Ringkasan Cerita Roro Jonggrang

Ringkasan Cerita Roro Jonggrang – Kisah Roro Jonggrong merupakan legenda jawa yang menceritakan tentang seorang putri cantik bernama Roro Jonggrong. Dalam cerita ini tokoh utamanya adalah Roro Jonggrong yang terkenal karena kecantikannya. Suatu hari, ia menolak menikah dengan pemuda bernama Ki Ageng Pengging dari desa tetangga karena merasa pemuda tersebut tidak cocok untuknya. Untuk mencegah pernikahan tersebut, Roro Jonggrong menyarankan syarat yang aneh: Ki Ageng Pengging bisa menanam seribu pohon kemuning dalam satu malam. Namun kreativitas Ki Ageng Pengging membawanya memanipulasi dewa-dewa setempat untuk memenuhi syarat tersebut. Atas keserakahan dan ketidaksetiaan Roro Jonggrong, dewa menghukumnya dengan mengubahnya menjadi patung batu. Sejak saat itu, patung Roro Jonggrong menjadi warisan budaya terkenal di Indonesia, mengingatkan kita akan nilai-nilai kearifan dan akibat dari perbuatan ceroboh.

Kisah Roro Jonggrang merupakan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah. Ceritanya berkisar pada kisah cinta seorang putri bernama Roro Jonggrang yang ditolak oleh raksasa Bandung Bondowoso. Dahulu kala, di desa Prambanan, hiduplah seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang, putri Prabu Baka, raja Kerajaan Prambanan. Suatu hari, Kerajaan Prambanan diserang oleh Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso berhasil mengalahkan Prabu Baka dan menguasai Kerajaan Prambanan.

Ringkasan Cerita Roro Jonggrang

Bandung Bondowoso kemudian meminta Roro Jonggrang menjadi istrinya. Roro Jonggrang menolak tawaran tersebut karena tidak menyukai Bandung Bondowoso. Untuk menghindari tawaran tersebut, Roro Jonggrang memberikan syarat pada Bandung Bondowoso. Dia memintanya untuk membangun 1000 candi dan dua sumur dalam satu malam.

Baca juga  Melukis Di Kanvas Sebaiknya Menggunakan Jenis Cat Berbahan Dasar

Cerita Singkat Archives

Anda mungkin tertarik dengan: Cerpen tentang itik jelek dengan unsur cerita interior dan pesan moral

Bandung Bondowoso menerima syarat tersebut dan memerintahkan pasukan spiritualnya untuk membangun candi dan sumur. Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi dan sebuah sumur dalam waktu singkat.

Roro Jonggrang menjadi khawatir dan meminta bantuan putri-putrinya dan penduduk desa. Gadis-gadis dan penduduk desa menaburkan beras dan jerami di jalan yang dilalui kekuatan iblis.

Menjelang fajar, Bandung Bondowoso terkejut melihat hanya ada satu candi yang belum selesai dibangun. Ia marah dan memaki Roro Jonggrang.

Cerita Roro Jonggrang

Roro Jonggrang seketika berubah menjadi patung batu. Patung batu tersebut kemudian ditempatkan di dekat gereja yang belum selesai dibangun.

Candi tersebut kemudian diberi nama Candi Prambanan dan menjadi salah satu candi Hindu terbesar di Jawa Tengah. Candi Prambanan masih berdiri kokoh hingga saat ini dan patung batu Roro Jonggrang dapat dilihat di dekat candi.

Kisah Roro Jonggrang merupakan salah satu cerita rakyat terpopuler di Indonesia dan mengajarkan Anda untuk tidak menipu orang lain karena dapat menimbulkan akibat yang serius.

Kisah Roro Jonggrang merupakan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah. Kisah ini menceritakan tentang cinta seorang putri bernama Roro Jonggrang yang ditolak oleh raksasa Bandung Bondowoso.

Tuliskan Resume/ringkasan Cerita Rakyat Roro Jonggrang Agak Singkat,jelas,jangan Pendek2

Dahulu kala, di desa Prambanan, hiduplah seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Ia adalah putri Prabu Baka, raja Kerajaan Prambanan. Suatu hari, Kerajaan Prambanan diserang oleh Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso berhasil mengalahkan Prabu Baka dan menguasai Kerajaan Prambanan.

Baca juga  Posisi Badan Saat Renang Gaya Bebas Adalah Brainly

Bandung Bondowoso kemudian meminta Roro Jonggrang menjadi istrinya. Roro Jonggrang menolak tawaran tersebut karena tidak menyukai Bandung Bondowoso.

Untuk menghindari tawaran tersebut, Roro Jonggrang mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso. Bandung meminta Bondowoso membangun 1000 candi dan dua sumur dalam satu malam.

Bandung Bondowoso menerima syarat dan ketentuan ini. Ia memerintahkan pasukan jinnya untuk membangun kuil dan sumur. Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi dan sebuah sumur dalam waktu singkat.

Kisah Bandung Bondowoso Dan Roro Jonggrang, Legenda Candi Prambanan

Roro Jonggrang mulai khawatir. Dia meminta para wanita kastil dan penduduk desa untuk membantunya. Para dayang istana dan penduduk desa sedang menganyam padi dan melemparkan jerami ke jalan yang dilewati pasukan jin.

Saat fajar menyingsing, Bandung Bondowoso terkejut melihat hanya ada satu candi yang belum selesai dibangun. Ia marah dan memaki Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang seketika berubah menjadi patung batu. Patung batu tersebut kemudian ditempatkan di dekat gereja yang belum selesai dibangun.

Sejauh ini Candi Prambanan masih kokoh berdiri. Patung batu Roro Jonggrang juga masih dapat dilihat di dekat candi.

Contoh Cerita Legenda Singkat Paling Populer Di Indonesia

Kisah Roro Jonggrang merupakan salah satu cerita rakyat terpopuler di Indonesia. Kisah ini mengajarkan Anda untuk tidak menipu orang lain karena akan berakibat buruk.

Alur cerita roro jonggrang, cerita tentang roro jonggrang, dialog cerita roro jonggrang, roro jonggrang cerita, cerita legenda roro jonggrang, cerita dongeng roro jonggrang, cerita candi roro jonggrang, buku cerita roro jonggrang, cerita roro jonggrang singkat, ringkasan cerita rakyat roro jonggrang, ringkasan cerita roro jonggrang dalam bahasa inggris, naskah cerita roro jonggrang

Baca juga  Saat Belajar Berenang Sebaiknya Dilakukan