Rute Perjalanan Bangsa Inggris Ke Indonesia

Rute Perjalanan Bangsa Inggris Ke Indonesia – Setelah jatuhnya Konstantinopel, Barat terpaksa mencari sumber rempah-rempah. Rempah-rempah merupakan komoditas penting karena memberikan panas, penyedap makanan, obat-obatan, bahan rempah-rempah dan bumbu. Dua negara yang mulai merambah barat adalah Portugal dan Spanyol. Dari perjanjian Tordesillas mereka berdua mencari, yaitu Portugal di timur, Spanyol di barat. Lambat laun negara lain seperti Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Denmark mengikuti jejak Portugal dan Spanyol. Lantas, apa motivasi negara-negara Barat mengeksplorasi laut? Baca artikel ini sampai akhir.

Konstantinopel merupakan pusat industri rempah-rempah di Eropa Timur. Rempah-rempah dibawa oleh orang Cina, India dan Arab sepanjang Jalur Sutra ke Konstantinopel. Pada tahun 1453, Konstantinopel diperintah oleh Turki Ottoman di bawah kepemimpinan Mahmed II. Turki Ottoman menerapkan kebijakan yang membuat perdagangan rempah-rempah di Konstantinopel menjadi sangat sulit. Hingga akhirnya Barat harus mencari sumber rempahnya sendiri.

Rute Perjalanan Bangsa Inggris Ke Indonesia

Semangat penyelidikannya adalah keinginan Barat untuk membalas kekalahan di Konstantinopel, khususnya terhadap Islam. Bangsa Eropa akan berperang melawan wilayah Islam dimanapun mereka berada, termasuk kerajaan-kerajaan lokal di dunia.

Peta Jalur Perdagangan Bangsa Bangsa Eropa Ke Indonesia: Jejak Sejarah Yang Menarik

Slogan 3G (Emas, Kemuliaan dan Injil) menjadi pendorong negara-negara Barat untuk menjelajah lautan. Arti dari 3G antara lain:

Perkembangan ilmu pengetahuan baik astronomi maupun geografi mendorong negara-negara Barat untuk berinvestasi dalam eksplorasi laut. Orang Barat juga menggunakan peta Arab dalam eksplorasi mereka. Selain itu perkembangan navigasi dengan berkembangnya kompas sehingga memudahkan dalam menentukan arah Barat menuju Kepulauan Spicule.

De Marco Polo menceritakan perjalanannya ke dunia Timur yang dianggapnya makmur dan kaya dalam bukunya Image of the World. Buku ini ditujukan untuk Asia.

Copernicus yang didukung oleh Galileo percaya pada teori heliosentris. Teori heliosentris adalah teori yang menyatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya. Adanya kepercayaan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa bumi itu bulat. Seolah-olah bangsa telah menjelajah ke satu arah, maka akan sampai pada satu titik yang sama: gambarkan dan jelaskan jalur wisatawan Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia sesuai gambar yang tertulis di atas. Tolong bantu!! Karena akan dipresentasikan besok!! Izinkan saya mengatakan bahwa jawaban yang baik dan benar adalah jawaban terbaik!!

Baca juga  Sebutkan Unsur-unsur Dalam Senam Irama

Dikenal Sebagai Penakluk, Begini Rute Pelayaran Bangsa Viking Halaman All

Bangsa Portugis yang dipimpin oleh Bartholomew Diaz baru saja berlayar ke ujung Afrika Selatan (1496), Tanjung Harapan. Bangsa Portugis yang dipimpin oleh Vasco De Gama mendarat di Kalkuta pada tahun 1498. Armada Portugis yang dipimpin oleh Alfonso D’Albuquerque berhasil merebut Malaka pada tahun 1511. Setelah itu, kerajaan Malaka dipimpin oleh Sultan. Mahmud Syah orang Portugis melanjutkan penjelajahannya ke timur dengan tujuan menemukan pusat rempah-rempahnya di Kepulauan Maluku.

