Rangkuman Bab 5 Ipa Kelas 7 Semester 2 Brainly

Rangkuman Bab 5 Ipa Kelas 7 Semester 2 Brainly – Di bawah ini ringkasan isi IPA kelas 7 dari Bab 5 tentang Lapisan Bumi. Materi ini disusun dari Buku Ajar BSE K13 Revisi dan sangat relevan dengan materi pembelajaran siswa sekolah.

Bumi adalah planet ketiga di galaksi. Berdasarkan gambar yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble yang diluncurkan

Rangkuman Bab 5 Ipa Kelas 7 Semester 2 Brainly

(NASA), Bumi berbentuk bulat seperti bola. Seperti yang Anda ketahui, sebuah bola hanya memiliki selimut yang menutupi permukaannya, namun di dalamnya kosong.

Jual Buku Pelajaran Smp Rangkuman Plus Rumus Lengkap Ipa Smp Kelas 7,8,9

Bumi merupakan planet tempat makhluk hidup dapat hidup. Karena bumi mempunyai unsur-unsur pendukung seperti air, udara dan tanah, tempat tumbuhnya berbagai tumbuhan untuk menopang kehidupan beserta berbagai mineral dan produk mineralnya.

Bumi tersusun atas tiga komponen utama yaitu komponen gas (atmosfer), komponen padat (litosfer), dan komponen air (hidrosfer). Selain itu bumi juga mempunyai komponen lain yaitu bagian bumi yang es (kriosfer) dan bagian bumi tempat berlangsungnya kehidupan disebut biosfer.

Itu adalah tingkat. Atmosfer adalah lapisan uap (udara) yang menyelimuti bumi. Atmosfer adalah campuran gas, beberapa cairan, dan padatan yang menutupi bumi dari permukaan hingga luar angkasa.

Atmosfer yang tercipta akibat letusan gunung berapi kaya akan nitrogen dan karbon dioksida, namun rendah oksigen. Organisme fotosintetik kemudian mengolah karbon dioksida menjadi oksigen dan melepaskan oksigen ke atmosfer akibat pengolahan makanan yang menggunakan sinar matahari.

Rangkuman Materi Ipa Kelas 7 Bab 11 Lapisan Bumi

Atmosfer terdiri dari 78% gas nitrogen, 21% oksigen, karbon dioksida, argon dan banyak gas lainnya yang merupakan sebagian kecil dari atmosfer. Inilah faktor-faktor yang membentuk lingkungan:

Atmosfer terdiri dari 2 bagian yaitu troposfer dan stratosfer di bagian bawah serta mesosfer, termosfer, dan eksosfer di bagian bawah. Berikut contoh lapisan atmosfer:

Troposfer adalah lapisan atmosfer yang paling rendah. Ketinggian bervariasi dari permukaan laut (0 km) hingga 10 km di atas permukaan laut (VJ). Sebagian besar troposfer berbentuk uap air dan 75% atmosfer terdiri dari gas. Troposfer adalah tempat berlangsungnya sistem terestrial seperti hujan, angin, salju, awan, dan aktivitas makhluk hidup, termasuk manusia.

Stratosfer: Pesawat udara berada di lapisan stratosfer. Ketinggian stratosfer berkisar antara 10 hingga 50 km di atas permukaan laut. Lapisan stratosfer memiliki awan yang rendah namun tidak ada aktivitas cuaca sehingga tidak mengganggu penerbangan. Sebagian besar stratosfer mengandung gas ozon (O

Baca juga  Selain Koordinasi Gerak Ritmik Berfungsi Untuk Melatih

Catatan Ipa Kelas 9

Mesosfer: Saat mengamati meteor, meteor tersebut terlihat seolah-olah melewati bumi lalu menghilang. Namun sebenarnya meteor ini bergerak menuju bumi dan terbakar di atmosfer. Lapisan atmosfer yang memicu meteorit adalah mesosfer. Mesosfer berada 50-85 km di atas permukaan laut dan merupakan lapisan pelindung bumi dari benda luar angkasa.

Termosfer: Terletak 85-500 km di atas permukaan laut. Disebut termosfer karena suhunya sangat panas hingga mencapai 1982 derajat Celcius. Termosfer bertindak sebagai tempat teleskop Hubble dan pesawat ruang angkasa dapat mengorbit dan melindungi bumi dari radiasi ultraviolet.

Teleskop Hubble adalah teleskop luar angkasa yang dibangun oleh Edwin Hubble pada tahun 1985, pada tahun 1990 di “Luar Angkasa” NASA, bermassa 11.110 kg, mengorbit pada ketinggian 559 km. Melaluinya, para ilmuwan mengamati dan mempelajari alam semesta, termasuk lubang hitam, galaksi, bintang, dll.

Pada malam tanpa sinar matahari, gelombang radio dipantulkan di ionosfer, sehingga dapat merambat lebih jauh, seperti terlihat pada gambar berikut:

Rangkuman Materi Modul Ipa Smp Kelas 7 Ruang Angkasa Tata Surya

Eksosfer: Ditemukan 500 km di atas permukaan laut. Bahan utama eksosfer adalah hidrogen. Jika Anda menonton video atau film penjelajahan luar angkasa, Anda akan melihat bahwa pesawat luar angkasa dan satelit yang bergerak di eksosfer tidak dapat bergerak bebas seperti pesawat pada umumnya.

Satelit buatan yang mengorbit bumi berada di atmosfer bumi yaitu lapisan eksosfer. Berikut adalah contoh satelit buatan yang mengorbit Bumi:

Udara di atmosfer merupakan tekanan udara yang mendorong permukaan bumi. Dengan bertambahnya ketinggian ruangan, besarnya tekanan udara berkurang. Atmosfer mengandung lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar UV.

Perlu diingat bahwa sifat zat adalah mempunyai massa. Gas-gas di atmosfer juga mempunyai massa. Atmosfer mengelilingi bumi ratusan kilometer di atas permukaan bumi. Gravitasi bumi akan menimbulkan gaya tarik menarik pada molekul gas menuju permukaan bumi sehingga menyebabkan berat molekul gas tersebut mendorong udara ke bawah.

Rangkuman Materi Pelajaran Ipa Kelas 7 Smp Mts Semester 1 2 Pdf

Akibatnya, molekul udara di dekat permukaan bumi menjadi lebih padat. Udara dengan kepadatan yang lebih tinggi juga akan menghasilkan kuat tekan yang lebih tinggi. Gaya yang bekerja pada suatu luas disebut tekanan.

Energi matahari dipancarkan ke seluruh sistem galaksi. Sebelum mencapai permukaan bumi, radiasi energi matahari akan melewati atmosfer, di atmosfer sebagian energi matahari akan diserap dalam bentuk kalor atau kalor.

Suhu lapisan troposfer antara -52°C dan 17°C. Stratosfer bagian paling bawah mempunyai suhu paling hangat karena permukaan bumi menyerap energi radiasi matahari dan kemudian mengarahkannya ke udara bagian atas.

Baca juga  Salat Di Dalam Kendaraan Diusahakan Menghadap Kiblat Yaitu Ketika

Pada lapisan mesosfer, semakin tinggi suhu maka semakin rendah suhunya, karena mesosfer mengandung molekul gas yang sulit menyerap energi matahari.

Materi Fisika Smp Kelas 7, 8, Dan 9

Termosfer dan eksosfer adalah lapisan pertama yang menerima radiasi matahari dan mengandung sejumlah kecil molekul. Namun molekul di antara 2 lapisan ini menyerap energi matahari dengan sangat efisien. Oleh karena itu, semakin tinggi suatu tempat, semakin tinggi suhunya.

Salah satu sinar yang dihasilkan matahari adalah sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar UV dalam waktu lama dapat merusak kulit dan memicu kanker kulit. 50% sinar UV mencapai bumi. Namun hanya 1% yang mencapai permukaan bumi karena 99% sinar UV diserap oleh lapisan ozon.

) terletak di stratosfer pada ketinggian 18 – 54 km di atas permukaan laut, mengandung oksigen, 3 atom oksigen terikat dalam satu molekul ozon. Fungsi ozon adalah menyerap sebagian besar sinar UV dari atmosfer. Ozon berada tinggi di stratosfer, sehingga dapat melindungi bumi dari radiasi matahari yang berbahaya.

Jumlah ozon di atmosfer berubah seiring waktu. Faktor yang mempengaruhi konsentrasi ozon antara lain gas CFC dari lemari es, AC, dan parfum. CFC mampu memecah molekul ozon di atmosfer. CFC tersusun dari atom karbon (C), fluor (F) dan klor (Cl).

Soal & Kunci Jawaban Ipa Kelas 7 Smp Halaman 47 Kurikulum Merdeka, Menguji Benda & Perubahan Bentuk

Ketika CFC berada di atmosfer, sinar UV memecah molekul CFC dan kemudian atom klor masuk dan memecah molekul ozon. Satu atom oksigen berikatan dengan klor, membentuk molekul oksigen yang tersisa (O

). Akibat reaksi antara klorin dan oksigen, radiasi matahari tidak dapat diserap. Akibatnya, lebih banyak sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi.

Penguraian molekul ozon oleh CFC mengurangi konsentrasi ozon. Penipisan ozon ini terjadi di Kutub Utara (Antartika) dan disebut dengan lubang ozon. Setiap tahun, lapisan ozon berkurang pada akhir Agustus atau awal September. Pada bulan Oktober konsentrasi ozon menurun, kemudian terus meningkat, dan lubang ozon menghilang pada bulan Desember.

Sejak tahun 1980 hingga 2010, pengamatan NASA menunjukkan bahwa lubang ozon semakin meningkat. Biru tua adalah konsentrasi ozon terendah. Dari gambar tersebut diketahui bahwa sejak tahun 1980 hingga 2010, wilayah atmosfer dengan konsentrasi ozon rendah semakin meluas. Hal ini menunjukkan dampak serius dari penggunaan CFC.

