Sajian Data Yang Tersusun Dalam Kolom Dan Baris Disebut

Sajian Data Yang Tersusun Dalam Kolom Dan Baris Disebut – Penyajian data statistik dalam bentuk tabel dan grafik – Penyajian data adalah kegiatan pelaporan yang sistematis yang dirancang untuk menyajikan hasil analisis untuk memberikan informasi yang mudah dipahami dan dimengerti.

Untuk menciptakan deskripsi informasi yang komunikatif dan informatif, perlu dilakukan penelitian dan pengumpulan data untuk mencapai tujuan yang diinginkan sesuai kebutuhan. Bentuk penyajian data statistik terbagi menjadi dua jenis yaitu tabular dan diagramatis.

Sajian Data Yang Tersusun Dalam Kolom Dan Baris Disebut

Presentasi tabletop sering dijumpai di sekolah-sekolah dan kantor-kantor resmi untuk mengelompokkan informasi. Tujuan penyajian data dalam bentuk tabel adalah untuk memberikan informasi dan gambaran rinci tentang jumlahnya. Ini memfasilitasi analisis informasi yang disajikan.

Pengertian Tabulasi Silang, Manfaat, Dan Jenisnya

Tabel baris-kolom adalah bentuk representasi data yang terdiri dari baris dan kolom. Tabel baris dan kolom dapat dibagi menjadi tiga jenis: tabel satu arah, dua arah, dan terner.

Ini adalah tabel yang menunjukkan informasi tentang satu hal atau karakteristik saja. Tabel ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana. Misalnya, tabel di bawah berisi indeks merek ponsel pintar teratas.

Ini adalah tabel yang menunjukkan informasi tentang hubungan antara dua hal atau dua karakteristik yang berbeda. Misalnya, tabel penjualan dan pangsa pasar di bawah ini adalah untuk perusahaan laptop.

Ini adalah tabel yang menunjukkan informasi tentang hubungan antara 3 item atau 3 karakteristik yang berbeda, misalnya tabel data penjualan impor/ekspor berikut ini:

Modul 2 Online Esa Statistika 1 Penyajian Data

Tabel alternatif adalah bagian dari tabel baris-kolom, tetapi digunakan untuk menyajikan data dengan lebih dari satu kategori atau pengelompokan, seperti data yang mewakili dua faktor. Satu faktor berisi kategori A dan faktor lainnya berisi kategori B, sehingga Anda dapat membuat daftar kemungkinan dengan baris yang mewakili A dan kolom yang mewakili B.

Pivot table adalah suatu bentuk penyajian data yang dapat memberikan informasi tentang dua atau lebih hal yang berkaitan, seperti pemeriksaan data dalam model frekuensi dan persentase ketenagakerjaan.

Tabel pivot dapat terdiri dari satu faktor atau dua faktor, tergantung dari data yang dideskripsikan, dengan cara ini data disajikan dalam tabel pivot satu atau dua faktor, tergantung dari data yang diperoleh.

Baca juga  Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Satwa Harapan Adalah

Tabel distribusi frekuensi adalah bentuk tabel yang digunakan untuk menyajikan data yang dikelompokkan menurut waktu. Setiap nilai interval memiliki frekuensi atau jumlah data. Tabel distribusi frekuensi dibagi menjadi dua bagian:

Pdf) Apa Itu Pengantar Basis Data?

Selain dalam format tabel. Penyajian data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram. Representasi diagram sering ditemukan di sektor ekonomi atau perbankan. Biasanya ada perkembangan bisnis atau perbandingan nilai tukar.

Diagram adalah representasi visual dari informasi. Masih terdapat kelemahan dalam penyajian diagram yaitu data tidak dapat disempurnakan, namun penyajian data dalam bentuk diagram seringkali lebih menarik daripada penyajian data dalam bentuk tabel. Format bagan yang paling umum digunakan adalah bagan garis, bagan batang, dan bagan pai.

Diagram garis adalah penyajian data dalam bentuk garis yang menggambarkan perkembangan dan perubahan dalam situasi tertentu. Bagan garis sering digunakan untuk merepresentasikan data dari pengamatan data sesekali, berurutan, dan berkelanjutan.

Bagan batang adalah penyajian data dalam bentuk persegi panjang vertikal atau horizontal. Diagram batang sering digunakan untuk menggambarkan perkembangan informasi dari objek tertentu yang dapat dikategorikan. Ada dua jenis diagram batang:

Doc) Makalah Penyajian Data Tabel, Gambar Dan Diagram

Pie chart adalah bentuk representasi grafis dari data kuantitatif dengan menggunakan lingkaran yang dibagi menjadi segmen-segmen sesuai dengan kebutuhan yang disajikan. Fungsi utama diagram lingkaran ini adalah untuk menemukan perbandingan antara data dan data umum, yang sering dinyatakan dalam persentase, menyajikan data sebagai salah satu langkah penyusunan laporan penelitian agar dapat dipahami. dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan Informasi yang disajikan harus sederhana, jelas dan mudah dibaca. Penyajian informasi juga dimaksudkan untuk membantu pengamat memahami, misalnya apa yang disajikan untuk evaluasi atau perbandingan lebih lanjut.

Saat menyiapkan laporan pengujian, informasi yang akan dilaporkan harus diperhitungkan. memberikan gambaran yang bermakna Informasi harus disajikan secara sistematis. dan untuk tujuan analitis. Data biasanya disusun dalam bentuk tabel. Penyajian informasi ini dimaksudkan untuk memudahkan pengolahan informasi dan pemahaman pembaca terhadap informasi tersebut.

Penyajian informasi Langkah ketiga adalah penyajian informasi. (Deklarasi informasi) Informasi dikumpulkan pada tahap pertama (Tahap Pengumpulan Data) dan setelah melewati tahap kedua yaitu Kompilasi Data, tahap selanjutnya adalah tahap Penyajian Data, yang tujuannya adalah mengumpulkan informasi dan menyusun serta mempublikasikannya mudah Terlihat dalam bentuk tabel, grafik atau bagan.

1. Narasi adalah cara penyajian data dari penelitian sebelumnya dalam bentuk narasi atau kalimat, misalnya prevalensi malaria lebih tinggi di daerah pedesaan pesisir daripada di pedesaan. atau misalnya penerimaan online kampus Anda tahun ini lebih buruk dari tahun-tahun sebelumnya. Penyajian informasi dalam bentuk narasi atau teks merangkum keseluruhan dari observasi. di sektor kesehatan Presentasi teks hanya untuk tujuan informasi. Penyajian dalam bentuk narasi atau teks banyak digunakan dalam bidang sosial, ekonomi, psikologi, pendidikan dan lainnya serta berfungsi sebagai laporan hasil penelitian kualitatif, misalnya untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap produk atau produk yang dipasarkan.

Baca juga  Yang Dimaksud Dengan Proporsi

Ejercicio De 9.1 Data, Tabel, Diagram Batang

2. Tabel adalah kumpulan data yang diatur menurut baris dan kolom. Baris dan kolom ini digunakan untuk menampilkan informasi yang terkait dengan keduanya. di mana titik kontak dari baris dan kolom adalah data yang dimaksud. Atau bisa berupa sekumpulan angka yang diatur secara sistematis berdasarkan kategori, seperti berat menurut jenis kelamin. Jumlah karyawan menurut survei Penjualan menurut kategori produk dan area penjualan, dll. Tabel tersebut berisi bagian-bagian berikut:

> nama tabel, yang mewakili seluruh isi tabel. yang berada di bagian atas tabel biasanya terdiri dari nomor tabel diikuti dengan nama tabel itu sendiri. Nama tabel harus singkat dan jelas.

> header kolom berisi keterangan singkat (termasuk satuan) jika data digabungkan menjadi baris Data akan dimuat pada kolom terakhir. Jika jumlah kolom besar, dapat diatur ke angka. Tambahkan satuan ukuran (Rp, cm, %, dll.)

> Tabel: Memuat data, kemungkinan untuk mengelompokkan data Jumlah data pada kolom akan dimuat ke baris paling bawah.