Setelah menjelajahi lautan Portugis, Spanyol pun datang ke Indonesia. Ekspedisi dipimpin oleh Ferdinand Magelhans dan Sebastian de Elcano. ke Filipina pada tahun 1521. Kedatangan Spanyol mengancam perdagangan rempah-rempah Portugis.

Belanda pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 196. Pendekatan pertama adalah ke Pelabuhan Banten di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan Pieter Keyzer. Belanda tiba di Banten untuk kedua kalinya pada tahun 1598 dipimpin oleh Jacob van Neck dan Warwijk. Tujuan Belanda datang ke Indonesia adalah untuk berdagang rempah-rempah.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba bersama-sama menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran sejarah SMA

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya

Inggris memerintah Indonesia sejak tahun 1811 setelah serangan Belanda di Pulau Jawa. Dari penyerangan tersebut, Belanda menyerah begitu saja dan menyerahkan kekuasaannya kepada pemerintah Inggris.

Setelah Portugis menemukan Maluku, perdagangan rempah-rempah menyebar luas. Lisbon berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa Barat. Dalam hal ini Inggris dapat memperoleh keuntungan yang besar dalam perdagangan rempah-rempah, karena Inggris menerima rempah-rempah secara cuma-cuma dan dengan harga murah di Lisbon. Namun karena Inggris terlibat konflik dengan Portugal selama perang 80 tahun, Inggris mulai kesulitan dengan rempah-rempah Lisbon. Oleh karena itu, Inggris berusaha mencari negara yang memproduksi rempah-rempahnya sendiri. Sejak abad ke-17, para pedagang Inggris telah berdagang di India. Pedagang Inggris dari India Timur mendirikan perusahaan dagang yaitu EIC pada tahun 1600. Operasional EIC di India berada di Calcutta (India). Dari kota ini, Inggris memperluas perbatasannya hingga Asia Selatan. Di bawah pemerintahan Lord Minto, dibentuklah ekspedisi Inggris untuk merebut wilayah Belanda.

Baca juga  Proses Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia

Sekian penjelasan dari saya mengenai kedatangan orang eropa ke indonesia, semoga bermanfaat bagi anda semua. Semoga ini membantu!!!

Anda semua masih ingin mempelajari dokumen sejarah bukan? Ayo saudara-saudara, klik link di bawah ini!!! Saya harap ini membantu Anda dalam studi Anda dan saya harap ini membantu Anda

