Sebutkan Hasil Kekayaan Alam Wilayah Daratan

Sebutkan Hasil Kekayaan Alam Wilayah Daratan – Status Indonesia sebagai negara kepulauan telah ditetapkan sejak deklarasi Juanda pada tahun 1957 dan diperkuat dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut/UNCLOS. Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau, dengan garis pantai sepanjang 81.000 kilometer. Sekitar 62% wilayah Indonesia merupakan lautan dan perairan, terkonfirmasi data KKP, dengan luas daratan 1,91 juta km2 dan luas perairan 6,32 juta km2.

Dengan bentang alam yang demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber daya kelautan yang sangat besar, khususnya di sektor perikanan. Peningkatan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan menjadi salah satu perhatian utama pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Berdasarkan data BPS yang diolah Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dietzen PDSPKP), selama periode Januari – November 2016-2017, nilai ekspor produk perikanan meningkat sebesar 8,12% dari USD 3,78 miliar pada tahun 2016. USD 4,09 miliar pada tahun 2017.

Sebutkan Hasil Kekayaan Alam Wilayah Daratan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam jumpa pers di kantor KKP, Kamis (11/1), mengungkapkan, KKP atas arahan Presiden Joko Widodo akan terus berupaya meningkatkan produksi. dan ekspor perikanan Indonesia. Produk Agar hal ini dapat terwujud, penegak hukum harus terus melakukan kampanye melawan penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (IUU).

Penggolongan Sumber Daya Alam

Pada acara yang sama diumumkan juga bahwa neraca perdagangan meningkat sebesar 7,42% dari USD 3,403 miliar pada tahun 2016 menjadi USD 3,655 miliar pada tahun 2017. Kemudian selama Januari – November 2016-2017, berbagai hasil laut dan ikan mengalami peningkatan. Nilainya naik 23,35%, produk lainnya naik 3,61%. Sumber daya alam potensial adalah sumber daya alam yang masih berada pada tempatnya semula.

Potensi sumber daya alam Indonesia berdasarkan komposisinya meliputi sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan, seperti dikutip dari materi geografi Hafal Mahi dalam buku SMA/MA Kelas 10, 11, 12 karya Santi Sari Dewi, MPD.

Contoh sumber daya alam terbarukan (RNR) adalah air, udara, dan tanah. Sumber daya alam terbarukan merupakan sumber daya alam yang dapat diregenerasi oleh alam dalam siklus yang relatif cepat.

Baca juga  Tuliskan Kewajiban Anak Terhadap Komputer Di Rumahnya

Apa saja yang termasuk dalam sumber daya alam? Jenis sumber daya alam berdasarkan pemanfaatannya adalah sumber daya material, sumber daya hayati, sumber daya energi, sumber daya ruang, dan sumber daya waktu.

Potensi Sumber Daya Alam Di Indonesia, Materi Geografi Kelas 7 Smp

Sumber daya material adalah sumber daya alam yang berwujud material. Contoh sumber daya material adalah mineral magnetit, limonit dan siderit. Mineral ini dapat dilebur menjadi baja.

Sumber daya hayati merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Contoh sumber daya hayati adalah hewan dan tumbuhan.

Sumber daya energi merupakan sumber daya alam yang berguna untuk menghasilkan energi. Contoh sumber energi adalah bahan bakar fosil, gas alam, dan batu bara.

Sumber daya ruang adalah ruang atau tempat dimana manusia bekerja. Sedangkan sumber daya waktu adalah hubungan antara penggunaan waktu dengan sumber daya alam lainnya. Contohnya adalah musim hujan yang membantu pertumbuhan tanaman pertanian.

Indonesia Kaya Potensi Kelautan Dan Perikanan

Jadi, Indonesia punya sumber daya alam apa saja? Potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia meliputi sumber daya hayati yang melimpah, sumber daya material, sumber daya energi, sumber daya ruang, dan sumber daya waktu.

Hasil perkebunan Indonesia antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, karet, kelapa (kopra), kelapa sawit, coklat, pala, cengkeh, lada dan vanila. Karena itu, banyak negara yang ingin menguasai Indonesia. Negara-negara asing sangat tertarik dengan sumber daya alam Indonesia, mulai dari rempah-rempah, minyak bumi dan sumber daya alam lainnya. Tidak semua negara memiliki sumber daya alam seperti Indonesia. Setiap benua mempunyai potensi dan sumber daya yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan betapa kayanya sumber daya alam yang ada di Asia dan Afrika. Apa kemungkinan masing-masing benua? Ayolah, aku akan lebih memahaminya, oke?

Benua Asia memiliki banyak lembah sungai yang besar dan subur serta terletak di pertemuan Lingkar Pasifik dan Laut Mediterania. Oleh karena itu, benua Asia mempunyai potensi alam yang luar biasa di bidang pertanian dan pertambangan.

Bahan Ajar Daring Kelas 4 Tematik

Potensi lahan pertanian di benua Asia terdapat pada daerah sekitar lembah sungai besar. Seperti yang Anda lihat, banyak negara di Asia Tenggara yang memproduksi beras, terutama Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Sedangkan wilayah di Asia Selatan yang ditanami padi adalah India, Bangladesh, dan Pakistan. Selain itu, India juga memiliki sumber daya alam lain seperti sorgum, gandum, dan kapas. Kemudian Asia Tengah terkenal dengan produk utamanya yaitu gandum, kapas dan buah-buahan, sedangkan Asia Barat merupakan penghasil utama beras dan kopi.