Cara Membuat Grafik Pada Excel 2016

> Kolom tabel, yaitu urutan tabel yang berjalan dari kiri ke kanan dan berisi data vertikal. (Dari atas ke bawah)

> Baris tabel, yaitu urutan baris tabel yang berjalan dari atas ke bawah dan memuat data secara horizontal. (kanan ke kiri)

> Informasi di bawah (catatan kaki): dapat disertakan untuk memberikan deskripsi judul. judul kolom atau nomor tabel jika perlu.

Ini adalah tabel yang berisi informasi tentang entitas, grup, grup, atau hanya satu aspek. Karakteristik yang disajikan dapat berupa jumlah, frekuensi, ukuran, konten/persen, dll. Ini adalah format tabel yang paling sederhana dan termudah untuk diterapkan.

Statistik 1 Penyajian Data

Contoh data IPK 10 mahasiswa dideskripsikan menggunakan satu jenis data saja yaitu IPK.

Ini adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik, seperti demografi usia dan jenis kelamin. Daerah asal dan agama jumlah mahasiswa menurut bidang studi dan jenis kelamin, dll.

Baca juga  Berikut Ini Tugas Yang Dijalankan Oleh Tni Kecuali

Yaitu tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau dua karakteristik yang berbeda, seperti data produksi kedelai menurut varietas dan luas panen.

Ini adalah tabel terpisah dari tabel alternatif dan tabel distribusi frekuensi, yang merupakan tabel baris dan kolom yang tidak mengandung banyak faktor dan bukan merupakan data kuantitatif yang dikelompokkan menjadi beberapa kelompok.

Cara Membaca Diagram, Tabel, Dan Grafik

Merupakan bagian dari tabel baris, kolom, namun tabel ini memiliki keistimewaan yaitu menyajikan data yang terdiri dari 2 faktor atau 2 variabel yang salah satunya terdiri dari kategori b dan yang lainnya berisi kategori k, dapat membuat cadangan ukuran elemen b x k, di mana b mewakili baris dan k mewakili kolom.

Crosstab dapat terdiri dari satu variabel. tetapi bisa terdiri dari dua variabel, tergantung pertanyaan atau situasi yang ingin diklarifikasi. Oleh karena itu, pilihan cara menyajikan data dalam tabulasi silang variabel tunggal atau ganda akan bergantung pada data yang diperoleh. Tabel tunggal variabel silang digunakan untuk menggambarkan data dalam satu cara. Misalnya, penjumlahan dua tabulasi variabel digunakan untuk menggambarkan data dengan menunjukkan dua karakteristik. Selain hal di atas, Tabel Persiapan juga dapat digunakan untuk tujuan penelitian tertentu seperti waktu, wilayah, negara bagian, atau frekuensi:

> berdasarkan wilayah. Untuk menyajikan data dengan cara ini, dasar utama pengumpulan informasi adalah dengan menggunakan wilayah atau wilayah atau kawasan sebagai titik referensi.

> Bergantung pada situasi/frekuensi pengumpulan informasi dengan cara ini Pertimbangan utama adalah kondisi fisik atau jumlah insiden di lokasi tertentu pada titik waktu tertentu.

Mengenal Struktur Dan Penyajian Data Dalam Komputer

2. Pengorganisasian informasi Data mentah yang diperoleh dari penelitian dipilah menurut klasifikasi tertentu. Ini mudah jika data yang Anda terima tidak terlalu besar. Namun jika data yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut besar dan kompleks, maka diperlukan suatu metode atau metode pengorganisasian data yang disebut dengan distribusi frekuensi. Artinya, cara penyajian data statistik dalam bentuk kolom dan baris berisi angka yang dapat menggambarkan atau menggambarkan sebaran atau distribusi frekuensi dari variabel sasaran yang diteliti. Ada dua jenis distribusi frekuensi:

> Distribusi frekuensi menurut kategori Distribusi frekuensi menurut klasifikasi kualitatif jenis data atau kelompok data.

Itu diurutkan dalam gaya grup default.

Baris dan kolom matriks, iklan kolom dan baris, contoh iklan baris dan kolom, perbedaan kolom dan baris, berapa kolom dan baris excel, baris dan kolom pada excel, jumlah baris dan kolom excel, jumlah baris dan kolom pada microsoft excel, baris dan kolom, pengertian kolom dan baris, perbedaan iklan baris dan kolom, magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut