Sebutkan Batas-batas Wilayah Indonesia

Sebutkan Batas-batas Wilayah Indonesia – 1. Benua yang berbatasan dengan Indonesia adalah benua Asia dan benua Australia. Benua Asia berada di utara Indonesia, dan benua Australia berada di selatan Indonesia. Negara Indonesia sendiri merupakan bagian dari kawasan Asia Tenggara. Selain dua benua, Indonesia terletak di dekat dua samudera, Pasifik dan Hindia.

Jadi kita berbicara tentang wilayah dan perbatasan negara Indonesia, karena negara ini sendiri terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia. Selain letak negara, letak negara juga dapat didasarkan pada letak astronomisnya, karena Indonesia mempunyai letak astronomis 6 derajat lintang utara (lintang utara) – 11 derajat lintang selatan (selatan) dan 95 derajat lintang timur. garis bujur. ) – 141 derajat Bujur Timur (Bujur Timur)

Sebutkan Batas-batas Wilayah Indonesia

Pertanyaan baru di IPS: Kerjasama ekonomi regional secara tidak langsung dapat menyelamatkan perdagangan antar negara karena – sebuah alat datar mempunyai radius 1 m dan massa 25 kg berada di atas tanah. Hitunglah besarnya tekanan pada tanah. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Keberagaman sosial adalah keberagaman horizontal anggota masyarakat. Berikan contoh… perbedaan sosial berdasarkan pekerjaan! INTER MINTA PETIR RIONES! KHUSUS 24K PELANGGAN! NEGARA MANA YANG PERTAMA MENGUMUMKAN PERANG DUNIA PERTAMA?A. AS B. AUSTRIA-HUNGARIA. … KARYAWAN JERMAN. UNI SOVIET TERMASUK PENJELASAN DI GOOGING#NOREPORT#FORALLUSERS BYE DARI ANDA 🙂 ⚡ IPS Kelas 8 BAB 3 Semester 2 Tahukah kamu seberapa besar Indonesia? Simak Pengertian dan Batas Geografis Indonesia dari Darat, Laut, dan Udara pada topik geografi kelas 11 selanjutnya.

Latihan Soal Essay Ips Kelas 7

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Ibu Susi Pudiyastuti suka menenggelamkan kapal nelayan negara lain yang melintasi perbatasan kita? Selain itu, memancing adalah suatu tindakan

Baca juga  Contoh Gambar Garis Sejajar

Dilarang oleh undang-undang, di lingkungan tersebut mereka juga dilarang menangkap ikan dan memasuki wilayah yang menjadi milik pemerintah negara kita tanpa izin.

Mari kita belajar tentang batas-batas negara kita agar dapat mencintai dan mengenal lebih dekat negara Indonesia tercinta ini.

Tahukah Anda kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Menurut Pusat Informasi Geospasial, luas wilayah Indonesia sekitar 5.180.053 km2 dan terdiri dari 17.499 pulau. Dari luas wilayah tersebut, wilayah perairan Indonesia mencapai 3.157.483 km2, dan luas daratan sekitar 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia juga berbatasan dengan beberapa negara, baik di darat maupun di laut.

Maswido: Kunci Jawaban Uts Gasal Ips Vii

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 disebutkan bahwa wilayah negara Indonesia meliputi tanah, air, laut, dan daratan yang berada dibawahnya, termasuk sumber daya alam, segala kekayaan di dalamnya. Dengan adanya pembagian batas hukum seperti ini, jelas akan mengurangi berbagai jenis kejahatan yang bisa terjadi, seperti masuknya orang asing secara tidak sah ke wilayah Indonesia.

Dalam menentukan batas laut Indonesia, biasanya kita menggunakan metode penarikan garis dari pantai yang paling rendah hingga beberapa kilometer ke depan. Di dalam batas laut ini terdapat beberapa divisi, antara lain sebagai berikut.

Laut teritorial adalah batas laut yang terbentang sepanjang 12 kilometer (19,3 km) dari batas wilayah ke arah laut lepas. Pondasi yang dimaksud adalah garis yang ditarik pada pantai pada saat air surut. Batasan wilayah menjadikan wilayah maritim Indonesia menjadi satu kesatuan yang utuh seperti saat ini. Laut antar pulau sudah tidak terbuka lagi sehingga kapal asing tidak bisa bebas masuk dan keluar Indonesia.

Apabila suatu laut yang lebarnya kurang dari 24 kilometer dikuasai oleh dua negara, maka cara menentukan wilayah teritorial kedua negara tersebut adalah dengan menarik garis yang sama dengan jarak dari pantai terluar.