Rute Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Disertai Gambar Peta

Sejarah Baru Pertanyaan 21. Penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia diawali dengan kedatangan para dakwah di Timur Tengah. Baik dengan datang langsung ke Indonesia..yang disebut dengan teori Mekkah, atau secara tidak langsung dari satu negara ke negara lain hingga mencapai Indonesia yang dikenal dengan teori Persia dan Gujarat. Walisanga merupakan bagian dari khatib yang tidak diragukan lagi keberhasilannya, karena topik sejarah yang disampaikan kepada generasi sekarang, termasuk khotbah A. Sunan Kalijodo B. Sunan Gunung JatiC. D. Sunan Ampel Sunan Bonang 19. Di mata orang Sunda, tembuni atau kue dipandang sebagai adik dari anak. Oleh karena itu, tidak perlu membuangnya sembarangan, melainkan harus dilakukan upacara penguburan. Upacara penguburan tembun yang diletakkan di lereng ini diiringi dengan doa pujian dan bingkisan atau tawasul kepada Syekh Abdul Qadir Jaelani dan ahli pemakaman. Kemudian, di dekat kuburan tembuni, sebuah lampu dinyalakan hingga tali pusar bayi terlepas dari rahim. Upacara Tembuni memiliki tujuan konservasi. Anak yang dilahirkan akan mempunyai kata-kata manis B. Anak yang dilahirkan akan selamat di akhirat C. Anak yang dilahirkan akan terhormat D. Anak yang dilahirkan akan selamat dan menjadi orang yang berbahagia 18. Pendidikan tertua lembaga pesantren di indonesia Pendirinya adalah salah satu walisanga yaitu Sunan Ampel, nama pesantren Ampel Denta diambil dari tempat beliau berdakwah. Kalimat yang salah dalam menjelaskan asal kata pesantren adalah……… Santhi berasal dari kata Sansekerta Sastri yang berarti melek huruf atau mampu membaca. Yang artinya adalah orang atau murid yang selalu mengikuti gurunya C. Santri, dari kata Shastri yang dalam bahasa India berarti orang yang mempelajari kitab-kitab agama Hindu D. Santri berasal dari bahasa Arab yaitu Sanatri yang berarti orang yang mempelajari agama. Pengetahuan Tentang Pesantren di Pesantren, Bagaimana Mengikuti Karakter Sahabat Kita Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib? Menjelaskan! 16. Ketika Islam masuk, sebagian masyarakat Indonesia menerimanya secara terbuka, mereka menerima Islam tanpa paksaan dan dengan penuh kesadaran. Di bawah ini…yang bukan menjadi alasan mengapa Islam mudah diterima masyarakat dan berkembang pesat di Indonesia yaitu…A. Islam tidak mengenal perintah B. Jika masuk Islam harus membayar pajak. C. Syarat masuk Islam sangat mudah D. Penyebaran Islam dilakukan secara damai Jawaban Diaz meninggalkan Lisbon pada tahun 1487. Ia menemukan Cabo Verde, Elmina di selatan, dan Tanjung Harapan pada tanggal 12 Maret. 1488. Dia melakukan perjalanan ke Teluk St. Blaise atau Mosselbaai, dan mencapai saat-saat terakhirnya ketika berlabuh di muara sungai Boesmanorum dan Rio Magnum di Afrika Selatan. Ia berangkat ke India, namun para pelaut menolak dan ingin kembali ke Pak Tuikan. Dia akhirnya kembali ke Lisbon pada bulan Desember 1488.

Baca juga  Untuk Mempermudah Ketika Membuat Kerajinan Maka Membutuhkan Adanya

Diaz meninggalkan Lisbon pada tahun 1487. Ia pergi ke Cabo Verde, Elmina, melanjutkan perjalanan ke selatan, dan menemukan Tanjung Harapan pada 12 Maret 1488. Ia melanjutkan ke Teluk St. Louis. Blaise atau Mosselbaai, dan mencapai akhir. , ketika dia berbaring di dekat jangkar. Muara Sungai Bushman dan Sungai Rio Grande di Afrika Selatan. Ia berangkat ke India, namun para pelaut menolak dan ingin kembali ke Pak Tuikan. Dia akhirnya kembali ke Lisbon pada bulan Desember 1488.

Maka Diaz meninggalkan Lisbon pada tahun 1487. Ia melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Tanjung Verde, Elmina, dan menemukan Tanjung Harapan pada tanggal 12 Maret 1488. Ia melanjutkan perjalanannya ke St. Louis. Blasius atau Mosselbaai, dan mengakhirinya. Di dekat muara Sungai Boesman dan Sungai Rio, sungai besar di Afrika Selatan, mereka berhenti berlabuh. Ia berangkat ke India, namun para pelaut menolak dan ingin kembali ke Pak Tuikan. Dia akhirnya kembali ke Lisbon pada bulan Desember 1488.

Sosok inilah yang dikenal sebagai penjelajah dan penemu Tanjung Harapan. Dia dan rombongannya meninggalkan Portugal pada tahun 2387 demi putra raja Portugis bernama … 3 0.0Jawaban terverifikasi

Contoh Soal Dan Pembahasan Materi Tentang Jalur Sutra Dan Rempah

Rute perjalanan ke jogja, rute perjalanan inggris ke indonesia, peta rute perjalanan nenek moyang bangsa indonesia, rute perjalanan bangsa portugis ke indonesia, rute perjalanan spanyol ke indonesia, perjalanan bangsa belanda ke indonesia, rute perjalanan bangsa belanda ke indonesia, perjalanan bangsa inggris ke indonesia, rute perjalanan bangsa proto melayu ke indonesia, rute perjalanan bangsa barat ke indonesia, rute perjalanan bangsa eropa ke indonesia, rute perjalanan nenek moyang bangsa indonesia