium, dan pengaruhi di dalam tubuh (kehidupan, benda padat, cair, gas). Unsur, jika lebih lengkap, ditambahkan sebagai unsur murni bersama dengan komposit.

Partikel (dalam hal ini, atom) memiliki proton yang sama di intinya (yaitu, nomor atom atau Z yang sama).

Sebutkan Macam-macam Unsur Dan Berikan Contohnya

Sebanyak 118 unsur diketahui, 94 di antaranya terdapat secara alami di Bumi. Sedangkan 24 sisanya merupakan unsur buatan. Ada 80 unsur yang memiliki setidaknya satu isotop stabil dan 38 unsur yang memiliki radionuklida yang meluruh menjadi unsur lain seiring waktu. Besi merupakan unsur paling melimpah di massa bumi, dan oksigen merupakan unsur paling melimpah di kerak bumi.

Hikayat: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Bentuk Dan Contoh

Unsur kimia merupakan unsur paling umum di alam semesta. Namun, pengamatan astronomi menunjukkan bahwa materi biasa yang terlihat membentuk 4% materi di alam semesta: sisanya adalah materi gelap (73%); Komposisinya tidak diketahui, tetapi tidak mengandung unsur kimia.

Dua unsur paling ringan, hidrogen dan helium, sebagian besar terbentuk pada Big Bang dan merupakan unsur paling umum di alam semesta. Tiga unsur berikutnya (litium, berilium, dan boron) sebagian besar terbentuk dari sinar kosmik, sehingga kelimpahannya lebih sedikit dibandingkan unsur yang lebih berat. Pembentukan unsur dengan 6 dan 26 proton terjadi dan berlanjut dalam urutan bintang melalui nukleosintesis bintang. Kelimpahan oksigen, silikon, dan besi di bumi menunjukkan produksi yang melimpah di bintang-bintang ini. Unsur-unsur dengan lebih dari 26 proton tercipta melalui nukleosintesis supernova dalam supernova, yang ketika meledak, menyebarkan unsur-unsur tersebut sebagai puing-puing supernova jauh, yang ditambahkan ke planet-planet.

Istilah “elemen” (atau “elemen”) digunakan baik untuk atom dengan jumlah proton tertentu (terlepas dari apakah atom tersebut terionisasi atau terikat secara kimia, seperti hidrogen dalam air), serta untuk unsur kimia murni yang terdiri dari a unsur tunggal (misalnya, gas hidrogen).

Istilah “zat” dan “zat sederhana” juga telah diusulkan dalam pengertian kedua, tetapi istilah tersebut tidak diterima secara luas dalam literatur kimia Inggris, sementara beberapa bahasa lain digunakan secara luas (misalnya Perancis: corps simplecode: fr is obsolete , Rusia: простое вестевствокоды: ru sudah usang). Satu elemen dapat menciptakan banyak hal yang berbeda bentuknya; disebut alotrop suatu unsur Ketika unsur-unsur yang berbeda digabungkan secara kimia, ketika atom-atom bergabung melalui ikatan kimia, mereka membentuk senyawa kimia. Hanya sedikit yang ditemukan tidak terikat sebagai mineral murni. Unsur-unsur alami ini termasuk tembaga, perak, emas, karbon (seperti batu bara, grafit, atau berlian) dan belerang. Semua unsur, kecuali unsur tidak aktif seperti gas mulia dan logam mulia, biasanya terdapat di bumi dalam bentuk gabungan kimia sebagai senyawa kimia. Meskipun sekitar 32 unsur kimia terdapat secara alami di bumi dalam bentuk tak tergabung, sebagian besarnya terdapat dalam bentuk senyawa. Misalnya, udara atmosfer pada dasarnya merupakan campuran nitrogen, oksigen, dan argon, sedangkan padatan terbentuk dari paduan logam seperti besi dan nikel.

Baca juga  Jelaskan Dengan Singkat Sejarah Sepak Bola

Sistem Periodik Unsur: Klasifikasi Dan Sifat Unsur Dalam Tabel Periodik

Sejarah penemuan dan penggunaan unsur dimulai dengan masyarakat manusia yang menemukan unsur-unsur alami seperti karbon, belerang, tembaga, dan emas. Peradaban selanjutnya melebur unsur tembaga, timah, timah dan besi dan menambangnya menggunakan batu bara. Alkemis dan ahli kimia telah berulang kali menemukan; Unsur-unsur alami dikenal pada tahun 1950an. Sifat-sifat kimia suatu unsur dirangkum dalam tabel periodik, yang menyusun unsur-unsur berdasarkan kenaikan nomor atom dalam baris-barisnya (“periode”), mengulangi sifat-sifat kimia dan fisika kolom-kolomnya (“golongan”). Kecuali bahan radioaktif tidak stabil dengan waktu paruh pendek, semua bahan industri sebagian besar kotor.

Unsur adalah unit materi terkecil, dan unsur kimia paling ringan adalah hidrogen dan helium, keduanya tercipta dalam nukleosintesis Big Bang pada 20 menit pertama alam semesta.

Bersama dengan dua unsur berikutnya, litium dan berilium. Hampir semua unsur lain yang ditemukan di alam dibuat melalui proses nukleosintesis alami.

Sejumlah kecil atom diproduksi secara alami di Bumi melalui reaksi nukleogenik, atau proses kosmogenik seperti spalasi sinar kosmik. Atom baru juga diproduksi secara alami di Bumi melalui proses peluruhan radioaktif seperti peluruhan alfa, peluruhan beta, fisi spontan, peluruhan cluster, dan proses peluruhan langka lainnya.

Cara Penulisan Lambang Unsur Menurut Berzelius Dan Contohnya

Dari 94 unsur alami dengan nomor atom 1 hingga 82, terdapat setidaknya satu isotop stabil (secara teknis, 43 unsur, dan 61 unsur tanpa isotop stabil kecuali prometium). Isotop yang dianggap stabil adalah isotop yang tidak mengalami (atau tidak diamati meluruh) secara radioaktif. Unsur dengan nomor atom 83 hingga 94 tidak stabil terhadap peluruhan radioaktif dari semua isotop yang diketahui. Beberapa unsur ini, terutama bismut (nomor atom 83), torium (nomor atom 90), dan uranium (nomor atom 92), memiliki satu atau lebih isotop yang dapat bertahan sebagai sisa-sisa ledakan nukleosintesis bintang. Logam sebelum terbentuknya tata surya. Lebih dari 1,9 × 10

Baca juga  Ngrembaka Tegese

Dengan usia lebih dari satu miliar tahun, melebihi perkiraan usia alam semesta, bismut-209 (nomor atom 83) memiliki waktu paruh peluruhan alfa terpanjang di antara unsur-unsur alami lainnya, dan selalu dianggap setara dengan unsur stabil 80. .

Unsur terberat (di atas plutonium, unsur 94) mengalami peluruhan radioaktif dengan waktu paruh yang sangat singkat dan tidak ditemukan di alam sehingga harus diolah.

Pada tahun 2010, terdapat 118 unsur yang diketahui (“diketahui” dalam konteks ini – unsur tersebut dipelajari dengan baik, bahkan merupakan produk peluruhan, untuk membedakannya dari unsur lain).

Penjelasan 4 Profesi Akuntan: Keahlian Dan Gaji

Dari 118 unsur tersebut, 94 terdapat secara alami di Bumi. Enam di antaranya berada dalam jumlah kecil: teknis, nomor atom 43; prometium, nomor 61; astatin, nomor 85; Perancis, nomor 87; neptunium, nomor 93; dan plutonium, nomor 94. Empat puluh sembilan unsur ini melimpah di alam semesta, dalam spektrum bintang, dan dalam supernova, tempat terbentuknya unsur radioaktif berumur pendek. Sembilan puluh empat unsur pertama telah diidentifikasi langsung di Bumi sejak pembentukan tata surya, baik yang terjadi secara alami maupun sebagai produk uranium dan thorium.

24 unsur berat lainnya, yang tidak ditemukan di Bumi atau di alam semesta astronomi saat ini, diproduksi secara artifisial: semuanya bersifat radioaktif dan memiliki waktu paruh yang sangat singkat. Jika ada atom unsur ini selama pembentukan Bumi, maka atom tersebut pasti sudah hancur total, dan jika atom tersebut baru (bintang baru), pasti terlalu kecil untuk dapat menemukannya. Teknesium merupakan zat anorganik yang pertama kali ditemukan pada tahun 1937, meskipun sebagian besar teknologi ada di alam (dan unsur tersebut juga ditemukan secara alami pada tahun 1925).

Produksi buatan dan penemuan alami selanjutnya telah diulangi untuk zat langka lainnya.

Unsur-unsur dicantumkan berdasarkan nama, nomor atom, massa jenis, titik leleh, titik didih dan simbol, serta energi ionisasi unsur kimia tersebut. Inti unsur stabil dan radioaktif juga tersedia sebagai daftar inti yang diurutkan berdasarkan waktu paruh unsur tidak stabil. Representasi unsur yang paling mudah dan tentunya paling tradisional adalah dalam tabel periodik, yang mengelompokkan golongan dengan sifat kimia serupa (dan biasanya juga struktur elektronik).

Baca juga  Berikut Ini Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah

Unsur Unsur Dalam Desain Grafis

Atom karbon dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda-beda; Atom-atom dari unsur yang sama tetapi mempunyai neutron yang berbeda disebut isotop.

Jumlah proton dalam inti atom juga menentukan muatan listriknya, yang pada gilirannya menentukan jumlah elektron dalam atom dalam keadaan terionisasinya. Elektron berada dalam orbital atom yang menentukan berbagai sifat kimia atom. Jumlah neutron dalam inti atom umumnya mempunyai pengaruh yang kecil terhadap sifat kimia suatu unsur (kecuali dalam kasus hidrogen dan deuterium). Oleh karena itu, semua isotop karbon mempunyai sifat kimia yang sama karena semuanya mempunyai enam proton dan enam elektron, sedangkan atom karbon, misalnya, dapat memiliki 6 atau 8 neutron. Inilah alasan penentuan sifat-sifat unsur kimia menggunakan nomor atomnya, bukan massa atau nomor atomnya.

Isotop adalah atom dengan jenis yang sama (yaitu, jumlah proton dalam intinya), tetapi mempunyai neutron yang berbeda. Misalnya, karbon memiliki tiga isotop utama. Semua atom karbon mempunyai 6 proton, tetapi dapat mempunyai 6, 7, atau 8 neutron. Oleh karena itu, nomor atomnya adalah 12, 13, dan 14. Karbon dalam kehidupan sehari-hari dan kimia adalah 12C (sekitar 98,8%), 13C (sekitar 1,1%), dan sekitar 1 atom dalam 14 triliun.

Sebagian besar unsur alami (66 dari 94) memiliki lebih dari satu isotop stabil. Kecuali isotop hidrogen (kelimpahan relatif masing-masing cukup untuk menimbulkan efek kimia), isotop unsur-unsur yang terdaftar secara kimia tidak dapat dibedakan.

Sumber Daya Alam: Jenis, Manfaat Dan Contoh Sda (up 2022)

Semua unsur mengandung isotop radioaktif (radioisotop), meskipun tidak semua radioisotop tersebut terdapat secara alami. Radioisotop biasanya meluruh menjadi unsur lain dengan melepaskan partikel alfa atau beta. Jika suatu unsur merupakan isotop non-radioaktif, ia disebut isotop “stabil”. Semua isotop stabil yang diketahui terjadi secara alami (lihat isotop unsur). Sebagian besar radioisotop yang tidak terdapat di alam telah dikarakterisasi setelah dibuat secara buatan. Beberapa unsur tidak memiliki isotop stabil dan memiliki isotop radioaktif:

Sebutkan dan jelaskan unsur unsur intrinsik cerpen, pengertian unsur dan contohnya, unsur intrinsik cerpen dan contohnya, peluang usaha bisa berasal dari lingkungan sebutkan dan berikan contohnya, apa perbedaan cv dan pt berikan contohnya, jelaskan perbedaan masalah dan masalah sosial berikan contohnya, sebutkan dan jelaskan unsur unsur seni tari, sebutkan 16 tenses beserta rumus dan contohnya, apa itu bisnis dropshipping dan berikan contohnya, unsur unsur hadits dan contohnya, sebutkan macam macam akad dan berikan contohnya, apa itu domain dan hosting jelaskan dan berikan contohnya