Baca juga  Sebutkan Teknik Teknik

Minyak bumi merupakan produk mineral dominan di benua Asia. Negara penghasil minyak bumi berada di Timur Tengah, Asia Tenggara dan Asia Timur. Timah putih banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Filipina. Kemudian batubara terdapat di Siberia, Jepang dan Indonesia. Selain itu, beberapa wilayah penting seperti Semenanjung Korea mengandung mineral seperti bijih besi, batu bara, emas, perak, timbal, seng, tungsten, dan grafit.

Pertanian di benua Afrika terdapat di lembah-lembah sungai besar, seperti Lembah Sungai Orange di Afrika Selatan, Lembah Sungai Zambesi di Zambia dan Mozambik, Lembah Sungai Niger di Nigeria, dan Lembah Sungai Kongo di Zaire.

Hasil pertanian di lembah sungai antara lain buah-buahan, jagung, almond, ubi jalar, dan beras. Sementara tanaman budidaya lainnya seperti kapas, jagung, dan kopi terdapat di Etiopia dan Sudan.

Sumber Daya Unggulan Dari Negara Anggota Asean

Sebagian besar benua Afrika merupakan dataran tinggi yang terjal dan luas. Namun, wilayah tersebut memiliki sumber daya mineral alam yang melimpah. Mineral yang ditemukan di Zaire antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah. Kemudian Sudan memiliki mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas. Ethiopia memiliki mineral berupa emas, tembaga, mangan, dan platinum. Sedangkan Nigeria memiliki hasil pertambangan berupa minyak bumi, batu bara, timah, bijih besi, marmer, dan batu kapur.

Berdasarkan penjelasan tersebut kita mengetahui bahwa Asia dan Afrika mempunyai sumber daya alam berupa pertanian dan pertambangan. Lalu bagaimana dengan sumber daya alam di tiga benua lain seperti Australia, Amerika, dan Eropa? Coba cari tahu dan bandingkan dengan dua benua yang telah kita bahas sebelumnya. Selamat membaca!

Jika Anda ingin belajar menyenangkan dan efektif, Anda dapat mendownload aplikasinya dan memilih produk Ruangbelaza. Dengan begitu, belajar bisa lebih efektif dan tidak bosan. Sepulang sekolah, Bona dan Dira duduk-duduk di taman dan berbagi pengalaman tentang pengaruh kenampakan alam terhadap potensi sumber daya alam. Yuk ikuti cerita di Kelas 4 IPS Terpadu!

Baca juga  Sikap Awal Gerakan Melangkah Adalah

, hutan! Ini adalah salah satu gunung yang saya lihat ketika saya masih di kampung halaman. Gada juga membeli banyak sayuran pertanian di sana

Hutan Adalah: Pengertian, Jenis, Ciri Ciri Dan Manfaat Hutan

Kami sekeluarga pergi ke pantai. Di sana kami bertemu banyak nelayan. Gambar ini.” Giliran Bonner yang menunjukkan gambar di ponselnya kepada Dira.

“Oleh karena itu, setiap tampilan natural memiliki ciri khasnya masing-masing. “Nah, ciri-ciri ini mempengaruhi sumber daya alam kita,” jelas Bona.

“Contohnya suhu udara yang dingin menjadi ciri kenampakan alam dataran tinggi. Oleh karena itu, potensi sumber daya alam berupa tumbuhan yang dapat bertahan hidup di udara dingin, seperti tanaman pepohonan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.” Sedangkan potensi sumber daya alam bagi kehidupan hewan. di dataran tinggi terdapat hewan ternak seperti sapi perah.

Artinya, penampakan alam di dataran rendah biasanya memiliki potensi sumber daya alam seperti tanaman pertanian. Jadi, sebagian besar masyarakat yang tinggal di dataran rendah bermatapencaharian sebagai petani, bukan? tanya Dira.

Potensi Sumber Daya Alam Yang Terdapat 5 Pulau Di Indonesia

“Benar, Direktur. “Mereka yang tinggal di dekat pantai, karena potensi sumber daya alamnya adalah ikan, sebagian besar berprofesi sebagai nelayan,” kata Bona.

“Kenampakan alam yang saya dan Bona kunjungi mempunyai potensi sumber daya alamnya masing-masing.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang tampilan alami? Yuk belajar lewat aplikasi bersama Bona, Dira dan teman-teman lainnya! Sampai jumpa di cerita selanjutnya, ya!

Ini tidak hanya mencakup bahan organik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga bahan anorganik seperti minyak bumi, gas alam, berbagai logam, air, dan tanah.

Ini Dia 5 Hasil Tambang Terbesar Di Indonesia

Inovasi teknologi, perkembangan peradaban dan populasi manusia, serta Revolusi Industri telah membawa manusia pada masa eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya semakin berkurang secara signifikan, terutama dalam satu abad terakhir.

Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, namun sayangnya keberadaannya belum merata dan Indonesia, Brazil, Kongo, Maroko dan berbagai negara di Timur Tengah mempunyai sumber daya alam hayati maupun non hayati yang melimpah.

Misalnya, negara-negara di kawasan Timur Tengah mempunyai pasokan gas alam yang setara dengan sepertiga pasokan dunia, dan Maroko sendiri memasok senyawa fosfat yang setara dengan setengah pasokan dunia.

Secara umum sumber daya alam dapat dibedakan menjadi sumber daya alam terbarukan dan sumber daya alam tidak terbarukan berdasarkan sifatnya. Sumber daya alam terbarukan merupakan sumber daya alam yang dapat tetap ada asalkan tidak dieksploitasi secara berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, udara dan air merupakan beberapa contoh sumber daya alam terbarukan. Meski melimpah di alam, namun pemanfaatannya harus dibatasi dan berkelanjutan. Nomor SDA

Jenis Jenis Sumber Daya Alam Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui