Sebutkan 3 Informasi Yang Terdapat Pada Teks Tersebut

Sebutkan 3 Informasi Yang Terdapat Pada Teks Tersebut – Pengertian Teks Ekspositori – Teks ekspositori merupakan jenis teks nonfiksi yang berisi penjelasan suatu informasi atau pengetahuan. Teks eksplanasi sendiri ditulis berdasarkan data yang diperoleh berdasarkan peristiwa yang sebenarnya terjadi. Selain itu, teks ini menyajikan informasi secara ringkas, jelas, padat dan tepat. Informasi yang disajikan harus bertipe 5W + 1H atau lebih dikenal dengan SIMBA, dimulai dari apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana.

Oleh karena itu, sangat mudah untuk menemukan teks eksplanasi. Teks ini sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya media digital, surat kabar, majalah, dan lain-lain. Bagi Anda yang ingin mengetahui dan memahami lebih jauh tentang teks ekspositori, artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang teks eksplanasi, pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, jenis, pola perkembangan dan contoh teks eksplanasi serta analisis tekstual.

Sebutkan 3 Informasi Yang Terdapat Pada Teks Tersebut

Teks eksplanasi adalah teks atau tulisan yang berisi informasi atau pengetahuan. Secara umum teks eksplanasi sendiri bertujuan untuk memberikan penjelasan atau gambaran suatu gagasan, gagasan pokok, pendapat, informasi atau pengetahuan kepada pembacanya, tanpa ada maksud untuk mempengaruhi. Teks eksplanasi bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta dari sudut pandang tertentu.

Tari Empat Etnis

Dalam membuat teks eksplanasi biasanya fokus membahas isu-isu sosial seperti Covid-19, isu pendidikan, isu ekonomi, dan lain-lain. Dengan menulis teks ekspositori, pembaca akan mempunyai sudut pandang yang lebih luas untuk menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat.

Selain itu, teks eksplanasi pada dasarnya memiliki bentuk retoris, yang dapat digunakan untuk menjelaskan deskripsi ilmiah dan menjawab berbagai pertanyaan. Oleh karena itu, sebagian besar teks dalam buku teks atau ensiklopedia secara konseptual merupakan pengembangan dari teks eksplanasi. Hal ini terlihat melalui teks lain seperti berita, esai, prosiding bahkan laporan.

Setelah mengetahui pengertian teks eksplanasi, selanjutnya akan dijelaskan unsur-unsur teks eksplanasi tersebut kepada Anda. Suatu teks dikatakan teks ekspresif apabila mempunyai dua unsur pokok, yaitu mengandung gagasan dan mengandung fakta. Berikut penjelasan dua unsur teks eksplanasi, antara lain:

Unsur pertama teks eksplanasi adalah teks yang mengandung gagasan. Teks eksplanasi sendiri memuat banyak gagasan, seperti catatan penulis, komentar, dan saran terhadap suatu topik yang dibahas. Banyaknya ide dalam teks ekspositori dapat mengajak pembaca untuk turut serta menjawab permasalahan yang disampaikan penulis.

Baca juga  Sebutkan Isi Perjanjian Roem Royen

Lk T6 St3 Pb 2 Dan 3 Worksheet

Unsur teks eksplanasi yang kedua adalah memuat fakta yang sebenarnya. Sebagai teks nonfiksi, teks ekspositori menyajikan informasi dan ide berdasarkan peristiwa nyata. Peristiwa dalam teks eksplanasi biasanya berupa informasi seperti waktu, tanggal, lokasi peristiwa, bahkan pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Pada akhirnya, fakta akan memperkuat gagasan penulis, sehingga dapat memperkuat keyakinan pembaca terhadap gagasan atau persoalan tertentu.

Nah, setelah membahas tentang pengertian teks eksplanasi dan unsur-unsur teks eksplanasi, pembahasan selanjutnya berfokus pada ciri-ciri teks eksplanasi. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi yang patut diketahui.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks ekspositori bukanlah teks fiksi, melainkan berisi nonfiksi. Oleh karena itu, teks eksplanasi biasanya berisi informasi atau pengetahuan. Informasi dari teks ekspositori dapat memperkaya pemahaman kita (sebagai pembaca) dan dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ini Dia 10 Negara Di Asia Tenggara Lengkap Dengan Data Terkait

Karena merupakan teks nonfiksi dan isinya berupa informasi atau pengetahuan, maka teks eksplanasi ditulis dengan menggunakan bahasa baku. Dalam hal ini adalah bahasa baku, kata-kata menurut KBBI, kalimat menurut PUEBI, dan sebagainya.

Teks eksplanasi memuat suatu fakta yang biasanya memuat fakta-fakta tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Oleh karena itu, ketika ingin menulis teks eksplanasi yang baik, Anda perlu mencari sumber data yang spesifik agar tidak terjadi kesalahan.

Ciri-ciri teks ekspositori berikutnya adalah format penulisannya singkat, jelas, dan padat. Dengan format penulisan seperti itu, pembaca akan mudah menyerap informasi atau pengetahuan yang terkandung dalam teks eksplanasi.

Ciri terakhir dari teks eksplanasi adalah harus objektif dan tidak berpihak pada salah satu pihak atau beberapa kepentingan. Oleh karena itu, seorang penulis teks eksplanasi harus memastikan bahwa setiap teks eksplanasi yang ditulis didasarkan pada fakta.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Pada Remaja

Selanjutnya setelah membahas pengertian teks eksplanasi, unsur-unsur teks eksplanasi, dan ciri-ciri teks eksplanasi, berikut penjelasan mengenai struktur teks eksplanasi, antara lain:

Bagian ini merupakan bagian pertama dan awal teks pameran. Tesis sendiri dapat dipahami sebagai bagian yang fungsinya menyajikan pandangan umum penulis terhadap pertanyaan, permasalahan, gagasan pokok, dan topik atau permasalahan yang sedang dibahas. Tesis juga bisa disebut pernyataan pendapat. Sebelum mulai menulis teks eksplanasi, penulis terlebih dahulu harus menentukan tujuan dari teks eksplanasi tersebut.

Bagian kedua dari struktur teks eksplanasi adalah rangkaian argumentasi. Setelah tesis menyajikan suatu topik atau persoalan yang sedang diperdebatkan banyak orang, maka teks ekspositori akan dilanjutkan dengan berbagai argumentasi. Beberapa argumentasi dapat dipahami sebagai pendapat yang berupa penalaran yang logis, informasi berdasarkan kesimpulan, fakta dan pernyataan ahli. Oleh karena itu tidak mengherankan jika pada bagian ini banyak ditemukan pendapat untuk menjelaskan tesis yang dikemukakan di atas.

Baca juga  Sikap Lilin Bertumpu Pada

Bagian terakhir presentasi bertujuan untuk menegaskan struktur teks. Setelah penulis mengemukakan pertanyaan atau permasalahan dan didukung dengan beberapa alasan atau pendapat yang sesuai dengan fakta, selanjutnya dikemukakan kesimpulan atau kesimpulan. Tujuan reformulasi adalah untuk menegaskan pendapat awal, serta menyajikan kesimpulan dan saran terhadap permasalahan umum yang dibahas.

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Tentang Teks Sejarah

Setelah mengetahui pengertian teks eksplanasi, unsur-unsur, ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi, Anda akan diarahkan untuk memahami lebih dalam tentang kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Seperti pada teks lainnya, kaidah kebahasaan juga dapat disebut sebagai gaya kebahasaan yang khas suatu teks, untuk membedakannya dengan teks lain. Berikut beberapa kaidah kebahasaan pada teks ekspositori, antara lain:

Teks eksplanasi banyak menggunakan kata atau terminologi teknis yang berkaitan dengan suatu topik atau persoalan yang sedang dibicarakan. Misalnya sektor kehutanan, illegal logging, hutan lindung, hutan kemasyarakatan, ekowisata, dan lain-lain.

Teks eksplanasi banyak menggunakan kata-kata yang menjelaskan hubungan antar alur. Misalnya, jika, karena, sebagai akibat, maka, oleh karena itu.

Teks eksplanasi cenderung menggunakan kata-kata yang mengungkapkan hubungan kronologis atau istilah-istilah yang mengungkapkan informasi temporal. Selain itu, teks eksplanasi umumnya menggunakan kata-kata yang menyatakan perbandingan atau pertentangan. Misal akhirnya, sebelumnya, lalu, sebaliknya, lain lagi.

Melamar Jadi Hrd? Simak Pertanyaan Interview Untuk Posisi Hrd Berikut Ini!

Teks eksplanasi juga lazim menggunakan kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan jiwa. Misalnya, menyimpulkan, memperkirakan, mengharapkan. mengganggu, mengejutkan, sedih, menebak, berasumsi, menjelaskan, dll.

Teks ekspositori banyak menggunakan kata acuan untuk menghubungkan informasi atau pendapat seseorang. Misalnya berdasarkan data…, mengutip opini…

Teks ekspositori juga biasanya menggunakan kata-kata persuasif untuk mengundang atau mempengaruhi pembicara. Kata-kata umum yang digunakan untuk membujuk adalah: terbaik, diharapkan, perlu, harus, seharusnya.

Teks eksplanasi juga banyak menggunakan kata-kata ekspresif untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih jelas. Denotatif sendiri dapat dipahami sebagai suatu kata yang mempunyai makna yang sebenarnya. Kata ekspresif adalah kata yang tidak mengalami perubahan atau penambahan makna.

Kisah Kisah Teladan Berintegritas Para Tokoh Bangsa

Berdasarkan pengertian teks ekspositori, tujuan teks ekspositori adalah menyampaikan informasi kepada pembaca dari sudut pandang tertentu. Dengan tujuan teks eksplanasi ini, pembaca akan mudah memahami makna dan pengetahuan yang terkandung dalam teks tersebut.

Rasanya kurang lengkap jika membahas pengertian teks ekspositori, namun tidak membahas jenis-jenis teks ekspositori. Pada dasarnya teks ekspositori adalah teks yang bertujuan untuk menyajikan informasi atau pengetahuan kepada pembacanya.

Baca juga  Walisongo Yang Terkenal Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian Adalah

Namun teks eksplanasi sendiri ada enam jenis yang masing-masing tentunya mempunyai tujuan masing-masing. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai teks ekspositori, berikut enam jenis teks ekspositori beserta penjelasannya, antara lain:

Teks eksplanasi proses sebenarnya adalah teks yang memuat beberapa langkah atau cara menghasilkan sesuatu, dari awal hingga akhir.

Paragraf 1 Topik Masalah Teks Si Kotak Ajaib Tuliskan Informasi Penting Pada Diagram Halaman 62 Tema 3 Kelas 6

Teks ekspositori merupakan teks eksplanasi yang bertujuan untuk memberikan gambaran suatu topik mengenai topik lainnya. Teks jenis ini umumnya menggambarkan persamaan atau kemiripan sifat suatu topik yang dibicarakan.

Teks eksplanasi yang kontradiktif juga dapat dipahami sebagai teks yang memuat beberapa hal yang saling bertentangan antara satu hal dengan hal lainnya.

Teks laporan eksplanasi adalah teks penjelasan yang bertujuan untuk menyajikan laporan mengenai suatu peristiwa atau objek tertentu.

Teks eksplanasi komparatif adalah teks yang memuat pokok-pokok pikiran dan pemikiran yang berkaitan dengan perbandingan suatu hal dengan hal lainnya.

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri, Struktur, Dan Contohnya

Pertama-tama, Anda perlu menentukan topik saat Anda ingin membuat teks eksplanasi. Dengan adanya teman maka makna tulisan akan menjadi lebih jelas, sehingga pembaca dapat membaca dan mendengar pesan tertulis dari teks eksplanasi tersebut.

Kedua, kumpulkan sumber-sumber yang mungkin berasal dari buku atau artikel yang tersedia di Internet. Akan lebih baik lagi, khususnya saat menulis teks eksplanasi, jika diberikan sumber data terkini mengenai suatu peristiwa, seperti keberadaan virus Covid-19. Selain sumber, penulisan ekspositori juga akan membantu pembaca mempelajari informasi lebih lanjut.

Setelah Anda menentukan topik dan mengumpulkan sumber, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka penulisan. Dengan adanya kerangka penulisan, Anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditulis dalam teks eksplanasi.

Terakhir, kerangka penulisan yang dihasilkan dikembangkan lebih lanjut agar teks eksplanasi memuat informasi yang cukup. Selain itu, dengan adanya evolusi ini, teks pameran menjadi lebih terstruktur, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam membacanya.

Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Struktur & Contohnya

Pola pengembangan dari umum ke khusus ini dapat disebut juga dengan bentuk paragraf deduktif. Hal ini disebabkan ide atau gagasan pokok diletakkan pada kalimat pertama di awal paragraf dan disusul dengan kalimat penjelas. Berikut contoh paragraf teks ekspositori umum dan khusus:

Meski bukan minuman kesehatan, kopi memiliki efek tertentu

Sebutkan manfaat vitamin a yang terdapat pada buah, sebutkan 10 perintah yang terdapat dalam kitab taurat, tuliskan penjelasan tentang produk yang terdapat pada iklan tersebut, sebutkan 5 penyedia layanan hosting yang terdapat di luar negeri, informasi yang terdapat pada iklan tersebut adalah, sebutkan kandungan yang terdapat pada 4 sehat 5 sempurna, sebutkan ruang kerja listrik yang terdapat pada bangunan rumah tangga, sebutkan menu menu yang terdapat pada microsoft excel dan fungsinya, sebutkan pihak pihak yang membutuhkan informasi akuntansi, sebutkan lima gunung yang terdapat di pulau jawa, sebutkan sepuluh hukum yang terdapat dalam kitab taurat, sebutkan 5 penyedia layanan hosting yang terdapat di indonesia