Rangkuman Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi

(lapisan). Litosfer adalah lapisan batuan di bumi. Dalam arti luas, litosfer diartikan sebagai seluruh bagian bumi yang padat termasuk inti bumi. Struktur padat bumi terdiri dari kerak bumi, mantel bumi, dan inti bumi.

Salah satu bagian litosfer adalah lempeng-lempeng yang selalu aktif bergerak. Pergerakan lempeng-lempeng tersebut disebabkan oleh arus konveksi pada inti bumi. Lempeng-lempeng tersebut dapat saling menjauh atau saling mendekat.

Baca juga  Mewawancarai Seorang Petugas Covid 19 Adalah Cara Untuk Mengetahui Jumlah

Ketika lempeng-lempeng tersebut terpisah, patahan akan muncul. Jika lempeng-lempeng tersebut saling mendekat dan bertumbukan maka akan terjadi subduksi. Salah satu akibat pergerakan lempeng adalah terbentuknya gempa bumi dan gunung berapi.

Kerak bumi terbagi menjadi kerak benua dan kerak samudera. Kerak benua adalah kerak bumi yang terletak di daratan. Kerak samudera adalah kerak bumi yang terletak di lautan. Mantel bumi terdiri dari mantel atas dan bawah.

Rangkuman Ipa Kelas 7 Bab 5

Inti bumi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu inti luar yang berbentuk cairan kental dan inti dalam yang lebih tebal dan hampir padat. Berdasarkan struktur bumi, ada dua teori dasar yang perlu dipelajari, yaitu teori lempeng tektonik, teori gempa bumi, dan teori gunung berapi.

Jika benua-benua itu disatukan, maka batuan yang menyusun benua-benua itu akan serupa. Misalnya, bebatuan di Pegunungan Appalachian di Amerika Serikat mirip dengan bebatuan di Greenland dan Eropa Barat. Kesamaan struktur batuan juga menjadi fakta yang menegaskan bahwa benua-benua pernah bersatu.

(pergerakan dasar laut), yang menjelaskan bahwa kerak bumi tersusun dari material yang lebih panas dan kurang padat. Akibatnya, material naik ke balik kerak samudera.

Material tersebut kemudian bergerak kesamping sepanjang dasar kerak samudera sehingga menyebabkan dasar kerak samudera bergerak ke belakang kerak samudera dan menimbulkan patahan. Teori ini dapat menjelaskan proses terbentuknya cekungan dan pegunungan bawah laut.

Rangkuman Ppkn Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Berdasarkan hasil penelitian, umur batuan dasar laut dengan kapal (1968) juga mendukung teori tersebut. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa batuan di balik kerak samudera berusia lebih tua dibandingkan batuan di bawah kerak bumi. Hal ini menunjukkan bahwa batuan di belakang kerak samudera telah beregenerasi akibat dampak tersebut

Berdasarkan teori lempeng tektonik, bagian luar bumi terdiri dari litosfer (lempeng) yang dingin dan keras serta astenosfer. Lempeng-lempeng tersebut mengapung dan bergerak di atas astenosfer. Ketika lempeng-lempeng tersebut bergerak, lempeng-lempeng tersebut berinteraksi, yaitu saling menjauhi, berpisah, atau saling mendekat hingga lempeng-lempeng tersebut saling bertabrakan.

Lempeng-lempeng tersebut menyimpang ketika 2 lempeng saling menjauhi. Misalnya lempeng Indo-Australia menjauhi lempeng Antartika, sedangkan lempeng Amerika Utara menjauhi lempeng Eurasia. Gerakan ini menyebabkan patah tulang.

, seperti Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Filipina, Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia. Pergerakan lempeng konvergen menyebabkan lempeng-lempeng tersebut bertumbukan. Akibatnya benua-benua tenggelam dan bertabrakan.

Jual Buku Ipa Kelas 7 Kurikulum Merdeka Revisi Erlangga Original

Subduksi merupakan akibat tumbukan antara lempeng samudera dan lempeng benua sehingga menyebabkan lempeng samudera meluncur ke bawah lempeng benua sehingga mengakibatkan terbentuknya palung samudera. Contoh subduksi dan tumbukan lempeng benua adalah sebagai berikut:

Tabrakan benua terjadi ketika kerak benua bergerak saling mendekat, seperti terbentuknya Pegunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya terbentuk karena adanya 2 lempeng benua

Rangkuman ipa kelas 9 bab 2, rangkuman ipa kelas 8 bab 1, rangkuman ipa kelas 6 semester 1, rangkuman materi ipa kelas 9 semester 1, rangkuman ipa kelas 7 bab 1 semester 1, rangkuman ips kelas 8 semester 1 bab 1, rangkuman ipa kelas 8 semester 1 bab 2, rangkuman ipa kelas 8 bab 3, rangkuman ipa semester 1 kelas 9, rangkuman ipa kelas 8 semester 1 bab 1, rangkuman ipa bab 2 kelas 7, rangkuman ipa kelas 9 bab 1