Baca juga  Tumbuh Dan Berkembang

Tolong Bantu Dijawab Kak ​

Dalam batas-batas laut teritorial tersebut, Indonesia mempunyai hak berdaulat penuh. Negara lain bisa berlayar di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Landas kontinen merupakan lanjutan benua yang terendam air laut. Tepi landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter dari permukaan laut. Namun jika landas kontinen sangat sederhana, maka batasnya diukur 200 kilometer dari pantai.

Oleh karena itu, zona laut dangkal dengan kedalaman 200 meter merupakan bagian daratan di kawasan laut tersebut. Tepi landas kontinen diukur keluar dari pantai pada jarak maksimum 200 mil.

Sumber daya alam yang ada di landas kontinen suatu negara dapat dimanfaatkan oleh negara tersebut. Pemerintah berhak dan berwenang memanfaatkannya, misalnya ikan atau sumber daya mineral, dengan menghormati dan tidak mengganggu jalur laut internasional.

Soal Pertanyaan Pkn Kel.3 1

Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE merupakan zona maritim sepanjang 200 kilometer yang diukur dari garis pantai pulau terluar hingga laut lepas. Jika ZEE suatu negara tumpang tindih dengan ZEE negara lain, maka penentuannya dapat dinegosiasikan antara kedua negara dan dibagi rata.

Di ZEE, masing-masing negara mempunyai hak untuk melakukan eksplorasi, pemanfaatan, dan pengelolaan seluruh sumber daya alam dan sumber daya alam nonhayati yang ada di ZEE, di dalam dan di luar perairan, di dasar laut untuk kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, negara lain mempunyai kebebasan untuk memindahkan dan memasang kabel atau pipa bawah laut.

Mengenai kegiatan di ZEE Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983 Bab 5 tentang ZEE. Di ZEE, Indonesia mempunyai hak untuk:

Perbatasan negara adalah batas negara yang berada di permukaan bumi dan berbatasan langsung dengan wilayah lain. Batasan ini dapat berupa fitur lingkungan seperti hutan, gunung, dan bagian lain suatu negara, baik yang dapat diakses maupun tidak. sesuai perjanjian perbatasan negara.

Baca juga  Tuliskan Tiga Isi Pokok Kandungan Surat Al-hujurat Ayat 13

Lkpd Tentang Indonesia Worksheet

Indonesia sendiri berbatasan langsung dengan 3 negara yaitu Papua Nugini (berbatasan dengan Provinsi Papua), Timor Timur (berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur) dan Malaysia (berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Timur).

Batas udara suatu negara terbagi menjadi 2, yaitu batas horizontal dan batas vertikal. Batasan ini ditentukan oleh kebutuhan masing-masing negara dan mudah dilampaui karena sulit untuk dipelihara dan sangat mahal untuk dipelihara. Penentuan batas-batasnya juga dipengaruhi oleh kemungkinan penggunaannya, misalnya dengan pesawat terbang, alat komunikasi dan satelit meteorologi.

Berdasarkan Konvensi Chicago (1944) tentang Penerbangan Sipil dan Perjanjian Luar Angkasa (1967) tentang penguasaan luar angkasa, batas udara vertikal negara tersebut belum ditentukan, melainkan berada pada ketinggian 110 – 130 km.

Wilayah udara vertikal Indonesia mempunyai luas yang sama dengan daratan Indonesia, daratan Indonesia, dan lautan.

Batas Batas Wilayah Benua Asia Beserta Iklim Di Benua Asia

Bagaimana, mungkin anda sudah paham dengan penjelasan di atas mengenai luas dan pembagian batas wilayah Indonesia bukan? Mengapa Anda benar-benar perlu mengetahui topik ini? Jadi, sebagai warga negara yang baik dan calon pemimpin bangsa di masa depan, hendaknya Anda benar-benar mengetahui bahwa ini adalah upaya menjaga kedaulatan wilayah NKRI!

Sangat disayangkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman, bidang kita dan sumber dayanya dimanfaatkan secara bebas oleh asing. Untuk lebih memahami informasi tentang batas wilayah Indonesia, Anda dapat membuka ruang belajar untuk melihat video selengkapnya!

Penulis konten dan manajer konten di. Saya harap tulisan saya bermanfaat dan membantu Anda mempelajari sesuatu! 😀

Sebutkan batas batas wilayah, sebutkan batas batas wilayah asia tenggara, batas geografis wilayah indonesia, batas udara wilayah indonesia, sebutkan batas batas wilayah negara singapura, batas wilayah laut indonesia, peta batas wilayah indonesia, batas wilayah indonesia sebelah, sebutkan batas wilayah indonesia, batas darat wilayah indonesia, batas wilayah daratan indonesia, batas perairan wilayah indonesia